Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Adsense Sangat Lama Tidak Dijawab Google? Ini 7 Penyebabnya!

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman semua. ☺

Senang sekali rasanya saya masih bisa meluangkan waktu untuk menulis artikel lagi. Disela-sela kesibukan bisnis ditoko mainan, tetap saya usahakan untuk selalu bisa menulis. ☺☺

Pada tulisan kali ini saya tertarik untuk membahas permasalahan yang akhir-akhir ini banyak sekali di keluhkan oleh teman-teman kita sesama blogger yang lain. Terutama para blogger pemula.

Sering saya temukan dalam diskusi di forum-forum blogging dan publisher adsense, rata-rata keluhannya senada dan seirama. hehe ☺

Masalah apakah itu?

Yaitu daftar adsense sangat lama tidak dijawab google, terutama untuk review kedua pada pengajuan menjadi publisher google adsense.

Kenapa saya langsung membahas pada tahap review kedua? 
Kenapa pembahasan tidak dimulai dulu dari tahap ke satu?

Sebab, kalau pengajuan adsense tahap pertama sudah jelas pasti selalu dijawab oleh google. 
Baik diterima maupun ditolak, pasti akan selalu ada email jawaban. Karena apa? Sebab di jawab secara otomatis oleh mesin google bot.

Review tahap pertama biasanya dalam hitungan jam sudah ada email jawaban, paling lama 1-2 hari.

Sedangkan review tahap kedua prosesnya sangat jauh berbeda. 
Review kedua akan ditinjau secara langsung atau secara manual oleh para tim pakar dari google. Pada review tahap kedua ini, google akan meninjau keseluruhan situs kita. Jadi bukan hanya meninjau laman yang dikirimkan dalam permohonan.

Proses manual inilah yang membuat review tahap kedua jadi memakan waktu lebih lama.

Terlebih bila antrian pengajuan adsense dari seluruh dunia sedang banyak yang masuk ke google. Tentunya makin membuat proses review tahap kedua semakin lama.

Banyak timbul keheranan dan berbagai pertanyaan dari teman-teman yang baru terjun kedunia blogging/google adsense, seperti :

"Di beranda adsense tertera bahwa waktu peninjauan review tahap kedua hanya selama 2-3 hari" 
"Tapi kok sudah menunggu sebulan, ada juga teman lain yang sudah sampai 2-3 bulan menunggu, tapi kenapa belum ada sama sekali jawaban dari pihak google?"

DAFTAR ADSENSE SANGAT LAMA TIDAK DIJAWAB GOOGLE? INI 7 PENYEBABNYA!

Nah,,,, Kondisi di atas ada beberapa kemungkinan besar penyebabnya :

# Penyebab pertama (dugaan sanksi kolektif). 

Banyak yang berasumsi (terutama yang sudah berpengalaman di dunia blogging) bahwa waktu peninjauan selama 2-3 hari itu, adalah lamanya waktu review untuk adsense diluar negeri, seperti negara Amerika Serikat dan Eropa.

Pada negara-negara diatas itu memang prosesnya jauh lebih cepat.
Kalau tidak percaya, coba saja tanya para mastah yang bermain adsense US, proses reviewnya jauh lebih mudah. 
"Kok US dan Eropa prosesnya lebih cepat bang izal? Sedangkan kita makin dipersulit?"
"Berarti google pilih kasih dong??"
Walah!! kalau soal itu mah kagak tau deh saya, coba aja tanya sama si mbah googlenya wkwkwk 😢😢😢😢😢😢
Tapi,,,, 
Menurut pendapat beberapa mastah yang pernah saya baca di forum-forum ads, lamanya proses review pengajuan adsense tahap kedua untuk wilayah indonesia, penyebabnya bisa jadi karena salah kita juga, bisa jadi karena salah kita semua.
"Maksudnya gimana bang izal?"
Yah,,, saya rasa tidak perlulah saya jelaskan lebih mendetail lagi, saya kira kita sama-sama sudah tahu kebanyakan dari kita sangat suka sekali 'mengakali' dan mencari kelemahan dari sistem si mbah google. 
Dengan berbagai macam trik dan cara yang melanggar pedoman peraturan google.

Kita lupa bahwa google itu bukanlah mesin yang bodoh, google itu adalah raksasa teknologi dunia terkini dengan segala kecanggihannya.
Laah,,, kita mau coba-coba mengakalinya??, yang ada juga kita-kita semua yang 'dikerjain balik' sama mbah google hehehe 😢😢😢😢

Nah, apa efeknya? 
Ya efeknya sudah semakin jelas sekarang, (makin kesini) calon publisher dan yang telah berhasil menjadi publisher adsense di indonesia sudah terlanjur 'ditandai' sebagai 'anak yang nakal' oleh si mbah. 
Makanya dikasi pelajaran dengan proses dan syarat yang semakin ribet dan semakin ketat saja dari waktu ke waktu untuk menjadi publisher google adsense di indonesia.

Walau tidak semuanya yang 'nakal', pasti masih banyak blogger yang patuh dengan pedoman peraturan google, kita harus adil dan mengakui fakta itu.

Tapi masalahnya,,,,kalau si mbah google telah memberi cap, ya semua tetap kena imbasnya, tidak perduli yang 'nakal' maupun yang baik-baik. 
Beginilah sekarang,,,makin kesini semakin sulit saja, sudahlah proses reviewnya lama nian, di PHP sampai makan waktu 1, 2 bahkan hingga 3 bulan, eh ujung-ujungnya apa??

Di t o l a k !!
Paiiiit!!! wkwkwkwk 😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢

Sekali lagi saya tekankan : saya yakin pasti masih banyak publisher yang bermain fair dan jujur, tapi karena sudah terlanjur 'di cap' oleh si mbah, ya semuanya jadi ikut kena imbas secara kolektif.
Bagi 'nakal' maupun yang baik-baik sama-sama kena getahnya.

Google menerapkan tinjauan yang sangat ketat pada review tahap kedua, karena perusahaan raksasa itu hanya ingin blogger yang benar-benar patuh pada peraturannya saja yang akan diterima menjadi mitranya!

Makanya kembalilah 'kejalan yang benar' wahai teman-teman semua, bermain fair play dan patuhlah kepada kepada setiap pedoman peraturan google, supaya si mbah tidak semakin mempersulit kita lagi. ☺☺☺

# Penyebab kedua (belum memasang kode iklan).

Permasalahan belum memasang kode iklan ini banyak terjadi pada blogger pemula yang baru 2-3 bulan terjun ke dunia blogging dan langsung mengajukan diri untuk bergabung menjadi publisher google adsense.

Karena masih sangat baru, tentunya masih banyak hal-hal yang belum dimengerti, termasuk tahapan dalam proses pengajuan. Karena setelah lolos review tahap pertama, terkadang tidak ada email dari pihak google yang menyuruh untuk memasang kode iklan.

Memang tidak selalu mesti ada pemberitahuan dari pihak google. Ada orang yang dikirimi email untuk memasang kode, ada pula yang tidak.

Bahkan, tanda-tanda telah lulus review tahap pertama pun, ada lho blogger pemula yang belum tahu ciri-cirinya. Ciri yang paling jelas sebagai tanda telah lolos review tahap satu, adalah apabila kita telah bisa masuk dan membuka dasboard dan beranda akun google adsense.

Nah, apabila ciri-ciri diatas telah ada pada akun adsense teman-teman, maka segeralah pasang kode iklannya. Supaya blog teman-teman langsung 'konek' ke sistem google pusat, untuk mereka review kelayakannya.

Jadi selama kita belum memasang kode iklan, maka selama itulah tidak akan pernah ada kelanjutan review tahap kedua. Sampai batas pada akhirnya kita telah memasang kode iklan tersebut.

"Oke bang izal, trus cara memasang kodenya bagaimana ya?"

Nah, dibawah ini lanjutannya ☺

# Penyebab ketiga (terjadi kesalahan/tidak tepat memasang kode iklan).

Google mengisyaratkan supaya kita memasang kode pada laman yang mendapatkan tampilan secara rutin. Maksudnya laman yang strategis, selalu terlihat pada laman/artikel manapun, (kode) iklan akan tetap terlihat/tampil.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memasang kode iklan tepat di bawah kode <head>, karena hasil iklannya akan tampil dibagian header.

Seperti sama-sama telah kita ketahui, header (bagian atas laman) adalah tempat yang paling strategi pada sebuah blog.

Karena bagian itulah yang paling pertama kali tampil setiap laman blog dibuka.

Menurut beberapa teman blogger yang telah berpengalaman di terima adsense, jika kita memasang jenis kode iklan page level ads pada bagian <head>, maka akan berpeluang semakin cepat di tanggapi oleh tim review google.

Saya pikir ini suatu info dan masukan yang sangat bagus, tidak ada salahnya untuk kita coba.
Nah, kadang ada kesalahan yang terjadi pada sebagian pemula yang baru ingin terjun menjadi publisher google adsense, yaitu memasang kode iklan tidak pada <head>, tapi memasang pada sidebar blog.

Kenapa kok pasangnya pada side bar blog?

Karena di side bar jauh lebih mudah untuk memasangnya.

Kalau bagian di side bar kan tidak perlu harus membuka pengeditan HTML, cukup pasang widget HTML di tata letak, trus di copas dan tempel deh kode iklannya.
Nah masalahnya,,,,tidak semua template yang desain side barnya selalu terlihat di tiap laman.

Contohnya seperti side bar pada template blog saya ini.

Side bar hanya akan terlihat full jika di buka pada desktop, sedangkan kalau dibuka pada laman mobile, sidebarnya akan tersembunyi.

Harus di-klik dulu barulah side barnya akan terbuka.

Jadi kalau kode iklannya dipasang pada side bar template blog saya ini, maka ketika dibuka pada mobile, (kode) iklannya tidak akan terlihat.

Sebab lain, kesalahan karena memasang kode iklan di dalam/ditengah-tengah isi artikel.

Nah, pertanyaannya jika kode iklan dipasang ditengah isi artikel, apakah iklan akan dapat selalu terlihat di setiap laman?

Tentu saja tidak, kecuali tombol Read More-nya harus di kilk terlebih dahulu.

Oleh karena itu, menurut saya bila masih pada tahap review tidak perlulah kita banyak-banyak pasang kode iklan, dan tidak perlu terlalu 'berkreasi' penempatan iklan dulu.

Cukup pasang satu kode iklan Page Level Ads tepat di bagian bawah kode <head>, itu sudah cukup.

Atau paling maksimal pasanglah 2 jenis kode iklan, yaitu ditambah satu lagi iklan dari bagian Ads Unit, dan diletakan tepat diatas kode </body>.

Nanti setelah terima Full Approve, boleh pasanglah dimana saja (sesuai aturan google), dan 'berkreasilah' dengan berbagai macam gaya iklan sepuasnya.

# Penyebab keempat (merubah kode iklan).

Ini penyebab lain yang berakibat fatal, yaitu merubah-rubah kode iklan.

Google telah jelas-jelas menyebutkan di pedoman bantuannya bahwa : "salin kode persis sebagaimana kode tersebut tampil di beranda akun adsense anda".

Memang untuk memasang kode iklan ini cukup membingungkan bagi pemula, yaitu ketika akan memasang kode adsense tersebut ke dalam Html blog.

Kenapa?

Karena hasilnya akan error, sebab ada bagian struktur kode iklan itu yang tidak 'matching' dengan struktur dari Html blog. Sehingga mungkin saja ada yang mencoba-coba bereksperimen merubah kode iklan tersebut supaya matching. Ini tidak diperbolehkan.

Nah bagi masih bingung kenapa hasilnya bisa error, caranya kode iklan itu harus di parse terlebih dulu.

Alat/tools untuk parse banyak tersedia kok, tinggal browsing saja. Atau boleh juga memakai tools parse yang selama ini sering saya pakai, yaitu dari situs : www.blogcrowds. com.

Caranya memakainya : copy kode iklan dari akun adsense, setelah itu paste ke tools blogcrowds tersebut, kemudian klik tombol 'parse'.

Nanti akan keluar kode iklan yang telah di parse, langkah selanjutnya copy hasil parse itu dan paste kan tepat ke bawah kode <head>.

Maka hasilnya tidak akan error lagi di Html blog kita, dan langkah selanjutnya tinggal klik tombol 'simpan tema'.

# Penyebab kelima (banyak laman tidak ditemukan/error 404)

Ini salah satu faktor lainnya yang membuat pengajuan kita lama di abaikan oleh google, dan ujung-ujungnya : ditolak!
Yaitu banyaknya laman yang tidak ditemukan atau istilah lainnya 'error 404'. 
Kalau kita lihat ke pedoman bantuan adsense, jelas di sebutkan : "Pastikan anda meletakkan kode iklan pada laman blog yang memiliki konten, dan menerima pengunjung reguler!"

Nah, kalau banyak laman blog kita yang kosong karena hilang, terhapus atau error, maka tentunya syarat untuk pengajuan review adsense menjadi tidak terpenuhi.

Oleh karena, sebelum mengajukan untuk menjadi publisher google adsense, sebaiknya dipastikan dulu laman blog kita dalam kondisi sehat. Cara mengeceknya yaitu melalui google search console/web master.

Di web master itu nanti akan terdeteksi laman mana saja yang error pada blog kita.
Apabila kita belum mendaftarkan blog kita ke web master, maka segera daftarkanlah terlebih dahulu, setelah itu langsung verifikasi. Cara verifikasi gampang kok, cari saja di browser, sudah banyak teman-teman blogger lain yang membuat tutorialnya.

# Penyebab ke enam (salah posisi pemasangan kode iklan)

Penyebab lain tidak pernah di reviewnya pengajuan adsense kita, adalah karena adanya kesalahan dalam penempatan kode iklan.

Dalam laman bantuan google (support.google. com) telah jelas disebutkan penempatan iklan Page level ads yang benar adalah harus tepat di bawah kode <head>, atau bisa juga ditempatkan antara kode <body> dan </body>.

Nah apabila kita salah dalam menempatkan kode iklan sehingga keluar dari kode <head>.tersebut (misal diatasnya), maka tentunya blog kita akan gagal untuk 'konek' ke dalam sistem google adsense. 
Begitu juga kalau kita salah menempatkan kode untuk Ads Unit, misal diletakan diluar antara kode <body> dan </body>, tentu saja blog kita tidak akan pernah bisa 'konek' ke dalam sistem google adsense.

Sehingga tim pakar dari google menjadi tidak bisa me-review blog kita.

# Penyebab ke tujuh (mendaftar ke adsense youtube yang belum verifikasi PIN)

Akun adsense youtube saya belum di verifikasi PIN.

Nah, sekitar 3 bulan yang lalu saya telah pernah mendaftar adsense melalui youtube, 2 minggu kemudian masih dapat email balasan dari pihak google adsense. (hasilnya ditolak karena konten blog belum memadai)

Eh ketika sekitar 1,5 bulan yang lalu, pas saya mencoba mendaftar adsense lagi untuk yang kedua kalinya, setelah ditunggu-tunggu sampai sebulan lebih, sama sekali tidak ada kiriman email jawaban dari google.

Usut punya usut, setelah saya coba bertanya kepada beberapa mastah blogger, mereka menunjukan kepada saya bahwa sekarang ada peraturan tambahan terbaru. Yaitu kalau mendaftar adsenses lewat youtube harus dengan syarat telah verifikasi PIN terlebih dahulu.

Kalau dahulu waktu saya pertama kali mendaftar 'kan syaratnya masih satu, yaitu harus blog yang sudah berdomain TLD, nah ternyata sekarang telah bertambah satu syarat lagi, yaitu PIN verfikasi.

Maka tidak mengherankan ketika pengajuan adsense saya yang pertama masih ada email balasan, sedangkan di pengajuan yang kedua tidak ada balasan email sama sekali. Sebab telah keluar syarat terbaru.

Jadi selama akun youtube kita belum di verifikasi PIN, maka akan selama itulah pengajuan adsense (upgrade non hosted akun youtube) kita tidak akan pernah mendapat jawaban dari google.

"Trus cara mendapatkan PIN nya bagaimana bang izal?"

Wah kalau di jelasin sampai lengkap mah bisa kelar sampai 2 artikel lagi nih hehehe ☺☺☺☺

Lagipula masalah PIN verifikasi adsense youtube ini telah pernah saya buat artikel tersendiri yang mengulas secara rinci dan mendetail.

Kalau ada waktu luang, bolehlah nanti teman-teman baca artikelnya, supaya bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


Demikian lah teman-teman, 7 penyebab daftar adsense sangat lama dijawab oleh pihak google.

Banyak teman-teman yang bilang, masih lebih mending ditolak ketimbang di PHP gak jelas.
Kalau ada email penolakan berarti sudah jelas masih ada feedback dari pihak google-nya. Toh segala kekurangan yang menjadi penyebab ditolak bisa terus kita perbaiki.
Setelah itu bisa mengajukan ulang sampai akhirnya diterima.
Lah kalau di PHP? HHHhhhhhh!!

Bikin gelisah gak enak tidur gak enak makan, 
Tiap hari selalu bertanya-tanya dalam hati : 
"Kenapa sih pengajuan saya gak di jawab-jawab mbah google???" 
"Aku ini sebenarnya di tolak atau di terima siih??? Piye toh???" wkwkwkwk 😢😢😢😢😢😢😢😢😢
Baiklah teman-teman, saya rasa sudah cukup lengkap dan sangat mendetail saya tulis artikel kali ini.

Besar harapan saya semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman semua, khususnya para pemula yang baru terjun ke dunia blogging dan publisher adsense.

Salam sukses untuk teman-teman semua.


Penulis by : Bang izal. 
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

100 comments for "Daftar Adsense Sangat Lama Tidak Dijawab Google? Ini 7 Penyebabnya!"

  1. ini yang saya rasakan, artikel ini mewakili perasaan saya kang eheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya kang, si mbah Google emang makin galak aja sekarang, seleksi dan peraturannya makin ketat.

      Tapi yakinlah, selama kita tetap patuh dengan semua pedoman dan aturan si Mbah, suatu saat pasti akan diterimanya juga.

      Semangat terus kang Komar! 😊

      Delete
  2. bang tanya dong, saya sudah melakukan pengajuan ke adsense yang saya dapet email cuma perubahan pembayaran dari adsense ketika buka dashboard adsense tulisan we're working on conecting on your site terus padahal sudah lewat 3 hari, mohon pencerahannya bang... trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah bisa buka dasboard berarti sudah lolos review adsense tahap pertama tuh om, nah sekarang lagi memasuki tahap paling berat dan sering bikin galau nih om hehehe,,, yaitu review tahap kedua.

      Saran saya sabar dan tunggu aja om,,, biasanya jawaban dibalas dalam waktu seminggu atau paling lama dua minggu.

      Jika nanti ternyata ditolak, biasanya pasti diberi alasan penolakan oleh google.
      Dari situ bisa kita evaluasi untuk diperbaiki semua kekurangan yg menyebabkan pengajuan kita ditolak. Demikian om,,,semoga dapat membantu.

      Delete
    2. om kode yang harus di pasang di html dari adsense itu harus diparse emangnya?

      Delete
    3. Iya mesti diparse dulu mbak eva.

      Delete
    4. Halo bang saya sudah 3 minggu blm ada jawaban bagaimna y

      Delete
    5. Ditunggu aja sampai sebulan om,,,, menurut info yang saya dapatkan, saya ini review adsense memang banyak tertunda karena adanya wabah corona.

      Delete
  3. Perlu berapa lama untuk di terima saya udah daftar tiga bulan lalau tapi tidak juga dapat pemberitahuan dari google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai tiga bulan tidak ditanggapi itu namanya di PHP (pemberi harapan palsu) om :D

      Saya juga pernah sampai 4 bulan tidak ada tanggapan dari google, akhirnya saya batalkan akun dan membuat pengajuan baru.

      Ingat om, untuk pengajuan baru harus menggunakan akun email baru dan belum pernah terkait dengan akun yg telah dibatalkan sebelumnya (biasanya pernah terkait karena digunakan untuk email pemulihan). Karena kalau melakukan pengajuan menggunakan email itu, pasti akan ditolak (karena saya sudah pernah pengalaman).

      Oleh karena itu untuk email pemulihan sebaiknya menggunakan email baru dari akun yahoo saja.

      Delete
  4. Hallo bang izal mau tanya ni, blog saya sudah masuk review thap 1 trus masuk review thap 2 tapi udah 22 hari masih belum ada jawaban nya, kalo saya batalkan dg cara merubah tata letak nya boleh kah bang jd biar tetep menggunakan account email yg sama juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga om.

      Maaf saya agak kurang paham dengan : 'merubah tata letaknya'.

      Maksudnya merubah tata letak apanya nih om?

      Kalau om ingin menggunakan akun email yg sama, mesti harus menunggu konfirmasi dari google dulu diterima atau ditolaknya.

      Sebab bila belum ada konfirmasi (diterima/ditolak), dan akun emailnya om gunakan lagi untuk mendaftar adsense, maka pasti akan terjadi di-redirect lagi ke pendaftaran yg sebelumnya. Itulah sebabnya banyak blogger yg di PHP sampai lebih 4 bulan membatalkan akunnya. Supaya bisa mendaftar lagi dan tidak terjadi redirect atau dianggap membuat double akun adsense oleh google.

      Kalau masih berjalan 22 hari mah ditunggu aja atuh om, sabar,,,,, ehehehe :D

      Terkecuali kalau gak dijawab2 alias di PHP sampai lebih dari 3 bulan, barulah lakukan pembatalan akun, dan mendaftar lagi dengan email yg baru.

      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
  5. Bang,mo nanya nih. Misalkan kita udah ngajuin ke google adsense, trus kita ditolak. Tapi setelah itu kita perbaiki semuanya, apa masih bisa daftar lagi selanjutnya dg akun yg sama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti bisa banget donk gan,,, hehe :D

      Delete
  6. jadi gini saya mau nanya bang zal, kan udah bisa ke beranda adsense, tapi yang tulisannya my ads gak bisa dipencet atau masih abu-abu gitu, jadi gimana cara dapetin kode iklannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh itu penyebabnya karena akun adsensenya masih tahap review oleh tim Google adsense :-D

      Nanti setelah reviewnya memenuhi syarat dan akun adsensenya sudah di full approve oleh tim google, pasti tulisan "My ads" nya bisa di klik.

      Kalau ternyata reviewnya ditolak tetap sabar ya om, teruslah berusaha untuk memenuhi semua persyaratannya :)

      Delete
  7. Gan ane masih pemula. Ane mau nanya, ane daftar google ads sampai proses tahap satunya belum ada pemberitahuan gan, sedangkan di proses tahap satunya, google tidak memberikan script kode iklan, sdh 6 hari lebih. Apa yang harus saya lakukan, menunggu,, menunggu, menunggu... Dan selalu menunggu ... Tks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti agan sedang memasuki tahap review kedua, dan biasanya tahap ini memang memakan waktu lama gan. Sebagai perbandingannya : saya sendiri butuh waktu menunggu selama 9 bulan (3 kali pengajuan ditolak). Pada pengajuan yang ke 4 kali akhirnya diterima full approved oleh google.

      Saran saya sabar aja gan,,, lebih baik agan fokus memperbanyak artikel dan berusahalah jaring visitor organik. Bila pengunjung organik agan sudah ramai, yakinlah pasti akan diterima full approved oleh mbah google.

      Demikian, semoga sukses selalu ;-)

      Delete
  8. Jika di menu home katanya we're working on setting you up. Dan menu yang terbuka cuman payments, account, dan feedback. Ini udah tahap review ke berapa ya dan berapa lama waktunya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lagi masuk tahap review kedua mbak.

      Soal berapa lama waktunya, jawabannya relatif mbak,,, tergantung apakah blognya sudah memenuhi syarat atau tidak. Ada orang yang dalam jangka waktu sebulan sudah diterima, ada yang 3 bulan, dan ada pula yang sudah bertahun-tahun mengajukan, tapi tidak juga kunjung diterima oleh google.

      Oleh karena itu, mbak fokus saja untuk terus menulis konten berkualitas dan berusaha meningkatkan trafik organik.

      Apabila semua syarat telah terpenuhi, pasti akan di approve oleh google.

      Semangat ya!

      Delete
    2. Menu google adsense saya yang bisa diakses juga cuma beranda, pembayaran, akun dan masukan.
      Diberanda ada tulisan "kami sedang berusaha menyiapkan situs Anda"
      Sudah 2 minggu sejak pengajuan belum menerima balasan email
      Apa yang harus saya perbuat om 🙏

      Delete
    3. Oohh itu lagi tahap review om. Coba tunggu aja dulu sampe sebulan. Tapi kalau masih digantung dan gak ada jawaban juga, maka daftar lagi aja pake email baru.

      Delete
    4. bang saya udah cukup lama juga digantungin sama google adsense dan mau nny pendaftaran google adsense menggunakan email baru ini , apakah google analytic juga harus diganti dan juga google webmaster juga begitu harus diganti ?

      Delete
    5. Iya betul,,, google analytic dan webmaster juga dibuat lagi menggunakan email baru tersebut. Sebenarnya sih bisa aja menautkan email baru ini ke akun google analytic dan webmaster yang lama, tapi biar gak ribet mending bikin baru lagi aja.

      Delete
  9. Mantap bang..!! Saya curi ilmu abang hehe..saya baru punya blog sebulan ini dan langsung saya daftar kan.. review tahap pertama satu hari..da d review tahap kedua 2 minggu.. blog saya di Full Approve tanggal 10 bulan ini. Saya baru belajar ngeblog dan baru sekali daftar.. tapi langsung di Approve.. saya baru tayang iklan
    Terimakasih google adsense..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah selamat ya gan :-)

      Tapi ini baru langkah awal gan, karena perjuangan selanjutnya sedang menanti, yaitu perburuan untuk mendapatkan sekarung dollar hehehe.

      Terus fokus menulis artikel yg bermanfaat dulu, sehingga mampu mendatangkan visitor organik. Kalo blognya sudah rame, nanti dollarnya pasti akan datang sendiri.

      Semangat ya gan, semoga makin sukses! :-D

      Delete
  10. Terimakasih bang.. sukses juga buat abang

    ReplyDelete
  11. bang, saya baru di dunia blogging.
    Saya bingung. sebenarnya saya sudah review tahap berapa ya???

    kalau punya saya my ads dan lain2 sudah muncul semua dan sudah bisa dibuat kode iklannya. Hanya saja ketika saya coba pasang ke blog, (di sidebar dan di below ads (bawah judul) kok ga muncul2 ya iklannya.... sudah sampai berbulan-bulan lhoo.
    Dan karena terlalu lama, pernah sy copot kode iklannya dari blog, dan baru2 ini (4 hari lalu) saya coba pasang ulang kode iklannya di blog. Tapi belum juga muncul iklannya sampai sekarang.
    Pesan email dari adsense juga belum ada, jadi saya ga tahu apakah ditolak atau diterima..

    Sebenarnya apa yang salah dari blog saya? kok belum muncul iklannya ya? apa akun saya di banned? apa saya salah tempatkan kode iklan? atau apa???
    mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum menerima email full approve dari google berarti kemungkinan besar pengajuannya baru lolos review tahap 1 mas, namun belum full approve. Salah satu indikator kuat telah lolos review tahap 2 adalah ==> mendapatkan email dari google dengan caption "iklan telah siap ditayangkan di situs anda".

      Analisa saya seperti itu mas.

      Untuk lebih meyakinkan lagi apakah telah lolos review tahap 2, coba cek/klik dibagian/tombol "Situs ", selanjutnya lihat dibagian "ikhtisar". Nah lihat apakah blog mas sudah dinyatakan (tertulis) "Siap". Kalau benar tertulis "Siap", berarti akun adsense dan blognya sudah aktif (bisa dipasangi iklan). Tapi kalau tidak ada tulisan "Siap", berarti akun adsensenya belum full approve (masih tahap review).

      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Alhamdulillah blog saya sudah diapprove tgl 19 lalu gan. Ceritanya sy hanya iseng2 baca salah satu artikel di blogku. Tapi tiba2 muncul 2 iklan. setelah itu sy coba cek di email, ternyata sudah ada balasan approve dari GA. dan saya sudah cek juga di akun GA ku juga sudah "ready".
      Hanya akun ini pake pembayaran IDR ya bukan USD...
      tapi ga apa2.. terima kasih gan ilmunya....

      Delete
    3. Waah selamat ya mas, Alhamdulillah :-)

      Akun adsense tahun 2017 ke atas memang pakai nilai Rupiah (IDR) mas. Akun adsense saya sendiri juga pakai IDR.

      Delete
    4. oh begitu ya mas..
      kalau boleh saya minta bantuannya mas.
      apa pemasangan iklan saya sudah sesuai kebijakan GA? dan apakah sudah ideal posisi dan jenis iklan saya yg di blog untuk bisa melejitkan penghasilan saya?
      (Dengan asumsi pageview 2K-3K rata perhari)
      ^_^

      Delete
    5. Saya sarankan pasang jenis iklan otomatis aja mas (auto ads). Kalau iklan otomatis itu nanti google sendiri yang akan mengaturnya. Google akan mencari dan menentukan dimana kira2 penempatan dan posisi iklan yang strategis.

      Delete
  12. Trs gimana dong kl kode dikasih gak dipasang krn ketidak ketahuan kirain google cuma ngiklan diemail aku soalnya baru 3 bln nge blog ksh solusi dong boss 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal di pasang aja kode iklannya gan :-)

      Selanjutnya tinggal menunggu datangnya email dari google tentang diterima atau tidaknya pengajuan agan. :)

      Delete
  13. saya sedang dalam review adsense gan, dengan cara yang agan shere, semoga saja lolos....ini dalam tahap review ke 2....coba agan lihat blog saya, kira2 akan di approve atau tidak? semoga saja di approve, amin. thanks infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,,,

      Semoga pengajuan adsensenya diterima full approved oleh google ya mbak :)

      Delete
  14. Bang tulisan di beranda google adesnse saya tulisannya kog gin:
    Proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari 1 hari, namun terkadang dapat membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Kami akan memberi tahu Anda jika semuanya sudah siap. Lalu, Anda bisa mulai menghasilkan uang dengan menempatkan iklan."

    Itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh,,,, itu lagi dalam masa peninjauan mbak,,,, ditunggu aja, nanti pasti akan dibalas oleh google lewat email. Dan nanti di dalam isi email itu akan tercantum keterangan soal diterima atau ditolaknya.

      Delete
    2. Aq juga kayak gitu kak....tulisan di beranda google adesnse saya tulisannya kog gin:
      Proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari 1 hari, namun terkadang dapat membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Kami akan memberi tahu Anda jika semuanya sudah siap. Lalu, Anda bisa mulai menghasilkan uang dengan menempatkan iklan." Sudah sebulan blm ada jawaban jelas.bagian mana yg masih salah juga aq kurang ngerti dimana.udah smua d perbaiki tapi tetap seperti itu pesan google adsense nya.

      Delete
    3. Pada masa pandemi ini memang semua pengajuan adsense lagi terhambat proses reviewnya mbak. Google sendiri telah menegaskan bahwa tim mereka belum bisa melakukan review secara penuh, karena jumlah orang yang melakukan review sangat terbatas karena adanya wabah corona ini.

      Jadi memang selama masa krisis corona para publisher harus sangat bersabar mbak, karena jawaban dari google bakal lama dan dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Toh bukan hanya mbak aja yang mengalaminya, tapi juga semua publisher yang lain juga mengalami hal yang sama. Mau tidak mau, ya mesti sabar.

      Delete
  15. Bg maksud permohonan adsense anda masih dalam peninjauan anda akan melihat iklan kosong sampai akun anda disetujui atau ditolak maksudnya apa tu bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya blognya agan lagi di review oleh tim google. Nanti akan ada email dari google tentang diterima atau ditolaknya permohonan/pendaftaran adsense agan. Tunggu aja gan.

      Delete
  16. Berapa lama tu bg soalnya ni4 hari blum adabalasan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih dijawab selama 2 Minggu,,, paling lama sebulan.

      Delete
  17. Bng, gini bang. Saya ini daftar akun adsense di youtube (gmail A) . Sukses. Trus saya punya blog di (gmail B). Saya pernah tautkan blog dari (gmail B) ke Adsense Youtube (Gmail A). Nah masalahnya.di akun adsense semuanya bisa d klik kok, cuma di blog saya (gmail B) gak muncul iklan. Mungkin masalah blog hosted / non hosted ya.

    Nah setelah itu, saya buat nih pengajuan baru dari Blog (Gmail B) .Awalnya ditolak karna terdeteksi sudah punya akun.

    Akhirnya saya ganti alamat pembayaran, ganti nama, ganti no.hapenya supaya beda. Bahkan saya pake IP luar negeri (VPN) . Dan saya mengajukan permohonan lagi.

    Apa yang terjadi? Apa pake VPN (IP luar) sedangkan bahasa blognya bahasa indonesia itu di perbolehkan oleh Tim Google adsensenya?

    Saya baru 3 hari sih belum ada jawaban. Gak kayak sebelumnya ,sehari aja sudah dapet jawaban. Jawabannya mengenaskan. (AKUN ANDA TERDETEKSI SUDAH MEMILIKI AKUN). Kira2 kedepan ini gimana ya bang.

    Sedikit ragu karena pake VPN tapi blognya bahasa Indonesia wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ngaruh dan bukan karena make VPN gan. Penyebab utamanya karena agan sudah punya akun adsense youtube (hosted), kemudian bikin/daftar akun adsense baru lagi melalui email blognya agan. Di sinilah pangkal penyebabnya. Intinya agan telah mendaftar 2 akun adsense.

      Peraturan google adsense itu hanya mengizinkan satu orang memiliki satu akun adsense. Jadi kalau agan sudah mendaftar melalui akun adsense hosted youtube, maka agan harus mengupgrade akun adsense hosted youtube menjadi non hosted. Karena akun adsense non hosted itu bisa sekaligus untuk menautkan blog, youtube, admob, dll.

      Agar bisa merubah jadi non hosted dan menautkan blognya ke akun adsense youtube, syaratnya blog agan harus sudah domain sendiri (jika pake platform blogger maka harus di custom domain, sehingga sudah tidak ada embel2 "blogspot" lagi). Setelah itu daftarkanlah blog agan ke akun adsense youtube itu, dan tunggu jawaban (email) dari google (soal ditolak atau diterimanya pengajuan upgrade akun adsense youtube tersebut).

      Nah karena agan sudah terlanjur mendaftar 2 akun adsense, maka salah satunya harus dibatalkan. Terserah mau membatalkan akun adsense yang di youtube atau di blogger. Jika tidak agan batalkan salah satunya, maka selamanya akan tetap terdeteksi oleh google bahwa agan "sudah memiliki akun".

      Demikian. semoga dapat membantu.

      Delete
  18. Saya mau tanya saya kan sudah di tolak 3 kali oleh adsense, pertama krn navigasi blm terpasang kedua sya belum terdaftar di webmaster tools jd msih di tolak ke tiga jawabannya berbeda sy disarankan untuk pakai alamat email yg lain yg kebetulan saya dulu pernah daftar adsense pakai email yg berbeda namun krn saya belum beli domain jadi akun itu terbengkalai saja kode iklannya tdk saya pakai, dan di email balasan adsense wkt itu ada kalimat semoga iklan akan segera di.ditayangkan.

    Intinya
    setelah saya beli domain saya malah daftar lagi dengan email berbeda jadi akun saya ada 2 ibaratnya, dan saya di suruh menutup salah satu akun di sarankannya yg email sudah di tolak berkali kali, dan di sarankan pakai akun yg pertama saja namun saya ada kesulitan untuk menambah penulis untuk blog saya, saya berniat ganti emailnya pakai yg di sarankan adsense, karna sulit mengganti emailnya saya bingung lalu saya hapus saja email tersebut, dan saya lanjut daftar adsense pakai email yg sudah di tolak berkali kali namun kali ini saya sudah memperbaiki dan email saya yg terdaftar pertama sudah saya hapus, nah sekarang ceritanya saya sudah 3 hari belum ada kabar dari adsense masih peninjauan saja, kira kira bagaimana yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya langkah yang mbak lakukan bukan menghapus emailnya, tapi yang benar adalah membatalkan akun google adsense yang pernah mbak daftarkan dulu itu. Kalau cuma menghapus email, tetap saja di riwayat yang tersimpan di google tertera bahwa mbak sudah pernah mendaftar atau dianggap punya akun adsense dahulunya.

      Kalau kasusnya sudah begini, ya cuma 2 alternatif solusinya, yaitu:

      1. Menunggu apa keputusan dari peninjauan google tersebut.
      2. Kalau ternyata masih dianggap punya 2 akun juga, maka gak ada jalan lain. Satu2nya jalan yaitu mendaftar dengan menggunakan identitas milik keluarga atau orang yang bisa mbak percaya. Bisa pakai identitas kakak, ibu, bapak, dll. Dan juga harus mendaftar menggunakan perangkat dengan ip yang berbeda dari perangkat yang pernah digunakan dulu. Intinya seolah2 yang google tahu bahwa yang mendaftar ke adsense sudah bukan mbak lagi.

      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
  19. Maaf bang mau nanya, kalau untuk proses review adsense hosted (blogspot) gimana ya?
    Apakah sama lamanya kayak review kedua non-hosted? Soalnya ni saya udh daftarin adsense hosted, tapi udah seminggu lebih belum ada email balasan apakah ditolak/diterima. Saya lihat blog saya juga belum ada iklan kosong. Sebaiknya apa yang harus saya lakukan.

    Terimakasih atas responnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan masalah perbedaan lama responnya om, tapi perbedaannya adalah pada akun adsense non hosted reviewnya lebih detail lebih syaratnya lebih ketat. Oleh karena itulah akun adsense non hosted biasanya lebih sulit di approve.

      Pada umumnya jawaban akan diberikan oleh google setelah 2 Minggu kemudian lewat email. Nanti akan ketahuan pengajuan om diterima atau nggaknya. Jadi ditunggu aja om.

      Delete
    2. Apakah tidak mengapa jika di blog tidak tampil iklan kosongnya? Terus mau nanya satu lagi bang. Kalau pernah ada masalah pendaftaran adsense (entah double account, ditolak,dsb) pakai device A, apakah memungkinkan (tidak masalah) mau daftar adsense lagi dengan email/web yang berbeda di device yang sama?

      Delete
    3. Gak masalah om,,, nanti kalau sudah di approve juga terisi slot iklannya.

      Gak bisa om,,, harus dibatalkan dulu pendaftaran yang pertama. Terkecuali jika om pakai data pribadi yang berbeda (misal pakai nama saudara), kemudian menggunakan perangkat yang berbeda dan juga IP yang berbeda, barulah bisa. Jika masih pakai device sebelumnya, pasti akan kedetec oleh google bahwa om sudah pernah daftar adsense sebelumnya.

      Delete
  20. Halo om, saya numpang nyimak juga 😅 soalnya udah kedua kalinya ngajuin adsense dan sudah sebulan lebih nungguin tapi belum ada titik terang dari si mbah . Kira2 saya perlu bersabar atau langsung ganti email aja om? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah sebulan lebih mah lebih baik daftar dengan email baru aja om. :-)
      Jangan lupa dibatalkan dulu pendaftaran adsense sebelumnya ya,,, biar gak terdeteksi mendaftar pakai 2 akun sama Google.

      Delete
    2. Berarti ganti email di blog juga ya om? Kalau ganti ada pengaruhnya sama blog kita gak om?

      Delete
    3. Gak perlu ganti email blog,,, cukup ditambahkan aja email baru itu sebagai admin blognya.

      Delete
    4. Terima kasih ilmunya om, nanti saya coba 🙏

      Delete
  21. Om mau nanya lagi nih, di akun adsense saya yang tertulis tutup akun bukan batalkan akun. Atau maksudnya sama aja ya? Mohon pencerahannya kembali 😅🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa sama aja,,,, sepertinya google waktu ganti tampilan dasboard juga sekaligus ganti bahasanya,,,, soalnya dulu tertulis "batalkan akun",,, ya maksudnya sama aja.

      Delete
    2. Untuk pengajuan akun kedua ini apa perlu menggunakan perangkat lain juga om?

      Delete
    3. Gak perlu,,,, gunakan perangkat yang biasa digunakan aja.

      Delete
    4. om saya baru mau ngajuin email kedua saya buat google adsense, kode HTML yang diberikan untuk buat akun GA ini apa harus diparse dulu atau langsung paste saja ke blog?

      Delete
    5. Langsung paste aja gak apa-apa kok,,,

      Delete
    6. Setelah saya paste tapi tema HTML saya gak mau tersimpan, itu kenapa ya?

      Delete
    7. Oohh,,, kalau begitu coba di parse dulu,,,,

      Mungkin karena beda template barangkali,,,, soalnya kalau di blog saya bisa langsung pasang kode iklan adsense tanpa harus di parse dulu.

      Delete
    8. Setelah diparse juga belum mau ternyata, tapi ada notifikasi "mengedit tema sehingga dapat mencampur http dan https bisa mempengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna blog anda jika dilihat melalui https", ini kira2 kenapa ya? Apa saya harus merubah tema saya?

      Delete
    9. Blognya belum https ya?

      Biasanya peringatan seperti itu muncul karena ada 'https' didalam kode iklan adsense tersebut, sedangkan blognya masih http, sehingga jadi keluar peringatan seperti itu (jadi gak bisa di save).

      Delete
    10. ternyata tadi pengaruh jaringan om, sekarang kodenya sudah terpasang. Terima kasih arahannya :)

      Delete
    11. Hai Om saya mau nanya lagi. Alhamdulillah saya sudah dapat notif dari Google adsense tapi di beranda saya ada notifikasi "Penghasilan Anda berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda" terus ada pilihan perbaiki sekarang dan pelajari lebih lanjut. Untuk pilihan perbaiki sekarang itu maksudnya apa ya om? Mohon pencerahannya.

      Delete
    12. Itu mah solusinya mudah om,,, artikel tutorialnya banyak kok di google. Tinggal di ikuti aja panduan cara memasang file ads txt di dalam artikel tersebut. 😊

      Delete
    13. Oh iya om, kan saya buat akun adsense pake gmail lain nih ceritanya. Terus gmail yg dulu sudah saya tutup. Tapi di menu Penghasilan blog saya malah muncul id penayang akun adsense yg sudah saya tutup. Notifikasinya begini "Anda bukan pemilik akun AdSense yang terkait". Trus ada pilihan "Menghapus adsense dari blog ini". Saya mau pilih menu ini tapi nanti takutnya yg kehapus itu akun adsense baru saya. Mohon pencerahannya lagi om 😊

      Delete
    14. Akun adsense di email lama sudah yakin ditutup kan? Kalau sudah, maka harus tukar akun adsensenya melalui dasboar "penghasilan" blogger. Caranya; email baru yang sudah berhasil diterima adsense itu harus om cantumkan sebagai admin di blognya. Setelah itu buka blognya melalui email baru tersebut. Selanjutnya lihat bagian "Penghasilan" di dasboard bloggernya. Nah kan ada tulisan "Tukar akun adsense" tuh,,,, klik terus bagian itu sampai akaun adsense berhasil tertukar dengan akun adsense dari email baru tersebut.

      Oh iya, antar muka dasboar blognya dirubah dulu ke tampilan lama ya. Soalnya pada tampilan antar muka baru posisi fiturnya sudah banyak berubah, nanti om malah bingtung nyari tombol "tukar akun adsense" nya

      Delete
    15. Ok om sudah berhasil ditukar. Terima kasih sudah membantu

      Delete
    16. Sama-sama,,,, semoga blognya sukses ya. 😊

      Delete
  22. Bang Izal kalo misalnya diberanda akun adsense timbul tulisan "kami sedang berusaha menyiapkan situs anda". Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Kami akan memberi tahu Anda jika semuanya sudah siap.

    Ini masih tahap awal kah bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali om,,, itu lagi tahap review dari tim google. Tunggu aja jawabannya om,,, soal apakah pengajuan om diterima atau ditolak, nanti akan dikabari melalui email (oleh google adsense).

      Delete
  23. Kalau tahun 2010-2016 artikel minimal 10 atau 15 masih bisa. Tapi kalau untuk tahun sekarang (2020), jangan kan 15 artikel, 50 artikel saja belum tentu. Karena sekarang yang diutamakan adalah banyaknya pengunjung dan kualitas konten. Apalagi sekarang rules GA, semakin ketat, semakin banyaknya aturan-aturan terbaru. Sehingga wajar jika blogger banyak yang ditolak. Karena sebagian besar, banyak konten plagiarsm.

    Untuk mendaftarkan GA jika menggunakan WP dan Blogspot, bisa dibilang sangat mudah. Apalagi untuk Blogspot, sudah tersedia didalamnya. Yang paling sulit, menggunakan Platform CMS buatan sendiri. Karena banyaknya tingkat kesulitan dibagian CMS untuk Developer. harus mengubah Template, Navigasi, dll.Sehingga membutuhkan waktu dalam pengerjaan tersebut.

    Contoh: Platform yang saya gunakan adalah CMS, Yaitu: Medialova.com yang saat ini menggunakan Hosting NH. Dan tingkat kesulitannya pun berbeda-beda... bisa dibilang 70% tingkat kesulitannya. Tidak seperti menggunakan Blogspot/Wp yang sudah tersedia mulai dari Template dan plugin-plugin lainnya untuk GA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya yang sangat lengkap sekali. 😊

      Delete
  24. Mohon bantuannya bang, di menu penghasilan pda blogger saya tertulis gini "Akun AdSense Anda sedang dalam antrian persetujuan.", ini sudah berbulan-bulan bang, gimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kondisi seperti ini sangat dilematis om. Kalau pengalaman saya 3 tahun lalu saat di PHP oleh google seperti itu, maka tindakan saya adalah batalkan akun adsense kemudian buat email baru untuk mendaftar baru. Tapi cara itu juga sepertinya gak efektif saat ini om. Karena google telah menegaskan bahwa mereka saat ini memang tidak bisa fokus untuk mereview pendaftaran google adsense. Penyebabnya sudah jelas mereka nyatakan bahwa karena pandemi Corona ini.

      Jadi memang bakal lama di approve nya om,,, setidaknya sampai pandemi Corona ini berakhir. Jadi mau gak memang harus bersabar om. Lebih baik saat ini fokus menulis artikel aja dulu. 😊👍

      Delete
  25. Bang mau tanya nih, blog saya udah terima email dari google, katanya disuruh copas linknya dan aktifkan, tapi pas saya masuk ke Dashboard adsense kok masih Tulisannya "Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Kami akan memberi tahu Anda jika semuanya sudah siap. Lalu mulai hasilkan uang dengan memasang iklan". Itu gimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya disuruh tunggu jawaban dari google. Jadi sekarang blognya lagi direview oleh tim google. Nanti akan dapat kiriman email lagi dari google, yang berisi pemberitahuan diterima atau ditolaknya pengajuan mbak.

      Delete
  26. Bang izal.... apakah untuk menambahkan situs baru sekarang perlu review juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul om,,, peraturannya sekarang seperti itu.

      Delete
  27. Bang, mau Tanya, saya sudah Lolos tahap 1, krn sudah bisa buka dashboard adsensenya. Ini Hari ke 14 dan masih nunggu. Tapi kenapa pas saya klik menu earnings di blogger, ada 2 keterangan mengenai AdSense saya ya, yg satu tulisannya "AdSense doesn't know about your blog
    There is an issue with your blog's details in AdSense. Please go to AdSense and make sure your blog's domain name (v-dailyjournal.blogspot.com) is listed as a site" ini mksdnya gimana? Tapi diatasnya juga ada keterangan "Getting your blog ready to show ads
    AdSense is reviewing your site. For some publishers the activation process can be as quick as a day, and for others it can take several weeks" Dan dia dua keterangan itu ada tombol go to AdSense, klo diklik sama aja lngsg ke dashboard AdSense yg blm bs diklik semua krn blm full approve Dan didashboard keterangannya msh nunggu direview. Tapi kenapa ada keterangan AdSense doesn't know about your blog ya? Disuru make sure linknya listed as a site. Mohon pencerahannya bang, trimakasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kemungkinan penyebabnya karena ada masalah pada situs atau konten situsnya. Silahkan pelajari selengkapnya di sini: Pelajari cara mengatasi masalah pada konten situs Anda

      Delete
    2. Namun jika agan yakin tidak ada masalah pada konten situsnya, maka ada 2 kemungkinan penyebab lainnya. Apakah agan mencoba mendaftar melalui Adsense. com langsung? Maka jangan lakukan itu. Url blogspot harus mendaftar dari tab Penghasilan Blogger.

      Penyembab lainnya bisa jadi karena faktor indeks postingan. Dengan sedikit posting yang diindeks, situs tersebut dianggap tidak aktif / sangat sedikit menerima klik dari Mesin Pencari. Sehingga adsense menganggap tidak mengenali situs agan.

      Delete
  28. Oya bang, saya juga sudah daftarin url blognya di Google webmaster/search console, jd blog saya udah terindeks Google, 83 url blognya udh discover terindeks google ko. Trs kenapa ya kira2 bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipelajari dengan detail isi link yang telah saya berikan diatas. Telusuri kira2 apa saja hal2 yang tidak sesuai dengan kebijakan adsense pada situs agan, kemudian berusahalah untuk diperbaikinya.

      Delete
  29. Itu artinya baru lolos review tahap pertama om,,,

    Review tahap pertama itu secara otomatis dilakukan oleh bot google adsense, sedangkan review tahap kedua akan dilakukan secara manual oleh tim google.

    Nah yang bikin review tahap kedua berjalan lama karena saat pandemi ini tim yang bisa mereview jumlahnya sangat terbatas om. Jadi bagi yang sedang mengajukan google adsense memang harus bersabar banget (untuk saat sekarang ini).

    ReplyDelete
  30. saya juga sama lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  31. dapet darimana kodenya gan? masih bingung

    ReplyDelete
  32. Saya tidak mendapatkan kode iklan saat mendaftar. jadi di html blog tidak ada kode adsensenya.. nah, untuk kasus seperti ini gmana yah dapat kodenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok nyari kode adsense di html blog gan? Kode adsense itu biasanya muncul di dasboard akun google saat kita mendaftar ke google adsense,,, nah nanti kode itu di paste ke bagian bawah < head > di bagian edit html blognya

      Delete
  33. Kalau saya galaunya bukan karna nunggu diapprove tapi karna udah bertahun tahun main blog dan karna bosan akhirnya ganti-ganti atau tambah blog baru dgn nice yang berbeda tapi tetep gak diterima. Tapi dulu pwrnah ada iklan tampil diblog pertama saat saya ganti blogspot dengan TLD gratisan juga tapi karna saya gak ngerti akhirnya apalah yang saya perbuat ehh hilamg semua . Hehe .. Tapi ini bingung sendiri selalu gagal di approve dengan alasan pertama low value conten yang kedua pelanggaran.. Setelah itu mulai mikir nyerah aj .. Hehehee ketemu blog ini ternyata bnyak juga yang galau karna adsense

    ReplyDelete