KUPAS LEBIH MENDALAM TRIK AMPUH 'MENJERAT' CALON BUYER TOKO ONLINE Skip to main content

KUPAS LEBIH MENDALAM TRIK AMPUH 'MENJERAT' CALON BUYER TOKO ONLINE

Hallo teman-teman semua
Ketemu lagi sama bang izal ☺

Setelah kemarin saya membahas artikel dengan topik motivasi, pada kesempatan kali ini saya ingin kembali mengulas topik tentang bisnis online. Ya, saat ini bisnis online adalah topik yang sedang hangat-hangatnya dan tidak ada habisnya untuk dibahas.

Banyak tips dan trik yang selalu dicari orang agar bisa sukses dibidang ini. Juga banyak tersebar artikel dan tulisan di forum-forum atau blog yang membahas masalah ini. Baik yang membahas secara umum (garis besar saja) dan ada juga yang membahas secara terperinci.

Nah,,,,
Pada artikel kali ini saya akan mencoba melakukan pembahasan secara runut, mendetail dan lebih mendalam tentang tips trik sukses di bidang bisnis online ini. Dikupas secara lebih 'mendetail dan mendalam' itu maksudnya begini---> selain saya bahas tentang optimasi secara teknis (kualitas foto, deskripsi produk, packing barang yang kuat, dll).

Juga akan saya bahas tentang optimasi -yang saya istilahkan 'pendekatan secara personal'-, yaitu suatu upaya bagaimana caranya memikat sang buyer agar terpikat dan terkesan dengan kualitas pelayanan, keramahan dan servis toko online kita. Sehingga bila buyer telah 'jatuh cinta' disaat berbelanja pertama kali, maka akan besar harapan di waktu berikutnya dia akan berbelanja lagi ke toko online kita☺.

KUPAS LEBIH MENDALAM TRIK AMPUH 'MENJERAT' CALON BUYER TOKO ONLINEKita mulai dengan optimasi masalah teknis dulu ya, dimulai dari :

# 1. Kualitas dalam cara pengambilan foto produk.

Ada sebagian (termasuk juga saya dulu di awal mulai belajar jualan online di akun facebook hehehe ☺😢😢😢) dari pelaku toko online yg belum sepenuhnya tahu dan belum memahami betapa pentingnya tekhnik cara pengambilan foto produk

Tapi setelah saya tahu ilmunya, sekarang sudah mulai saya terapkan tekhnik pengambilan foto yang baik itu ditoko online saya di bukalapak dan tokopedia ☺.

Ya, tekhnik yang dimaksud adalah cara pengambilan gambar (angle) dari berbagai sudut pandang : foto dari atas, samping kiri kanan dan foto bagian bawah.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang tampilan, bentuk dan kondisi produk dengan baik di suatu toko online, calon buyer setidaknya membutuhkan minimal 3 sudut pandang (angle) foto,
Nah,,,apabila kita mau sedikit 'agak repot' menampilkan sampai 5 angle foto, itu jauh lebih baik.

Kenapa saya sebutkan tanda kutip 'agak repot'?
Untuk memuaskan kebutuhan informasi calon pembeli, memang kenyataannya kita jadi 'lebih repot'. Ya, repot memfoto lebih banyak untuk satu produk saja, belum lagi dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menguploadnya.
Yang seharusnya kita sudah selesai upload 5 produk, karena kita melakukan optimasi yang lebih untuk angle foto ini, jadinya hanya selesai satu produk untuk 5 kali upload foto.
Ya begitulah,,,,,memang kita harus sedikit bersabar korban waktu dan tenaga.
Tapi teman-teman,,,,
Setiap usaha dan upaya yang lebih maksimal itu pasti akan ada timbal baliknya menjadi lebih baik juga. Yaitu peluang buyer membeli produk kita menjadi lebih besar. Selain itu, dengan tampilan angle foto yang begitu lengkap di tiap satu produk, maka buyer akan bisa menilai bahwa toko online kita dikelola dengan serius dan profesional. 
Inilah point pentingnya!

# 2. Lengkapnya informasi spesifikasi produk.

Terkadang sebagian dari kita ada rasa malas untuk memberi keterangan atau deskripsi lebih lengkap pada produk yg kita upload/jual. Ya, sebenarnya hal itu memang manusiawi,,, sayapun terkadang ada terbersit rasa malas untuk memberi deskripsi yang lebih lengkap pada produk toko online.

Tapi ingatlah kawan,,,,,,


Diluar sana banyak toko-toko online lain yang berlomba-lomba semaksimal mungkin memberikan servis terbaik demi kepuasan yang lebih kepada calon buyer dan pelanggan setianya.

Bahkan mereka rela mengeluarkan biaya yang lebih (uang), misal dengan membayar biaya untuk google adword, fb adsense atau membayar jasa review toko online, atau dengan cara-cara lainnya yang pastinya membutuhkan biaya lebih, rela mereka keluarkan. Tujuannya tiada lain agar bisa lebih memaksimalkan performa dan nama baik toko online mereka.
Lihatlah teman,,,Sebegitu seriusnya mereka!
Nah bagaimana dengan kita?
Kalau untuk hal-hal kecil, seperti sekedar memberi deskripsi lengkap tentang produk saja masa kita enggan dan malas?

Padahal tugas kita hanya memberi ketikan jari yang lebih pada keyboard saja, itu masih terasa berat? Bagaimana mungkin kita akan bisa memenangkan persaingan melawan mereka yang penuh totalitas diatas?
Deskripsi produk yang lengkap ini sangat dibutuhkan oleh calon buyer, apabila produk yang kita upload deskripsinya tidak lengkap, maka pembeli jadi tidak tahu apa fungsi, fitur atau cara penggunaan produk yang kita jual. Sehingga membuatnya harus berkali-kali bertanya lagi kepada kita.

Sehingga kondisi ini jadi merepotkan calon buyer, dan otomatis juga merepotkan kita!
Buyer mesti berkali-kali bertanya, dan kitapun harus berkali-kali menjawabnya.
Ini masih mending calon buyernya masih mau bertanya.
Lha kalau dia langsung 'cabut' cari toko online kita dan cari toko online lain yang deskripsi produknya lebih lengkap? Gimana?

Nah,,,,kalau kejadiannya sudah seperi itu, kita dapat apa?
Ya dapat ampasnya doang, alias produk kita tidak jadi dibeli,,,, heheheheh ☺
Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk melengkapi deskripsi di tiap-tiap foto produk yang kita upload. Selain memudahkan calon buyer mendapatkan informasi barang, juga sangat ampuh untuk mendongkrak peluang penjualan ditoko online kita.

# 3. Packing yg kuat dan rapi.

KUPAS LEBIH MENDALAM TRIK AMPUH 'MENJERAT' CALON BUYER TOKO ONLINE

Ini salah satu faktor penting yang sering terlupakan oleh pelaku toko online terutama yang masih pemula, yaitu keamanan paket yang akan dikirim alias kekuatan packingnya!

Apakah teman-teman semua sudah pernah datang atau melihat-lihat ke gudang pusat 'penampungan akhir' dari semua kiriman ekpedisi atau belum?
Kalau sudah pernah, pasti teman-teman akan paham betapa penting packing yang kuat pada produk yang akan kita kirim. Di gudang pusat itu, banyak paket kiriman yang bisa 'terbang dan melayang', kemudian mendarat dengan keras saling berbenturan satu sama lain.

Gaya bahasa hiperbola saya mungkin agak berlebihan, tapi dalam kenyataannya memang ada seperti itulah. Apalagi untuk paket kiriman ekonomis alias murah, haduh,,,,itu paket banyak yang kena 'smack down' satu sama lain.
Kalau paket kiriman kita berupa pakaian atau produk-produk berbahan keras seperti onderdil/sparepart kendaraan sih tidak apa-apa dibantingin. Lha kalau produk kita dari bahan yang rawan pecah, patah atau rusak, wajib hukumnya bagi kita membuat packing yang over protektif, kalau perlu pakai packing kayu.

Packing kuat ini sangat-sangat penting, karena apapun alasan dan alibi kita bila kiriman rusak diperjalanan, buyer pasti akan tetap menyalahkan kita sebagai seller dan pengirim, bener khaan? Yang sudah berpengalaman jualan online pasti serempak meng-iyakan hehehe ☺.
Nah, apa efek yg terjadi bila paket kiriman rusak?

Yang pertama : kalau kita tidak mau kehilangan pelanggan, ya kita musti harus mau mengganti rugi kiriman yg telah rusak itu (setelah barang yg rusak itu dikirim balik si buyer tentunya).

Yang kedua : Kalau kita merasa itu bukan kesalahan kita, dan menyalahkan pihak ekspedisi dengan bermacam argumen yang kita susun untuk memperkuat alibi kita.

Kira-kira apakah hasilnya?
Hasilnya tiada lain kecuali :
PELANGGAN KABUR DAN TIDAK PERNAH MAU BERBELANJA LAGI DI WAKTU BERIKUTNYA!!. 
Ibarat seperti makan buah simalakama ya? hehehe ☺

Oleh karena itu, daripada repot dan rugi di akhir apalagi sampai kehilangan pelanggan, maka lebih baik kita pilih yang agak repot di awal dengan membuat packing yg kuat, berlapis dan over protektif pada paket kiriman kita.

Orang bijak bilang : 'Mencegah itu lebih baik daripada ''kejadian apesnya".
Betul apa betul? hehe ☺
Nah itulah di atas 3 hal yang bersifat teknis yang harus kita optimalkan untuk meningkatkan nama baik dan profesionalitas toko online kita dimata buyer.

Sekarang saatnya kita membahas beberapa poin yang sifatnya lebih ke 'pendekatan personal' kepada calon buyer atau pelanggan kita. Bahasa lainnya bisa di sebut servis atau mutu pelayanan. Apabila calon buyer bahkan pelanggan telah puas dengan servis dan mutu pelayanan kita, dan mereka 'telah jatuh cinta', maka sulit bagi mereka untuk berpaling ke 'lain hati' (toko online lain) ☺
Faktor servis dan mutu pelayanan yang paling besar pengaruhnya diantaranya :

 1.Fast respon dan ramah dalam melayani serta menjawab pertanyaan calon buyer.

Fast respon ini sangat penting! percayalah!

Karena apa?

Karena saya pernah punya pengalaman sendiri, hanya gara-gara telat menjawab pertanyaan dalam rentang waktu 3 jam saja, calon pembeli telah beralih ke toko online lain. Fast respon ini adalah salah satu faktor penting yang akan di nilai oleh calon buyer dan para pelanggan, dan sebagai salah satu bukti keseriusan toko online kita.

Apabila kita sering telat menjawab pertanyaan sampai berjam-jam, bahkan sampai selisih hari, nah,,,dalam jangka panjang calon buyer ini akan jadi malas bertanya, bahkan malas berkunjung lagi ke toko online kita. Jelas ini pertanda buruk, kalau kita masih sering seperti ini, wajib untuk kita evaluasi agar lebih baik dan lebih fast respon lagi ke depannya.

Faktor penting lainnya yaitu, kita harus ramah dalam menjawab pertanyaan buyer!
Ini juga 'wajib' hukumnya!

Walaupun,,,,ya walaupun memang akan selalu ada tipe calon buyer yang agak 'nyebelin', padahal kita sudah tulis deskripsi super lengkap ditiap foto produk, tapi dia tetap saja masih mengulang bertanya, bahkan sampai berkali-kali.

Atau juga tipikal buyer yang PHP, bit and run, dan lain sebagainya. Kalau kita mendapat tipe pembeli seperti ini, ya kita harus tetap sabar, jelaskan saja secara baik-baik. Atau kita tinggal copas saja deskripsi produk yang dia tanyakan itu dan berikan kepada dia, selesai. Gampang toh?

Intinya,,,, agar sebisa kitalah untuk seramah mungkin kepada calon buyer berkarakter 'spesial' seperti ini, tentu masing-masing kita yang lebih paham caranya ☺.

Jangan sekali-kali menghardik buyer, kalaupun memang sudah keterlaluan sekali sikapnya dan tidak bisa ditolerir, ya kita tinggal diamkan saja atau remove tanpa komentar (kasar) apapun. Nanti lama kelamaan dia juga akan segan sendiri, dan mengetahui apa kesalahannya. Bisa jadi suatu saat dia bakal kembali datang lagi berbelanja ke toko online kita dengan 'cara yang lebih asyik' ☺.

2. Memberikan gratis ongkir untuk kiriman ke wilayah tertentu dengan syarat nominal belanja dalam jumlah tertentu.

Ini adalah salah satu trik dan jurus servis yang jitu untuk memanjakan dan memberi kepuasan tersendiri kepada calon buyer dan pelanggan kita.
Mungkin ada teman-teman yang bertanya, ''Gratis ongkir?, apa nanti kita gak rugi tuh Bang izal?"

Ya gak rugi doong,,,,
Kan bisa kita kalkulasikan dulu, sampai batas wilayah mana dan minimal untuk berbelanja dalam jumlah belanja berapa gratis ongkir ini bisa kita berlakukan.

Misal : "Promo gratis ongkir untuk pengiriman wilayah sejabodetabek untuk jumlah belanja minimal 100.000"

Jadi cara menghitungnya---> asal jangan sampai kita rugi alis nombok saja, yang pastinya dalam hal ini kita bukan untuk mencari margin besar, dapat margin 10% saja untuk promo gratis ongkir ini juga sudah cukup.


Namanya saja promosi, jadi bukan laba materi yang kita cari tapi sisi kepuasan pelanggan itulah laba kita, bener gak? Bueneeeerrrrr hehe ☺☺☺

3. Memberikan bonus/hadiah kecil pada tiap paket kiriman buyer kita.

Teman-teman bisa memberikan bonus atau hadiah berupa kertas kado, baterai, souvenir, pin, aksesories atau hadiah-hadiah kecil lainnya. Bonus bisa berupa apa saja yang kira-kira sesuai dan cocok dengan produk yang teman-teman jual. Hadiah atau bonus ini nilainya tidaklah besar, contoh : kertas kado modalnya cuma 500 rupiah, souvenir dan aksesories modalnya paling cuma 1.000 atau 2.000 rupiah. Murah kan?

Tapi efeknya sangat besar kepada calon buyer dan pelanggan kita. Mereka akan merasa lebih di hargai oleh kita, merasa diperlakukan spesial oleh servis dan bonus yang kita berikan. Trik ini sangat ampuh untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal berbelanja di toko online kita. Saya berani jamin karena telah membuktikannya sendiri!☺.

Nah, itulah teman-teman,,,,
Beberapa trik, tips dan rahasia ampuh dalam menjerat calon buyer toko online kita.
Sttt,,,,tapi ini tips dan trik ini rahasia loh, hanya saya bocorkan khusus untuk teman-teman saja, bukan buat yang lain ☺☺☺☺☺☺.

Oke teman-teman semua, sampai disini dulu diskusi dan sharing kita ya
Insya Allah di waktu berikutnya akan saya tulis dan bahas artikel lain yang tidak kalah lebih hangat dan lebih aktual.

Semoga sekses selalu untuk teman-teman semua.

Salam.
Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. I will present the information that they can be change your life 360 degrees as I have ... you just need to read my description carefully, make sure the time you read this, lest the slightest disturbance, because this business opportunity is really awesome! do not let you skip the info slightest! ➜ www.maslukis.com

    ReplyDelete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner