KISAH PERJUANGAN YG 'GILA' DALAM MERAIH KESUKSESAN Skip to main content

KISAH PERJUANGAN YG 'GILA' DALAM MERAIH KESUKSESAN

Assalamualaikum teman-teman semua ☺

Semoga selalu dalam keadaan baik, aktifitasnya lancar dan tidak ada suatu kendala apapun ya, Aammin.

Setelah dua hari yang lalu saya tulis artikel dengan topik bisnis online, maka pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas topik tentang motivasi, khususnya dalam bidang bisnis. Demikianlah, memang topiknya sengaja saya gulir dan berganti terus di tiap pertemuan, maksudnya tiada lain supaya pembahasan selalu fresh, lebih kaya informasi dan agar tidak membosankan tentunya hehe ☺ .

Topik kali ini adalah tentang perjuangan dalam meraih sukses.

Sebelumnya saya ingin mencoba bertanya kepada teman-teman semua :

Adakah sukses itu yang instan?
Sim Salabim?
Yang bisa diraih dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan?

Aje Gile loe ndro! hehehe 😢😢😢😢

Kalau meraih sukses itu gampang dan instan, maka semua orang akan bisa menjadi bos ☺☺☺. 
Saya yakin sebagian besar, bahkan semua dari teman-teman akan menjawab, "Tidak ada sukses yg instan! "Pasti melalui perjuangan terlebih dahulu!"

Yap!! Betul!

Coba kita sama-sama membaca tentang kisah-kisah orang yang sukses, baik tingkat nasional maupun tingkat dunia. Tidak ada satupun dari mereka yang meraih sukses dengan mudah begitu saja.

Bahkan kalau kita lihat, ada beberapa perjuangan dari mereka yang begitu 'gila' dengan totalitasnya, begitu 'gila' dengan ke-ngotot-annnya". Kenapa saya bilang 'gila'?, bagaimana tidak? usaha mereka yang begitu luar biasa, tidak mau berhenti sampai tujuannya benar-benar berhasil dan tercapai. 

Mau lihat contoh 'kegilaan' mereka? 

Berikut saya kisahkan perjuangan yang 'gila' dalam meraih kesuksesan :



KISAH PERJUANGAN YG 'GILA' DALAM MERAIH KESUKSESAN
Foto by : Pixabay. com

1. Thomas Alfa edison.

Tentu teman-teman semua sudah tahu dengan thomas alfa edison.

Dia adalah seorang ilmuwan yang terkenal dengan berbagai penemuan, tapi yang paling terkenal adalah kisah penemuan lampu pijarnya. Dalam melakukan percobaan untuk menciptakan lampu pijar, thomas sampai berulangkali gagal hingga ke percobaan 9.998 kali.

Pada percobaan ke 9.999 kali barulah dia berhasil menciptakan lampu pijar yang menyala terang. 

Coba teman bayangkan,,,, 
Demi mencapai cita-citanya menciptakan lampu pijar hingga berhasil, Thomas sampai rela melakukan percobaan gagal yang berulang-ulang hingga 9.998 kali!!

Ini sesuatu yang diluar nalar sebenarnya,,,,untuk ukuran orang-orang biasa jangankan sanggup untuk sabar melakukan percobaan sebanyak itu, mengalami kegagalan sampai 1000 kali saja saya yakin sudah banyak yang menyerah,,,,hehehe,,,,,😢😢😢😢

Betul apa betul teman-teman? 
Realistis sajalaaaah wkwkwkwk☺☺☺

Makanya saya bilang Thomas alfa edison ini termasuk ilmuwan yang 'gila'.
Ya! Gila dengan kegigihannya!

Dengan 'kegilaannya' itu, Thomas alfa edison sangat berjasa besar kepada dunia berkat berbagai temuannya. Dizaman modern sekarang ini, hampir semua hasil ciptaaannya digunakan oleh seluruh dunia, 

Berikut beberapa penemuan lain yang berhasil di ciptakannya :
- Pneumatic stensil pen 
- The electric power meter (pengukur konsumsi listrik)
- Alkaline battery for electric cars 
- Metode pengawetan buah
- Beton rumah
- Phonograph for dolls or other toys
- The spirit phone

KISAH PERJUANGAN YG 'GILA' DALAM MERAIH KESUKSESAN
Foto by : Pixabay. com

2. Kolonel Sanders (Bos KFC)

Tentu teman-teman sudah tahu dengan waralaba yang terkenal dari amerika serikat ini, yaitu Kentucky fried chicken (KFC). Waralaba ini sudah mendunia, di indonesia sendiri ditiap kota besar maupun kecil pasti akan mudah ditemui gerai waralaba makanan ini. Nah, kolonel sanders ini adalah pendirinya.

Kolonel harland sanders lahir di henryville, indiana, amerika serikat. Sedari kecil dia telah ditimpa kemalangan dan masalah yang bertubi-tubi. Pada usia 6 tahun ayahnya telah meninggal dunia dan ibunya sudah tidak mampu bekerja, sehingga sanders muda harus mengasuh adiknya yang masih berumur 3 tahun.

Sanders sudah mempunyai bakat memasak sejak kecil. Pada umur 7 tahun sanders sudah mulai bekerja pada beberapa tempat memasak. Pada umur 10 tahun dia telah mendapatkan gaji 2 dollar sebulan.

Sanders muda pernah beberapa kali berganti pekerjaan, diantaranya menjadi tukang parkir di new albany pada usia 15 tahun, dan kemudian beberapa tahun sesudah itu menjadi tentara untuk dikirim ke kuba.

Setelah pensiun (memasuki umur 60 tahunan), sanders sempat hanya hidup dari tunjangan hari tuanya. Lama kelamaan tunjangan itu makin menipis hingga hampir tidak tersisa sepeserpun. Untungnya dia punya bakat alami yang telah dimilikinya sejak kecil, yaitu bakat memasak dan meracik bumbu!

Mulai sukses.

Dia lalu mulai berfikir, apakah yang dapat dilakukan dengan bakatnya itu?

Kemudian dia mulai ber-eksperimen dan membuat ayam goreng dengan bumbu hasil dari racikannya.
Ayam goreng itu kemudian disodorkan kepada temannya untuk dicoba, dan supaya memberikan pendapat tentang rasanya. Ternyata temannya itu menyukai hasil racikannya dan mengatakan ayam gorengnya terasa lezat dan bercita rasa tinggi!

Dari situlah timbul fikiran dan kepercayaan diri sanders bahwa ayam goreng hasil bumbu racikannya akan disukai dan diminati oleh banyak orang! Akhirnya saat memasuki usia 65 tahun, sanders mulai menawarkan bumbu hasil resep racikannya ke restoran-restoran.

Tapi jalan perjuangannya tidak mudah! Banyak orang yang mencemooh, menertawakan dan menolaknya.

Sampai berapa kali penawaran kolonel sanders pernah ditolak? 
Penawarannya pernah ditolak hingga 1009 kali!

Tapi kolonel sanders pantang menyerah!

Dia tetap berjuang menawarkan resep bumbu racikannya hingga keliling menjelajahi amerika dengan mobil tuanya selama 2 tahun!. Sehari-harinya dia tinggal dan tidur di mobil tuanya. Kemudian setelah bangun dipagi hari, selalu bersiap dengan penuh semangat untuk terus menawarkan resep racikannya kepada setiap restoran baru yang ditemuinya.

Dan akhirnya setelah penolakan yang ke 1009 kali, berkat semua usaha dan tekadnya yang pantang menyerah, akhirnya tawarannya diterima dan berbuah kesuksesan besar!.

Pada saat ini KFC telah tersebar luas hingga ke seluruh pelosok dunia. Waralaba ini telah mempunyai lebih dari 18.000 gerai/outlet diseluruh dunia. Dan mencetak penghasilan 15 miliar dollar amerika pertahunnya.

Suatu angka penghasilan fantastis dari seorang kakek tua yang mantan tukang parkir dan bekas 'tukang masak keliling'!

Pemenang itu bukanlah seseorang yang tidak pernah mengalami kegagalan, melainkan seseorang yang berkali-kali mengalami kegagalan, tetapi dia pantang menyerah dan terus mencoba hingga apa yang dicita-citakannya itu mencapai keberhasilan!

Kolonel Sanders ini termasuk salah satu pengusaha 'gila' yang pantang menyerah. Umur yang tua (65 tahun) tidak menjadi halangan bagi dia untuk mengejar cita-cita.

Nah, pertanyaannya : bagaimana dengan kita-kita ini yang masih muda?
Tentu peluangnya lebih besar!

Oleh karena itu ayo kejar cita-citamu kawan!☺☺☺

KISAH PERJUANGAN YG 'GILA' DALAM MERAIH KESUKSESAN
Foto by : Pixabay. com

3. Charlie chaplin. 

Suatu ketika disudut kota london, inggris, tampak seorang penyanyi wanita setengah baya yang sedang bernyanyi diatas panggung. Mendadak suaranya serak dan menghilang, semua penonton pun mentertawakannya.

Tiba-tiba seorang anak kecil umur 5 tahunan naik ke atas panggung dan bernyanyi serta menari dengan sebisanya. Melihat tingkah laku, mimik dan gaya si anak yang begitu lucu membuat semua hadirinpun tertawa dan terhibur.

Ternyata bocah kecil itu adalah anak si penyanyi wanita, dia telah menyelamatkan ibunya dari menanggung malu,
Siapakah si bocah itu? Dialah Charlie Chaplin!

Masa kecil.

Charlie chaplin lahir di East street, walworth, london inggris. pada tanggal 16 april 1889. Dia adalah seorang komedian, aktor, sutradara, komposer, penulis latar, produser, penyunting, dan berbagai peranan dan kiprah lainnya pernah dia lakoni. Sungguh seorang yang jenius dan serba bisa.

Dengan segudang prestasi dan nama besar yang dimilikinya, apakah ada yang berfikir kalau dia berasal dari kalangan anak orang kaya?, kaum elit? borjuis?
Sehingga, secara logika kalau dia anak orang kaya otomatis semua prestasi luar biasa itu di asumsikan akan lebih mudah dicapainya?

Oh,,,,, sungguh itu asumsi yang salah besar!

Masa kecil chaplin sungguh muram dan penuh dengan kepedihan!
Orang tua chaplin (panggilan charry chaplin) bercerai ketika dia masih kecil. Ibunya kemudian bekerja keras demi nafkah sehari-hari dengan menjadi penyanyi. Upahnya sangat minim sekali, Kehidupan mereka sekeluarga benar-benar sulit.

Karena tidak kuat menanggung kerasnya beban kehidupan, sang ibupun kemudian menjadi gila!.
Ketika itu chaplin hanya hidup berdua dengan sang kakak, mereka berdua sama-sama berjuang mencari uang untuk sekedar bisa mendapatkan makanan. Chaplin dan kakaknya bahkan sempat dalam beberapa waktu lamanya menjadi anak jalanan.

Mulai menjadi aktor dan 'meledak' sebagai komedian besar.

Saat berusia 12 tahun chaplin menawarkan diri pada sebuah agen aktor. Ia mengajukan penawaran untuk berperan sebagai aktor pemain sandiwara atau film. Dia pun diterima sebagai aktor pada sebuah film pendek dengan peran sebagai pengantar surat kabar. Akting chaplin di film pendek itu sangat dipuji walau sebenarnya film perdananya itu tidak begitu laku.

Pada usia 17 tahun chaplin ikut suatu audisi peran komedi dengan naskah skenario yang dia tulis sendiri. Saat itu harapannya begitu besar. Dia sampai membayangkan dirinya menjadi bintang komedi terkenal yang kaya-raya disanjung semua orang.

Tiba pada saat pementasan sandiwara, ternyata impiannya jauh meleset!
Dia malah disoraki dan diteriaki penonton, disuruh segera turun dari panggung, bahkan sebelum sandiwaranya selesai!

Charlie chaplin pun seketika termenung dan berfikir apakah yang salah dengan peran dan naskah skenario yang dia tulis? setelah dia renungkan barulah dia tersadar, penyebabnya karena naskah yang dia tulis tidak orisinal sehingga terkesan tidak natural dan dibuat-buat.

Beberapa waktu kemudian chaplin kembali menulis naskah lagi. Seorang investor bersedia mensponsorinya, namun sesaat ketika pementasan akan dimulai mendadak investor itu membatalkan niat untuk mensponsorinya.

Chaplin sempat merasa sedih dan kecewa, ini manusiawi. Tapi itu tidak berlangsung lama. Pada beberapa waktu kemudian dia di undang untuk berperan dalam sebuah pentas sandiwara bertajuk The fotball mach.

Pada kali ini chaplin mulai melakukan survey dan studi banding.

Caranya : sebelum naik panggung, dia mengamati terlebih dahulu pelakon/pemain dari sandiwara lain, tapi yang naskah dan bentuk ceritanya mirip. Dari sanalah dia belajar setelah mengamati kekurangan dari si pelakon itu, dia analisa, perbaiki dan sempurnakan. Kemudian dia terapkan dengan cara baru dengan gaya dan ciri khas asli dirinya.

Kemudian tibalah waktunya chaplin untuk memerankan lakonnya. Sesaat sempat dia merasa gugup, tetapi dia segera meyakinkan dirinya bahwa dia pasti bisa memberikan penampilan yang terbaik.
Ternyata pada peran kali ini dia bermain sangat sempurna!
Seluruh penonton tertawa terpingkal-pingkal melihat kelucuan chaplin.

Dari sinilah awal dari kesuksesannya. Tidak lama kemudian banyak tawaran peran mengalir kepadanya, dan dengan kontrak yang mahal tentunya! Chaplin bertemu dengan mack sennett dari keyton film company, dia dikontrak mahal untuk berperan didalam film komedi.

Selama berkiprah dalam dunia film, telah ada kurang lebih 81 judul film yang diperaninya. Sebagian besar dari film itu naskahnya di tulis dan di sutradarai oleh chaplin sendiri. Dia bahkan menjadi komposer, merancang efek suara dan menjadi koreografi tarian dalam beberapa filmnya.

Chaplin ini satu lagi diantara orang yg benar-benar 'gila', ya,,,gila dalam totalitas dan pantang menyerah!

Seorang yang jenius, serba bisa dan luar biasa berbakat di bidangnya.
Seorang gelandangan yang bisa merubah nasibnya menjadi salah satu orang paling terkenal dan salah satu aktor paling berpengaruh dia abad ke 21.

Chaplin meninggal dunia pada tanggal 25 desember 1977 sebagai orang yang telah menang memperjuangkan nasibnya ☺.

Itulah 3 orang besar dan terkenal kelas dunia yang berasal dari kalangan biasa, bahkan berasal dari orang miskin dan gelandangan. Dan semua karirnya di awali dengan kegagalan yang bertubi-tubi, hingga batas perjuangan yang tidak masuk akal bagi orang-orang biasa, namun mereka bisa sabar dan mampu melewatinya. Maka amat sangat pantaslah kalau kesuksesan dan nama besar itu tersemat kepada mereka!

Baiklah teman-teman, itulah kisah motivasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Eh rupanya ada salah satu teman yang nyeletuk, " Trus kisah perjuangan usahanya bang izal mana?"

Ehehehehehe,,,,☺☺☺☺ gak enaklah kalau saya gabung ceritakan disini, secara tidak langsung saya jadi disandingkan dan di sejarkan dengan 3 orang kelas dunia diatas. Siapalah saya ini, belum berarti apa-apa dibandingkan dengan mereka, jauuuuuuuuuuuuuuh hehehe 😢😢😢😢

Kalau teman-teman mau lihat kisah perjalanan usaha saya, tulisannya ada di laman/label "Catatanku" ☺

Oh iya, ada juga kisah perjuangan usaha ibu kandung saya yang tidak kalah serunya, telah saya tulis juga artikelnya secara lengkap, kalau teman-teman ingin tahu silahkan intip aja di sini : IBUKU PAHLAWAN KELUARGA

Sampai di sini dulu ya teman-teman, sudah cukup panjang lebar saya menuliskan kata-kata ☺
Kita sambung lagi di pertemuan, diskusi dan artikel berikutnya. Dengan topik dan tema artikel yang tidak kalah lebih hangat dan aktual.

Salam sukses untuk semuanya.

Penulis by : Bang izal. (sebagian referensi di rangkum dari berbagai sumber)

Artikel Menarik Lainnya

Comments

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner