Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skill Khusus yang Harus Kita Miliki Dalam Berbisnis

Hai teman-teman semua. ☺

Kali ini saya ingin membahas skill (keterampilan) khusus yang harus kita miliki dalam berbisnis.

Seorang owner (pemilik) pada setiap bidang usaha, biasanya mempunyai skill khusus yang menjadi jurusan andalannya agar bisa tetap eksis atau setidaknya bertahan dalam menghadapi persaingan.

Agar lebih mudah dipahami, yang dimaksud dengan skill khusus dalam bisnis, sekarang kita ambil contoh mudahnya : misal seorang owner pada rumah makan padang.

Rumah makan padang yang pelanggannya sudah sangat ramai seperti Restoran Sederhana itu pasti punya skill khusus yaitu bumbu rahasia yang tidak di miliki oleh pengusaha rumah makan padang yang lain.

Bumbu rahasia ini tidak akan pernah diberikan/dibocorkan resepnya ke sembarang orang.
Karena pada kelezatan racikan bumbu itulah letak kunci utama yang membuat Restoran Sederhana itu menjadi terkenal dan pelanggannya tersebar ke seluruh indonesia.

Kalau sampai resep rahasianya bocor, menyebar dan diketahui oleh semua rumah makan yang lain, wah gawat! bakal ada banyak saingan nanti. Bisa hancur masa depan usahanya.☺☺

Oleh karena itulah setiap resep rahasia usaha kuliner/makanan sangat dirahasiakan agar jangan sampai bocor ke pihak lain.

Bahkan usaha waralaba makanan kelas dunia seperti Kentucky Fried Chicken (KFC), demi untuk menjaga resep rahasia bumbu asli ayam gorengnya, sampai-sampai resep itu harus disimpan didalam brankas baja khusus.

Resep bumbu asli KFC itu diciptakan oleh pendirinya Kolonel Sanders, Owner dari waralaba kuliner kelas dunia tersebut.

Resep asli itu disimpan dikantor pusat KFC di Louisville Amerika Serikat. Brankas itu dijaga ketat oleh aparat keamanan, persis seperti layaknya menjaga sebuah intan berlian yang sangat mahal.

Begitulah mahalnya nilai suatu aset berharga (baca : skill khusus/'jurus andalan) dalam bisnis yang diciptakan oleh seorang owner di bidang usahanya masing-masing.

Resep bumbu dari Restoran Sederhana atau KFC diatas hanya salah satu contoh saja. 
Jadi untuk bidang kuliner, pada rahasia resep bumbu itulah sumber kekuatan usaha mereka yang tidak mungkin bisa ditiru oleh orang lain.

Dan itulah inti bahasan artikel kali ini, yaitu bagaimana caranya agar kita dapat menciptakan suatu kelebihan tersendiri pada usaha kita. Sehingga usaha kita punya ciri khas dan daya saing yang tidak mampu ditiru oleh para kompetitor.

JURUS ANDALAN DAN SKILL KHUSUS YG HARUS KITA MILIKI DALAM BISNIS

Jurus andalan dalam bisnis/bidang usaha ini biasanya akan kita temukan setelah melewati berbagai proses. Istilah kerennya trial dan error. Dari berbagai proses dan pengalaman itulah kita dapat menemukan 'jurus rahasia' usaha kita.

Ada orang yang cepat menemukannya, ada juga orang yang butuh waktu sampai bertahun-tahun barulah dia dapat menemukan 'selah' dalam usahanya. Masing-masing orang punya cara dan kemampuan yg berbeda.

Dalam proses itu, kadang terlebih dahulu dibumbui oleh bermacam-macam kegagalan.

Sekedar berbagi, seperti 'jurus andalan' yang telah saya temukan pada salah satu cabang toko mainan saya. Pada tahun 2014 alhamdulillah saya dapat membuka cabang toko mainan yg kedua. 
Jika pada toko yang pertama kali saya dirikan masih menjual jenis mainan campur-campur, maka pada toko cabang yang kedua ini saya meng-khususkan untuk menjual segala jenis mainan remote control. 

Bagi teman-teman yang mau melihat tokonya, serta koleksi mainan remote controlnya, silahkan cek di artikel ini : CATATAN PERJALANAN USAHAKU Bagian 10 (Merintis Bisnis Toko Mainan)

Setelah 7 tahun buka usaha toko mainan (sejak 2010) dan saya telah menjual bermacam-macam jenis mainan, akhirnya dalam dua tahun belakangan barulah saya temukan spesialisasinya. 
Ternyata menjual secara lengkap semua mainan remote control itu sangat menjanjikan prospeknya. Terutama mainan mobil remote, drone dan helikopter remote.

Kelebihan berbisnis mainan remot control adalah : walau sampai kapan pun tidak akan pernah ada mati/basinya. Tidak ada istilah expired dalam bisnis mainan.
Misal pada hari ini saya membeli stok mainan remote control dalam jumlah yang sangat banyak, ternyata sebagian stok itu ada yang tersisa dan tersimpan di gudang hingga lima tahun yang akan datang.

Percaya tidak teman-teman?

Lima tahun kemudian, mainan remote control yang selama ini tersimpan di gudang itu akan tetap laku!

Begitulah luar biasanya bisnis mainan. ☺

Demikian juga dengan adik laki-laki saya. 
Dia juga mempunyai toko mainan sendiri di daerah batu ampar Condet Kramat jati Jakarta timur..
Kalau adik saya ini telah berjalan selama lima tahun membuka toko mainan.

Agak sedikit berbeda dengan saya yang toko pertamanya menjual segala macam mainan campur-campur, nah adik laki-laki saya ini lebih mengkhususkan menjual segala macam mainan hobi. 
Pada mulanya dia telah mencoba menjual berbagai macam mainan hobi seperti hot wheels, action figure, rubik, mainan sulap, tomica, gundam, dan lain-lain. 

Ternyata sekitar setahun belakangan ini barulah dia temukan 'jurus andalan' dalam usahanya, yaitu segala macam unit mainan air soft gun.

Dan ternyata,,,,,prospek dan keuntungan bisnis mainan air soft gun itu guri-guri enyyyoooy! Mak nyuss! hehehe. ☺☺

Memang, setahun belakangan ini bisnis air soft sedang terkena ujian dan musibah. Yaitu banyak digelar razia gara-gara ulah 'jagoan neon' yang tidak bertanggung jawab.
Tapi syukurlah sekarang kondisinya sudah mulai kembali tenang, aman dan terkendali. Sehingga adik saya bisa kembali melanjutkan bisnisnya.

Nah demikianlah diatas beberapa contoh gambarannya.

Kalau kita sudah punya satu jenis usaha spesialisasi yang menjadi andalan, maka akan jauh lebih mantap lagi kalau kita juga punya skill khusus yang tidak mudah ditiru dan tidak dimiliki oleh orang lain.

"Skill khusus itu yang seperti apa saja bang izal?"

Skill khusus itu ya sesuai dengan jenis usaha dan keahlian masing-masing. Contohnya sudah saya berikan diatas, skill khusus yang dimiliki pengusaha kuliner adalah resep rahasia masakannya. Skill khusus profesi dokter adalah bagian spesialisnya, dan lain-lain. Saya kira sampai disini sudah bisa dipahami.

"Trus skill khusus yang di miliki bang izal apa yak?"

Heehehehe,,, mau tau aja apa mau tau banget?? ☺☺☺

Skill khusus dibidang usaha saya adalah :

1. punya keahlian memainkan segala jenis mainan Rc drone dan helikopter remote.
2. Saya tahu tempat channel berbelanja spare partnya segala macam mainan remote control.
3. Saya punya channel/teman yang ahli memperbaiki atau men-servis segala macam mainan remote control.

Kalau teman-teman mau lihat kepiawaian saya bermain helikopter remote, silahkan lihat videonya di channel youtube saya. Nama channelnya sama dengan nama blog ini, bedanya ditambah hurus 'S' dibelakangnya, yaitu Bang Izal Toys.

Nah, kepiawaian bermain helikopter remote ini sangat berpengaruh besar dalam setiap penjualan di toko saya.

Ada sedikit cerita tersendiri sampai saya akhirnya memiliki skill khusus ini :
  • Saya dulu sengaja mati-matian berlatih memainkan helikopter remote hingga berbulan-bulan lamanya. Alhamdulilah sekarang saya telah mahir memainkannya. 
Tidak mudah lho untuk bisa mahir memainkan helikopter remote itu.
Butuh kesungguhan dan konsentrasi yang tinggi.
Dulu saya sampai harus rela mengorbankan dagangan sendiri karena untuk berlatih mainan heli ini resikonya pasti sering jatuh atau tertabrak. Alhasil heli remote saya banyak yang menjadi hancur dan patah-patah sayapnya. ☺☺☺

Seorang pedagang mainan remote control, terutama helikopter remot memang dituntut harus mahir mendemonstrasikannya. Terutama harus bisa memainkan dengan gaya manuver yang sulit, karena hal itulah yang akan jadi daya tarik orang untuk membeli. Karena alasan itulah saya rela berlatih memainkannya walau harus berkorban dagangan sendiri.

Apabila ada seorang pedagang helikopter remote tapi tidak bisa menerbangkannya, bisa di ibaratkan seperti sebuah restoran mewah yang menyajikan hidangan kepada pengunjungnya tanpa garam. Yo jelas pengunjungnya pada kabur dan besok-besok tidak mau datang lagi. hehehe ☺
  • Kita harus tahu channel tempat berbelanja barang yang termurah. Kalau perlu, kita tahu tempat berbelanja barang yang langsung ke importirnya. Kita wajib harus tahu dimana tempat berbelanja jenis mainan-mainan yang langka. Sehingga apabila kita berbelanja langsung pada tangan pertama, tentunya kita dapat menjual dengan harga bersaing (baca : murah). 
Dua hal diatas tidak akan mudah didapatkan, kecuali bagi pedagang yang sudah sering mencari dan memiliki banyak berpengalaman ('jam terbangnya' tinggi).

Dan pengalaman tidak akan pernah mungkin akan kita dapatkan kalau tidak berani mencoba.

  • Usahakan toko kita punya tukang servis tersendiri. Dan kita juga harus tahu dimana tempat berbelanja spare part helikopter, drone, dan mobil remote yg lengkap. 
Kalau kita belum bisa punya tukang servis sendiri, minimal kita harus memiliki informasi dimana tempat pusat servis mainan itu. Sehingga kita bisa membantu dan mengarahkan pelanggan kita agar mereka bisa datang dan memperbaiki mainannya kesana.

Demikianlah diatas beberapa hal yang akan menjadi nilai tambah usaha kita. Bahasa lainnya disebut servis dan value.

Jika usaha kita memiliki servis dan value yang baik, maka para pelanggan akan menjadi senang dan selalu nyaman berbelanja kepada kita. Sehingga pada perkembangan berikutnya toko kita akan selalu di cari orang. Direkomendasikan oleh pelanggan kita kepada teman-temannya sehingga menyebar dari mulut ke mulut.

Hasilnya?

Ketika kita semakin banyak pelanggan, tentu semakin majulah usaha kita. ☺☺☺
Demikianlah teman-teman,,,, beberapa jurus andalan dan skill khusus yang harus kita miliki dalam bisnis.

Note : Beberapa ilustrasi diatas bersifat fleksibel, intinya bisa diterapkan untuk semua usaha apa saja, sesuaikanlah kondisinya, yang penting :

TEMUKANLAH RAHASIA JURUS ANDALAN DALAM USAHAMU!
DAN TIDAK ADA YANG LEBIH TAHU CARA MENDAPATKANNYA, KECUALI OLEH DIRIMU SENDIRI! 
YAITU INTI DAN SARIPATI DARI SEMUA PENGALAMANMU!

Semoga kita semua dapat meraih kesuksesan.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "Skill Khusus yang Harus Kita Miliki Dalam Berbisnis"