HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN Skip to main content

HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman semua, ketemu lagi dengan bang izal untuk mengulas berbagai topik yang hangat tentang peluang bisnis.☺☺

Di artikel sebelumnya telah saya ulas dengan judul : PELUANG BISNIS MAINAN DAN BERBAGAI KELEBIHANNYA

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hal-hal apa saja yang sebaiknya perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum membuka usaha bisnis mainan, agar supaya hasilnya bisa menjadi lebih maksimal.

Langkah yg paling pertama sekali yaitu :

Mencari dan menentukan lokasi toko yg strategis.


Carilah toko yang berlokasi di daerah dekat komplek perumahan, terutama perumahan kelas menengah keatas, karena tingkat sosial ini memang sangat berpengaruh dan menentukan daya beli ditoko kita.

Misal : apabila anda mencari toko dan mendapatkan lokasinya di daerah pondok indah jakarta selatan, tentu daya belinya akan sangat jauh berbeda kalau dibandingkan mendapat toko didaerah pinggiran seperti daerah cilangkap atau jonggol.
Mungkin analogi saya diatas terlalu ekstrim.

Tapi pointnya gini, setidaknya carilah lokasi toko yang berada tengah-tengah antara dua contoh diatas. Mungkin lokasi dipondok indah terlalu elit, sudah pasti sewa tempatnya akan selangit. Tapi jangan pula mencari lokasi yang terlalu terpencil dan akses jalan ke tokonya sulit. Wah kalau sudah seperti itu alamat usaha dan bisnis kita akan sulit berkembang.

Jangan pula pernah sekali-kali membuka toko didaerah dekat pasar tradisional.

Kenapa?

Karena (kebanyakan) di pasar tradisional pasaran harganya sudah rusak, sudah hancur.
Saya tahu persis karena telah mengamati dan survey langsung dilapangan.

Sebagai perbandingan : toko ibu saya yang berada di kawasan Condet, disana rata-rata penduduknya berasal dari kelas sosial menengah dengan daya beli yang tinggi. 
HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN
Toko ibu saya di daerah condet.
Amat berbeda sekali kondisinya dengan adik perempuan saya yang pernah membuka cabang di daerah dekat pasar Ciracas.

Karena daya beli yg rendah sedangkan persaingan sangat tinggi (yg jual mainan bejibun dipasar itu) akhirnya semua berlomba-lomba saling banting harga. Ujung-ujungnya jadi 'kerja bakti' alias tekor karena margin yang didapat sangat tipis.

Silahkan baca kisah para pedagang dipasar itu di sini : SEPATU RODA STORY, Prolog (Rugi Bandar)

HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN
Toko lama adik saya di daerah Ciracas.

Akhirnya adik saya menutup toko mainannya yang di ciracas itu dan hijrah ke wilayah Condet (berjarak sekitar 500 meter dari toko ibu saya). Sejak pindah ke condet, alhamdulillah toko mainannya ramai dan maju pesat sampai sekarang. 

HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN
Foto toko mainan adik saya setelah pindah ke condet.

Jadi faktor lokasi yang strategis dan tingkat daya beli di area sekitar toko adalah salah satu satu point penting untuk diperhatikan sebelum memulai membuka bisnis mainan. Biarlah harga sewa tempat agak mahal sedikit, tapi 'kan sesuai dengan harapan tingginya daya beli, juga faktor strategisnya lokasi toko tersebut.

Faktor kedua yg perlu diperhatikan adalah soal skill/pengetahuan dasar tentang mainan. 

Sebenarnya soal skill ini bisa terasah dengan sendirinya seiring perjalanan waktu. Tapi diawal menempuh bisnis mainan ini, pasti kita masih sama sekali buta dengan ilmu dan 'selah'nya, 

Contoh :

Apakah kita sudah tahu mainan yg sedang tren? 

Dimanakah channel belanja yg murah?

Di grosiran manakah yang jual mainan ini? 

Dimana tempat belanja mainan model ini dan itu?
Dan lain-lain.

Sebagai pemula pasti kita sama sekali belum tahu. 

Nah bagaimanakah cara mendapatkan informasinya?

Caranya yaitu : coba cari dan dekatilah sahabat atau teman kita yang sudah berhasil di bidang bisnis mainan ini. Yang sudah berpengalaman!
Timbalah informasi dari mereka.

Tapi caranya usahakan yang halus, secara bertahap.
Jangan baru kenal tiba-tiba ujug-ujug sudah minta dimana rahasia channel belanja yang murah.
Ya kemungkinan besar tidak akan diberi tahu. 

Karena itu termasuk 'rahasia perusahaan', dan rahasia perusahaan itu memang susah didapatnya.
Maka pintar-pintarlah mencari cara untuk mendapatkan semua informasi itu. 

Terkecuali kalau sumber informasi itu adalah saudara atau kerabat kita sendiri yang sudah lebih dulu sukses dibidang bisnis mainan. kalau seperti itu sih sudah lain soal, langsung to the point ajalah. ☺☺

Faktor yg ketiga : Modal. 

Bisnis mainan saat sekarang ini amat jauh berbeda kondisinya dengan 10 tahun atau 7 tahun yg lalu.
Dulu saat ibu saya pertama kali membuka toko mainan, yaitu di condet tahun 2007 yg lalu. Waktu itu disana toko mainan baru ada dua toko.

Kalau sekarang?

Toko mainannya sudah BEREROT sepanjang jalan!

Udah gitu jaraknya udah kayak ramuan madura,
RAPET! wkwkwkwkwkwk ☺☺☺☺☺

Bayangin! Rentang jarak 100 meter sudah ada lagi toko mainan yg lain, bahkan ada yg cuma berjarak 50 meter!!

Dari yang sudah pernah saya hitung dan amati, di condet dan area sekitarnya pada saat ini ada sekitar 8 atau 10 toko mainan.

3 diantaranya adalah toko mainan milik adik laki-laki, adik perempuan dan toko ibu saya.

Efeknya?
Ya jelas, persaingan menjadi semakin ketat!!


Nah intinya, persiapkanlah modal yang cukup memadai sebelum mulai membuka toko mainan. Pertimbangkanlah terlebih dulu dalam hal modal ini. Jangan terburu nafsu, modal masih belum cukup tapi tetap memaksakan diri untuk buka toko mainan. Akhirnya tidak cukup stok barang yang akan jual. Konsekwensinya sudah pasti babak belur karena ketiban oleh toko-toko lain yang sudah besar. 
Sebelumnya saya ingin menegaskan dan menekankan dulu, supaya teman-teman tidak salah paham.

Modal yang sangat minim/pas-pasan bukannya tidak bisa untuk maju bersaing, saya tidak mutlak bilang begitu. 
Bisa saja punya modal pas-pasan dan mampu bersaing dengan toko mainan yang sudah besar,
Tapiiiii,,,,,,
Ini ada tapinya ya,,,, 
Yaitu kita harus mau berjuang mati-matian. mau berjuang ekstra keras!
Karena diawal merintis pilihannya hanya ada dua :
- Mampu bisa bertahan atau
- Tenggelam dikancah persaingan!!

Kisah nyata bagaimana kerasnya perjuangan dengan modal yang pas-pasan sudah pernah saya tulis di artikel ini : SYARAT SUKSES HARUS PUNYA MODAL BESAR (kata siapa?)

Nah teman-teman semua, itulah beberapa persiapan penting yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis toko mainan. 

Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat.
Insya Allah diwaktu berikutnya akan saya ulas lagi topik bisnis yang menarik lainnya.

Semoga sukses selalu.
Salam.

Penulis by : Bang izal.

Update : Lanjutan dari artikel ini sudah ditulis, berjudul : HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN 

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Mantap semoga semakin sukses usaha dan blognya bang

    ReplyDelete
  2. Aammiin,,,, makasih ya om 😊😊

    ReplyDelete
  3. Blog nya baru atau dah lama ya bang. Kok baru tau saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya blog ini udah lama bos, udah saya bikin sekitar 3 tahun yg lalu,,,,tapi dulu buat jualan mainan,,,nah skrng mau ganti jadi blog pribadi dan foto2 mainannya pelan akan saya hapus satu2, trus di ganti dgn artikel2 yg membahas soal bisnis :)

      btw makasi ya bos udah bersedia mampir :)

      Delete
    2. Bang izal, agen grosir mainan di karawang tau ga ya? Atau agen mainan yg dijakarta, yg ad layanan antarnya, ad ga ya bang? Minta petunjuj donk bang izal.thx

      Delete
    3. Kalau agen grosiran di karawang saya belum tahu om,,,

      Saran saya kalau mau beli mainan grosiran, langsung ke pusatnya aja om,,, di daerah asemka jakarta kota.

      Ada beberapa toko yg memberi pelayanan antar barang, tapi ada syarat jumlah belanja minimalnya om, yaitu minimal belanja mainan 20 jutaan keatas.

      Toko yg melayani antar barang diantaranya : Toko sinar mutiara toys dan Toko JN Toys.

      Delete
  4. Sangat menginspirasi banget..
    Ngomong-ngomong bisa dong yah minta channelnya biar bisa buka toko mainan juga di kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah niat yg bagus itu mas! Bisnis mainan prospeknya memang sangat menjanjikan lho. 😊

      Channel grosir yg terlengkap udah pernah saya tulis artikelnya mas, yaitu pasar pagi Asemka, pasar Senen dan pasar Gembrong.

      Silahkan di cek aja artikelnya. 😉

      Delete
  5. Mampu bisa bertahan atau
    - Tenggelam dikancah persaingan!!

    kalimat ini adik pinjamya om, sebagai motivasi untuk usaha kecil adik, jasa pembuatan blog.

    terus om, menulis dan berbagi. semoga ada adik-adik terinspirasi dari tulisan pengalaman om.
    dan semoga aja adik bisa ketemu om , sekaligus silahturahmi sesama blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pinjam om,,, silahkan diambil aja, semoga dapat bermanfaat dan menjadi motivasi. hehe :)

      Siaaap,,, saya akan tetap terus menulis dan berbagi, semoga dapat menjadi amal jariyah yg tiada putus2nya untuk saya. Aammiin.

      Wah idenya boleh juga tuh om.
      Kalo mau silaturahmi, main2 aja ketoko saya di daerah kalisari jakarta timur. :)

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner