5 KUNCI RAHASIA SUKSES Skip to main content

5 KUNCI RAHASIA SUKSES

5 KUNCI RAHASIA SUKSES VERSI BANG IZAL
Foto by : Pixabay. com

Hallo apa kabar teman-teman semua.
Ketemu lagi sama bang izal ☺
Pada pertemuan kali ini saya masih ingin membahas topik dengan tema motivasi.

Sebelumnya saya telah menulis artikel 5 HAL PENGHAMBAT SUKSES VERSI BANG IZAL, yaitu artikel yang berisi kritikan tentang penyebab seseorang sulit meraih sukses.

Maka pada artikel kali ini saya akan menulis beberapa poin solusi sekaligus sebagai pelengkap artikel sebelumnya, yaitu 5 Kunci sukses versi Bang izal.
Kunci sukses itu sebenarnya ada banyak, tapi saya ingin memilih 5 poin saja sebagai faktor utama yang sangat berperan kuat atas kesuksesan seseorang.

Diantaranya yaitu :

# 1. Punya kecerdasan emosional (EQ) sejak di masa muda.

Seperti yang telah saya jelaskan secara runut dan terperinci di artikel sebelumnya diatas, bahwa masa muda adalah penentu dan kunci utama dari kesuksesan.

Apabila seseorang telah gagal di poin (masa muda) ini, biasanya poin di faktor lain akan ikut gagal.

Kenapa bisa begitu?

Ya! karena semuanya saling terkait, dan pada masa muda inilah induk utama (hulu)nya!

Maksudnya begini,,,, 
Menurut hemat saya---->kualitas serta kedewasaan seseorang bisa dinilai/dijadikan tolok ukur dari : sejauh mana dia itu sanggup mengendalikan dan mengontrol masa mudanya yang penuh dengan godaan dan gejolak. 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Disaat mayoritas anak-anak muda lain banyak yang terlena dan terbuai membuang-buang waktu----------> dia tahu kapan waktunya untuk mulai berfikir ''aku tidak bisa begini terus''.

Disaat anak muda lain banyak yang terjerumus pada hal-hal buruk, bahkan terjerumus memakai zat terlarang dan pergaulan bebas----> dia tahu kapan waktunya untuk hijrah total, dia tahu kapan batas waktunya!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Apabila seseorang sejak dari masa mudanya sudah bisa mengontrol dirinya, punya skala prioritas. Tahu kapan era belajar dan bermain (umur 13-17 tahun), dan tahu kapan waktunya untuk mulai memikirkan masa depan (umur 20 tahun keatas).

Inilah ciri-ciri tipikal anak muda yang bakal sukses dimasa depan.
Apabila seseorang dimasa mudanya sudah mampu melatih diri untuk menyisihkan dan menabung uangnya untuk persiapan jangka panjang ke depan.

Apabila seseorang di masa mudanya sudah mampu membedakan dan menyaring mana pengaruh baik dan buruk dari teman-teman sepergaulannya, tahu mana teman untuk sekedar kenal saja dan tahu mana teman yang pantas dijadikan sahabat.
Satu hal yang pasti, anak muda dengan ciri dan tipikal seperti diatas, sangat besar peluangnya untuk meraih sukses dimasa depan. Tapi jangan lupa,,,,, pemuda tipikal seperti ini jumlahnya sangat sedikit sekali alias langka. Sebagaimana sedikitnya jumlah orang yang berhasil sukses karena telah bersiap sejak dari masa mudanya.

Contoh analoginya :

Lebih banyak mana jumlah CEO daripada jumlah pengangguran?

Kenapa jumlah CEO cuma sedikit? karena untuk menjadi CEO itu jauh lebih sulit daripada sekedar menjadi pengangguran, Ya toooh? Betul?
Betul, betul, betul heheheheheheh ☺
Nah, jadi kita mau pilih yang mana? 
Pilih CEO atau jadi pengangguran? hehehe ☺
Ya pilih jadi CEO doong, minimal CEO diusaha milik kita sendiri walaupun kecil-kecilan, tapi mandiri.

Jadi untuk teman-teman yang masuk kategori anak muda, kalau mau sukses ya harus mau berjuang berpahit-pahit dari awal, dari masa muda!
Bentuklah karakter diri sedini mungkin!

Dan harus di ingat, membentuk karakter (kecerdasan emosional, EQ) dimasa muda itu tidak mudah! Percayalah! 

Butuh perjuangan keras dan kemauan kuat dari dalam diri kita sendiri, karena yang paling berat bagi manusia itu adalah mengendalikan dirinya sendiri!

Maka Berjuanglah hai anak muda! ☺

# 2. Berani mencoba/Tidak takut gagal/Berani mengambil resiko.

Untuk menempuh sesuatu hal baru pasti ada resikonya, apalagi sesuatu yang baru dalam membangun usaha. Bahasa padangnya : Trial and Error ☺☺☺ .

Resiko yang terbesar yaitu kegagalan.
Itu sudah suatu keniscayaan. Tapi tahukan teman? dibalik setiap kegagalan, justru di situ tersimpan banyak hikmah. Kita jadi banyak belajar dari kegagalan, dan bisa jadi bahan introspeksi untuk jadi lebih baik ke depannya.

Kalau kita tidak pernah gagal atau takut berlebihan mengalami kegagalan, lantas darimanakah kita bisa belajar? Apa yang akan kita perbaiki?, lha wong kita tidak pernah tahu kegagalan kita dimana? lantas apa yang mau diperbaiki?

Logis kan? ☺
Bahkan bayi yang belum bisa berfikir pun mau harus berkali-kali terjatuh agar bisa berdiri dan akhirnya mampu berjalan bahkan berlari. Semua perubahan butuh proses, dan kegagalan itu adalah bumbu penyedapnya.

Teman-teman tentu sudah tahu dan kenal dengan Thomas Alfa Edison. Saat melakukan percobaan sebelum menemukan lampu pijar, thomas mengalami kegagalan dan mengulang percobaannya bahkan sampai 9.998 kali. Nah, saat percobaannya yang ke 9.999 kali barulah dia berhasil dan sukses menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang.
Nah,,,, 
Pertanyaannya,,,,apakah kita sanggup se-sabar dan pantang menyerah seperti Thomas Alfa Edison dalam mengadapi kegagalan? Tidak usahlah Full seperti dia banget, kita bisa sepersepuluh seperti dia saja, itu sudah bagus sekali☺☺☺

# 3. Terbiasa menabung. 

Orang yang terbiasa menabung biasanya berbanding lurus memiliki sifat manajemen teratur dan perencanaan yang baik. Karena orang yang suka menabung itu pasti punya alasan untuk apa dia menabung.

Misalnya seseorang yang punya cita-cita ingin punya usaha toko mainan, namun dia terkendala tiada modal. Buka usaha toko mainan itu butuh modal yang besar, yaitu modal untuk sewa tempat (toko atau ruko), juga biaya yang besar untuk modal barang serta pajangannya.

Tidak akan cukup uang senilai 25 atau 30 juta rupiah. Paling minimal untuk modal buka toko mainan yaitu uang senilai 75.000.000 rupiah, itu sudah termasuk modal paling minimal sekali.

Ya,,,,,Minimal untuk syarat buka toko mainan tapi jumlah yang cukup besar untuk sebagian besar orang.
Nah, bagaimana dengan orang yang terkendala masalah modal?
Adakah caranya?
ADA!

Yaitu dengan menabung!

Untuk mengatasi masalah ketiadaan modal, belajarlah sejak dini untuk terbiasa menyisihkan uang jajan (bagi anak sekolah atau yang masih kuliah). 

Atau bagi yang sudah punya usaha kecil-kecilan (misalnya dagang di kaki lima) sisihkanlah setiap hari uang sisa hasil laba bersih dari usaha kita. 

Konsisten di tabung setiap hari walaupun hanya sejumlah 10.000 rupiah sekalipun!

Ibarat kata pepatah : Sedikit demi sedikit, lama kelamaan akan menjadi bukit. Begitupula kalau kita sudah terbiasa menabung setiap hari, tidak terasa seiring waktu dalam beberapa tahun kemudian jumlahnya sudah menjadi banyak, itu bisa untuk bakal modal kita nantinya!

Teman-teman semua,,,,
Saya berani berkata seperti ini karena sudah saya praktekkan sendiri.

Dulu sebelum buka toko mainan, saya adalah 'kuli' bengkel ban di kota padang dengan gaji harian hanya 30.000-50.000/hari. Setiap hari sisa bersih dari gaji harian itu konsisten saya tabung walau hanya tersisa 5.000 rupiah sekalipun!.

Sekitar 3 tahun kemudian terkumpulah uang tabungan senilai 15.000.000 rupiah. Ditambah dengan bantuan pinjaman uang dari ibu dan adik laki-laki, akhirnya saya bisa buka toko mainan di awal tahun 2010 dan berkembang pesat sampai sekarang.

Dan uang pinjaman dari ibu dan adik laki-laki saya itu telah bisa dilunasi pada tahun kedua buka toko mainan, Alhamdulillah ☺.
Kisahnya telah saya tulis lengkap di sini : MERANTAULAH HAI ANAK MUDA!

4. Punya semangat Etos kerja yg baik/Pekerja keras.

Sifat etos kerja yang baik dan pekerja keras mutlak diperlukan di awal merintis usaha (start up).

Seseorang yang baru mulai merintis dan membangun usaha, bahkan ada yang harus rela bekerja sampai 20 jam/hari.

Kenapa di awal merintis perlu usaha yang ekstra keras?
Karena pada awal merintis itu (2-3 tahun awal usaha) adalah masa-masa yang paling rawan, pondasi usaha belum kokoh, banyak kendala dan 'goncangan' baik dari internal maupun eksternal.

Goncangan dari internal bisa berupa sifat malas, bosan dan tidak konsisten (tidak fokus). Goncangan dari luar bisa berupa ejekan dan cemoohan dari teman-teman atau saudara yang melihat usaha kita masih belum juga terlihat hasilnya, atau bisa juga berupa 'manuver' dari saingan bisnis (banting harga, 'perang' strategi promosi, dll).

Nah,,,

Untuk tetap memacu semangat dari dalam diri kita, serta untuk menangkal semua kendala, godaan dan halangan dari luar, maka kita harus tetap selalu memupuk dan menjaga semangat etos kerja keras. Sebab sekali kita biarkan semangat kendor, ditambah lagi dengan berbagai 'manuver' dan gangguan luar yang tanpa henti terus menghantam usaha baru yang belum kokoh itu, bisa-bisa langsung tumbang dan patah ditengah jalan.

Banyak lho yang terjadi seperti ini, tidak sabar menjalani proses dan tidak konsisten, akhirnya cuma setahun-dua tahun buka usaha/toko, berakhir dengan ditutup dan tidak pernah dilanjutkan lagi. Saya sering lihat dan dengar fakta langsung di lapangan.

5. Merantau.

Kalau kita mau lebih dewasa, mental teruji dan punya banyak pengalaman dalam kehidupan? Maka pergilah merantau!

Dengan merantau, mau tidak mau kita digembleng untuk tetap bertahan/survive dalam hidup.

Teman-teman masih ingat suatu pameo "The Power Off Kepepet?, Pernah lihat suatu keadaan dimana saat seseorang dalam kondisi terjepit justru malah keluar kekuatan kreativitasnya?.

Atau pernah lihat suatu kejadian pada seseorang, saat dikejar anjing galak tiba-tiba kecepatan larinya bisa hampir menyamai kecepatan lari atlet sprint nasional? hehehe ☺☺☺☺

Itulah namanya the power off kepepet! 
Nah, kurang lebih samalah dengan merantau.

Dengan merantau, kita mau tidak mau 'dipaksa' untuk berfikir, 'dipaksa' untuk mau berusaha, 'dipaksa' untuk bisa memecahkan masalah. Disanalah prosesnya kita menjadi terlatih, berpengalaman dan jadi lebih dewasa.

Nah, diperantauan terutama bagi yang baru menjalaninya, itu rasanya sangat berat dan pahiiiiiiiit sekali.

Kenapa saya bisa bilang begitu?

Soalnya berdasarkan pengalaman pribadi waktu saya merantau. hehe ☺

Kisahnya itu diatas sudah saya kasi linknya, baiklah saya tambah satu link artikel lagi, sekedar untuk bahan berbagi pengalaman, ini dia : MY STORY, DARI PADANG HINGGA JAKARTA

Mungkin ada diantara teman-teman yang bertanya, " Bang izal kan aslinya orang padang, tapi merantaunya kok malah ke padang? bukannya terbalik?"

Begini teman-teman, saya memang asli orang padang, tapi orang tua saya telah merantau ke jakarta sejak saya masih SD, jadi bisa dikatakan saya besar di jakarta.

Nah, saya merantau ke padang itu untuk menuntut ilmu belajar bengkel sama suami dari bibi saya, kerja sebagai montir dan anak buah di bengkel itu selama hampir tiga tahun, periode awal tahun 2007 sampai akhir tahun 2009.

Begitu ceritanya.

Mungkin ada lagi teman-teman lain yang bertanya, "Lho, tapi kok malah jadi jualan mainan? padahal kan udah lama dan capek-capek belajar ilmu bengkel?"

Nah, itulah namanya dinamika dalam perantauan,,,,

Memang niat saya merantau ke padang adalah benar-benar untuk belajar ilmu bengkel tok! Setelah mahir, rencananya mau bakal buka bengkel ban di jakarta, eh ternyata kondisi di jakarta amat jauh berbeda dengan dipadang.

Bengkel ban itu butuh parkir yg luas (FYI, bengkel ban yg saya pelajari adalah bengkel ban besar, jadi bisa melayani mulai dari motor sampai truk fuso). Nah, sedangkan mencari tempat/toko dijakarta dengan parkir luas itu bisa di ibaratkan seperti mencari jarum ditumpukan jerami, jarang ada!

Kalaupun ada, biaya sewanya selangit!

Akhirnya,,,, saya kembali beralih ke basic dasar yaitu buka toko mainan di tahun 2010 (basic skill dasar saya memang dagang mainan, pernah dagang mainan di emperan kaki lima pasar malam selama kurang lebih 4 tahun, dari tahun 2002-2006).

Eh, ternyata memang di usaha mainan inilah jodoh karir saya, alhamdulillah berkembang pesat sampai bisa buka cabang di tahun 2014 hingga sekarang. Syukur alhamdulillah ☺☺☺.

Itulah dinamika dan suka cita merantau, butuh proses yang lama dan banyak hal yang harus dicoba dan dijalani, sampai kelak tiba waktunya pada muara akhir yang disebut kesuksesan! ☺.

Jadi anda mau sukses? Maka merantaulah dan berjuanglah!

Demikianlah teman-teman semua, diskusi dan sharing kali ini dengan tema motivasi berjudul 5 kunci rahasia sukses versi bang izal.

Semoga dapat bermanfaat, sampai jumpa lagi di artikel dan diskusi berikutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. makasih mas artikelnya bagus banget di tunggu kunbal:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dek tuti,,, :)
      siaapp,,, nantikan kunbal saya :D

      Delete
  2. Tokonya dmn om...?
    Ada nmr hp/wa nya... Mau tanya mc queen remote om. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toko offline saya ada di daerah kalisari jakarta timur, nama tokonya RC Toys
      WA 081219566150

      Delete
  3. Artikel yg luar biasa bg Izal

    ReplyDelete
  4. sangat menginspirasi kang izal memang kalau pribadi saya lebih enakan usaha sendiri, pahit dan masnisnya dirasakan sendiri apalagi jika usaha tersebut sudah berjalan dengan baik tinggal kita memanage nya saja. awal dari kesuksesan memang berawal dari pengorbanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali om hari. 👌

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya ini. 😊

      Delete
    2. sama - sama kang saya juga lagi merintis usaha kecil - kecil lan ini semoga sukses kang izal saya tunggu inspirasinya lagi

      Delete
  5. Bang izal...klo saya sih uang dari keuntungan bersih langsung saya belanjakan lgi tanpa harus di tabung,.klo saya tabung suka khilaf 😆.....mnurut bang izal gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2 om,,, malah bagus hehehe :)

      Yang saya maksudkan ditabung itu adalah hasil bersih dari laba, artinya modal barang telah kita putarkan lagi. Dan keadaan usaha kita juga sudah stabil.

      Nah, kalau usaha kita masih benar-benar baru merintis, memang yg paling tepat adalah memutarkan hasil bersih itu. Sehingga modal barang semakin bertambah.

      Delete
  6. Iya om...msih anak baru blm stabil..heheh
    Smoga makin laris daganganya bang izal..Aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner