HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN Skip to main content

HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN

Assalamualaikum.
Hallo teman-teman semua.

Apa kabar?
Tentu dalam baik dan sehat-sehat selalu ya.

Aammiin.

Ketemu lagi sama bang izal untuk berdiskusi tentang dunia bisnis dan wirausaha, khususnya bisnis mainan.

Kemarin saya telah menulis artikel yang berjudul : HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN

Pada artikel tersebut telah saya bahas secara lengkap tentang persiapan yg paling mendasar agar bisa sukses di bisnis mainan ini.

Secara garis besarnya :

- Mencari dan menentukan lokasi toko yg strategis.
- Skill/pengetahuan dasar tentang mainan.
- Modal.

Bagi teman-teman yang belum membaca artikel sebelumnya diatas, monggo silahkan dilihat dan dibaca dulu. Agar supaya mendapat informasinya lebih lengkap dan menyeluruh. Karena artikel ini bersifat saling terkait dengan artikel-artikel sebelumnya (masih satu label/topik).

Oke sekarang pembahasan kita lanjut.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tahapan selanjutnya, yaitu hal yang penting dilakukan pada awal memulai bisnis mainan.

Apabila semua persiapan di artikel sebelumnya diatas telah kita penuhi, artinya semua benar-benar sudah siap dan matang. Nah langkah selanjutnya adalah :

# 1. Buatlah rak dan pajangan toko yang tertata rapi, teratur dan TIDAK SEMPIT.


Kenapa saya tekankan pada kata tidak sempit?

Karena kenyamanan pembeli pada saat berbelanja ditoko kita, itu adalah sangat penting.

Kalau ada yang nyeletuk : "bang izal, toko saya gede dan luas kok, 'kan ruko gitu lhoo,,,, jadi no problemo!"

Wah kalau tokonya sudah luas dan gede mah, ya sudah abaikan saja point yang nomor satu ini. hehehe ☺,

Masalahnya 'kan tidak semua orang yang beruntung dan mampu menyewa toko besar. Karena harga sewanya sudah pasti selangit. sedangkan modal yang ada minim alias pas-pasan.

Nah cara mengakali kondisi seperti itulah, makanya pada artikel kali ini akan saya bahas.

Termasuk point yang nomor satu ini, yaitu mengoptimalkan toko yg berukuran kecil tapi bisa kelihatan luas, lega dan nyaman.

Kalau toko kita kecil dan kita tidak bisa mengatur tata letaknya dengan tepat, bisa membuat pajangan mainannya akan terlihat berantakan. Kategorinya menjadi tidak teratur dan campur aduk.

Dan semua itu akan bisa berakibat fatal.

Selain akan membuat sumpek pembeli, juga mainannya menjadi susah dicari.
Alhasil pembeli menjadi merasa tidak nyaman dan bete ditoko kita.
Kalau kesan saat pertama datang berbelanja ke toko sudah tidak enak, maka kecil harapan pembeli itu akan datang berbelanja lagi diwaktu berikutnya.


Nah, jadi bagamanakah tata letak dan desain pajangan toko yang baik itu?

Coba perhatikan tata letak salah satu toko cabang saya dibawah ini.
Pada tahun 2014 alhamdulillah saya bisa membuka toko mainan lagi. Kebetulan saya mendapatkan toko yang lebarnya kecil (2,5 meter), tapi panjang banget sampai ke belakang (total panjangnya 12 meter).

Sudah kayak kereta aja ya? hehehe. ☺.

Fotonya dibawah ini :
HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN

Nah untuk kondisi toko seperti diatas, bagaimanakah model rak pajangan dan tata letak yang paling tepat?

Jadi untuk mengakali supaya toko tidak bertambah sempit, janganlah kita membuat rak yang terlalu melebar. Buatlah rak yang lebarnya kecil, tapi panjang raknya dimaksimalkan mulai dari depan sampai ke belakang.

Sehingga raknya tidak terlalu memakan lebar toko.
Tapi tetap bisa menampung mainan dalam jumlah yang maksimal. Terlihat pada foto diatas, saya memakai siku-siku yang lebarnya 25 cm, kalau ditotal lebar rak dikedua sisi toko, maka memakan space sekitar 50 cm, jadi masih ada ruang sisa yang lumayan ditengah toko seluas 2 meter.

Sehingga hasilnya menjadi seperti dibawah ini :
HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN


Nah teman-teman, bagaimana tata letak dan rancangan tokonya? bagus dan lega kan?

Kalau stok barang ditoko kita nanti semakin banyak, maka bisa dimaksimal pada bagian atap toko, caranya dengan membuat pajangan yang digantung, seperti foto dibawah ini :
HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN


NAH!
Gimana? Cakep kan? heheheheh ☺☺☺☺

Jadi intinya :

Walau seiring waktu stok isi barang ditoko kita semakin penuh, tapi susunan dan tata letaknya akan tetap rapi. Tiap-tiap rak jelas sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Tidak sempit.
Tidak sumpek.
Tidak campur aduk dan tidak berantakan.

Bagian rak mobil remote jelas dimana tempatnya.
Bagian rak drone/helikopter remote juga jelas dimana tempatnya.
Bagian mainan-mainan produk lokal (mainan tanpa komponen/dimainkan manual) juga jelas dimana tempatnya.

Bagian atap dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk tempat mainan yang bisa digantung.

Jadi semua area toko bisa punya fungsi dan tempatnya masing-masing. Sehingga pembeli selain merasa nyaman, juga mudah dalam mencari mainan yang di inginkannya ☺

Tata letak, jenis kategori mainan dan susunan pajangan itulah yang sangat penting untuk diperhatikan. Apabila pembeli telah merasa nyaman setiap berbelanja ke toko kita, maka mereka pasti akan kembali datang lagi untuk berbelanja diwaktu berikutnya.

# 2. Belanjalah stok barang sesuai dengan skala prioritas dan kemampuan modal kita.


Maksudnya begini, bila kita ingin membuka bisnis mainan tapi modalnya pas-pasan, cara mengakalinya yaitu perbanyaklah berbelanja barang produk buatan lokal terlebih dahulu.
Karena produk lokal itu harganya murah dan ukurannya besar-besar, sehingga bisa membuat toko kita terlihat penuh dan barangnya terlihat banyak.

Misal, apabila kita hanya punya modal sekitar 75 jutaan, dengan perincian untuk sewa toko 20 juta, bikin rak 5 juta, sisanya untuk isi barang 50 juta.

Kalau dengan modal segitu kita keburu nafsu memperbanyak membeli barang-barang impor yang mahal, ya bisa-bisa isi barang toko kita tidak akan seberapa alias sangat sedikit.

Saya beri contoh yang gampang saja deh. Uang 50 juta itu untuk modal membeli Drone Kamera seperti dibawah ini, paling banyak hanya dapat barang sekitar 100 pcs! wkwkwkwkwk ☺

HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN
Drone Kamera.


Oleh karena itu diawal-awal membuka usaha dan modalnya minim, sebaiknya untuk mainan yang mahal seperti drone diatas cukup kita stok 1 atau 2 pcs saja. Yang penting kalau ada pembeli yg menanyakan barang tersebut, produknya ada.

Nah kalau nanti toko kita sudah semakin berkembang, bolehlah pelan-pelan mulai kita perbanyak stok mainan yang bagus dan harganya mahal.


Kembali ke topik.

Produk lokal adalah produk mainan buatan industri dalam negeri indonesia. Pabrik yang terkenal diantaranya ada di daerah Tangerang dan Cimahi Jawa Barat.

Diantara produk buatan lokal yang terkenal adalah merek KPM (karya putra mandiri).
Pabrik lokal ini banyak memproduksi mainan-mainan ukuran besar dan bisa dinaiki anak-anak. Produk andalan KPM yang paling laris salah satunya adalah mobilan Jeep dengan kode V00-2A.

Fotonya dibawah ini.

. HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN

Sekarang sudah ada juga pabrik lokal yang telah mampu memproduksi mainan berkomponen yang berkualitas, tapi harganya murah. Produksinya antara lain mainan yang bisa dimainkan pakai baterai (battery operation) dan mainan model remote control.

Diantara produk yang terkenal yaitu mobil remote control merek HKR, produksi pabrik mainan SMK. Mainan ini tidak kalah kualitasnya dengan mainan produk impor dari china. Dan yang membuat lebih gurih lagi karena harga modalnya lebih murah sekitar 10% dari harga mainan impor.

Produk buatan SMK yang paling laris dipasaran salah satunya adalah RC Quick Drift HKR. Mobil remote ini setiap lebaran sangat laku seperti kacang goreng ditoko saya. Karena selain murah, kualitasnya juga cukup bagus.

Dibawah ini fotonya.
HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN

# 3. PROMOSI.


Bagian yang paling penting lainnya ketika diawal memulai bisnis mainan adalah promosi. 
Tapi sayang sekali teman-teman, pembahasan promosi ini sebenarnya butuh ulasan yang cukup panjang. Sedangkan saya lihat jatah space untuk menulis di draft blogger ini sudah hampir mentok. hehehe ☺

Tanpa sadar untuk membahas dua point diatas saja cukup membutuhkan penjelasan yg panjang lebar.

Tapi tidak apa teman-apa, pembahasan artikel yang sudah masuk dibagian ketiga ini pasti akan saya lanjutkan pembahasannya pada artikel selanjutnya.

Pada artikel berikutnya akan saya bahas :

- Bagaimana cara menarik perhatian pengguna jalan yg lewat di depan toko kita agar segera mampir berbelanja ke toko kita.

- Bagaimana cara mempertahankan pelanggan supaya tetap selalu loyal berbelanja ke toko kita.

- Berbagai rahasia-rahasia teknik promosi lainnya.

Semuanya akan saya ulas lengkap di artikel berikutnya.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga sukses selalu untuk teman-teman semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

UPDATE !!!
Alhamdulillah artikel lanjutannya sudah selesai saya tulis, monggo disimak TEKHNIK DAN STRATEGI PROMOSI YG AMPUH DI AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. tempat pembuatan HKR si dimana ya mas? boleh dong infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf om,,, untuk RC HKR saya belum dapat info pabrik lokalnya. Tapi kayaknya udah gak produksi lagi deh, karena udah lebih dari setahun belakangan mobil remote control itu udah gak pernah ada lagi dijual di asemka.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner