CARA PROMOSI BLOG YG AMPUH? TRAFIK MELESAT CEPAT? INI RAHASIANYA! Skip to main content

CARA PROMOSI BLOG YG AMPUH? TRAFIK MELESAT CEPAT? INI RAHASIANYA!

CARA PROMOSI BLOG YG AMPUH? TRAFIK MELESAT CEPAT? INI RAHASIANYA!
Trafik mencapai 817 view/day

Assalamualaikum.
Hai teman-teman semua,,,, apa kabar? ☺☺
Semoga baik-baik saja dan sukses selalu ya, Aammiin.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas topik tentang tips dan cara promosi yang ampuh untuk meningkatkan trafik blog. Sehingga trafik dapat melesat dengan cepat.

Tulisan di artikel ini bisa dikatakan semuanya berdasarkan pengalaman pribadi yang telah saya praktekkan sendiri. Dan alhamdulillah teknik yang selama ini saya pakai mampu menghasilkan trafik yang sangat memuaskan.

Apa saja trik dan rahasianya?

Ada beberapa trik yang ternyata sangat ampuh, yaitu :

1. Buat artikel yang isi didalamnya membahas seorang figur yang berpengaruh dimedia sosial (banyak follower) dan tag artikel itu kepada mereka.

Untuk ukuran blog saya yang umurnya masih bayi ini, yakni 3 bulan 12 hari, (Blog ini mulai dibuat tanggal 2 januari 2017), namun telah mampu secara stabil menghasilkan trafik rata-rata 250 - 300 view/day. 
Bahkan pernah dalam periode satu bulan, trafik blog saya sempat melonjak hingga 600-800 view/day (Lihat foto screen shot atas).

Apa penyebabnya?

Begini ceritanya :

Memasuki bulan kedua setelah blog ini berdiri, saya pernah membuat sebuah artikel dengan topik bisnis, yaitu tentang orang-orang yang berhasil dan sukses di bidang bisnis online.

Nah, salah satu pebisnis online yang saya jadikan narasumber di artikel tersebut adalah om Faisal adlan, pemilik toko online ical toys.

Dia juga salah satu teman Facebook saya.

Kalau ada di antara teman-teman blogger disini yang juga seorang pehobi mainan die cast metal khususnya Hot Wheels, pasti tahu dengan toko online ical toys ini.

Kalau sampai gak tahu mah kebangetan hehehe. ☺

Berarti belum benar-benar seorang pecinta dan kolektor die cast sejati.
Bagaimana tidak?

Toko online milik om Faisal adlan itu sudah terkenal dikalangan pehobi die cast metal, khususnya komunitas die cas metal di internet/Facebook.

Dia juga banyak menjual dan mengkoleksi berbagai die cast metal dan Hot Wheels jenis langka yang banyak di buru oleh para kolektor.

Makanya agak terkesan ganjil kalau seorang pehobi dan pecinta berat mainan die cast, apalagi seorang kolektor sampai tidak kenal dengan om Ical ini.

Sebab ciri khas seorang kolektor itu pasti akan mencari informasi ke segala penjuru agar bisa mendapatkan die cast langka yang menjadi hobinya.
Oke, kita lanjut ceritanya.

Jadi,,,, setelah artikel tentang pebisnis online sukses tersebut selesai saya tulis dan publikasikan, kemudian mulai saya share ke Facebook. 
Nah, om Faisal adlan ini juga ikut saya tag namanya di dalam share tersebut.

Tindakan men-tag itu sebagai pemberitahuan sekaligus untuk meminta izin (tanda etika dan penghargaan) karena telah menyebutkan namanya (sebagai salah satu narasumber) di artikel tentang bisnis online tersebut.
Ternyata dia (om Faisal adlan) tidak berkeberatan namanya di jadikan narasumber. Dengan senang hati mempersilahkan, Alhamdulillah. ☺☺☺
Teman saya Faisal adlan ini ternyata juga suka dengan tulisan-tulisan saya, khususnya artikel niche bisnis.

Lantas diapun sering men-share beberapa artikel dan juga homepage blog saya di timeline/wall Facebooknya. 
Naah,,, karena dia mempunyai follower yang sangat banyak (list pertemanan 5.000 dan followernya kurang lebih 13.600 orang).

Sehingga tiap dia share artikel saya, otomatis belasan ribu teman dan followernya itu jadi ikut melihat artikel saya, nah di situlah sumber penyebab trafik saya sempat melesat naik tajam dalam satu bulan itu.

Itulah salah satu resep rahasia untuk cepat mendatangkan trafik dari media sosial. Dengan syarat, artikel yang kita buat relevan dengan bidang orang/figur yang berpengaruh di media sosial tersebut.

Ya iya pastinya harus gitu dong hehehe,,,,

Kan gak mungkin saya bikin artikel tentang kesehatan, lantas mention om ical toys yang pakar di bidang Hot wheels, ya jelas gak nyambung ☺☺☺☺

Jadi carilah publik figur yang berpengaruh (banyak follower) di media sosial dan juga bidang mereka sesuai dengan tema blog kita, dan buatlah ulasan dalam artikel khusus yang membahas kiprah mereka.

Tapi jangan lupa, sebelum artikel yang kita buat itu di publikasikan dan di share, harus minta izin dulu kepada mereka.

Kalau mereka mengizinkan nama mereka di jadikan narasumber, berarti syukur alhamdulillah.

Tapi kalau mereka tidak setuju, maka sebaiknya ganti dengan figur yang lain. Jangan di paksakan tetap mencatut nama mereka.

Ini sebenarnya soal etika, dan merupakan bagian yang tidak kalah penting.

Dengan kita meminta izin terlebih dahulu, justru membuat mereka akan merasa bersimpati kepada kita, menandakan kita punya attitude.

Dan bila mereka telah bersimpati, maka mereka tidak akan segan-segan untuk ikut men-share artikel kita yang lainnya. ITU!

Teman-teman sudah bisa nangkep kan letak poinnya?

Intinya : Buatlah ulasan yang baik tentang mereka, minta izin dan tunjukan attitude kita kepada mereka.

Mudah-mudahan mereka pun akhirnya ikut men-share ulang dengan sukarela, dan tiba-tiba trafik blog kita melesat naik dengan cepat! ☺

2. Bergabung dengan group Facebook yang satu topik (RELEVAN) dengan isi artikel kita.

Mungkin timbul pertanyaan diantara teman-teman :

"Kenapa tulisan relevan di dalam tanda kurung diatas itu di tulis dengan huruf kapital bang izal?"

Ya, sebab itu adalah salah satu bagian terpenting!

Misal seperti blog saya nichenya adalah bisnis, blogging dan tips menulis, lantas artikel saya share ke group dengan tema otomotif misalnya. Jelas sangat tidak nyambung!

Walau group itu beranggotakan puluhan ribu orang, (hampir dipastikan) tidak akan ada anggotanya yang tertarik untuk membaca artikel yang kita share tersebut.

Karena apabila kita share artikel yang tidak relevan bahkan melenceng jauh dari tema group tersebut, sudah dapat dipastikan artikel kita akan di acuhkan oleh semua anggotanya. Bahkan akan sangat besar kemungkinan kita akan di banned oleh admin group tersebut.

Maka agar efektif, bergabunglah ke dalam group yang relevan dan satu topik dengan tema blog kita.

Dan supaya dapat perhatian dari ribuan anggota group tersebut, syarat lainnya yaitu :

# Artikel yang kita share itu isinya berkualitas dan bermanfaat. 

Artinya artikel itu berisi info yang dapat membantu anggota group tersebut.
Definisi bermanfaat ini seperti :

- Dapat memberikan solusi atas permasalahan mereka.

- Berisi ide-ide baru yang hampir belum pernah di bahas oleh anggota sebelumnya di group tersebut.

- Berisi data dari sumber terpercaya,

Contoh : saya pernah men-share artikel niche bisnis yang berjudul : PELUANG BISNIS MAINAN DAN BERBAGAI KELEBIHANNYA ke sebuah group Facebook, nama group itu 'PELUANG USAHA'.

Group Peluang usaha tersebut sampai artikel ini ditulis total anggotanya ada 57.427 orang. Nah karena artikel diatas berisi data yang sangat terpercaya, bahkan isinya real! nyata!

Maka para anggota group tersebut tidak segan-segan untuk membaca artikel yang saya bagikan tersebut.

Kenapa saya sebut isi artikelnya real?

Sebab ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi yang memang sudah terbukti sukses di bidang bisnis mainan (Alhamdulillah), sehingga artikel saya itu mendapat sambutan positif dari mayoritas anggota group itu.

Bahkan artikel yang saya share di group tersebut, ikut pula di share ulang lagi oleh beberapa anggota group yang lain. Nah, inilah yang benar-benar ampuh mendatangkan trafik yang luar biasa cepat!

Dan ada satu lagi yang tidak kalah penting, bagian ini jangan sampai lupa ya teman-teman.

Yaitu : aktiflah menjawab setiap pertanyaan para anggota group, misal tentang kiat-kiat dan penjelasan lebih lanjut mengenai topik artikel yang telah kita share tersebut.

Sehingga para anggota group tersebut benar-benar merasakan artikel dan kehadiran kita memang membawa manfaat di sana.

Admin group pun pasti akan senang dengan kehadiran kita. Buktinya setiap saya share artikel lain yang terbaru (niche bisnis), selalu di approve dan ditayangkan oleh admin groupnya.

3. Share artikel ke instagram.

Instagram adalah salah satu media sosial milik Facebook yang sangat ampuh untuk meningkatkan trafik dan dapat membuat nama blog kita cepat di kenal orang.

Pasti ada di antara teman-teman yang bertanya :
"Bang izal, emangnya bisa share artikel ke instagram?" perasaan gak bisa deh!"

Oooh so pastinya bisa dong ☺☺☺

Caranya,,,, kita cuma dituntut harus kreatif.
Mau tau caranya? hehehe ☺

Nih biar saya bocorin.

Bagi teman-teman yang punya akun instagram, coba cari dan lihat akun instagram saya. Nama akunnya juga sama dengan nama blog ini, cuma bedanya pada akun instagram ditambah huruf 's' dibelakangnya, yaitu : bang izal toys.

Di situlah nanti akan terlihat jelas cara dan trik yang telah saya praktekkan.

Nah trik yang saya pakai yaitu :
Meng-copas artikel yang ada di blog Bang Izal Toy ini, kemudian dipaste dan di posting ke instagram saya.

Tidak lupa saya cari foto yang relevan dengan isi artikel tersebut. Tapi biasanya saya memakai foto bawaan dari artikelnya.

Pasti teman-teman bertanya lagi :

''Tapi instagram kan jumlah karakter atau kata-kata yang bisa di upload jumlahnya terbatas bang izal?"

"Sedangkan kalau artikel di blog kan karakter dan kata-katanya sangat banyak dan panjang?"

Yup! Sangat betul sekali!

Memang di instagram cuma bisa muat sekitar 2.200 karakter (huruf), saya perkirakan jumlah karakter itu mungkin sekitar 400an kata.

Sedangkan artikel saya rata-rata panjangnya sekitar 1.500 hingga 2.500 kata.

Nah! Bagaimana cara mengakalinya?

Caranya yaitu artikel tersebut kita buat dengan format bersambung!

Jadi,,, kita copas artikel tersebut sampai maksimal kapasitas jumlah postingan, sisanya di sambung lagi menjadi bagian seri ke-2 pada keesokan harinya!

Satu artikel biasanya ada yang bersambung sampai 5 seri, bahkan ada yang 8 seri. Nah, jangan lupa teman-teman,,, usahakan foto ilustrasinya jangan sampai diganti-ganti. Untuk satu artikel foto harus sama dari seri 1 sampai terakhir.

Kenapa begitu? Supaya pembaca tidak bingung! Supaya bisa menandainya.

Kalau tiap seri artikel punya ciri khas foto ilustrasi sendiri-sendiri, sehingga teman-teman intagram kita jadi bisa menandai : "oh berarti kalau foto yang ini adalah ilustrasi foto artikel yang ini",
"oh foto itu adalah ilustrasi artikel yang itu, dan seterusnya.

Nah, di bagian akhir postingan jangan lupa kita selipkan nama blog kita, dengan caption singkat, contoh :

"Tulisan ini adalah bagian dari salah satu artikel blog www.bangizaltoy.com"
"Mau lihat artikel menarik lainnya? Monggo kunjungi saja link di atas"

Nah, dengan trik ini, apabila ada di antara teman-teman instagram kita itu tidak sabar ingin membaca lanjutan dari artikel tersebut, pasti dia akan mencari dengan mengetikkan link yang telah kita berikan itu ke pencarian google.

Cara inilah salah satu penyumbang trafik terbesar di blog saya dari sisi pencarian google/penelusuran kata kunci!

Nah, bagaimana teman-teman? cakep khaan trik saya? hehehe ☺

Tapi jangan lupa, cara ini hanya akan bisa berhasil dengan syarat artikel yang kita share (copas) ke instagram itu memang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca!

Bagaimana kalau artikelnya tidak berkualitas?

Hmmmh,,, ya tetap percuma,,,😢😢😢😢

Cara kreatif seperti ini tetap tidak akan pernah berhasil.

Artikel yang di share (tapi tidak berkualitas) itu mungkin tidak akan pernah di baca oleh teman instagram kita, apatah lagi untuk mengunjungi situs blog kita, sudah pasti 'jauh panggang dari api!' atau 'Bagai pungguk merindukan bulan' hehehe ☺

Bagaimana cara mengetahui artikel yang kita share ke instagram itu di sukai?

Bisa di lihat dari banyaknya like pada postingan kita di instagram tersebut. Juga bisa di lihat pada URL perujuk, situs perujuk dan telusur kata kunci pada statistik lalu lintas dasboard blog kita.

Lihat foto screen shot di bawah :

CARA PROMOSI BLOG YG AMPUH? TRAFIK MELESAT CEPAT? INI RAHASIANYA!

Foto data statistik di bulan kedua setelah blog ini dibuat (13 - 20 maret 2017).
Bagaimana teman-teman? mantap kan? ☺☺

Coba perhatikan lagi, foto screen shot di atas.
Itu adalah hasil data statistik sumber lalu lintas blog pada awal bulan maret 2017. Artinya blog www.bangizaltoy baru berumur 2 bulanan.

Menurut data statistik tersebut, trafik kunjungan organik (dari google) tercatat 140 kali.
Hasil segitu, untuk ukuran blog yg masih 'bayi' (umur sebulanan lebih), sudah sangat menggembirakan sekali teman-teman,,,, hehehe. ☺

Syukur Alhamdulillah. ☺☺☺

Demikianlah teman-teman, cara promosi blog paling ampuh untuk menaikkan trafik dengan cepat, terutama dari media sosial. Memang sih, (konon kabarnya) google tidak terlalu memprioritaskan jumlah kunjungan maupun banyaknya share ulang artikel kita dari media sosial (referal).

Tapi walaupun begitu, peran dan fungsi media sosial tidak kalah penting lho teman-teman,,,..,,,

Apa itu?

Yaitu sebagai sarana yang ampuh untuk membangun 'brand' atau nama blog kita supaya dikenal oleh banyak orang.

Media sosial lah tempat 'promosi dan pemasaran' yang paling tepat bagi blog pemula.

Sebab untuk di kenal di pencarian Google bagi blog pemula bisa dikatakan hampir mustahil,

Kenapa?

Karena page one google rata-rata telah dikuasai oleh blog-blog besar!

Untuk blog baru, paling tidak butuh waktu 2 - 3 bulan bagi artikelnya untuk bisa nongol di page one google, sebagian blog lain mungkin ada yang butuh waktu lebih lama.

Sehingga bagi blog baru, tempat promosi yang paling tepat adalah media sosial!

Nah,,,nanti seiring waktu, setelah blog kita mulai banyak di kenal orang, barulah mulai kita coba jajal bertarung dengan blog besar.
Dengan cara memaksimalkan artikel berkualitas, meningkatkan tekhnik SEO dan segala optimasi lainnya agar blog kita dapat merajai page one google!

Cara selengkapnya?

Nantilah kita bahas di artikel selanjutnya ya teman-teman,,,, soalnya artikelnya ini udah kepanjangan banget,,, tangan saya udah mulai pegel ngetiknya,,..,, wkwkwkwkwkwk 😢😢😢

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, tiada kepuasan terbesar bagi saya kecuali setiap artikel saya dapat berguna bagi orang lain.

Semoga sukses selalu untuk teman-teman semuanya.

Salam.

Mulai ditulis ba'da magrib kemarin, selesai ditulis ba'da magrib malam ini.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Wah keren mas, jadi harus lebih giat ber-PROMOSI di medsos :D dan Aktif di Forum/Grup sesuai Topik biar dikenal bnyk orang, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip!,
      Ayo semangat!
      kamu saya dukung! 💪😊

      Semoga blognya sukses ya mas 👍

      Delete
  2. Bang knpa di statistik blog nda ada trafik atau tanda kata kunci yang di telusuri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gak ada di blognya siapa? Gak ada di blognya agan teamwork?

      Itu bukannya gak ada gan, tapi karna belum ada yg berkunjung ke blog agan dengan menggunakan kata kunci 😊

      Sabar aja,,, nanti lama2 juga ada,,, atau boleh juga om tiru teknik yg saya pake di artikel ini,
      tapi ingat : cara yg saya tulis di artikel ini hanya akan bisa berhasil dengan baik jika artikel agan benar2 berkualitas.

      Maka usahakanlah agan buat artikel yg berkualitas 😊

      Demikian, semoga bisa membantu.

      Delete
  3. sangat bermanfaat kang infonya terima kasih atas sharing dan ilmu semoga bermanfaat dan menjadikan saya lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kang Komar, semoga sukses dengan blognya ya, semangat! 😊

      Delete
  4. Mantap, panjang banget artikel nya mas Bang. Hebat nih trik naikin trafik nya. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ada om Nino berkunjung ke sini,,, jadi malu saiyah hehehehehehh

      Ah saya ini kan cuma pemula yg suka curhat di blog ini om 😁,
      masih banyak ilmu dan hal yg belum saya mengerti tentang dunia blogging, makanya kan saya juga sering bertanya sama om Nino, hehehe

      Saya cuma saling berbagi aja om, ada hal atau ilmu yg telah kuasai, maka saya curahkan di blog ini, tapi saya juga sering belajar dari blog2 lain juga om, termasuk saya juga sering diam2 berkunjung dan belajar dari blognya om Nino artikel.

      Makasih om, telah mampir ke sini 😊

      Delete
  5. mengisnpirasi sekali bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip,,,, semoga bermanfaat ya om, dan sukses selalu dengan blognya 😊

      Delete
  6. Bagus banget, bang, artikelnya. Saya newbie, pakai HP buat bloging. Ijin pakai cara ini, bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di pake aja caranya om,,, 😊
      semoga sukses dengan blognya ya, semangat!
      💪

      Delete
  7. Saya juga sering bagi-bagi tips ningkatin trafik dan baru nemu ide seperti ini. Mantap, joss pokoknya. Tips promosi yang cerdas.
    Nambah2 pengetahuan nih, Thanks for share...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,,,, sama2 makasih banget sama om blogging yg udah Sudi mampir di blog saya yg sederhana ini.

      Saling berbagi ilmu om hehehe
      Saya juga sering diam2 baca2 dan Belajar di blognya om. 😊
      Blog lain yg suka saya sambangi antara lain om Nino, om Syamsu dan flyin DFB 😁

      Delete
  8. Apalagi kalau judul blog menarik dan berisi tren masa kini. Cepat juga naik traffiknya tu. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz! Sangat betul sekali 😁

      Delete
  9. wah udah kebongkar nih rahasinya'-' beberapa sih udah tau sebelumnya, tapi yang belum makasih banget nih buat adminya.... hehe

    ReplyDelete
  10. waah makasih mas artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  11. makasih min saya akan mencoba tips artikel ini mudah-mudahan traffik saya semakin meningkat

    ReplyDelete
  12. bagus banget mas isi artikelnya... Mantapppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om, semoga dapat bermanfaat ya 😊

      Delete
  13. hemmm promosi dengan membahas publik figur yang terkenal manjur banget tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup!!!

      1000% manjur gan! 😉

      Delete
  14. Saya senang dengan pembahasan di artikel ini. Sangat mendalam dan bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak,,, semoga sukses selalu. 😊

      Salam blogger! 👌

      Delete
  15. Bener juga yah bang men tag seorang figur bakalan menambah trafik yang bagus buat blog, terkadang ini yg menjadi tantangan seorang nubi kek saya perlu tips yang bang izal berikan diartikel ini. Mantab bang isi artikelnya. Dan sukses terus ma blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om 😊

      Semoga om sukses juga ya 😉

      Delete
  16. Informasi bermanfaat bang Izal, praktikin ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan om hehehe 😊

      Semoga trafiknya jadi melimpah ya 😉

      Delete
  17. keren bang, sampe merinding bacanya :D mau coba deh caranya yg diinstagram :) trima kasih atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 om,,, selamat memanen trafik ya hehehe 😉

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner