CARA MEMBUAT ARTIKEL CEPAT TAMPIL KE PAGE ONE GOOGLE? INI RAHASIANYA! Skip to main content

CARA MEMBUAT ARTIKEL CEPAT TAMPIL KE PAGE ONE GOOGLE? INI RAHASIANYA!

CARA MEMBUAT ARTIKEL CEPAT TAMPIL KE PAGE ONE GOOGLE? INI RAHASIANYA!
Foto by : Pixabay. com

Assalamualaikum teman-teman semua.
Bertemu lagi sama bang izal ☺

Alhamdulillah saat ini toko mainan offline saya tidak terlalu sibuk, sehingga bisa kembali saya manfaatkan waktu luang ini untuk membuat artikel. ☺
Pada kesempatan kali ini, saya masih tertarik untuk menulis artikel niche blogging. Yaitu sebuah tema tentang cara membuat artikel supaya cepat tampil ke halaman pertama alias page one google.

Sebenarnya ada sebuah sebab yang membuat saya akhirnya terdorong untuk membuat artikel ini. 

Beberapa hari yang lalu ada pertanyaan dari salah seorang teman di lingkaran akun G-plus saya. Dia adalah seorang blogger pemula (sama seperti saya hehe ☺). 
Teman kita sesama blogger ini merasa penasaran setelah membaca artikel ini :CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Yang membuat dia semakin penasaran, setelah mengetahui ternyata blog saya ini baru berumur sekitar 3 bulan.

Lantas diapun bertanya kepada saya :
"Bang izal,,,, kok bisa sih beberapa artikelnya berhasil masuk ke page one google?", 
"Sedangkan artikel saya belum ada satupun yang berhasil masuk ke halaman pertama google."
"Paling mentok baru berhasil nyampe dihalaman ke-3 pencarian google".
"Padahal,,,, blog saya dengan blog bang izal umurnya gak jauh beda, sama-sama 3 bulan beda beberapa hari" 
"Kira-kira masalahnya dimana ya bang izal?"
"Atau jangan-jangan bang izal ini adalah mastah dan jago SEO yang sedang menyamar di blog barunya, jadi gak heran artikelnya cepat mencapai page one google!"


Walah!! Saya Mastah?
Jauuuuh mas! hehehe ☺☺☺

Hmmmh,,,,Begini,,,,,,,,

Saya mau jelasin dulu duduk perkaranya biar kita sama-sama enak hehehe ☺
Saya sendiri sebenarnya memang benar-benar masih blogger pemula kok om, mas, mbak, abang, kakak dan adik sadayanya. Sama-sama masih dalam proses belajar dalam dunia blogging ini. ☺


Jadi posisi saya sebenarnya sama dengan teman yang bertanya itu.


Hanya saja,,,, mungkin karena STRATEGI yang saya pakai selama ini dalam setiap membuat dan menerbitkan artikel (konten), ternyata berhasil dengan baik.

Sehingga setiap artikel yang saya buat, setelah dipublikasikan langsung mendapat sambutan dan respon yang positif dari para pembaca.


Kenapa tulisan 'strategi' diatas saya tulis dengan huruf kapital? 
Karena memang di situlah letak kunci utamanya!

Membuat artikel/konten hingga bisa berhasil menduduki page one google, tidak mungkin bisa terlepas dari yang namanya : STRATEGI KONTEN MARKETING!

Dan makna strategi konten marketing ini sebenarnya luas sekali teman-teman. Mencakup semua strategi dalam menulis artikel unggulan, itu sebenarnya banyak sekali, dan saling terkait satu sama lainnya.


Mulai dari --->Strategi dalam memilih topik yang menarik dan bagaimana cara mengemas isi konten dengan serius, sehingga hasilnya benar-benar berkualitas.


Kemudian---> Strategi secara teknis (tulis menulis), yaitu memaksimalkan cara menulis yang baik.
Contoh : keteraturan tata bahasa, keteraturan tanda baca, gaya bahasa, pengaturan banyak jumlah kata dalam tiap paragraf, dan segala macam teknik dasar lainnya dalam penulisan artikel. 
# Jika tulisan kita tertata, rapi dan teratur, sehingga pembaca akan selalu merasa nyaman setiap membaca isi artikel kita.


Sampai ke---> Konten marketing (strategi pemasaran) artikel itu sendiri. 
Contoh :

- Cara pemilihan judul yang menarik sehingga membuat penasaran orang, dan terpancing jadi ingin lebih tahu isi artikelnya. 
- Bagaimana cara mencari tema artikel yang banyak di cari orang/dibutuhkan orang. 
- Bagaimana cara membuat artikel yang isinya realistis sehingga dapat di praktekkan oleh para pembaca. 

- Bagaimana caranya kita dapat memberikan bukti-bukti yang valid bahkan real menyangkut isi artikel yang kita tulis tersebut!
Sehingga pembaca benar-benar yakin dan percaya dengan isi artikel yang kita tulis tersebut. 

Hmm,,,Mungkin pada bagian terakhir yang saya bold tebal diatas, ada dari teman-teman yang belum mudeng atau kurang paham apa maksudnya, nanti akan saya jelaskan lebih lanjut pada poin nomor 1 di bawah.

Oh iya,,, pada artikel kali ini saya hanya akan fokus membahas bagian konten marketing (strategi pemasaran) artikel saja.

Karena pada bagian secara teknis, yaitu cara memaksimalkan penulisan artikel yang baik telah pernah saya buat artikel tersendiri, yang berjudul : TIPS CARA MENULIS ARTIKEL YG BAIK DAN DISUKAI GOOGLE

Saran saya, kalau nanti ada waktu luang, boleh teman-teman baca artikel tips cara menulis diatas. Supaya untuk semakin memperkaya informasi yang akan teman-teman dapatkan. ☺

Nah, sekarang mari kita mulai saja ke pokok bahasan.
'Strategi pemasaran' artikel yang jitu dan terbukti berhasil saya praktekkan diantaranya :

1. Usahakan buatlah artikel berisi tips yang telah berhasil secara real atau ada bukti nyatanya, sehingga para pembaca merasa yakin dengan isi artikel kita tersebut.

Intinya : Buatlah artikel yang bukan sekedar teori!

Maksudnya begini teman-teman,,,, misalnya blog teman-teman adalah niche bisnis, nah coba cari kelebihan teman-teman yang menonjol di bidang bisnis yang real teman-teman jalani.

Buatlah artikelnya dan ceritakan kesuksesan yang pernah dihasilkan di bidang bisnis teman-teman tersebut.

Berikan pula kiat-kiat sukses berdasarkan pengalaman yang pernah teman jalani. Dan jangan lupa, berikan foto ilustrasi dari foto dokumentasi bisnis teman-teman tersebut, sehingga ada buktinya!

Biar lebih mudah di pahami, saya kasi contoh : 
Coba nanti teman lihat label/kategori 'Belajar Bisnis' di blog saya ini. 
Nah,,,semua artikel di label Belajar Bisnis itu, isi dan idenya berdasarkan pengalaman nyata keberhasilan saya selama berkiprah di bidang bisnis mainan.

# Fyi, artikel-artikel di label Belajar Bisnis ini adalah salah satu penyumbang trafik terbesar di blog saya.

Karena tiap saya share artikelnya kemanapun, baik akun facebook saya pribadi, group facebook, twitter maupun komunitas G-plus selalu mendapat sambutan yang baik dari para pembaca.

Kenapa?

Ya itu tadi,,, isi artikelnya real, buktinya valid, dan yang jelas dapat diambil manfaatnya oleh para pembaca, minimal menjadi inspirasi bagi mereka.

Kalau ada di antara teman-teman yang bilang : "Tapi bang izal,,, saya kan bukan seorang pebisnis,,, lantas apa yang bisa saya tonjolkan di dalam artikel saya nanti?"

Hehehe,,,, di atas itu kan hanya sebagai contoh atau gambaran ilustrasi saja,,, ☺

Kalau untuk teman-teman sendiri, tentu dicari sendirilah apa suatu kelebihan yang paling menonjol dan yang bisa teman-teman ceritakan dalam bentuk sebuah artikel.

Misal, kalau teman-teman menonjol dalam bidang game, ya buatlah artikel tentang game dan kiat-kiatnya. Atau mungkin di bidang lainya yang paling teman kuasai, tentunya teman-teman yang akan lebih tahu.

Saya sendiri tiap mendapatkan suatu keberhasilan di berbagai macam bidang, selalu saya manfaatkan untuk menjadi bahan dan ide tulisan.

Jadi,,, tidak hanya terbatas pada hal tertentu saja. 
Pokoknya hal apa saja yang telah berhasil kita capai, itu dapat kita jadikan sebagai sumber ide sebuah artikel.

Juga jangan lupa sertakan bukti-buktinya.

Bukti ini bisa berupa foto, data, lampiran, dan hal-hal lain di bidang yang kita capai tersebut. 
Dengan adanya bukti-bukti, sehingga dapat memperkuat kevalidan informasi di artikel kita itu.

Tidak usah jauh-jauh, kita coba ambil contoh dari blog ini saja : 
Yaitu pencapaian beberapa artikel saya yang berhasil masuk page one google. Nah itu bisa saya manfaatkan untuk diolah menjadi ide sebuah artikel yang menarik dan di sukai pembaca.

Modal saya hanya foto screen shot dari artikel yang berhasil masuk di page one google penelusuran tersebut. Kemudian saya poles dengan teknik penulisan yang baik.

Hasilnya?

Artikel terbaru kembali sukses menjaring kunjungan yang melimpah dari para pembaca. ☺☺☺☺
Oh iya,,,,, teman-teman tahu tidak kenapa bagian ini (menulis artikel yang berisi bukti real dan valid) saya tempatkan dibagian urutan pembahasan pertama?

Karena (menurut pengalaman saya pribadi) bagian inilah yang paling ampuh mendatangkan pengunjung dan menghasilkan trafik yang melimpah!

2. Gunakan momen atau kejadian yang sedang trend sebagai ide/bahan tulisan artikel. 

Trik ini termasuk salah satu 'strategi pemasaran' artikel yang ampuh lainnya.

Kenapa cara ini termasuk ampuh?

Karena salah satu sifat khas manusia adalah rasa ingin tahu. Sehingga kalau ada hal atau kejadian yang sedang heboh, pasti orang akan mencarinya.

Dan dimana tempat pencarian terpopuler di internet? Ya apalagi kalau bukan si mbah google!

Nah, kalau kita cerdas, cepat dan tepat dalam memanfaatkan momen/kejadian yang sedang hangat tersebut, terbukti sangat ampuh untuk menjaring pengunjung dan trafik!

Apalagi kalau kita bisa mengulasnya dengan cara yang apik, lengkap dan menarik.

Buktinya : 
Artikel saya yang membahas tentang bentrokan antara angkot dan ojeg online (yang sempat heboh beberapa waktu lalu) berjudul : BENTROK ANGKUTAN ONLINE vs OFFLINE TERUS TERJADI (Apa solusinya?)

Artikel tersebut terbukti masih tangguh bertahan di page one google sampai sekarang! ☺

Artikel lain yang juga saya ambil idenya dari kejadian yang sedang hangat adalah tentang template keluaran terbaru google tahun 2017. Berjudul : "REVIEW TEMPLATE TERBARU BLOGGER (Serta Analisis Efek Positif dan 'Negatifnya').
Sebenarnya, saat ini pun juga ada isu hangat yang paling terbaru. 
Dan sebenarnya juga sangat bagus untuk di jadikan bahan/ide artikel.
Isu apa itu?
Yaitu syarat wajib 10.000 kali penayangan video dan kejadian perusahaan besar yang menarik iklannya dari youtube.
Nah,,,, sudahkah teman-teman manfaatkan kejadian dan isu terhangat ini menjadi bahan tulisan?? 
Buatlah secepatnya dari sekarang!
Kalo gak cepet-cepet, nanti bisa keduluan saya lho! hehehehe ☺☺☺

3. Pahamilah apa yang paling pembaca butuhkan dan pikirkanlah kira-kira (kata kunci) apa yang paling banyak di cari orang di google pencarian!

Darimana kita tahu apa yang paling pembaca butuhkan dan sering mereka cari?
Caranya : posisikan-lah diri kita sendiri seolah-seolah sebagai seorang pembaca yang sedang mencari informasi di internet.

Dengan cara begini kita menjadi tahu kira-kira keyword apa yang paling banyak di cari orang. Atau kalau mau pakai cara yang lebih teliti, gunakanlah tools milik google yaitu google keyword planner.
Dengan mengetahui kata kunci yang paling banyak di cari orang, sehingga makin memperbesar peluang artikel kita ditemukan di mesin telusur pencarian google.

4. Buatlah artikel yang lengkap dan benar-benar dapat menjelaskan secara terperinci di tiap bagian/sub bab isi artikel tersebut. 

Arti lengkap di sini tidak mesti panjang lho teman-teman, tapi biasanya memang artikel yang ditulis secara lengkap dan sistematis, identik dengan isinya yang panjang.

Bisa juga tergantung jenis artikelnya.

Kalau artikel jenis tutorial biasanya penjelasan tidak panjang, apalagi artikel tentang tutorial blogging. Artikel jenis ini biasanya pendek-pendek. Karena biasanya hanya menjelaskan tentang cara edit, setting dan cara pasang kode CSS. Jadi tidak memerlukan penjelasan yang panjang lebar.
Berbeda dengan artikel yang membahas dan mengulas suatu masalah yang topiknya membutuhkan pemecahan masalah dan kesimpulan. Yang kesemuanya membutuhkan penjabaran secara rinci dan lengkap.

Contoh seperti artikel tentang bisnis, artikel tentang sosial budaya, artikel motivasi, dan lain-lain.
Nah, artikel seperti diatas akan jauh lebih baik jika dikemas dan di sajikan secara lengkap dan mendetail. Sehingga dapat memberikan informasi yang terbaik bagi para pembaca.

Artikel yang isinya lengkap, terperinci, sistematis dan komprehensif selain di sukai oleh pembaca, juga di sukai oleh mesin google bot. Sehingga sangat berpeluang besar untuk bisa tampil di page one google!

Tahukah teman-teman apa rahasia tersembunyi dan paling penting dari ke 4 (empat) poin diatas?

Nih saya bocorin : Apabila semua poin diatas telah terpenuhi dengan baik,
hasilnya---> Pembaca merasa permasalahan mereka bisa terpecahkan + dapat informasi yang bermanfaat + dapat inspirasi baru = Merasa puas!

Nah,,, setelah puas, biasanya tindakan apa yg paling umum pembaca lakukan?

Yaitu men-share ulang artikel kita! 

Dari sinilah faktor dan sumber kekuatan utama, alias kendaraan tercepat yang akan menghantarkan artikel kita ke peringkat teratas pencarian google!

ITU!

5. Promosi!

Bagian terakhir yang tidak kalah penting adalah promosi!

Konten sebagus dan berkualitas setinggi apapun bila tidak di promosikan ya tetap saja percuma. Dari mana orang akan tahu bahwa artikel kita bagus dan bermanfaat bila mereka tidak pernah bisa menemukan dan membacanya?

Oleh karena itu, maka rajinlah promosikan artikel kita ke berbagai media sosial seperi Twitter, Group Facebook, Komunitas Google plus dan media sosial lainnya.

(Catatan : Rajin share di sini bukan berarti kita harus melakukan tindakan SPAM. Tapi yang saya maksudkan rutin share artikel dalam jangka waktu berkala, misal dalam satu hari rutin share 3 buah artikel saja. Juga jangan melakukan share sekaligus dalam jumlah banyak dalam satu waktu, karena akan dianggap SPAM. Buatlah rentang jarak waktu, misalnya share tiap 5 jam sekali).

Bagian promosi ini sebenarnya telah pernah saya tulis dan bahas secara lengkap di artikel tersendiri. Kalau teman-teman ada waktu luang, sebaiknya bagian poin promosi ini di lanjut baca di artikel itu saja ya.

Tips dan trik di artikel tersebut insya Allah juga sangat manjur dan ampuh untuk menghantarkan artikel kita menduduki page one google. Bahkan bila kita terapkan dengan benar, akan mampu melesatkan trafik blog dengan cepat.

Demikianlah teman-teman,,,, 5 tips dan cara membuat artikel supaya cepat tampil ke page one google. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Semoga sukses selalu.
Salam.

Mulai di tulis jam 1 siang tadi, selesai pukul 22.17 malam ini.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. bagus mas strategi nya bisa di contoh buat di aplikasikan ke blok saya terimakasih atas info strategi nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 om,,, semoga blognya sukses ya :)

      Delete
    2. Maaf salah ketik, maksudnya : Sama2 om

      :)

      Delete
  2. Kalau menurut saya bikin artikel yang belum banyak di bahas oleh blog lain. Kemungkinan besar akan mudah menempati halaman 1 google bang izal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp!

      Betul sekali om, itu memang salah satu triknya 😊

      Delete
    2. Memang benar kata mas rudi.
      Tapi yang jadi pertanyaan...
      Kenapa artikel tersebut jarang yang menulisnya,
      Apakah artikel tersebut berpotensi mendatangkan pengunjung.
      Biasanya artikel yang jarang / sedikit yang membahas itu juga karena peminatnya sedikit. Dan jarang yang membutuhkan.
      Jadi biarpun di peringkat pertama di google akan sia-sia juga toh... karena peminatnya sedikit.
      Alangkah baiknga bikin artikel yang banyak di cari orang, walaupun saingannya berat, tapi kalo di promosikan dengan tepat juga bisa menduduki perigkat pertama di google.
      Menjadi peringkat pertama di google memang impian para blogger tidak terkecuali saya ini.
      Dan tidak semua topik blog membutuhkan peringkat di google untuk mendapatkan visitor.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner