PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong) Skip to main content

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

Assalamualaikum.

Hai teman-teman semua. 😊

Akhirnya tibalah kita dibagian terakhir dari seri artikel pusat grosir mainan anak.

Pada seri artikel sebelumnya telah saya tulis secara lengkap tentang salah satu pusat grosir mainan anak dikawasan Jakarta pusat, yaitu : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen)

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)
Peta Pasar Gembrong (Foto by : Google Map)

Dan di seri kali ini saya akan mengulas tentang pusat grosir mainan anak di sudut kawasan Jakarta lainnya. Tepatnya pasar gembrong.

Pasar ini berada di kawasan bagian timur Jakarta, yaitu area sepanjang pinggir jalan Jenderal Basuki Rahmat.

Pasar Gembrong ini juga sering disebut dengan pasar prumpung.


Pasar mainan Gembrong ini adalah pasar yang muncul paling belakangan jika dibandingkan dengan pasar Asemka dan pasar Senen.

Pada awalnya dulu (menurut cerita orang-orang tua disana), yaitu tahun 60-an pasar Gembrong ini sebenarnya adalah pasar tradisional sayur mayur.

Sekitar pertengahan tahun 70-an mulai muncul beberapa toko mainan yang menjual mainan tradisional buatan lokal (seperti mobilan bahan dari kayu dan seng).

Kemudian sekitar pertengahan tahun 80-an terjadi perlebar jalan yang menyebabkan penggusuran para pedagang sayur mayur termasuk beberapa toko mainan tradisional tadi.

Setelah perlebaran jalan selesai, beberapa toko mainan tadi itu kemudian membangun toko di pinggir jalan yang baru dan tetap melanjutkan usaha bisnis mainannya.

Pada pertengahan hingga akhir tahun 90-an mulai masuk mainan produk impor dari China. Puncaknya ketika tahun 1999 hingga memasuki awal tahun 2000-an mulai semakin banyak pedagang sayur yang beralih profesi menjadi pedagang mainan.

Dari waktu ke waktu akhirnya pasar ini makin populer dan terus berkembang sebagai pusat mainan konvensional (bahan dari plastik dan kayu) sampai sekarang.

Pedagang sayur mayur sebenarnya masih tetap ada di pasar ini, hanya saja posisinya telah bergeser jauh ke bagian dalam pasar. Bagian luar/pinggir jalan yang strategis, sekarang telah berganti menjadi pedagang mainan semua.

Berbeda dengan toko grosir pasar pagi Asemka dan pasar Senen yang mayoritas menjual produk mainan berukuran/skala besar, maka toko grosir mainan di pasar Gembrong ini secara mayoritas menjual produk mainan yang berukuran kecil.

Atau dengan kata lain, sebagian besar grosir produk mainan yang dijual berada di kisaran (range) harga modal Rp. 1.000, 5.000, 10.000 hingga maksimal modal 50.000-an Rupiah. 

Bagi teman-teman yang punya modal kisaran 5-10 jutaan, itu sudah bisa untuk modal awal merintis usaha mainan dengan berbelanja ke pasar Gembrong ini.

Modal range 5 juta hingga 10 jutaan itu sudah bisa menghasilkan jumlah produk yang cukup banyak untuk mainan berskala kecil tersebut. (Beberapa jenis mainannya nanti akan saya sebutkan dibawah).

Produk mainan seperti ini biasanya banyak dijual oleh kios mainan atau si abang-abang gerobak yang sering mangkal disekolahan SD. Juga para pedagang yang sering jualan ngemper di pasar malam, banyak diantara mereka yang berbelanjanya ke pasar Gembrong ini.

Jadi bagi teman-teman yang mau memulai usaha, atau baru merintis usaha mainan kecil-kecilan (dengan modal minim), maka di sinilah tempat/lokasi grosirannya.

Dulu sekitar awal tahun 2000-an hingga pertengahan tahun 2007, pasar Gembrong ini adalah tempat kami sekeluarga berbelanja grosiran mainan.

Yup!
Kami sekeluarga yaitu : ibu, saya sendiri dan semua adik-adik saya dahulunya adalah mantan pedagang kaki lima/emperan yang biasa 'mangkal' di yayasan sekolah SD Islam PB. Jenderal Soedirman Cijantung. 😊

Dulu ke pasar Gembrong inilah tempat kami sekeluarga berbelanja grosiran. Hingga pada pertengahan tahun 2007 ibu saya mulai merintis membuka toko mainan. Kemudian saya juga menyusul membuka toko mainan ditahun 2010. Dan semua (5 orang) adik saya juga menyusul membuka toko mainan di tahun-tahun berikutnya.

Sejak saat itu kami sekeluarga sudah agak jarang berbelanja ke pasar ini. Saat ini kami hanya sekali-sekali saja belanja kesana untuk mencari jenis mainan-mainan kecil yang tidak ada dijual dipasar Senen dan Asemka.

Produk mainan yang dijual di pasar ini contohnya seperti :

- congklak plastik/kayu.
- yoyo plastik/kayu
- kartu Uno.
- kembang api.
- bola bekel.
- kelereng.
- mainan gambaran.
- stiker mainan/gambar tempel.
- poster kertas yang bergambar, abjad atau huruf, dan berbagai mainan kecil lainnya.

Selain itu di pasar ini juga menjual berbagai mainan aksesoris untuk anak-anak TK dan SD. Seperti jepitan rambut, pin, dompet, cincin, gelang hingga kalung berbahan dari plastik, ada juga yang bahannya dari stainless.

Sebenarnya di pasar ini juga menjual mainan-mainan dengan skala dan ukuran besar seperti drone, mobil remote, helikopter remote, mobil aki dinaiki, dan lain-lain.

Tapi sebagian besar toko disana tidak menjual produk tersebut secara grosir, kebanyakan pedagang disana menjualnya secara eceran.

Ada sih beberapa toko besar yang menjual produk tersebut secara grosir, tapi jika teman-teman berbelanja produk tersebut dalam jumlah partai besar, lebih baik langsung berbelanja ke Asemka saja. Karena untuk produk-produk besar tersebut, harga grosir Asemka lebih murah daripada dipasar Gembrong.

Nah disisi lain, pasar Gembrong ini untuk mainan skala besar seperti diatas, harga ecerannya justru relatif jauh lebih murah dibandingkan pasar tradisional yang lain. Apalagi kalau dibandingkan dengan pasaran harga di mall, wah jauh lebih murah dipasar Gembrong ini deh pokoknya. 😁

Jadi pasar Gembrong ini 'kalah' (baca : agak mahal dibanding pasar Asemka) untuk harga grosiran pada mainan berskala besar, tapi pasar gembrong menang (murah) ketika penjualan secara eceran.


Kalau ada diantara teman-teman yang ingin membeli mainan besar seperti mobil aki, Rc mobil dan helikopter remote (eceran) dengan harga relatif murah, maka ke pasar Gembrong inilah tempat berbelanja yang paling tepat.

Dipasar Gembrong ini juga ada pedagang mainan khusus Rc (remote control) yang dia juga punya seorang spesialis/ahli memperbaiki semua jenis mainan.

Nama Toko/tukang servisnya 'Tagor service'. Selain ahli, Tagor servis ini juga menyediakan berbagai macam spare part mainan, khususnya spare part mainan remote control.

Mayoritas para pedagang mainan di pasar Gembrong itu jika memperbaiki/servis produknya yang rusak pasti memakai jasa si Tagor servis ini.

Nah, bagi teman-teman yang selama ini kebingungan dalam mencari tukang servis untuk memperbaiki mainan kesayangannya anda, di Tagor servis inilah salah satu alternatifnya.

Untuk mengetahui lokasi toko Tagor servis ini, teman-teman tinggal tanya saja kepada semua pedagang disana. Pasti semuanya tahu lokasi toko/servisan si tagor servis ini.

Pasar Gembrong ini mulai dibuka pukul 08.00 pagi dan tutup pukul 18.00 sore. Sebagian toko grosir yang berada diluar/lokasinya pas pinggir jalan ada yang baru menutup tokonya pada pukul 20.00 malam.

Untuk ke pasar Gembrong ini sangatlah mudah, karena lokasinya yang sangat strategis/mudah ditemukan. Posisi pasar dekat dengan stasiun Jatinegara. Jadi teman-teman bisa ke pasar ini dengan naik kereta, angkot atau armada angkutan online seperti g*jek.

Jika ada teman-teman yang ingin berbelanja kesini lebih baik pilih dengan naik angkutan umum/angkutan online. Karena kalau memakai kendaraan pribadi, agak susah untuk mencari tempat parkirnya.

Demikianlah, akhirnya selesai juga seri artikel tentang Pusat grosir mainan anak di Jakarta ini.

Mudah-mudahan semua informasi yang saya 'bocorkan' ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Terutama bagi teman-teman yang ingin mengadu peruntungan berbisnis mainan.

Semoga semua informasi ini dapat menjadi amal jariyah bagi saya, Aammiin.

Jika teman-teman merasa informasi ini bermanfaat, silahkan di share ulang agar dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lainnya. 😊

Nantikanlah tulisan yang berisi informasi bermanfaat lainnya. Insya Allah saya akan berusaha untuk selalu konsisten memberikan artikel yang terbaik untuk teman-teman semuanya. 😊

Akhirnya saya doakan semoga sukses selalu untuk teman-teman semua.

Salam.

Penulis by : Bang Izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Assalamualaikum.... Bang Izal ...?

    artikel seri ke-3 ini sudah saya tunggu2 dari kmaren siang dan malam... eee muncul juga akhirnya. :)

    Kalau boleh tanya....

    untuk poster kertas yang bergambar, abjad atau huruf, disana berapa grosir-anya...?

    Kalau Abang jual harga berapa untuk ecerannya...di toko ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo harga modanya tergantung berapa banyak belinya om,,, kalau cuma beli 1 lusin kena modal 1000 rupiah/satunya. Tapi kalau beli banyak (per karton) bisa kena lebih murah harga modalnya.

      Biasanya sih saya jual 2.000/lembar 😁

      Kalau mainan2 kecil gitu untungnya memang lumayan om.

      Delete
    2. mmm...begitu yach.mksih infonya bang.

      ohy sedikit melenceng dari tulisan diatas..... saya lihat di blog ini dalam pengajuan ke Google Adsense yach bang ...?

      belum ada email dari GA yach bang ?

      Delete
    3. Ya betul om, lagi baru di ajukan. Mudah"an diterima secepatnya oleh google, Aammin.

      Delete
  2. Kalo nyari grosiran hotwheels dimana ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko Hans toys, daerah pasar pagi Asemka Jakarta kota.

      Delete
  3. Ada toko yoyo ga di gembrong? Soalnya yoyo saya br beli gabisa narik keatas. Bingung saya bang

    ReplyDelete
  4. Bang mau nanya,,klo yg jual mainan yg model skrng tuh kan ada ya ,mainan pasir truss ada cetak" kan bisa berbentuk apa aja,,itu kira" di mna ya beli nya bang izal,mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya playsand atau pasir ajaib.

      Toko yg jual cuma satu, yaitu toko Gaby Toys. Lokasi tokonya di Asemka Jakarta kota.

      Cuma masalahnya mainan play sand itu kalau sekalinya ada langsung diserbu pedagang. Kemaren aja pas saya belanja ke kota cuma bisa dapet barang selusin.

      Memang barang itu sudah didapat bos.

      Delete
  5. Bang mo nyya dong klo beli mainan pasir"an yg bisa di bentuk" /di cetak dimana ya mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah saya jawab diatas bos.

      Delete
    2. Berapa harga playsand itu om

      Delete
    3. Harga mainan playsand bermacam-macam mbak,,, tergantung model dan beratnya.

      Delete
  6. bang..mohon bantuannya yh bang..gini bang,sya mau jualan mainan didaerah sukabumi,ruko sendiri n posisi dipinggir jalan raya ( menengah kebawah ) modal sya minim cm 5 jt,bagusnya jualan mainan yg kya gmn n klau beli mainannya dimana ? maklum bang modal minim biar ga byk ongkos keluar hehe..mohon infonya bang..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sebelumnya Mohon maaf mbak,,,,, tapi Klo modal 5 juta untuk jualan diruko itu bukan minim lagi, tapi sangat kurang.

      Bisa sih kalau dipaksakan, tapi paling cuma terisi barang disalah satu sudut rukonya, sedangkan dibagian lain kosong semua. 😁
      Kalau untuk jualan diruko, modal paling minim sekali sekitar 30 jutaan mbak, itupun masih banyak jenis mainan yg kurang.

      Jadi Klo memang, mbak cuma punya modal 5 juta, satu-satunya jalan untuk tetap bisa Berdagang yaitu dengan cara merintis dulu dilapak kaki lima. Nah nanti setelah setahun atau 2 tahun dagang, usahakan modalnya terus berkembang. Nanti setelah siap, barulah mbak jualan diruko. Toh rukonya punya sendiri kan?
      Tugas mbak di awal2 ini adalah untuk mengembangkan modal yg 5 juta itu agar menjadi banyak, yaitu dengan berdagang dikaki lima dulu.

      Demikian mbak, mudah2an bermanfaat.

      Delete
    2. Oh iya, salah satu 'enaknya' merintis usaha di kaki lima itu adalah kita bisa berpindah-pindah sampai menemukan lapak yg paling cocok dan ramai pembeli.
      Nah, kaki lima yg saya rekomendasikan salah satunya ikut group bazar pasar malam.
      Biasanya group bazar pasar malam itu selalu mencari lokasi2 strategis dan padat penduduk, sehingga cukup bagus bagi orang-orang yg ingin merintis usaha.

      Delete
    3. Bang kalo belanja di pasar gembrong yg paling lgkap nmurah di toko apa sblah mana?

      Delete
    4. Udah saya jawab om, coba lihat komentar paling bawah. 😉

      Delete
  7. Malam bang saya mau tanya, kira-kira kalau di daerah jakarta Selatan tau ga tempat2 penjualan mainan tradisional? Dan utk yg di pasar gembrong kira-kira yg jual mainan tradisional masih ada ga ya? Atau sudah maian plastik yg impor2 saja? Terimakasih sebelumnya bang, mohon informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga mbak 😊

      Kalo wilayah Jakarta Selatan mohon maaf saya belum tahu mbak.

      Nah kalo dipasar Gembrong memang masih ada yg menjual mainan2 tradisional seperti truk dari bahan kayu, yoyo dari kayu, gangsing kayu, congklak kayu dan mainan edukasi bahan dari kayu.

      Hanya saja memang jumlahnya semakin sedikit, karena semakin terjepit, tergerus dan nyaris punah karena kalah saing oleh serbuan/invasi produk mainan impor dari China.

      Delete
    2. Oh gituuu bang, klo pengrajin2 maian tradisional gitu tau ga bang kebanyakan berlokasi dmn? Soalnya tadi tiba-tiba di jalan saya liat ada yg jual mainan tradisional kayu seperti kincir angin cuma dia jual nya berkeliling gt bang dan hanya jual satu macem main an aja, kira-kira tau ga bang utk barang2 gt mereka kira-kira ambil diamana?, soalnya saya butuh informasi untuk tugas kuliah, terimakasih bang

      Delete
    3. Waduuuuuh,,,, ternyata buat tugas kuliah toh,,,,kirain buat dagang 😂😂😂

      Pantesan kok nyarinya barang mainan yg super langka hehehe 😁

      Kalo mainan tradisional kayak kincir angin, terus rumah2an yg dari bahan karpet sintetis itu mah dia jualan dari hasil bikin kerajinan sendiri mbak. Nemu mainan kayak gitu juga untung2an.

      Tapi biasanya ada dijual oleh Abang2 mainan dipasar kaget tiap hari Minggu tempat orang biasa lari pagi. Coba aja cari ke taman mini, atau tempat2 lain yg ada car free daynya.

      Saya juga pernah lihat orang jual mainan tradisional gitu dulu tiap hari minggu di taman komplek Kopasus Cijantung.

      Delete
  8. Bang izal. Lanjutin obrolan kita di Whatsapp. Kalo di pasar gembrong yg jual mainan modal minimum kaya gini di toko apa yg menurut abang lengkap n murah. Lokasinya yg sebelah mana Jl Basura kalo kita dari arah Tebet. Terus deretan ke berapa? Thanks bang. Saya tunggu ya bang. Ini saya tulis saat mau brgkat ke gembrong. Semoga sampe gembrong nanti udah ada jawaban. Hehehe. Maaf maksa dikit bang. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar mudah, naik armada online aja om. Seperti Go-Jek atau grabbike, mereka itu sudah pasti tahu lokasinya.

      Kalo soal toko yg murah biasanya punya ciri2 khusus, yaitu tokonya besar dan lengkap. Jadi om cari aja di sana toko yg paling besar dan komplit.

      Kalo soal nama tokonya saya sudah lupa om, karena saya sudah lama tidak belanja kesana. Terakhir belanja kesana waktu tahun 2011.

      (Sejak buka toko cabang, saya selalu belanja stok dalam partai besar ke Asemka).

      Lagipula pasti sudah banyak toko dipasar Gembrong itu yg pindah atau berubah lokasi sejak kebijakan Pemda untuk melakukan relokasi besar2an ke pasar Cipinang besar dulu. (Walau akhirnya mereka kembali lagi ke pasar Gembrong).

      Kenapa saya sekarang belanjanya selalu ke Asemka?

      Karena kalau belanja dalam partai besar (minimal 50 jutaan) di asemka itu harganya jadi jauh lebih murah. Nah kalo dipasar Gembrong kan sayang klo belanja sebanyak itu, karena disana hanya pusat grosir 'kedua', biasanya hanya untuk belanja stok partai kecil dan menengah. Jadi walau kita belanja dalam partai besar, harganya sama saja (tidak ada harga khusus).

      Delete
    2. Ok. Terima kasih bang izal. Semoga berkah. Saya krmaren juga di asemka. Cuma ini nyari barang2 yg modal 1000-5rb biar bisa dijual di sekolah2 SD.

      Delete
    3. Aamiin.

      Nah kalo mainan 1.000 - 5.000an memang pusat grosirnya di pasar Gembrong om.

      Oh iya, btw toko mainan om yg di Pejaten timur pasar Minggu itu benar2 baru dibuka om? Gimana sewa toko disana? Mahal gak?

      Ibu dan adik2 saya juga punya toko mainan di daerah Condet, di situ sewa tokonya mahal2.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner