BAGAIKAN NABI DAUD MELAWAN JALUT Skip to main content

BAGAIKAN NABI DAUD MELAWAN JALUT

BAGAIKAN NABI DAUD MELAWAN JALUT
Di atas salah satu cabang Toko Mainan Serba Murah 


"Bagaikan Nabi Daud melawan Jalut?"

Hmmmh,,,, pasti diantara teman-teman ada yang bertanya-tanya :

"Apa hubungannya mereka berdua itu dengan dunia bisnis??"

Hehehe,,, itu cuma ibarat saja teman-teman, baiklah supaya tidak penasaran, berikut saya ceritakan kisahnya.

Setelah berjalan 1 tahun saya buka toko mainan (dengan nama label Toko Mainan Serba Murah).

Tapi anehnya kok masih sepi-sepi saja ya,,,?
Pengunjung sih ada, tapi kebanyakan cuma melihat-lihat doang.

Cuma sedikit diantara pengunjung yang membeli, karena memang saat itu toko saya tidak banyak pilihan barang.


Pengennya sih punya stok barang yang lengkap, tapi masalahnya yang namanya modal itu memang cekak bin modal dengkul. hehehe ☺☺

Sementara kompetitor,,,???
Toko saya bila dibandingkan dengan kompetitor didaerah sekitar, bagaikan kapal perahu nelayan. Sementara para kompetitor bagaikan raksasa dengan kekuatan (modal) besar seperti kapal induk, Lebih tepatnya bagaikan kisah klasik Nabi Daud melawan jalut!.

Apa akal?
Berikut ini ada beberapa trik dan cara meng-akalinya :

  • 1. Kalau kita punya akun Facebook, cobalah cari dan add teman-teman lama kita itu. 
Atau mengikuti group alumni sekolah SMP atau SMA kita. Dan setiap ada acara reuni kita usahakan ikut, kita pakai jurus menyelam sambil minum air. Jadi sambil silaturahmi dengan teman-teman lama, kita juga berkesempatan mempromosikan keberadaan toko kita. Suatu saat bila ada waktu luang, pasti mereka akan berkunjung dan berbelanja ke toko kita. (cara ini sangat ampuh, saya sendiri sudah membuktikannya,,,hehe)
  • 2. Setiap ada pembeli yang datang, janjikanlah memberi bonus khusus. Dengan syarat kalau mereka bisa membawa serta saudara atau temannya untuk ikut berbelaja disaat berikutnya ke toko kita (bonus bisa berupa potongan harga, batre cas, atau berupa mainan, yang bisa di sesuaikanlah nilai barangnya, tergantung berapa banyak orang yang berhasil dia ajak ikut berbelanja).
  • 3. Berikanlah hal-hal yang mungkin nilainya kecil, tapi terasa besar bagi pembeli yang menerimanya. Misalnya, seperti saya selalu memberi jasa bungkus kado gratis, kalau ada orang membeli mainan yang menggunakan batre, maka saya berikan bonus batrenya. Cara ini sangat baik dan ampuh untuk memikat hati pembeli. 
Ada kesalahan (sebagian) owner toko mainan.
Mereka membuat papan pemberitahuan besar yang berisi peraturan di dinding depan tokonya, bahwa barang yang sudah di beli tidak bisa di tukar atau dikembalikan.

Menurut saya aturan seperti ini kurang tepat, karena bisa membuat pelanggan kita kecewa. Saya sendiri selalu bersedia kalau ada pelanggan yang ingin menukar barang yg sudah di belinya, dengan catatan batas waktu maksimal penukaran selama 1 x 24 jam. 
Hal ini sangat penting, mungkin kita akan 'sedikit rugi' karena terkadang barang yang ditukar telah sedikit tergores, tapi kejadian tergores ini sangat jarang terjadi.

Biasanya kondisi barang masih mulus, penyebab di tukar karena mainannya tidak bisa menyala disebabkan tombol on - off nya macet, dan sebab-sebab yang lainnya.

Dilemanya kalau kita kekeuh menolak dan tidak mengizinkan untuk ditukar, justru kerugian kita malah akan jauh lebih besar.
Bisa-bisa pembeli yang sudah lama menjadi pelanggan toko kita, tidak akan pernah mau datang berbelanja lagi hanya gara-gara hal kecil seperti ini.

Coba difikir, kalau sampai pelanggan jadi hilang, gedean mana ruginya coba,,? 😊
  • 4. Minimal dalam sekali seminggu, kita ikut berdagang di pasar pagi. Biasanya setiap hari minggu di taman perkotaan banyak orang yang olahraga lari pagi. Contohnya seperti ditempat saya, yaitu taman Graha Mall Cijantung. Cara ini bisa mempercepat perputaran barang dan membantu menambah pemasukan/omset toko kita. Apalagi kalau kita juga ikut berdagang di acara pasar malam, pastinya akan jauh lebih mantap lagi hasilnya. Soal toko fisik, nanti bisa di urus dan dijaga oleh istri kita. 
Cara ini akan sangat ampuh hasilnya, karena akan ada dua sumber pemasukan, yaitu dari toko fisik dan dari berdagang di kaki lima. Nah, jika nanti toko kita sudah semakin ramai dan stok barang sudah semakin banyak, sehingga sudah tidak keuber lagi untuk berdagang dilapangan kaki lima, barulah kita lebih fokus mengurus bisnis ditoko fisik saja. 

Note : cara seperti diatas pernah saya terapkan dulu waktu diawal merintis toko mainan.

(Tapi sekarang ini saya sudah tidak terjun lagi ke lapangan kaki lima, lha wong megang dan ngurus bisnis yang ada di toko saja sudah membuat saya keteteran ,,,hehe,,, :)

Itulah empat cara ampuh bagi pebisnis pemula yang tokonya masih sepi dan bermodal pas-pasan, atau yang cuma bermodal dengkul + modal nekat. 😁

Empat cara diatas hanya akan bisa diterapkan dengan syarat kita harus mempunyai mental berdagang yang tangguh, kuat muter otak, kuat nguras tenaga, tidak bisa tidak!
Harus bisa!


BAGAIKAN NABI DAUD MELAWAN JALUT
Ini Cabang Pusat Toko Mainan Serba Murah.



Ya!!Mau tidak mau kita harus berfikir lebih keras, harus bisa punya ide cemerlang dan ber-inovasi lebih briliant!

Dan harus sabar didalam bekerja keras, karena ancaman kebangkrutan di tahun-tahun pertama merintis usaha sangatlah besar.

Persaingan yang sangat ketat, dan orang-orang bermodal kuat banyak memakai teknik dan cara tidak sehat (menjatuhkan harga).

Nah hal inilah yg harus kita fikirkan bagaimana cara mengimbanginya.

Semoga kita semua bisa meraih keberhasilan,,,,Aammiin.

Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Pengembalian barang min 1x24 jam dan berjualan di event2 seperti pasar pagi/pasar malam itu cara ampuh banget yg kayaknya jarang digunakan orang lain Bang. Mantap tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak 😊

      Semoga bermanfaat ya 😊

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner