PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen) Skip to main content

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen)

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 2 ( Pasar Senen)
Foto by : Pixabay. com

Assalamualaikum.
Hallo teman-teman. ☺

Kembali saya berkesempatan lagi untuk menulis topik lanjutan dari seri artikel bisnis, khususnya bisnis mainan. Pada seri artikel yang lalu telah saya ulas lengkap tentang salah satu tempat kulakan mainan terbesar di daerah Jakarta barat, yaitu : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Nah, kali ini saya kembali memiliki kesempatan yang baik untuk menulis seri lanjutannya. Pada artikel seri kedua ini saya akan mengulas tentang salah satu pusat grosir mainan lainnya, yaitu Pasar Senen. Tentang dimana tempat pasarnya saya rasa tidak perlulah saya jelaskan lebih lanjut, karena semua orang pasti sudah tahu dimana lokasinya.

Lagipula sekarang sistem transportasi sudah lebih mudah dengan adanya armada angkutan online. Kita tinggal pilih kemana tujuan pengantaran lewat aplikasi ub*r taxi atau Gr*b car, maka sang driver pun siap mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan segera. Betul? ☺

Sebenarnya grosir mainan dipasar senen ini tidaklah sebesar pasar pagi asemka. Berbeda dengan pasar pagi asemka yang pedagang grosir mainannya merata hampir ke seluruh bagian kawasan pasar itu, maka grosir mainan di pasar senen hanya ada di salah satu bagian/blok dari pasar itu.

Pasar senen ini 'kan sebenarnya pasar inpres, didalamnya terdiri dari bermacam-macam pedagang. Mulai dari pedagang tekstil, pedagang buku, pusat grosir pakaian impor bekas, pusat grosir jam tangan, dan lain-lain. Semua dari pedagang yang saya sebutkan diatas, mereka menempati lokasi/blok masing-masing di pasar tersebut.

Jadi pedagang jam berada di lokasi blok 1 misalnya, maka dilokasi itu penuh dengan pedagang jam semua. Pedagang buku berada di blok 2 misalnya, maka dilokasi itu penuh dengan orang berjualan buku semua.

Nah, begitu pula dengan para pedagang grosir mainan juga menempati blok tersendiri di pasar itu, yaitu blok IV, lantai 1 dan lantai 2.

"Bagaimana cara mencari lokasinya sesuai dengan blok masing-masing bang izal?"

Nah ini pertanyaan bagus.

Karena pasar senen itu cukup luas, terdiri dari beberapa blok dan gedungnya bertingkat 4. Pasti akan membingungkan bagi teman-teman yang baru datang berbelanja mainan kesana.

Cara menemukannya : jangan malu bertanya, karena malu bertanya akan membuat kita sesat dijalan, eh maksudnya jadi tidak bisa menemukan lokasinya hehehe ☺☺☺.

Sedikit intermezzo (bercanda) bolehlah ya teman-teman. ☺

Tapi apa yang saya katakan diatas memang benar adanya, kalau kita ingin menemukan lokasi di pasar senen itu memang harus dengan cara bertanya kepada orang atau para pedagang disitu. Pedagang di sana cukup kooperatif kok, asal kita bertanya dengan cara sopan.

Bisa juga dengan cara lain yang lebih mudah, yaitu diantar pakai ojeg sampai tujuan. Tapi satu yang pasti, kalau kita baru menginjakan kaki disana, janganlah segan-segan untuk bertanya.

"Trus apa kelebihan grosir mainan dipasar senen ini bang izal? Kalau pedagang grosirnya gak sebanyak dan selengkap di asemka, lantas apa alasan yang membuat kita harus berbelanja kesana?"


Nah ini satu lagi pertanyaan yang sangat bagus!

Memang benar pusat grosir mainan di senen itu tidaklah selengkap dan sebanyak pasar pagi asemka.
Tapiii,,,, ada tapinya lho teman-teman. ☺
Di pasar senen itu banyak jenis dan tipe mainan yang tidak ada di pasar pagi asemka, nah ini dia alasannya! ☺

Jadi berbelanja ke pasar senen itu fungsinya untuk pelengkap tipe dan jenis mainan ditoko kita. Misal bagi toko mainan yang juga menjual buku-buku mewarnai anak-anak TK, maka di pasar senen inilah tempat pusat grosirannya.

Masih ingatkah teman-teman pada buku mewarnai yang dulu pernah di obral pedagang asongan di kereta ekonomi jurusan Bogor-Jakarta Kota? Nah itulah dia bukunya. Grosir buku mewarnai anak TK ini lokasinya persis didekat terminal senen.

Produk lain yang tidak ada di asemka tapi dijual dipasar senen ini adalah mainan unit air s*ft g*n dan berbagai aksesoriesnya (mohon maaf, penulisan harus saya sensor karena google adsense melarang penulisan segala hal berbau senj*ta, walaupun hanya sekedar mainan).

Nah toko yang menjual berbagai unit dan aksesories mainan hobi menembak di pasar senen itu diantaranya adalah : Toko Hobi 'Sarang Mainan'. Lokasi toko mainan hobi ini berada di Lantai dasar B3-12A, pasar senen.

Bagi teman-teman yang ingin berbelanja produk mainan buatan lokal (indonesia) yang harganya murah, maka bisa berbelanja ke toko AA-grosir & retail.

Toko mainan lainnya yang cukup lengkap dengan tipe mainan yang unik adalah Kharisma Toys. Beralamat di blok IV, lantai 1 C8 No 12 C, Pasar Senen.

Satu lagi toko Planet Mainan, beralamat di lantai 2 Counter blok C No 36-39, Pasar Senen.

Selain itu, kalau ada diantara teman-teman yang berjualan produk kacamata anak-anak, jam tangan digital untuk anak-anak, dan aneka macam game juga tersedia lengkap dipasar inpres senen ini.

Demikianlah diatas beberapa daftar toko grosir mainan yang menjual tipe dan jenis mainan yang unik dan berbeda dari produk-produk di pasar asemka.


Jadi kesimpulannya :

Masing-masing pusat grosir tersebut memiliki ciri khas tersendiri dari produk yang dijualnya. 
"Maksud produknya memiliki ciri khas itu bagaimana ya bang izal?"

"Oaaalah,,, masih belum mudeng juga toooh maaas?" (becanda, hehe)
Yo wees,,,, biar saya jelaskan lagi secara lebih runut dan terperinci.
Jadi begini,,,,

Pedagang grosir mainan itu tipenya ada bermacam-macam.

Ada toko grosir yang menjual produk mainan yang berskala besar dan harganya mahal.
Contoh seperti mainan mobil remote, helikopter remote, drone, mainan mobil/motor tenaga aki (accu) yang bisa dinaiki anak-anak. Toko grosirnya antara lain Hans Toys, Lucky Toys, Channel Toys dan Gaby Toys. Semua toko ini telah saya ulas lengkap di seri artikel bagian satu.

Ada pula toko grosir yang menjual jenis produk mainan unik dan bersifat khusus, seperti unit mainan olahraga menembak a*r soft g*n dan berbagai aksesories kelengkapannya, toko grosir buku belajar mewarnai untuk anak TK, toko grosir game, dan toko grosir jam tangan anak. Produk-produk yang saya sebutkan itu, dipasar senen tersedia lebih lengkap daripada asemka.

Sama seperti pedagang grosiran yang jenisnya bermacam-macam, begitu pula dengan pedagang retail (eceran) pun tipenya juga bermacam-macam. Pedagang eceran ini ada 3 tipe, yaitu :


#1. Tipe pedagang (toko eceran) yang benar-benar menjual lengkap semua jenis produk mainan. 


Toko mainan seperti ini adalah toko retail mainan yang besar, biasanya berbentuk ruko.
Toko ini menjual lengkap mulai dari mainan besar dan harganya mahal seperti mobil bertenaga aki (accu) yang bisa dinaiki, mainan mobil remote, heli remote, drone, sampai pada mainan-mainan kecil dan harganya murah seperti bola bekel dan kelereng (gundu).

Nah kalau toko eceran besar seperti diatas, wajib harus menyambangi semua pusat grosir seperti asemka, pasar senen hingga pasar gembrong. Kalau mau koleksinya lengkap, ya memang harus menyatroni semua pusat grosiran itu.

#2. Tipe toko mainan yang kebanyakan dari isi tokonya menjual produk mainan lokal. 


Toko mainan eceran seperti ini biasanya berjualan di kios-kios pasar yang ukuran ruangannya hanya 3 x 3 meter. Pada kios kecil seperti ini memang lebih tepat untuk menjual produk buatan lokal (indonesia) yang harganya relatif murah. Karena kios mainan kecil seperti ini modalnya masih terbatas, sehingga belum mampu untuk menyediakan produk mainan yang mahal seperti mobil aki, drone atau mainan helikopter remote.

Tempat berbelanja yang tepat untuk kios mainan kecil diatas adalah ke toko grosir yang khusus menjual produk mainan lokal. Kalau di pasar senen, toko grosir yang menjual produk lokal adalah Toko Mainan AA-18 Grosir & Retail. Di asemka juga ada toko grosir yang khusus menjual produk buatan lokal ini, yaitu toko Sinar Mutiara Toys (SMT). Toko SMT ini termasuk toko grosir mainan lokal yang telah terkenal. Rata-rata pengusaha bisnis mainan pasti tahu dengan toko ini.

#3. Tipe pedagang mainan asongan, gerobak keliling dan pedagang kaki lima.

Kalau tipe pedagang yang terakhir ini biasanya adalah pedagang mainan yang baru mulai merintis usaha mainan dari bawah. Saya, ibu, dan adik-adik saya adalah mantan pedagang tipe yang bagian ketiga ini. ☺☺☺

Kami sekeluarga dulu berjuang merintis dari bawah kurang lebih selama 17 tahun.
Pelopornya adalah ibu saya, beliau mulai merintis usaha bisnis mainan ini sejak awal tahun 2000an. Ibu pula lah yang mendidik dan membina kami kakak beradik hingga akhirnya semua berhasil mendirikan toko mainan masing-masing.

Perjuangan seorang perempuan hebat ini telah pernah saya tulis pada sebuah artikel khusus, yaitu : IBUKU PAHLAWAN KELUARGA

Saat itu produk mainan yang kami jual adalah mainan ecek-ecek (sangat murah) seperti mainan gambaran, bola bekel, kelereng, gambar tempel, yoyo kayu, gangsing, dan mainan-mainan kecil lainnya. Dulu lapak kami adalah emperan-emperan sekolah SD.

Nah,,, dimanakah pusat grosir untuk mainan-mainan kecil ini?

Tak lain dan tak bukan adalah pasar gembrong!

Pasar gembrong ini berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Cipinang Besar Jatinegara Jakarta Timur. Nah pasar gembrong inilah yang akan menjadi bagian terakhir dari seri artikel tentang pusat grosir mainan anak ini.

Insya Allah esok atau lusa akan selesai saya tulis lanjutan artikelnya. Rencananya akan saya beri judul : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

Nah demikianlah seri bagian kedua ini telah selesai saya tulis. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, khususnya yang sedang merintis dan membangun usaha bisnis mainan.

Semoga sukses selalu hendaknya untuk teman-teman semua, Aammiin.

Mulai ditulis jam 10 pagi tadi, selesai pukul 15.00 siang menjelang sore ini.
Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Adanya cuma di jakarta ya bang, wah jauh juga ya dari rumah saya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang rumahnya ada di daerah mana om?

      Delete
  2. Kalau sudah kenal dengan toko langganan kita, apakah boleh hutang duluan ngk bang disana ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya sih transaksi hanya bisa secara cash om. Ada sih beberapa toko yg mau memberi penangguhan pembayaran sama saya, tapi keadaan yg seperti begini : ketika saya berbelanja ternyata uang yang saya bawa kurang. Jadi misal total belanja 50 juta, sedangkan uang cash yg saya bawa cuma 45 juta. Mau transfer, hari udah kesorean dan ATM/bank udah pada tutup.

      Maka saya diperbolehkan untuk membayarkan sisa kekurangan keesokan harinya melalui transfer. Begitu om.

      Delete
  3. Makasih bang izal info/ artikelnya sangat membantu. Sekalian nanya nih, kalo nyari grosiran Hot wheels atau sebangsa DIECAST dimana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko Hans toys dan toko Saint, daerah pasar pagi Asemka Jakarta kota.

      Delete
    2. Kalo di Senen jaya nyari diecast di toko mana ya bang..??

      Delete
    3. Toko die cast yg lengkap mah bukan di Senen om, tapi di pasar Asemka.

      Antara lain toko Gaby toys, lucky toys, Hans toys dan toko saint.

      (Kalo mau lebih lengkap, lihat artikel pusat grosir mainan bagian 1)

      Delete
    4. Akhirnya td nyempetin ke Asemka bang...tokonya banyak,,nyari diecast jenisnya banyak. Tp kenapa kok harganya malah lebih mahal dari Senen ya bang..balik lagi deh belanjanya ke Senen..hehehe.
      Share pengalaman aja bang..makasih info infonya sangat membantu pemula seperti saya..

      Delete
    5. Oh iya mbak,,,,sekarang harga mainan memang lagi pada naik.
      Karena efek barang yg sedang langka. Penyebabnya adalah kebijakan red line dari pemerintah. Jadi sekarang ini kalau kita mau impor barang (semua komoditi) perizinannya semakin diperketat. Harus punya punya dokumen yg lengkap, lulus SNi, dan banyak lagi persyaratan lainnya. Jadinya kalau syarat belum lengkap, banyak barang yg masih tertahan di pelabuhan.

      Efeknya?
      Barang jadi langka, kalaupun ada harganya sudah melambung tinggi.

      Duh! Emang makin ribet dah! Wkwkwkek 😂😂😂

      Delete
  4. Bang izal, kalo mau beli grosir boneka lebib murah di asemka apa pasar gembrong ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya yg beli mainan buat anak sendiri sih d asemka... D gembrong mah kagak murah.

      Delete
  5. Dipasar senen ada yg jual vape grosir gak y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf saya gak tahu om, soalnya saya gak main di bisnis Vape 😊

      Delete
    2. Kalo Tamiya asli ada gak Pak?

      Delete
    3. Nah kalo Tamiya asli agak jarang om,,, biasanya mesti kita pesan dulu.

      Delete

  6. Bang izal,kalau toko mainan grosir apple learning qur'an di pasar dan toko mana ya?
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah dapat barangnya di toko JN Toys mbak, lokasinya di pasar pagi Asemka.

      Delete
    2. Makasih ya bang infonya sdh 2x kesana tp pda gk ada..balik lg dah..hehe
      Makasih bang

      Delete
  7. Bang saya lg cari mainan kartu yugioh dan tamiya apakah dipasar asemka/gembrong/senen masih ada?saya ragu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sekarang lagi langka om, sejak di berlakukannya peraturan red line pada impor.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner