SETELAH TIGA KALI DI TOLAK, AKHIRNYA BLOG BANG IZAL TOY DI TERIMA FULL APPROVE GOOGLE ADSENSE (Napak Tilas) Skip to main content

SETELAH TIGA KALI DI TOLAK, AKHIRNYA BLOG BANG IZAL TOY DI TERIMA FULL APPROVE GOOGLE ADSENSE (Napak Tilas)

SETELAH TIGA KALI DI TOLAK, AKHIRNYA BLOG BANG IZAL TOY DI TERIMA FULL APPROVE GOOGLE ADSENSE (Napak Tilas)
Hai teman-teman semua, bagaimana kabarnya? 😊

Semoga teman-teman semua selalu dalam keadaan baik dan hendaknya tercapai segala yang sedang di usahakan, Aammiin


Sebagaimana saya sendiri dalam seminggu belakangan ini sedang bersemangat dan bergembira sekali.

Apa pasal?

Karena pengajuan adsense saya akhirnya diterima oleh si Mbah Google hehe 😁

Saya mulai terjun ke dunia blogging sejak awal bulan Januari 2017. Pernah mengajukan blog ke google adsense sebanyak tiga kali. Dan setelah tiga kali di tolak, pada pengajuan yang ke empat akhirnya blog bang izal toy di terima full approve sebagai publisher google adsense. 


Jadi kalau di hitung waktunya hingga artikel ini ditulis, kurang lebih telah berjalan selama 9 bulan saya terjun ke dunia publisher.

Sebenarnya dunia tulis menulis bukanlah hal yang baru bagi saya, bahkan saya sudah terbiasa menulis sejak masa sekolah dahulu.

Yup!
Saya memang sangat hobi menulis!

Dan saya terjun dunia blogging ini sebenarnya karena faktor tidak sengaja, alias tidak pernah di rencanakan sama sekali sebelumnya.

Ceritanya begini : dahulu banyak sekali tulisan-tulisan saya yang 'berserakan' dalam bentuk coretan spontan di setiap bagian belakang buku tulis sekolah saya.

Tulisan tersebut berupa opini, anekdot, puisi, cerita satire sampai cerpen.

Kegiatan menulis terus berlanjut ketika saya sudah mulai main Facebook di tahun 2010.
Ketika itulah saat pertama kalinya saya mengenal dunia internet. Agak telat ya teman-teman he-he-he πŸ˜‚

Yah,,,,, biarlah telat daripada tidak sama sekali heeee πŸ˜€

Nah setelah mengenal Facebook, maka tulisan-tulisan lama yang berserakan di catatan buku sekolah itu, saya pindahkan ke catatan Facebook.

Nah bagaimana ceritanya sampai akhirnya berlanjut secara tidak sengaja ke dunia blogging?

Biar artikel ini tidak terlalu panjang, silahkan teman-teman baca lanjutan kisah di awal-awal saya terjun ke dunia publisher. Kebetulan artikelnya telah pernah saya tulis lengkap.

Dan alhamdulillah artikel itu telah banyak menjadi sumber rujukan oleh blogger yang lain (backlink). Katanya sih karena isinya memotivasi. Makanya tidak mengherankan kalau artikel tersebut bisa mendapatkan posisi strategis di page one google, dan bersanding manis dengan artikelnya master blogging, yaitu mas sugeng. hehe ☺

Tidak percaya?

Penasaran?

Ini dia artikelnya : KEUNTUNGAN MENJADI SEORANG BLOGGER, DARI HOBI SAMPAI MENGHASILKAN UANG

Baiklah,,, saya akan bercerita dan mengenang kembali (napak tilas) tentang proses perjalanan blog bang izal toy ini hingga diterima oleh google adsense.

Namun sebelum saya bercerita lebih lanjut, kita bergeser dulu sebentar dari topik utama ya teman-teman.

Jadi begini,,,,
Saya sering memperhatikan, usaha pengajuan agar di terima menjadi publisher google adsense cukup menjadi topik hangat dan sering di keluhkan oleh teman-teman sesama blogger.

Lihat saja di grup IAPD dan Blogger Indonesia.

Setiap hari ada saja thread keluhan tentang pengajuan adsensenya yang selalu di tolak oleh google. Dari semua keluhan itu saya perhatikan ada satu kesamaan, yaitu di antara teman-teman blogger itu terlalu berambisi dan terobsesi untuk diterima menjadi publisher google adsense.

Nah karena terlalu berambisi dan ingin cepat-cepat diterima, membuat sebagian dari teman-teman kita itu hanya sibuk memikirkan bagaimana cara tercepat di terima oleh google adsense.

Sayangnya, ada sebagian yang memakai cara yang salah.
Maksudnya begini : karena ingin cepat mengejar target (supaya artikel di blognya menjadi banyak dalam waktu singkat), sehingga menggunakan cara pintas dengan meng-copy paste artikel orang lain.

Dan ini akibatnya sungguh fatal!

Google dengan tegas menyatakan dalam pedoman kebijakannya, bahwa sangat anti dengan konten yang melanggar hak cipta. Syarat ini juga pasti akan selalu tertera di setiap email penolakan adsense. Google mengisyaratkan hal itu sebagai faktor utama, dan harus terpenuhi pada sebuah blog yang mengajukan diri menjadi publisher google adsense.

Apakah syarat utama untuk di terima sebagai publisher google adsense itu? Yaitu blog yang berisi artikel original, unik dan berkualitas, sehingga dapat memenuhi kepuasan pembaca.


Rekomendasi artikel : 7 CIRI CIRI KONTEN ARTIKEL BLOG YG SANGAT DISUKAI GOOGLE 

Bagaimanakah ciri artikel berkualitas itu?

Secara umum yang dimaksud artikel berkualitas adalah artikel yang informatif, isinya di jelaskan secara lengkap, runut dan terstruktur. Sehingga mudah di pahami dan dapat memberikan manfaat kepada setiap audience. Pembaca pun akhirnya merasa puas.

Nah karena audience (pembaca) telah merasa puas, sehingga di waktu berikutnya besar kemungkinan pembaca itu akan datang kembali untuk mendapatkan informasi berkualitas berikutnya. 

Google sering menyebutkan artikel yang berkualitas itu dengan istilah artikel User Experience. Dan blog yang memenuhi artikel seperti inilah yang berpeluang besar dapat di terima oleh google adsense.

Nah,,,, bila sebuah blog terindikasi terlalu banyak berisi artikel hasil copas ataupun re-writte, maka pengajuan kita pasti akan selalu ditolak. Di dalam email penolakan, google selalu menyebutkan dengan istilah 'konten tidak memadai'.

Pengertian 'konten tidak memadai' ini juga bisa mencakup artikel yang isinya terlalu pendek (sedikit kata/kurang dari 400 kata). Bisa juga di maksudkan sebagai konten yang hanya banyak berisi gambar dengan kata-kata yang minim. Tapi saya berpendapat, faktor terbesar yang membuat google menolak berkali-kali bila sebuah blog terlalu banyak berisi konten yang tidak original. 

Oleh karena itulah saya menghimbau kepada teman-teman semua, berusahalah untuk selalu menulis artikel hasil karya kita sendiri. Walau mungkin hasilnya belum bisa sempurna, namun kita bisa punya kebanggaan dan kepuasan. Apa sebab? karena itu adalah hasil buah pemikiran kita sendiri.

Bila kita konsisten mau belajar menulis, lama kelamaan pasti kita juga akan bisa menjadi penulis yang handal. Percayalah!

Rekomendasi artikel : TIPS DAN CARA MENJADI PENULIS YG HANDAL

Itulah di atas sedikit himbauan dari saya, apa yang saya katakan semata-mata adalah untuk kebaikan kita bersama agar bisa menjadi publisher google adsense dalam jangka panjang.

Dan mohon teman-teman jangan tersinggung dulu ya, karena apa yang saya sebutkan di atas juga bercermin dari diri saya sendiri hehehehehe. ☺☺☺

Saya sendiri ketika di bulan-bulan pertama main blog tingkah lakunya juga begitu (suka copas). wkwkwkwkwk πŸ˜‚

Maklum, namanya juga masih anak baru. hehe πŸ˜

Cuma ada sedikit perbedaan, yaitu saya tidak pernah melakukan pelanggaran hak cipta. Sebab yang saya copas adalah artikel milik saya sendiri. ☺

Baiklah sekarang kita mulai masuk pembahasan pada topik utama artikel ini, yaitu napak tilas dari awal saya main blog hingga akhirnya di terima menjadi publisher google adsense dalam waktu 9 bulan kemudian.

Jadi ceritanya begini,,,,,,,

Dulu waktu pertama main blog, sumber artikel saya adalah hasil copas dari catatan Facebook yang telah saya ceritakan pada paragraf awal di atas. Jadi semua catatan dari Facebook itu saya copas mentah-mentah, kemudian di tempel ke draft blogger. Dan,,,Publish!

Apakah catatan itu saya edit dan 'dibersihkan' terlebih dulu?

Oh tidak,,,,semua langsung saja saya publikasikan! hehe ☺

Alhasil tampilan tulisannya menjadi belang-belang.
Ada yang tulisannya jadi berlatar hitam, ada yang bergaris-garis di bawahnya, sampai ada huruf yang sebagian berbentuk besar sebagian lagi ukurannya kecil.

Penyebabnya karena kode-kode html dan script dari Facebook ikut terbawa saat di copas. Belakangan, barulah saya tahu cara membersihkan kode bawaan Facebook itu, yaitu dengan aplikasi/tools Htmlword.

Tiga hari saya bekerja keras 'membersihkan' semua artikel di blog bang izal toy ini (yang kurang lebih telah berjumlah 40an artikel saat itu). Di bersihkan secara manual satu persatu menggunakan tools Htmlword tersebut.

Nah sebelumnya (ketika tampilan artikelnya masih belang-belang karena hasil copas dari facebook), dengan penuh percaya diri langsung saya daftarkan ke google adsense. Ini adalah saat pengajuan yang pertama kali.

Alhasil ditolak! xixixixixi ☺☺☺

Dalam email di sebutkan 3 penyebab utama penolakan, yaitu :

#1. Konten tidak memadai (terlalu sedikit kata).

#2. Blog harus menyediakan konten yang unik dan relevan, sehingga mampu mendatangkan lalu lintas organik yang signifikan. 

#3. Navigasi sulit. 


Setelah membaca keterangan pada email di atas yang menjelaskan faktor penyebab 'lamaran' saya ditolak mentah-mentah oleh google, saya pun mulai berbenah.

Artikel hasil copas catatan Facebook yang membuat tulisannya jadi belang-belang mulai saya 'bersihkan' dengan tools Htmlword.

Semua kata-kata yang di singkat semuanya saya perbaiki menurut tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Contoh seperti kata 'yg' menjadi 'yang', kata 'teman2' menjadi 'teman-teman', kata 'nggak' menjadi 'tidak' dan seterusnya.

Dan semua artikel hasil copas dari Facebook itu saya kembangkan isinya dengan memperdalam tiap sub bahasan. Jadi hampir semua artikel copas itu saya perbaharui (baca : upgrade) isinya. Artikel yang sebelumnya hanya berisi 500 kata, saya sempurnakan hingga total 1.000 - 1.500 kata!

Hampir semua artikel hasil copas yang berjumlah 40an artikel itu saya perbaiki satu persatu!

"Capek dong bang?"

Hadeeeeh,,,, bukan capek lagi, gempoooor! Hehehe πŸ˜‚

Bisa di katakan dalam waktu 3 bulan pertama saya membangun blog ini, adalah momen yang benar-benar keras!

Sering saya begadang hampir tiap malam demi menyempurnakan artikelnya satu persatu. Sampai-sampai di saat itu istri saya sering mengomel.

"Siang seharian dagang di toko, malamnya juga begadang! Kapan mau istirahatnya!" Demikian omelan istri saya hehehehe. ☺

Tapi demi menghasilkan kualitas blog yang terbaik, saya putuskan untuk tidak mau tanggung-tanggung. Semua hal yang terkait dengan blog bang izal toy ini, harus di perhatikan sampai ke bagian terkecilnya.

Sehingga blog ini menjadi lebih profesional.

Apalagi blog saya ini adalah blog niche bisnis yang identik dengan hal-hal 'serius'. Selain itu target utamanya memang adalah kaum pebisnis yang suka berfikir serius. (hehe ☺).

Pengecualian untuk blog-blog gaul yang targetnya adalah anak-anak muda, maka penggunaan kata singkat atau prokem justru adalah suatu kelaziman. Kalau pakai tata bahasa terlalu resmi, malahan nanti akan menjadi aneh. Jadi kita harus memahami kepada siapa target utama blog kita, sehingga kita bisa menyesuaikan tata bahasanya.

Rekomendasi artikel : TIPS CARA MENULIS ARTIKEL YG BAIK DAN DISUKAI GOOGLE

Apakah kata yang di singkat-singkat itu mempengaruhi review adsense?

Sebenarnya tidak berpengaruh secara mutlak, sebab tergantung pada niche blognya. Karena banyak juga blog yang memakai bahasa gaul dan prokem yang di terima menjadi publisher adsense.

Namun intinya kembali lagi pada uraian saya di atas bahwa blog saya ini adalah blog niche bisnis, sehingga bila memakai bahasa baku akan membuat blog ini lebih terkesan serius dan profesional. Selain itu bahasa baku akan diterjemahkan secara sempurna oleh google translate, sehingga akan membuat blog kita berpeluang besar dikunjungi oleh audience dari luar negeri.

Apa ada hubungannya blog bisnis yang terkesan profesional dengan pengajuan adsense?
Ya ada! Hubungannya terjadi secara tidak langsung.

Penjelasannya begini,,,,
Bila sebuah blog bisnis dapat profesional, muaranya tentu pada kepuasan pembaca (user experience).

Selanjutnya apakah yang terjadi bila pembaca telah merasa merasa puas?
Maka mereka cenderung akan datang kembali berkunjung di waktu selanjutnya. Sehingga sumber lalu lintas trafik pun meningkat. Nah hal itulah yang akhirnya memenuhi syarat yang tercantum pada poin nomor 2 isi email dari google adsense di atas. ☺

Nah,,, bila blog teman-teman termasuk kategori niche 'berat', contoh seperti niche blogging, kesehatan, teknologi, berita, pendidikan, dan lain-lain, sebaiknya gunakanlah bahasa yang baku.

Kecuali bila blog teman-teman adalah blog personal, blog gaul, blog wisata, dan lain-lain maka pakailah bahasa pergaulan sehari-hari. Sehingga terkesan lebih santai dan tidak kaku.

Oke,,, kita kembali fokus pada topik.

Pasca penolakan pertama kemudian saya mencoba peruntungan dengan mencoba mendaftar blog lewat akun adsense youtube. Saat itu (sekitar 6 bulan lalu) masih mudah untuk mendapatkan akun adsense youtube. Hanya dalam hitungan jam, pengajuan akun adsense youtube tersebut telah dapat aktif.

Nah, saat itu saya melakukan trik dengan cara mendaftarkan blog lewat akun adsense youtube (merubahnya dari akun hosted menjadi non hosted/upgrade).

Apakah pengajuan di terima?

Oooow ternyata anda masih belum beruntung,,,, hehehe ☺

Karena saya di PHP selama 4 bulan! Di terima tidak, di tolak pun tidak. Hhhhhhhhh!

Akhirnya karena terlalu lama tidak ada jawaban pasti, akun adsense youtube itu pun saya hapus (batalkan akun).

Setelah pengajuan yang kedua di tolak, akhirnya saya mencoba mendaftarkan lagi untuk yang ketiga kalinya.       

Saya terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada semua artikel copasan dari catatan Facebook itu. Selain itu pada artikel terbaru, saya menulisnya dengan begitu lengkap, runut dan mendetail. Pokoknya kualitas artikel benar-benar saya jaga dan perhatikan sebaik-baiknya.

Setelah melakukan penyempurnaan pada artikel lama (copas dari Facebook) dan penulisan yang serius pada artikel-artikel baru, akhirnya saya lebih percaya diri untuk melakukan pengajuan yang ke tiga kalinya. Jarak waktu dari penolakan kedua ke pengajuan yang ketiga ini kira-kira dalam waktu sebulan.

Apakah pengajuan yang ketiga ini akhirnya di terima?

Tidak! hehehe ☺☺ ☺

Apakah gerangan sebabnya?
Apakah karena artikel masih belum memadai?
Bukan,,,,,

Apakah karena masih ada kata-kata yang di singkat dan tata bahasanya kurang baku?
Bukan,,,,,

Apakah karena masih ada artikel yang kata-katanya terlalu sedikit?
Bukan,,,,

Bukan karena sebab di atas, karena memang tidak ada tertera penyebab diatas itu pada penolakan yang kedua ini. Lagipula 'kan semua artikel telah saya sempurnakan dengan sebaik-baiknya dalam rentang waktu sebulan sebelum pengajuan yang kedua ini.

Lantas apakah penyebabnya??

Oh ternyata,,,,, penyebabnya adalah,,,,,, "Akun yang anda daftarkan tidak di setujui/di tolak". Demikian tertera tulisan pada dasboard penghasilan di blog saya.

Mulanya saya sempat kebingungan, apa dan bagaimana sih maksudnya si mbah google ini?
Kok bisa akunnya di tolak? Sempat beberapa hari saya kebingungan dan ngubek-ngubek semua tutorial yang ada di penelusuran google untuk mendapatkan jawabannya.

Selidik punya selidik, akhirnya saya temukan juga jawabannya!

Ternyata akun atau email yang saya daftarkan itu di tolak karena terkait dengan email dari akun adsense youtube yang pernah saya daftarkan sebelumnya. Email ini terkait karena pernah saya gunakan untuk email pemulihan akun adsense tersebut.

Belakangan barulah saya ketahui bila sebuah email pernah kita batalkan, maka selamanya email itu tidak bisa di gunakan lagi untuk mendaftar google adsense. Sampai-sampai email pemulihannya pun ikut tidak bisa di daftarkan lagi. 

Pengalaman saya di atas bisa jadi informasi berharga untuk teman-teman semuanya.
Jangan pernah pergunakan lagi email yang pernah kita batalkan akun ataupun yang terkait dengannya untuk mendaftar ke google adsense, karena pasti pengajuan akan di tolak. 

Karena sudah tiga kali pengajuan saya di tolak dan di PHP, akhirnya saya putuskan untuk fokus menulis artikel yang berkualitas, informatif dan berbobot. Saya sempat berniat, untuk kembali mendaftarkan ulang ke google adsense setelah blog saya genap berumur setahun saja. Di hitung dari waktu penolakan yang terakhir, ada sekitar dalam waktu dua bulan saya fokus dan serius menulis artikel yang berbobot.

Perlahan namun pasti, pengunjung organik pun mulai ramai datang dan berlangganan ke blog saya.  Memasuki bulan ke 8 umur blog bang izal toy, telah mampu mendatangkan rata-rata 384 orang pengunjung aktif/unik per hari atau 8.534 orang pengunjung aktif/unik per bulan. (Lihat foto bawah).

SETELAH TIGA KALI DI TOLAK, AKHIRNYA BLOG BANG IZAL TOY DI TERIMA FULL APPROVE GOOGLE ADSENSE (Napak Tilas)
Data trafik organik dari google analytic

Namun ada rekan dan teman-teman sesama blogger yang menganjurkan agar saya kembali mendaftar lagi ke google adsense. Alasan mereka tidak ada salahnya kembali mendaftar, "toh daftarnya gratis kok" kata mereka. ☺

Setelah saya fikir-fikir, benar juga apa yang mereka katakan.

Akhirnya pada awal bulan oktober 2017 saya kembali mendaftarkan blog ini ke google adsense. Menggunakan akun email baru, dan untuk email pemulihan saya menggunakan akun email dari Yahoo.

Pengajuan yang ke-empat ini bisa di katakan pengajuan ogah-ogahan, artinya di terima syukur di tolak juga tidak apa- apa. hehehe ☺

Dan ternyata hasilnya??

Akhirnya di terima! hehehehehe ☺☺☺

Hanya dalam rentang waktu 10 hari sejak pendaftaran, saya menerima email full approve dari google adsense.

Dan terbayar sudah semua kerja keras yang saya lakukan dalam 8 bulan terakhir. Alhamdulillah. ☺

Demikianlah teman-teman,,, kisah napak tilas dan perjuangan saya dalam mendapatkan akun dan menjadi publisher google adsense.

Apakah perjuangan telah selesai?

Oh belum kawan!

Ini baru langkah awal, perjuangan ke depannya jauh lebih keras dan menantang!
Dan saya harus siap menghadapinya! Demikian juga untuk anda teman-teman!
Mari kita buktikan kalau kita bisa sukses menjadi publisher google adsense! ☺☺☺

Semangat!

Penulis by : Bang izal. 

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Alhamdulillah,
    Hasil tidak akan menghiyanati proses, ya ga om..
    Jangan putus asa selalu berkarya
    Oom ini memang manteps, bisa menjadi teladan 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om hehehe πŸ˜€

      Semoga sukses juga buat blognya om πŸ‘ŒπŸ˜‰

      Delete
  2. Bujug dah ah...panjang beud bangπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan biar Napak tilasnya kumplit om πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Bikinnya sampe 2 hari 2 malam ni artikel hehehe 😁

      Delete
  3. Selamat Bos, Sukses terus

    ReplyDelete
  4. Pokoknya Selamat Yach Bang........ kabari klu sudah dapat PIN.:)

    blog saya malah tidak berkualitas, tidak unik, REWRITE dan banyak artikel pendek saat diterima Oleh Google Adsense.

    Jadi menurut saya adalah kunjungan / trafik organik yang stabil dengan usia blog yang sudah lebih dari 3 bulan penyebab diterimanya.

    Dan blog tersebut tidak melanggar TOS dari Adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om :)

      Sebaiknya artikel memang harus unik, panjang dan original om,,, karena itu berkaitan erat dengan kepuasan audience. Bila pembaca sudah merasa puas pada isi artikel sebuah blog, maka mereka akan dengan sukarela datang kembali di waktu berikutnya. Nah hal inilah yg selalu di rekam oleh google, sehingga pada akhirnya memberikan reward dengan nilai BPK yg tinggi kepada blog tersebut.

      Tetap semangat ya om,,, kita memang harus saling mendukung, memberi kritik membangun dan saran terbaik demi kebaikan bersama.

      Semoga sukses selalu, dan salam blogger!

      Delete
  5. Wah, kok komen saya gak muncul ya ... Apa dihapus ya Om? πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen yg mana om?

      Komen dari om yg masuk ke email baru komentar yg ini. Mungkin komen yang sebelumnya belum terkirim om 😊

      Semua komentar dari siapapun asalkan tidak berisi link/URL aktif pasti akan saya publikasikan.

      Buktinya komentar om saya publikasikan karena tidak mengandung link aktif hehe πŸ˜€

      Delete
    2. Efek signal kali ya bang, jadi gak terkirim 😊 Ok deh, sukses selalu BangIzalToy ...πŸ‘

      Delete
  6. Selamat Bang, semoga makin sukses di dunia usaha maupun dunia AdSense

    ReplyDelete
  7. Semakin hari tambah mantap dan sukses saja nih bang Izal. Hmm,,,sedikit usul ya bang, jika memang tampilan blog ini bukan sebagai cirikhas khusus ala bang Izal,,,,mungkin sebaiknya ditata/dirapihkan kembali,,,agar pengunjung tambah nyaman dan penghasilan adsense semakin banyak. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah om Syamsu. Hehe 😊

      Wah boleh banget kritik dan sarannya om, kira2 apa yg perlu diperbaiki om?

      Delete
    2. Tampilannya terlalu lebar dan spasi tulisan atas-bawah terlalu jauh sehingga berpotensi pengunjung yang bukan blogger tuh malas tuk scrollnya bang,,,he he he. Ini sih terutama ketika diakses menggunakan PC/Laptop, kalau untuk tampilan di android ,,,saya belum pernah nyoba. Maaf loh bang,,,bukan berarti mendikte,,tapi ini sebagai tanda kepedulian saya terhadap perkembangan blog ini.

      Delete
    3. Wah saya malah makasih banget dapat dan koreksinya om hehe

      Itu tandanya blog ini diperhatikan oleh para audience, salah satunya dari om syamsu :D

      Lebar tampilannya sudah saya perkecil om, jadi mata pembaca tidak terlalu jauh bergerak ke kiri dan ke kanan ketika membaca artikelnya, sudah proporsional sekarang :)

      Yang agak berat mungkin memperbaiki spasi artikel nih om,,,, karena artikel saya panjang2 semua, rata2 berisi 1500 - 2500 kata. Lumayan gempor juga nih benerinnya satu persatu hehehehe :)

      Tapi nanti akan saya perbaiki secara berangsur-angsur.

      Sekali lagi terima kasih atas masukannya ya om.

      Salam blogger dan semoga sukses selalu!

      Delete
  8. Saya juga pernah bang ngerasain ditolak, eh sekalinya di accept gabisa atur adsense buat di blog nya. jadi cuman bisa tampilin 2 macem iklan aja hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa dipasang dimana om? Kalo gak bisa masang di dalam artikel, coba kunjungi blognya teman saya, nama blognya SEO V6.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner