UNIT AIRSOFT GUN : MAINAN OLAHRAGA DAN BISNIS YANG MENJANJIKAN, TAPI SAYANG TELAH DI LARANG BEREDAR Skip to main content

UNIT AIRSOFT GUN : MAINAN OLAHRAGA DAN BISNIS YANG MENJANJIKAN, TAPI SAYANG TELAH DI LARANG BEREDAR

Pada tanggal 15/11//2015 ratusan pucuk unit airsoft gun telah di sita oleh tim subdib jatanras ditreskrimun Polda Metro Jaya dari beberapa penjual. Menurut polisi, penyitaan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senj*ta api organik. (sumber referensi/rujukan : media detik dot com)

UNIT ASG : MAINAN OLAHRAGA DAN BISNIS YANG MENJANJIKAN, TAPI SAYANG TELAH DI LARANG BEREDAR

Dua tahun sebelumnya yaitu tanggal 15/8/2013 petugas juga telah menyita unit airsoft gun, yaitu sejumlah 33 pucuk unit airsoft gun jenis laras panjang dan 124 pucuk pist*l revolver. Petugas telah mengamankan lima orang yang diketahui sebagai pemilik toko.

Dua orang di antaranya dari toko unit airsoft gun yang berlokasi di pusat perbelanjaan modern Senayan City. Sedangkan tiga orang lainnya dari toko yang berlokasi di wilayah kota Depok Jawa barat. (sumber referensi/rujukan : gatra news dot com)

Demikianlah dua buah kutipan dari media nasional yang sempat heboh pada beberapa waktu lalu.

Ya !

Unit mainan olahraga airsoft gun ini telah resmi dilarang penggunaannya secara bebas, apalagi untuk di perjualbelikan, itu katanya DI LARANG KERAS!


Unit mainan olahraga ini hanya boleh dipergunakan pada arena olahraga menembak.

Dan si pengguna harus mempunyai surat izin menembak resmi dari PERBAKIN. Begitu pula pihak penjual juga harus punya surat izin impor resmi dari kepolisian !.

Sudah ribet dah pokoknya. hehehe ☺☺☺

Latar belakang razia dan pelarangan ini kabarnya dipicu oleh maraknya kejadian penyalahgunaan senj*ta air g*n oleh beberapa gelintir jagoan neon yangberlagak sok jagoan.

Diantaranya terjadi pada tahun 2013, seorang kepala cabang Bank BRI palu ditembak dari jarak dekat mengunakan air g*n, korban terpaksa dilarikan kerumah sakit akibat luka-lukanya.

Kejadian lain, bermula dari kejadian kebut-kebutan di jalan ringroad kawasan Depok. Salah satu pengendara merasa kesal dan menembak kaca mobil lawannya menggunakan air g*n sampai pecah.

Ada juga kejadian lainnya lagi, hanya lantaran kesal mobilnya terhalang mikrolet, seorang anak pengusaha swasta menembak wajah sang supir mikrolet dengan senj*ta air g*n dan memecahkan kaca mobilnya.

Nah!

Gara-gara segelintir jagoan neon yang labil ini, akhirnya memicu di berlakukannya secara lebih ketat undang undang darurat No 12/DRT/1951 tentang kepemilikan senj*ta api.

Maka mulailah banyak terjadi penyitaan senj*ta mainan bagi pehobi olahraga menembak ini (yang belum punya surat resmi) dimana-mana, terutama penyitaan dari toko-toko mainan dan unit airsoft gun di kawasan Senen, Asemka dan Depok.

Hanya saja,,,,, timbul satu pertanyaan penting, yaitu :
  • "APAKAH SAMA unit mainan olahraga airsoft gun dengan senj*ta air g*n??"


  • Jelas sangat jauh berbeda!


Tapi dalam pelaksanaan razia, mengapa tidak hanya senj*ta berbahaya (baca : air g*n) itu saja yang disita?

Dalam praktek dilapangan, sering dipukul rata saja semuanya. Tidak perduli apakah itu senj*ta air g*n (yang memang berbahaya) ataukah hanya unit airsoft gun yang bertenaga baterai (AEG) dan bahan peluru dari plastik. Semuanya di angkut!

Bahkan beberapa tahun lalu ada media nasional yang memberitakan bahwa unit mainan airsoft gun murahan dari bahan plastik dan bersumber tenaga dari kawat (spring) juga ikut-ikutan di angkut semua.

Senj*ta air g*n memang berbahaya karena pelurunya dari bahan logam bulat (seperti gotri), dan sumber tenaganya dari gas CO2. Kalau diambil contoh yang setara, senj*ta air g*n ini kira-kira sama dengan senap*n angin. Daya tembaknya bisa memecahkan botol, menembus kaca dan plat seng.

Saya secara pribadi menyetujui kalau senj*ta ini tergolong berbahaya dan bisa melukai seseorang. Oleh karena itu bagi para jagoan-jagoan neon yang menyalahgunakan pemakaiannya memang amat pantas untuk ditindak dan diberikan hukuman yang setimpal.

Namun mohon janganlah disamakan senj*ta air g*n dengan unit mainan airsoft gun. Karena unit airsoft gun hanyalah berfungsi sebagai mainan dan hiburan bagi pehobi olahraga menembak saja. Umumnya, anak-anak komunitas olah raga ini juga sangat paham dengan kode etik dan semua peraturannya.

Sangat menjadi pantangan bagi anak-anak komunitas untuk membawa unit ASG-nya petantang petenteng ke sembarang tempat, apalagi menyalahgunakannya. Karena itu adalah sikap yang norak dan kampungan. Sikap itu juga hanya akan membuat buruk namanya sendiri dikalangan komunitasnya.

Airsoft gun juga sangat berbeda daya tembaknya dengan senjata air g*n. Unit ini bila ditembak dari jarak dekat kepada sesorang, efeknya palingan cuma memar atau bentol.

Makanya agak mengherankan juga kenapa unit airsoft gun ini ditetapkan menjadi senj*ta mainan yang berbahaya dan disetarakan dengan senj*ta air g*n atau senj*ta api. Hellowwww 💃

Apalah daya, yang punya kuasa untuk menetapkan undang-undang adalah pihak berwenang dan para pembuat peraturan. Kami ini para pehobi dan pedagang tidak punya pilihan lain kecuali menurutinya saja.

Padahal bisnis unit olahraga mainan airsoft gun ini sebenarnya amat sangat GURIH, RENYAH dan MENJANJIKAN!

UNIT ASG : MAINAN OLAHRAGA DAN BISNIS YANG MENJANJIKAN, TAPI SAYANG TELAH DI LARANG BEREDAR
Salah satu koleksi unit ASG milik adik saya

Kenapa bisa begitu?

Karena selain keuntungannya besar (rata-rata bisa ambil margin hingga 100% untuk tipe dan jenis langka), juga penggemar dan peminatnya sangat banyak!

Usaha saya bisa berkembang pesat sejak awal buka toko mainan ditahun 2010 yang lalu, adalah berkat dari keuntungan menjual unit mainan airsoft gun ini. Saat itu mainan ini memang sangat boomming!

Sebagai contoh : dipasar gembrong rata-rata pedagang toko mainan disana bisa tembus omset hingga 10 juta perhari, dengan margin mencapai 100%!

Demikian juga dengan adik laki-laki saya, dia bisa buka cabang hingga punya dua toko mainan adalah berkat dari keuntungan menjual unit hobi ini selama kurang lebih 3 tahun.

GURIH BANGET khan teman-teman,,,? hehehe ☺

Itulah dia unit airsoft gun!
Mainan olahraga yang asyik dan bisnis yang gurih, tapi sayang sekarang telah dilarang beredar!

Ya,,,,sayangnya semua itu sekarang hanya tinggal nostalgia saja,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Saat ini peraturannya benar-benar ketat!

Sejak setahun yang lalu tidak ada satupun distributor dan pusat grosir di asemka jakarta kota yang berani menjual unit mainan airsoft gun ini lagi. Karena resikonya akan terkena sita pihak yang berwenang.

Lagi-lagi saya cuma bisa miris dan sedih dengan kenyataan ini,,,,,,, hiks hiuks ☺☺☺☺☺

Mudah-mudahan suatu saat unit mainan hobi olahraga menembak ini kembali di izinkan untuk beredar. Dan untuk para pedagang, pehobi dan pemakai unit mainan airsoft gun ini agar selalu bisa patuh dan taat pada semua peraturan. Serta mengerti etika dalam penggunaannya, demi untuk kebaikan kita bersama.

Demikianlah teman-teman, sedikit uneg-uneg saya.

Mohon maaf, saya malah jadi curhat wkwkwkwk ☺☺☺
Sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya ya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

Catatan : Bagi teman-teman yang ingin berkomentar, mohon menggunakan sensor pada kata-kata berikut : Air g*n, senj*ta, senap*n, pist*l.  

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. keren bang cerpennya kenapa tidak daftar dari newsletter di kompasiana bang berbakat sekali menjadi penulis cerpen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih kang Komar hehehe 😁

      Belum kepikiran buat masukin ke Kompasiana kang.
      Saya lagi sibuk banget ngurus dan ngerapiin blog saya.

      Saya lagi rapi2in semua artikel di blog saya nih biar kata dan kalimatnya benar2 sesuai dengan EYD. Sehingga lebih memuluskan jalan diterima oleh Google adsense.

      Mengedit ulang semua artikel cukup menguras waktu dan tenaga juga hehe.

      Btw makasih atas saran dan kunjungannya ya kang.
      Semoga kang Komar sukses selalu dengan blognya 😊

      Delete
    2. buoanya sudah nangkring mas GA nya itu.
      tu ada di artikel

      Delete
    3. Iya om,,, saya baru aja 6 hari ini diterima GA hehehe 😁

      Btw jangan heran ya teman-teman, kalo beberapa komentar yg ada disini gak nyambung dengan isi artikel,,,, karena artikel tentang ASG ini memang bukanlah artikel aslinya.

      Artikel aslinya adalah cerpen, dan gak bisa nongol iklan GA gara-gara isinya cerita ironi. Bercerita tentang orang yg berselingkuh.

      Kuat dugaan saya, yg membuat iklan GA gak bisa muncul gara-gara ada kata-kata 'mengh*m*li didalamnya wkwkwk 😂

      Terpaksa deh artikelnya saya ganti dan saya tiban dengan artikel ASG ini.

      Aduh si neng adsense sensian banget deh, dikata mengh*m*li aja langsung ngambek. Hehe 😁😂

      Delete
  2. Mantap bang Izal..

    Sebenarnya saya suka membaca cerpen. Dulu sering beli koran minggu hanya untuk membaca cerpennya doang.

    Sepertinya bang izal berbakat nulis cerpen. Kenapa tidak memcoba kirim cerpen ke majalah.
    Siapa tau jodohnya di situ.

    Kalau cerpen di atas cocok untuk majalah remaja.
    😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas apresiasinya om 😊

      Saran yg sangat bagus om,,, memang banyak juga yg bilang dan mengusulkan begitu, salah satunya kang Komar diatas.

      Mungkin suatu saat benar2 bisa saya realisasikan. Saat ini saya lagi fokus mengisi blog ini dulu.

      Makasih atas kunjungannya ya om.

      Delete
  3. Entah kenapa seorang yg bs hobby menulis, apalagi prosa terlepas itu cerpen atau puisi selalu punya nilai lebih...dalam pandangan saya...itu pekerjaan yang keren...., karena satu2 jalan untuk bisa membuat cerpen ya dengan terus mengasah menulis....

    Jadi teruslah menulis Bang Izal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul sekali om.

      Untuk dapat menjadi penulis handal harus selalu menulis, menulis dan menulis.

      Ibaratnya istri kedua seorang penulis zaman dahulu adalah pena. Dan istri kedua bagi penulis zaman sekarang adalah keyboard.

      Begitu setianya seorang penulis sehingga hampir sepanjang hari jari2nya tidak pernah terlepas dari menyentuh keyboard tersebut. 😁

      Btw terima kasih atas apresiasinya ya om John. 😊

      Delete
  4. Kayak lagi ngomongin saya ya ;)

    ReplyDelete
  5. abaaang, jangan berfose dengan senjata gitu. nanti kena ciduk :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo kok kena ciduk om? Itu kan cuma mainan,,,,, 😮

      Delete
    2. lahh, kalau ada orang iseng nanti bang, yang nggak tahu apa apa , main lapor aja. kan nggak lucu :(.

      Delete
    3. Hehehe gak apa2 om 😀

      Tenang aja, kondisi aman dan terkendali. 😊

      Semua telah terkondisikan dengan
      baik. 😁

      Delete
  6. Sayang sungguh sayang, mainan hobi dilarang tapi a*rg*n bebas dijual..
    Nyari unit aga susah apalagi springan berkualitas..ada tapi harganya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om, saya sangat prihatin dengan keadaan ini.

      Sebenarnya sekarang ini masih di bolehkan bagi pedagang dan pehobi memiliki mainan olahraga a*r soft g*un ini, tapi harus memiliki surat izin dari pihak yang berwenang (bagi pedagang atau pun pemilik perorangan). Dan membayar iuran tetap dalam jangka waktu tertentu.

      Yah,,,yang jelas jadi tambah ribet dan ujung-ujungnya (.......) 😂

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner