BERCITA CITA INGIN MENJADI SEORANG BLOGGER SUKSES? INI RAHASIANYA! Skip to main content

BERCITA CITA INGIN MENJADI SEORANG BLOGGER SUKSES? INI RAHASIANYA!

BERCITA CITA INGIN MENJADI SEORANG BLOGGER SUKSES? INI RAHASIANYA!
Assalamualaikum teman-teman semua.

Alhamdulillah kembali ada kesempatan dan waktu untuk menulis. Kebetulan kegiatan jual beli ditoko mainan saya pada hari ini tidaklah begitu padat, sehingga bisa di handle oleh anak buah saya.

Pada tulisan kali ini, saya tergerak untuk mengulas beberapa hal yang sangat besar pengaruhnya pada seseorang yang bercita-cita ingin menjadi blogger sukses.
Apakah teman-teman bercita-cita ingin menjadi seorang blogger yang sukses?

"Ya sooo pastinya donk bang izal,,,,!! siapa pulak sih yang gak kepingin meraih kesuksesan?"
Ho ho ho ho,,,,, berarti sama dengan saya heheheh ☺☺☺

Yap! 
Memang sudah menjadi suatu kelaziman, siapapun tentu ingin dapat meraih sukses di bidang yang di tekuninya. 
Kalau ada orang yang tidak punya hasrat untuk berhasil, atau tidak memiliki cita-cita, wah berarti ada masalah dan suatu keganjilan dalam dirinya. Niscaya hidupnya akan seperti robot dan selalu monoton, karena tidak ada sesuatu yang ingin dia perjuangkan.

Dengan mempunyai cita-cita, maka perjalanan hidup kita akan menjadi lebih dinamis dan penuh warna. Sebab dalam proses meraih cita-cita itu pasti akan dilalui dengan berbagai pengalaman jatuh bangun, suka duka dan segala problematikanya.

Di situlah kita akan di uji, apakah mampu menjalaninya? Atau berakhir dengan kegagalan?
Demikian pula jika kita bercita-cita ingin menjadi seorang blogger yang sukses dan profesional.

Nah sebenarnya apa motivasi utama atau faktor pendorong, sehingga kita ingin menjadi seorang blogger yang sukses??

Pastilah ada suatu sebab tertentu yang ingin dicapai.

Coba masing-masing dari kita menjawab dengan jujur.
Kalau misalnya saya tanya : sebenarnya apa motivasi paling utama dari kita semua (termasuk saya) ketika memutuskan menjadi seorang blogger?
Mungkin di antara teman-teman jawabannya akan seperti dibawah ini : 
- "Agar bisa menyalurkan ide-ide dan pemikiran saya bang izal".
- "Kalo saya sih biar bisa menulis, mencatat dan menyimpan semua hal-hal penting dalam hidup saya, ya semacam diary lah"
- "Hmmmh,,, mungkin biar bisa eksis aja kali ya bang hehehe"
- "Biar bisa mengisi waktu luang bang"
- Mau tau aja apa mau tau banget bang? kepo deh! wkwkwkwk"

Nah,,, mungkin akan seperti diatas itulah jawaban dari sebagian besar kita.
Tapi rasanya agak jarang yang menjawab secara jujur dan frontal begini (mungkin juga termasuk saya) :
"Biar bisa sukses menjadi seorang blogger dan mendapatkan earning ribuan dollar tiap bulannya bang!!" 

Nah! 
Jawaban seperti inilah yang paling saya tunggu! 
Lebih baik kita blak-blakan saja teman-teman, gak perlu malu-malu dan ditutupi begitulaaah, karena terus terang saya juga tidak mau munafik. 
Saya sendiripun, tentunya juga ada bercita-cita menjadi seorang blogger yang punya pendapatan besar tiap bulannya hehehe ☺☺☺
Tapi,,,,, nah, pokok bahasan inilah yang sekarang akan kita bahas. 
Tapi mudahkah untuk mencapainya? Oww,,,oww,,,oww,,,nanti dulu,,,,merintis menjadi blogger sampai bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar itu tidaklah semudah seperti apa yang kita bayangkan!

Kita harus mampu melewati beberapa tahap penting, diantaranya :

# 1. Butuh kerja keras, presistensi, serta kesabaran yang tinggi! 

Yup!
Untuk bisa menjadi seorang blogger yang sukses itu bukanlah perkara gampang, butuh proses kerja keras, presistensi (mental konsisten dan sungguh-sungguh) serta kesabaran yang tinggi.
Tentu kita semua sudah tahu dengan beberapa blogger terkenal yang telah berhasil meraih kesuksesan. Di antaranya max manroe.com, masyadi.com, sugeng.id, klikmania.com, juragancipir.com, dan lain-lain.

Tapi sudah tahukah kita?

Berapa lamakah waktu yang mereka butuhkan dan kendala apa saja yang telah mereka alami sampai akhirnya bisa mendapatkan penghasilan besar tiap bulannya?

Dari yang pernah saya baca (menurut penuturan mereka sendiri), diantaranya :

- Paling cepat bisa menghasilkan uang setelah konsisten menulis selama 3 tahun (mas sugeng).
- Ada juga yang pada awal merintis telah mengalami berkali-kali ditolak menjadi publisher adsense dan setelah diterima, eh malah giliran akun adsensenya yang kena banned gara-gara bom klik. (mbak indri juragancipir.com)
- Om marixxon admin dari maxmanroe.com juga pernah terkena banned akun adsensenya.

Nah, dari semua mastah diatas, berapa lamakah waktu yang telah mereka jalani di dunia publisher adsense/blogger sampai akhirnya meraih sukses dan berpenghasilan belasan hingga puluhan juta perbulan?

Rata-rata diatas 5 tahun! Dan mereka tetap konsisten!

Sekarang pertanyaannya di balik ke diri kita masing-masing (termasuk diri saya sendiri), apakah kita mampu bekerja keras, presisten dan sabar seperti mereka?

Hal yang paling berat bagi seorang blogger adalah ketika akun adsense yang diperjuangkannya dengan mati-matian dan susah payah, tiba-tiba dihapus oleh google dengan beberapa alasan tertentu.

Jelas publisher manapun pasti akan goncang bila mengalami kejadian ini!

Dan itu manusiawi.

Dan yang luar biasa dari mereka para mastah diatas, yaitu tidak mau terus berlarut-larut dalam keterpurukan. Segera mulai merintis dari awal, membuat blog baru lagi dan akhirnya diterima lagi menjadi publisher google adsense.

Semua kesulitan yang telah mereka lewati itulah secara alami mendidik, dan akhirnya membentuk mereka menjadi seorang blogger yang hebat dan sukses!

Nah mau dan mampukah kita (termasuk saya) mengikuti jejak mereka? 
Tentu pilihan dan keputusan ada ditangan kita semua. ☺☺☺ 

# 2. Mau terus belajar dan belajar!

Seperti yang sering di jelaskan oleh para master blog diatas, tidak ada kesuksesan yang instan!
Semuanya butuh proses, salah satunya harus mau selalu belajar.

Nah sebagai pemula, kepada siapakah tempat kita belajar?

Ya kepada siapa lagi kalau bukan kepada yang telah berpengalaman di bidangnya. Caranya sering-seringlah berkunjung dan menimba ilmu kepada blogger yang telah berpengalaman itu.

Boleh kita mengambil referensi kepada beberapa mastah diatas, atau bisa juga belajar kepada blogger lain yang telah mempunyai banyak pengalaman dalam bidang blogging.

Carilah mastah blogger yang dirasa nyaman dan cocok oleh kita. 
Sering-seringlah membaca artikel mereka, kalau ada diantara isi artikel mereka yang kurang kita mengerti, janganlah segan-segan untuk bertanya.

Selain itu aktiflah bergabung dan berdiskusi di forum-forum blogger atau publisher. Disanalah tempat kita untuk saling bertukar fikiran dengan sesama blogger yang lain. Sehingga akan semakin menambah wawasan dan ilmu kita di bidang blogging.

# 3. Jangan takut bereksperimen!

 Agak gagal paham dengan sub judul diatas ya teman-teman? ☺☺☺

Maksudnya begini :

Terkadang ada sebagian pemula yang baru terjun ke dunia blogging kesulitan dalam membuat dan mengedit template. Nah karena tidak mau repot dan pusing (tau sendiri ngedit Html template itu bisa bikin keriting isi kepala hehe 😢😢😢😢😢😢), ada sebagian blogger yang ingin template yang langsung jadi saja. Yaitu dengan membeli template premium.

Sebenarnya sama sekali tidak masalah membeli template premium, karena jenis template itu sudah di custom sedemikian rupa oleh ahlinya. Sehingga secara SEO dan speed memang sudah siap pakai.

Hanya saja bagi pemula, alangkah lebih baik berusaha dulu membuat dan mengedit template bawaan dari blogger itu secara otodidak. Tutorialnya sangat banyak kok, kita tinggal search saja di pencarian google.

Tapi memang untuk mengedit dan mengolah template yang 'masih mentah' bawaan dari blogger itu butuh kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Nah, di situlah sebenarnya kesungguhan kita di uji!

Kalau seseorang yang benar-benar berniat ingin mumpuni dalam ilmu dunia blogging, pasti dia akan 'mengulik' template yang masih mentah itu sampai bisa berhasil dan setingkat dengan level template premium!

Justru template yang masih mentah itu di jadikannya sebagai sarana uji coba, sarana belajar dan mengasah kemampuan dalam bidang ilmu SEO!

Sampai akhirnya, karena kegigihannya 'mengulik' template yg mentah itu, akhirnya berhasil mencetak SEO skor 100% di tools Chkme.com, dan skor speed 86% di page speed insight google.

Walaupun speednya belum berhasil mencapai 100%, tapi hasil diatas itu sudah cukup bagus untuk ukuran seorang pemula yang mau berusaha meng-custom templatenya secara otodidak.

Yg lebih mahal itu sebenarnya bukan nilai dan hasil skornya, tapi ilmu yang didapatkan!
Kalau kita mengedit (custom) sendiri, otomatis lama kelamaan kitapun menjadi paham ilmunya. Nah ilmu yang telah didapat itulah yang mahal harganya!

ITU!

Lah,,,, kalau kita masih pemula, trus,,, lantas langsung beli template premium aja tanpa mau berusaha terlebih dulu 'menguliknya', lantas kapankah kita akan ngerti dan bisanya?

Kapan kita akan bisa menguasai ilmu SEO nya?

Bener khan? hehehe ☺☺☺

Biar tidak terjadi kesalah pahaman, saya tegaskan disini : Saya bukannya melarang teman-teman untuk membeli template premium, karena tentunya template premium itu jauh lebih baik.

Tapi poin intinya : Berusahalah mencoba belajar lebih dulu, cobalah bereksperimen lebih dulu, jangan takut salah atau gagal!

Toh di dasboard pengeditan Html template itu kan ada tombol tinjauan, kalau hasil editan ternyata error, bisa kita batalkan pengeditannya dan di ulang lagi sampai akhirnya berhasil.

Naaaah,,,, nanti setelah kita berhasil mengedit template mentah itu menjadi 'premium', dan telah kita pakai beberapa waktu lamanya. Kemudian suatu saat kita kepingin mengganti dengan template berbayar, itu tidak menjadi masalah. Karena kita sudah menguasai ilmunya.

That's the point! ☺☺

# 4. Jangan takut menulis, tulislah walau hasilnya belum bisa sempurna.

Bagian ini setali tiga uang dengan poin nomor 3 diatas.

Walau kita bukan seorang yg ahli menulis dan merangkai kata-kata, tetaplah berusaha untuk terus menulis.

Seperti pernah saya ucapkan di artikel yang lain : 'kita menjadi bisa karena telah terbiasa'.

Apabila kita terus berusaha belajar menulis dan terus mempertajam referensi dengan memperbanyak membaca, insya Allah seiring waktu kemampuan menulis itu akan terasah juga, percayalah!

Oleh karena itu, usahakanlah jangan meng-copas mentah-mentah tulisan orang lain. Kalaupun kita memang kesulitan sekali mendapatkan ide-ide, cukup ambilah ide tulisan orang lain itu pada garis besarnya saja. Pengembangannya tetap harus atas pemikiran kita.

Mengambil garis besar ide orang lain itu sebaiknya dilakukan pada keadaan darurat saja, dalam arti :

Jika kita memang benar-benar belum punya ilmu yang mumpuni dalam menulis, dan menurut saya cara ini masih bisa ditoleransi dibandingkan dengan tindakan copas mentah-mentah.

Nah, hal diatas hendaknya hanya dilakukan pada keadaan darurat saja, nanti apabila kita telah mampu mencari dan menemukan ide original hasil pemikiran kita sendiri, maka cara darurat diatas segera tinggalkanlah!

Kenapa mengasah kemampuan dalam menulis ini sangat sangat penting?
Karena dalam dunia blogging, di kemampuan menulis itulah 'nyawanya!'

Apabila seorang blogger tidak memiliki 'nyawa' (kemampuan menulis mumpuni) maka akan mungkinkah baginya untuk bisa menjadi seorang blogger profesional yang sukses?

Silahkan renungkan sendiri. ☺

Untuk sekedar tambahan, saya pernah menulis artikel tentang tips dan rahasia menjadi menulis handal, kalau nanti ada waktu luang, bolehlah teman-teman baca, ini dia artikelnya : TIPS DAN CARA MENJADI PENULIS YG HANDAL

# 5. Pupuk impian, terus bercita-citalah!

Ya!
Terus bercita-citalah!

Karena dengan cita-cita itulah yang membuat kita terus bersemangat!

Makanya seperti yang telah saya sentil di pertengahan tulisan diatas, yaitu sah-sah saja bahkan dengan ekstrim 'saya anjurkan' menjadi blogger dengan niat punya penghasilan yang besar secara materi!

Kenapa?

Ya memang tidak ada yang salah punya cita-cita sukses menjadi seorang blogger!

Jangan pernah kita terpengaruh dengan pandangan miring dan sinis orang-orang. Kalaupun ada yang menyangsikan masa depan bidang yang kita pilih ini, justru jadikan itu sebagai cambuk!

Buktikan bahwa kita bisa!

Oleh karena itu teruslah pupuk impianmu, terus bercita-citalah!
Hingga impian bisa sama-sama kita capai dan menjadi kenyataan.

Dan di saat itulah mereka, para penyangsi itu akan terdiam menelan ludah dan kata-katanya sendiri!
Ayo semangat teman-teman! Kesuksesan telah menantimu, maka kejarlah!!

Mulai ditulis jam 10 pagi tadi, selesai pukul 20.15 malam ini.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Makasih mas atas infonya sangat bermanfaat buat saya yg baru belajar blog. Saya masih nol dalam dunia blogger, saya yakin dengan ketelitian dan kerja keras insyaallah saya bisa masuk dunia perbloggeran. Salam sukses dari si blogger pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 om Fandi,,, semoga sukses dengan blognya ya,,,,,

      Semangat! 😊

      Delete
  2. Bener banget... saya semenjak 2013 ngeblog, belum juga diapprove gAds. Sempat kurang konsisten juga sih. Sekarang lagi berjuang melaksanakan tips-tips dari bang Izal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat ya mbak 😊

      Yakinlah,,, kalau kita gigih, pada akhirnya mudah2an di terima juga oleh Google adsense.

      Kisah nyata pada salah seorang teman saya, dia setelah 30 kali di tolak, pada pengajuan ke 31 kalinya Akhirnya di terima juga 😊

      Delete
  3. Ketrima adsense itu awal dari semua perjuangan. Ningkatin pemasokan adsense tiap hari itu hal yg paling susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe bener bingit om! 😂😂😂

      Tapi kita wajib harus tetap semangat! 💪😁

      Setuju om? 😉

      Delete
  4. yang penting terus optimis ya bg hehe

    ReplyDelete
  5. Bang bikin jga donk artikel langkah2 dari awal bikin blog sampe daftar adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah nanti ya gan,,, saya lagi fokus menulis artikel Niche bisnis dulu. 😊

      Delete
  6. Sejujurnya hal yang paling sulit untuk konsistensi menulis artikel itu rasa malas dalam diri saya, Namun walaupun rasa malas terus menghampiri diri saya, saya paksakan untuk bisa menulis artikel 1 minggu sekali dengan konsisten. Bagaimana pencerahan dan motivasi untuk saya dari suhu bang izal toy nih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan panggil saya suhu om,,,, karena saya juga masih sama-sama belajar hehehe 😀

      Hmmmh,,,penyebab rasa malas menulis (pada umumnya) karena kita tidak menguasai topik/Niche artikel yg akan kita tulis om.

      Misal kita memaksakan menulis topik blogging, kesehatan, atau teknologi karena alasan nilai CPC nya besar. Namun karena pada dasarnya kita memang awam pada bidang tersebut, sehingga setiap akan menulis artikel kita merasa buntu dan kesulitan mengembangkan tema dan isi tulisan. Lama-kelamaan akhirnya timbul rasa malas dan jenuh untuk menulis. Dan akhirnya berhenti sama sekali menulis.

      Oleh karena itu, menulislah sesuai passion, minat dan keahlian kita, karena akan jauh lebih mudah untuk menggali dan meng-eksplorasi lebih jauh setiap isi tulisan kita.

      Demikian om, semoga bermanfaat. 😊

      Delete
  7. Halo om 😁, bagaimana kabarnya?
    Saya sangat setuju dengan tulisan bercita-cita menjadi seorang blogger sukses.

    Zaman sekarang, blogger menjadi profesi yg sangat menjanjikan dan sangat menggiurkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga om 😁

      Kabar saya baik2 aja,,, iya profesi sebagai blogger memang sangat menjanjikan asal dijalani dengan tekun dan konsisten.

      Kabar baiknya : bagi orang2 yg hobi menulis, kegiatan ngeblog ini tidak akan terasa berat.

      Jadi ada 2 keuntungan yg akan didapatkan, yaitu hobi menulis tersalurkan dan juga bisa mendapatkan dollar tiap bulan. 😀

      Uenak kan?! Hehehe 😉

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner