PELUANG USAHA BENGKEL #3: Tambal Ban Motor Skip to main content

PELUANG USAHA BENGKEL #3: Tambal Ban Motor

PELUANG USAHA BENGKEL #3: Tambal Ban Motor

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman semua. 😊

Tidak terasa akhirnya kita telah sampai pada bagian ketiga dari seri artikel peluang usaha, khususnya usaha bengkel ban.

Pada dua seri lalu telah sama-sama kita bahas dan diskusikan tentang skill tambal ban tingkat level ahli dan mahir. 

Skill tingkat ahli adalah bengkel tambal ban besar yang mempunyai kemampuan tinggi untuk menangani semua jenis ban kendaraan. 

Sedangkan skill tingkat mahir adalah bengkel tambal ban medium. Memiliki keterampilan untuk menambal dan memasang jenis ban ukuran menengah dan kecil (ban mobil pribadi, angkot, motor, vespa, bajaj, dan lain-lain).

Ini dia artikelnya PELUANG USAHA BENGKEL #2: Tambal Ban Medium

Nah, pada tulisan bagian ketiga ini kita akan fokus membahas topik tentang skill tingkat terampil pada usaha bengkel ban. 

Orang yang memiliki skill terampil ini bisa menambal dan memasang segala jenis ban kendaraan bermotor roda dua (motor besar, motor bebek, matic, vespa, maupun bajaj). 

Skill terampil ini mempunyai tiga keunggulan tersendiri dibandingkan dua 'seniornya' (skill tingkat ahli dan mahir).

Apa itu?

Mari sama-sama kita simak.

Keunggulan #1 :
Lebih mudah mencari lokasi usaha.


Pada skill level terampil (tambal ban motor) ini jauh lebih mudah untuk mencari lokasi membuka usahanya. Karena bengkel tambal ban motor tidak memerlukan parkir yang terlalu luas sebagaimana bengkel tambal ban besar dan medium.

Untuk tempat usaha tambal motor ini, cukup menyewa tempat semi permanen seluas 3 x 5 meter dengan luas halaman sekitar 3 x 3 meter. Tempat dengan luas seperti itu sudah bisa untuk membuka usaha ini. Dan yang pasti karena tempatnya tidak terlalu besar, tentu biaya sewanya tidak terlalu mahal. Enak kan? 😊

Nah ada satu tips khusus dari saya, yaitu trik dan strategi dalam mencari lokasi untuk membuka usaha bengkel ban motor ini. Usahakan mencari lokasi diarea jalan alternatif yang selalu ramai dilewati kendaraan roda dua. Maksudnya ramai disini adalah ramai diwaktu pagi, siang maupun malam.

Ada area tertentu dari satu sisi jalan yang lebih dipilih dilewati oleh kendaraan bermotor roda dua. Karena di sisi lainnya yaitu jalan utama selalu macet oleh kendaraan roda empat, terutama di jam-jam sibuk orang berangkat maupun pulang bekerja.

Saya yakin pasti teman-teman paham tipe jalan alternatif yang selalu ramai dilewati motor seperti ciri-ciri yang saya sebutkan diatas. Nah carilah lokasi seperti itu, dan bukalah bengkel tambal ban motor disitu. Insya Allah pasti hasilnya akan Mak nyusss!
😊

Keunggulan #2:
Modal untuk alat operasionalnya tidak terlalu besar.


Tambal ban motor juga relatif membutuhkan modal lebih sedikit untuk alat operasionalnya.  Pada tambal ban motor 'hanya' diperlukan sebuah kompresor ukuran kecil atau menengah, berbagai alat kunci pas, dan perkakas untuk mencungkil ban. 

Tambal ban motor juga tidak memerlukan alat untuk press ban, tidak memerlukan alat untuk membuka ban manual ataupun mesin. Tambal ban motor juga tidak perlu menyediakan alat mesin angin nitrogen, karena angin nitrogen hanya dipakai kebanyakan orang untuk mengisi angin ban mobil. 

Saat ini rata-rata tambal ban besar dan medium telah menggunakan pembuka ban mesin (kecuali didaerah pelosok masih ada yang memakai alat manual, tapi jumlahnya sudah sedikit).

Selain itu rata-rata telah memakai alat mesin angin nitrogen. 

Zaman sekarang sudah jarang terlihat bengkel ban yang memakai alat pembuka ban manual, karena pembuka ban secara manual itu membuat rusak atau baret pada plat mobil. Pasti diantara teman-teman pernah membuka ban mobil dibengkel secara manual sekitar waktu 10 tahun yang lalu, nah bagaimana dengan platnya? Pasti baret-baret kan? 😊

Nah, kenapa sekarang pebisnis bengkel ban berlomba-lomba menyediakan mesin pembuka ban dan mesin nitrogen?

Untuk sekedar teman-teman ketahui, harga satu set mesin diatas itu tidaklah murah. Untuk mesin yang mereknya bagus, harga satu setnya bisa mencapai 50-70 juta Rupiah!

Tapi kenapa hampir semua bengkel ban bela-belain untuk menyediakannya?

Sebabnya tiada lain :

Karena persaingan di bidang jasa ini semakin ketat, dimana-mana usaha bengkel ini semakin banyak. Dari mereka semua berlomba-lomba memberikan servis dan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

PELUANG USAHA BENGKEL #3: Tambal Ban Motor
Salah satu bengkel ban motor di jakarta.

Keunggulan #3:
Pekerjaannya lebih mudah dan lebih ringan.


Oke, kita kembali fokus pada topik bengkel ban motor.

Jadi pada bengkel ban motor tidak dituntut harus memenuhi semua syarat setinggi dan semahal kedua 'seniornya' diatas. 

Apa sebab?

Alasannya sederhana : karena ban motor itu berukuran jauh lebih kecil dari pada ban mobil pribadi, angkot, apalagi ban truk Fuso.

Karena berukuran lebih kecil otomatis untuk membuka ban dari plat rodanya relatif lebih mudah. Tidak membutuhkan alat operasional yang berat seperti dua 'seniornya' diatas.

Alat untuk membuka ban motor adalah semacam besi yang dirancang ujungnya menjadi seperti kait. 

Untuk membongkar, menambal, kemudian memasang kembali roda ke platnya bagi skill level ahli hanya membutuhkan waktu kurang dari 7 menit. 
Contohnya seperti pak Amaik (suami dari bibi saya) yang telah pernah saya ceritakan di artikel PELUANG USAHA BENGKEL #1: Tambal Ban Besar

Waktu 7 menit itu kalau orang yang mengerjakannya sudah pada level skill ahli.

Kalau level skill terampil biasanya membutuhkan waktu rata-rata sekitar 10-15 menit untuk menambal dan memasang hingga selesai sebuah kendaraan bermotor roda dua. 

Catatan : waktu pengerjaan 10-15 menit ini sebenarnya harus selalu menjadi PR untuk terus di evaluasi. Karena ketika bengkel ban motor kita sudah mulai ramai, kita tetap dituntut harus mampu bekerja cepat. 

Kenapa?

Karena kalau kita masih lamban, nanti lama kelamaan akan menjadi bumerang bagi usaha kita. Sebab jika terlalu lama menunggu antrian, akan membuat pelanggan cenderung beralih ke bengkel lain. Masalah ini akan saya bahas lebih mendalam ditulisan selanjutnya dibawah, mari kita simak bersama-sama.

Seperti telah saya katakan pada artikel bagian pertama, bahwa kunci utama dari kesuksesan usaha bengkel ban ini adalah mengutamakan KEPUASAN PELANGGAN.

Oleh karena itu kesigapan, kecepatan dan ketepatan dalam menambal dan memasang ban harus menjadi syarat yang mutlak harus dimiliki oleh skill level ahli, mahir, terampil, maupun skill tingkat dasar.

Kita boleh saja memilih belajar ilmu bengkel ini hanya sampai pada level terampil atau level dasar karena pertimbangan tertentu. Misal karena ingin segera membuka usaha secepatnya.

Kalau harus menunggu sampai ahli dan bisa menambal, memasang dan mengerjakan semua jenis ban mulai dari truk Fuso sampai ban sepeda, tentu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk bisa menguasai semua ilmu tingkat tinggi diatas, harus mau dan rela 'bekerja dengan ikhlas' dulu minimal selama 3 tahun sama orang yang sudah ahli.

Biasanya kalau bekerja sambil belajar ini kita 'hanya' digaji sekedarnya, cukup untuk uang makan dan rokok. Sedangkan untuk menyiasati biaya kontrak tempat tinggal, sehari-harinya kita mesti tidur dan tinggal di bengkel guru sekaligus bos kita tersebut.

Syukur-syukur kalau dapat bos yang bengkelnya dari bangunan permanen. Kalau pengalaman saya pribadi selama 3 tahun bekerja dipadang dulu sih, kebagian bangunan bengkel dari papan kayu dan tidur diatas dipan triplek beralaskan tikar tua. Hehehe 😂

Yah namanya juga sedang menuntut ilmu, tentu sudah menjadi kelaziman kalau bukan uang yang menjadi orientasi utama. Ya mirip-mirip seperti orang menuntut ilmu beladiri zaman dulu gitulah, jadi harus mengabdi dulu. Yaitu belajar sambil bekerja membantu pekerjaan sang guru (bos). Hehehe 😁

Nah ada sebagian orang yang enggan belajar dengan cara dan gaya zaman klasik seperti diatas. Jadi mereka hanya mau belajar seperlunya, mengambil ilmu seperlunya, kemudian setelah setahun bekerja dia segera membuka bengkel ban motor atau ban sepeda.

Cara diatas sah-sah saja, karena banyak juga bengkel ban motor dan ban sepeda yang sukses.

Nah, apa sajakah rahasia untuk sukses tersebut? Khususnya dibidang usaha bengkel ban motor ini?

Kunci sukses yang paling utama dan paling mutlak telah saya sebutkan diatas, yaitu selalu utamakan kepuasan pelanggan!

Supaya mendapatkan informasi lebih lengkap, bagi teman-teman yang belum membaca 2 seri artikel sebelumnya bolehlah dibaca dulu bagaimana kisah mantan guru/mentor saya (pak Amaik) dan juga bibi saya telah sukses besar dibidang usaha ini karena selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

Diatas telah saya sebutkan bahwa faktor utama yang membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan dan servis dibengkel kita karena adanya kesigapan, kecepatan dan ketepatan (lihat kata-kata yang di bold).

Bagaimana maksudnya?
Baiklah, akan saya jelaskan lebih detail.

Yang dimaksud kesigapan adalah :


Kecepatan kita dalam menanggapi calon pelanggan. Jadi, banyak pun sedang sibuknya kita, tetap jangan lupa kita sapa dan mempersilahkan mereka dengan bahasa yang sopan untuk duduk menunggu.

Jangan sampai membuat kesalahan seperti sebagian pengusaha bengkel ban yang lain karena merasa sibuk dengan pekerjaannya, ada calon pelanggan datang malah dicuekin aja. Sikap ini tidak tepat untuk sebuah usaha yang menjual jasa. Sigaplah melayani pelanggan dan tetaplah berlaku ramah kepada mereka walau sesibuk apapun kondisi kita.

Yang dimaksud dengan kecepatan :


Yaitu rekor kecepatan kita dalam mengerjakan tambal ban dan memasangnya kembali ke platnya. Orang yang sudah ahli dan master dalam bidang tambal ban mampu memecahkan rekor kurang dari 7 menit untuk sebuah ban motor. Nah kita harus terus berusaha agar bisa menyamai rekor para ahli tambal ban tersebut. Sehingga ketika bengkel kita ramai yang antri, pelanggan yang belakangan tidak perlu terlalu lama menunggu.

Yang dimaksud dengan ketepatan :


Pernahkan teman-teman menambal ban motor, tapi dalam selang waktu beberapa jam kemudian tiba-tiba bannya kempes lagi?

Setelah kita periksa ke bengkel ban lain ternyata karet penambal ban sebelumnya tadi copot lagi. Bagaimanakah perasaan teman-teman? Tentu sangat kesal bukan?
Kalau sudah begitu kejadiannya, dijamin besok-besok tidak akan mau lagi datang ke bengkel tambal ban sebelumnya tadi!

Nah apakah kesimpulan yang dapat dipetik?

Yaitu bengkel tambal ban motor tadi tidak memiliki ketepatan dan ketelitian dalam pekerjaannya. Penyebab karet penambal itu lepas, karena ketika membakar belum sempurna 'matangnya'. Sehingga antara karet penambal dengan ban dalam belum benar-benar merekat dan menyatu. Sehingga itulah yang menyebabkan tidak lama kemudian ban motornya kempes lagi.

Oleh karena itulah kita harus banyak berlatih dan harus tajam 'felling' kita kira-kira dalam waktu berapa lama harus membakar karet ban tersebut sehingga sempurna matangnya. 'Felling' ini harus pas, karena kalau karetnya belum matang bisa lepas lagi. Sebaliknya kalau terlalu 'matang', giliran ban dalamnya yang jadi 'dodol' hehehe. 😁

Tips lainnya agar sukses dibidang bengkel ban ini, ya apalagi kalau kita bukan berbisnis alias jualan! 😊

Seperti berulang-ulang saya katakan di artikel sebelumnya, bisnis ini jangan ngarepin penghasilan dari jual jasa 'tok!
Karena sampai lebaran monyet tidak akan bisa kaya-kaya! 😂

Berapa sih paling upah dari tambal ban?
Dan paling berapa banyak ban yang sanggup kita tambal sehari?
Kalau dari jasa itu artinya benar-benar mengandalkan dari tenaga 'tok!

Sehingga kalau dari bisnis (kalau kita pintar mengelolanya), dalam sekali transaksi kita menjual langsung beberapa produk sekaligus, dan nilai transaksinya bisa jauh lebih besar dari nilai jasa dari 5 hingga 10 ban yang ditambal.

ITU! 😊😊😊

Oleh karena itu, untuk bengkel tambal ban motor, juga perbanyaklah sediakan berbagai aksesoris motor seperti kampas rem, tali kopling, baut, kaca spion, busi, rantai roda, dan berbagai macam aksesoris motor lainnya.

Dari berbisnis dan berdagang aksesoris kendaraan roda dua itulah sebuah bengkel ban motor akan dapat sukses!

Jadi kesimpulannya : jasa tambal ban sebagai pancingannya, jualan aksesoris sebagai ikannya!

Jangan lupa sediakan 'hidangan penutup', yaitu jualan bensin eceran. Itu baru klop!

So, mari kita mulai rame-rame membuka bisnis bengkel tambal ban! 😊😊😊

Baiklah teman-teman, saya rasa sudah hampir semua ilmu yang saya dapatkan selama bekerja dan menuntut ilmu dibidang Bengkel tambal ban telah saya bocorkan disini.

Tinggal giliran akan saya tulis seri artikel terakhir yang nanti akan saya beri judul : PELUANG USAHA #4: BENGKEL SEPEDA

Insya Allah esok atau lusa artikel bagian terakhir akan saya release.

Sangat besar harapan saya semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, silahkan di share ulang sehingga dapat bermanfaat pula untuk teman-teman yang lainnya.

Semoga sukses selalu untuk semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang Izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Adakah sisi kecurangan dari pelaku usaha tambal Ban Motor Bang...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal sisi kecurangan pastinya ada aja sih orang yg berlaku curang om,,,, seperti menebar paku dijalankan sekitar bengkelnya, gak jujur,,, bocornya satu di bilangnya tiga, ujung2nya jadi modus biar pelanggan beli ban dalam yg baru. Dan beberapa cara curang lainnya.

      Tapi orang yg suka berlaku curang itu pasti usahanya gak bakalan bisa bertahan lama. Sekali dua kali mungkin pelanggan bisa dibohongi, tapi lama kelamaan bangkainya pasti akan tercium juga.

      Delete
  2. Betul juga ya, dengan buja bengkel bisa buka dagangan lainnya sebagai pelengkap orang yang nunggu di bengkel tersebut...

    ReplyDelete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner