PELUANG EMAS BISNIS ONLINE Skip to main content

PELUANG EMAS BISNIS ONLINE

PELUANG EMAS BISNIS ONLINE
Foto ilustrasi : My Wife.

Hallo teman-teman dan sahabat semua.
Ketemu lagi dengan bang izal ☺

Pada pertemuan kali ini saya akan coba membahas tentang peluang emas bisnis online. Inilah salah satu peluang usaha yang tengah meng-invasi di zaman kemajuan teknologi internet saat ini, yaitu bisnis toko online/online store.

Bisa kita lihat dalam rentang waktu 5 tahun terakhir, perkembang bisnis online sangat cepat sekali, bahkan begitu melesat!.

Begitu 'mengerikannya' serbuan online store ini hingga cukup banyak membuat toko-toko offline/toko fisik tersentak dan kaget. Tidak bisa dipungkiri gencarnya invasi online store ini cukup mengguncang eksistensi toko-toko fisik, termasuk salah satunya adalah saya sendiri hehehe☺☺☺ (nanti akan saya buat satu artikel khusus kenapa akhirnya saya juga buka toko online selain toko fisik).

PELUANG EMAS BISNIS ONLINE

Sekarang kita flashback dulu sejenak ke belakang, yaitu kisaran era 10 tahun yang lalu. 
Dulu online store sama sekali belum populer, di antara penyebabnya yaitu :

# 1. Masalah keamanan berbelanja.

Ini adalah salah satu penyebab terbesar yang membuat rata-rata orang saat itu tidak yakin berbelanja di toko online, yaitu masalah keamanan berbelanja. Banyak santer terdengar kasus penipuan, setelah uangnya di transfer, si sellerpun menghilang tanpa jejak.

Dulu dibawah tahun 2010 ecommerce juga belum sepopuler sekarang bahkan sebagian belum ada. Bukalapak saja baru berdiri di tahun 2010. Saat itu kebanyakan bisnis online dari web atau akun pribadi seperti facebook. 

Bagaimanapun, maraknya kasus penipuan itu pastinya jadi melunturkan kepercayaan masyarakat. Apabila kepercayaan itu sudah tidak didapatkan lagi, sulit bagi masyarakat untuk mau berbelanja melalui online. 

# 2. Belum familiar.

Juga dulu, dibawah tahun 2010an toko online/online store masih sesuatu yang asing. Rata-rata masyarakat masih terbiasa berbelanja di toko-toko fisik. Saat itu jika ada orang mendengar istilah toko online seakan itu kata-kata asing yang jarang terdengar ditelinganya, 'belum familiar'! 
Begitulah kira-kira bahasa mudahnya.

Kenapa saat itu belum familiar?

Penyebabnya banyak, diantaranya karena pada saat itu teknologi pendukungnya belum secanggih seperti sekarang. Dulu Hp yg terbilang canggih dan harganya cukup mahal adalah Blackbbery. 

Nah coba sekarang teman-teman bandingkan Blackberry yang dulu sudah dianggap canggih itu dengan Hp android paling murah zaman sekarang, bagaimana?
Pastinya ketinggalan amat jauh sekali blackbery itu, baik dari segi fitur dan maupun teknologinya, betul? ☺

Zaman sekarang smarthphone sudah hampir jadi kebutuhan pokok sehari-hari. Dan itu jelas semakin melanggengkan langkah invasi teknologi internet termasuk online store di dalamnya. Untuk SEMAKIN mencengkeramkan' kukunya di tengah-tengah masyarakat! (mohon maap kalo bahasanya ketinggian hehehe) ☺☺ 

# 3. Akses internet masih sulit dan mahal.

Dulu,,,,,dibawah tahun 2010an itu rata-rata orang kalau ingin dapat akses internet, ya pilihannya harus ke warnet. Karena setahu saya, dulu kalau mau memasang/berlangganan internet dari perusahaan provider secara pribadi di rumah, biayanya cukup mahal. 
Hanya orang-orang tertentu saja yang mampu berlangganan internet kala itu.

Sedangkan pada saat ini?

Semua perusahaan operator telekomunikasi seluler di indonesia semakin berlomba-lomba memanjakan pelanggannya dengan berbagai paket internet murah.

Tidak mau kalah saat sekarang ini semua perusahaan provider yang dulu tarifnya mahal, juga berlomba-lomba menawarkan paket promo internet murah. Targetnya apalagi kalau bukan supaya semakin banyak orang yang berlangganan internet pada perusahaan mereka.

Intinya zaman sekarang ini semua lapisan masyarakat telah dimanjakan dan terbiasa dengan internet. 
Mungkin pada saat 5 tahun mendatang kebutuhan akan internet ini akan menyamai kebutuhan pada listrik. Terutama bagi kalangan masyarakat perkotaan.
(soalnya berdasarkan pengalaman pribadi, saya sendiri kalau jaringan internet di rumah sedang putus, rasanya kok gak betah banget, kayak ada sesuatu yang kurang/nge-ganjel di hati hehee).

Back to topik!

Nah, jadi poinnya apa?

Begini teman-teman, saat sekarang ini bahkan seorang tukang sampah di tempat sayapun sudah terbiasa memakai android! 
Artinya semua teknologi yang didukungnya, termasuk internet pada zaman sekarang bukan hal yang aneh lagi bagi semua orang!

Oke teman-teman, saya rasa flashbacknya sudah cukup.

Sekarang kita fokus ke topik utama pembahasan.

Itulah diatas tiga perbedaan yang sangat tajam dan perubahan sangat cepat dari perkembangan teknologi internet dengan invasinya.

Jadi dengan semua perubahan teknologi dan kemudahan akses internet yang cepat saat ini, sangat membuka peluang lebar bagi teman-teman untuk mengadu peruntungan di bidang bisnis online.

Kenapa saya bilang bisnis online ini peluang yg sangat besar?

Berikut saya coba uraikan alasannya secara lengkap :

Bisnis Online Pasarnya luas.

Bila toko fisik hanya mampu menjangkau pelanggan hanya dalam jarak beberapa kilometer, maka toko online mampu menjangkau semua wilayah dalam satu negara, bahkan internasional! 
Betapa market yang sangat luas!. 

Kini banyak UKM, industri-industri kecil dan rumahan yang mengandalkan pemasarannya pada bidang bisnis online ini. Lihat market store di bukalapak, tokopedia dan yang lainnya. Betapa banyak usernya yang telah terbantu dengan adanya marketplace online ini. 

Bisnis Online memberikan kesempatan kepada semua orang. Baik orang bermodal besar, 'setengah bermodal' atau yang tidak bermodal sama sekali.

Amat jauh berbeda sekali dengan toko fisik yang pastinya butuh modal besar untuk operasionalnya. Toko fisik harus menyewa sebuah toko/ruko. Dijakarta untuk toko ukuran 3 x 5 meter saja, itu paling murah sewanya 15 juta/tahun. 

Belum lagi untuk biaya membuat pajangan, rak, etalase, manequin, atau berbagai perlengkapan toko lainnya. Nah belum lagi buat biaya isi barangnya. Itu semuanya jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Makanya tidak semua orang bisa membuka toko fisik/toko offline. Butuh proses dan waktu yang lama.

Sedangkan bagaimana kesempatan dan peruntungan di bisnis toko online?

Dalam bisnis online, modal wajib kita hanya perlu biaya untuk membayar sewa internet atau beli promo kuota internet murah. Modal wajib lainnya yaitu punya kamera untuk memfoto produk. Tidak mesti harus punya kamera LSDR yang harganya mahal, bahkan kamera blackberry gemini 8520 jadul juga bisa! 
Yang penting bisa untuk memfoto produk! 
(soalnya saya pernah pake kamera Hp itu heheheheheheheh ☺☺☺)
  • ''Tapi kalau saya belum punya produk gimana bang izal,,,?" 
  • "masih ada kesempatan jualan online juga nggak,,,?"
Kenapa musti tidak bisa mas, abang, uda, ajo, kaka, akang sadayana? ☺
Kalau kita belum punya produk alias belum punya modal sama sekali, kita bisa menjualkan produk punya orang lain (dropship). Tapi sebelumnya harus minta izin dulu sama empunya produk buat share barangnya di toko online kita. 
Harga jualnya dilebihkan sedikit untuk laba kita nantinya. 
(jangan dilebihkan terlalu banyak karena nanti malah jadi tidak laku, sebab persaingan harga di bisnis online itu sangat ketat ☺) 

Atau bisa juga dengan cara menjualkan produk dari toko fisik milik saudara, sahabat atau teman-teman kita. 

Jadi caranya begini : kita foto semua produk di toko tersebut dan posting di toko online kita. Nanti setelah ada orang yang order dan telah men-transfer uangnya, nah kita tinggal beli deh barang di toko itu. Kemudian dikirim ke buyer kita tersebut.

Cara ini banyak ditempuh orang lho. 
Buktinya ada beberapa langganan yang sering beli mainan ditoko saya, ternyata dia adalah pebisnis toko online. Dia sering foto-foto produk mainan di toko saya untuk kemudian diposting ditoko onlinenya.

Tiap ada buyernya yang positif membeli, dia langsung datang ke toko saya untuk membeli produk yang dipesan buyernya tersebut.. Tentunya saya juga cukup pengertian dengan memberikan harga khusus yang lebih miring supaya dia bisa dapat untung agak berlebih dari toko onlinenya ☺.

Nah, jadi benarkah di bisnis online semua orang punya kesempatan?
Yup! pastinya iya! 

Bisnis online tidak terikat waktu dan bisa dijalankan dimana saja.

Amat sangat jauh berbeda dengan toko offline yang harus stand by di toko kita. Dalam bisnis online kita bisa mengerjakannya sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Sebagian dari kalangan ibu-ibu muda yang punya satu anak, masih bisa menjalani usaha ini untuk pemasukan tambahan. Setelah ngemong anak dan si anak tertidur, kegiatan toko onlinenya bisa dilanjutkan lagi. 

Berbeda sekali dengan saya saat mengurus toko offline, walau punya karyawan, saya harus tetap stand by ditoko untuk mengawasi penjualan dan segala macamnya. Tidak bisa di tinggalkan begitu saja, bisa-bisa pembukuan toko jadi kacau berantakan karena tidak ada owner atau pemimpinnya.
Tapi uniknya di toko online bang izal toys, saya bisa kerjakan semua orderan, melayani dan menjawab semua pertanyaan buyer sambil nyambi mengurus toko, atau dikerjkan sambil santai di rumah. Itulah bedanya toko online dengan toko fisik!

Waktu bekerja toko online juga bebas terserah kita. Tidak ada ikatan. Kitalah rajanya. Mau kerja online 24 jam ya silahkan, mau sehari atau setengah hari silahkan, mau ambil waktu libur juga silahkan. Bebas sama sekali tidak terikat waktu kerja seperti toko fisik apalagi karyawan hehehe ☺

Banyak orang yang sukses dan jadi jutawan karena fokus dan menemukan 'Selah'nya di bisnis online.

Apabila kita, saya atau anda benar-benar fokus dan menemukan 'ilmu kuncinya', kata orang jerman : 'Selahnya' (konon berasal dari kata 'celahnya') ☺☺☺

Banyak orang yang berangkat dari bisnis berbasis teknologi internet telah jadi jutawan dan kaya raya. Di tingkat nasional beberapa contohnya seperti Achmad zaky (ceo bukalapak), Nadiem makarim (ceo gojek), Andrew darwis (ceo kaskus), Hendrik tio (ceo bhinneka) dll.

Ada juga pebisnis online yang juga menikmati sukses dan telah expert di bidangnya. Diantaranya ada om faisal adlan (ceo dari ical toys). Om ical awalnya berawal dari hobi masa kecilnya pada mainan miniatur/model die cast metal dari berbagai macam koleksinya. 

Pada suatu saat (kalau tidak salah di suatu acara perkumpulan sesama pehobi die cast metal) dia iseng ikut memajang sebagian (atau semua, saya agak lupa-lupa ingat kisahnya) koleksi masa kecilnya. Tidak di sangka-sangka ternyata koleksinya laris manis dan ludes terjual semuanya!

Dari situlah om ical ini mulai bersemangat dan bertekad menekuni bisnis online die cast metal khususnya hot wheels sampai sekarang. Dengan memanfaat teknologi internet, teamwork dan SDM yang sudah mumpuni (bisnis onlinenya sudah jalan hampir 10 tahun), Ical toy dan kawan-kawan telah menikmati sukses dari ketekunan dari keseriusannya. 

Saat sekarang ini dalam sekali lelang ical toys mampu menjual hingga mencapai ribuan pcs hot wheels dengan total omset mencapai ratusan juta rupiah.

Anda juga mau sukses seperti mereka? pastinya mau dooong! lha wong saya juga mau! hehehe ☺☺☺

Demikianlah teman-teman semua, bisnis online memberikan kesempatan untuk semua orang dapat meraih sukses. Tinggal di kitanya, apakah mau serius menekuninya dan menggali semua rahasia yang ada di dalamnya hingga kesuksesan itu berhasil kita raih.

Ayo semangat!!! ☺

Baiklah teman-teman semua, sampai di sini dulu pembahasan kita tentang peluang emas bisnis online. Di waktu berikutnya insya Allah akan saya sambung dengan topik yang tidak kalah lebih hangat, segar dan aktual.

Sampai jumpa lagi,

Salam sukses! ☺

UPDATE !
Lanjutan artikel ini telah selesai saya tulis, monggo di intip : INVASI TOKO ONLINE, TOKO OFFLINE HARUSKAH MATI (SURI)?

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Toko online memang otomatis dan tapi disisi lain juga butuh pengawasan. Malah lebih ribet kalau saya pribadi. Memang yang jagain toko ga ada tapi orang usil di dunia Maya jauh lebih banyak dan lebih berbahaya. Bukalapak sama Tokopedia yang gede saja pernah down secara bersamaan. Itu sedikit soal teknisnya web shop.
    Satu lagi kita butuh orang untuk cek rekening. Saat buyer bayar web tidak bisa otomatis deteksi pembayaran transaksi. Harus manual kan? Cek rekening dan konfirmasi pembayaran yang masuk. Tapi kalau secara sederhana memang toko online menjanjikan kemudahan bagi pemiliknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang betul da,,,, semua pasti akan ada konsekwensinya.

      Tapi kalau kita benar2 serius mau menekuni bidang ini, insya Allah semua masalah itu bisa teratasi.

      Apalagi kalau kita sudah mencapai level tingkat expert falam bisnis ini. Seperti pebisnis online om Faisal Adlan (owner toko online Ical toys). Dia itu punya sistem udah benar2 mantap, teroganisir, rapi dan terstruktur. Sekarang dalam sekali lelang hot wheels, toko onlinenya sudah tembus lebih dari 10.000 pcs item hot wheels. Luar biasa!

      Coba deh sekali2 uda lihat profil FB nya. Memang luar biasa rekan bisnis yg satu itu.

      Tapi untuk sampai level seperti om Ical toys itu butuh waktu yg gak sebentar. Dia sudah 10 tahun terjun ke bidang bisnis online. Memang butuh proses dan kemauan belajar yg tinggi da kandra. 😊

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner