BEBERAPA HAL DAN MASALAH PENTING YANG WAJIB DI KETAHUI OLEH PEBISNIS TOKO MAINAN PEMULA Skip to main content

BEBERAPA HAL DAN MASALAH PENTING YANG WAJIB DI KETAHUI OLEH PEBISNIS TOKO MAINAN PEMULA

Assalamualaikum.

Hai teman-teman semua, terutama rekan-rekan sesama pebisnis toko mainan.
Bagaimana kabar hari ini?
Mudah-mudahan usahanya berjalan lancar dan sukses selalu ya, Ammiin.

BEBERAPA HAL DAN MASALAH PENTING YANG WAJIB DI KETAHUI OLEH PEBISNIS TOKO MAINAN PEMULA

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas beberapa hal penting yang wajib harus diketahui oleh pebisnis toko mainan pemula.

Kenapa pada judul artikel lebih saya tekankan untuk pemula?

Ya,,, karena bagi pebisnis mainan yang sudah berpengalaman, tentu (pada umumnya) sudah tahu tentang hal penting ini. Tapi tidak ada salahnya juga, jika pengusaha mainan yang sudah berpengalaman ikut menyimak tulisan ini, hitung-hitung untuk saling berbagi ilmu hehe. ☺

Hal dan masalah penting apakah itu?

Supaya pembahasan berjalan lebih runut, terperinci dan mudah dipahami, maka saya akan membagi hal penting ini menjadi 2 bagian. Yaitu masalah eksternal dan internal.

Belum mudeng ya teman-teman?

"Ya iyalah belum mudeng!
Lha wong belum abang izal jelasin! 😂

Oh iya ya lupa wkwkwkwk ☺☺☺  (Intermezzo dulu sedikit hehehe)

Baiklah, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Kita akan mulai membahas dari masalah eksternal dulu.

Yang dimaksud dengan masalah ekternal adalah segala hal yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha toko mainan kita, baik itu dari sisi positif maupun negatif.

Di antaranya :

#1. Jangan memilih lokasi toko yang terlalu dekat dengan pasar tradisional. 

Apa sebab?

Karena dipasar tradisional (pada umumnya), harga pasaran mainan disana telah jatuh/rusak.

Faktor penyebab, karena begitu tingginya persaingan di antara sesama pedagang mainan dipasar tersebut.

Hal ini juga berkaitan erat, karena sudah terlalu banyak orang yang telah berdagang mainan disana, sehingga persaingan yang sengit nyaris tidak bisa dihindari lagi.

Masalahnya persaingan yang ada seringkali bukanlah persaingan yang sehat. Tapi cenderung pada persaingan yang saling menjatuhkan, yaitu dengan cara banting harga.

Mengapa cara ini (banting harga) yang paling sering dipilih orang ketika bersaing?

Karena itulah cara yang paling instan dan cepat!
Tidak perlu harus pusing memikirkan cara bersaing kreatif yang cenderung ribet dan butuh skill tinggi. Intinya yang penting bisa menang! Soal efek jangka panjang dan prospek usaha yang bisa hancur, itu urusan nomor 16.

Akibat persaingan tidak sehat seperti ini, sudah banyak membuat pedagang mainan dipasar tradisional yang menderita pailit bahkan bangkrut.

Ada sebuah kisah nyata yang terjadi pada seorang pedagang mainan dipasar Ciracas Jakarta timur yang pailit gara-gara praktek bisnis tidak sehat ini. Kisahnya sudah pernah saya tulis di artikel berikut : SEPATU RODA STORY, Prolog (Rugi Bandar)

Nah bila teman-teman kurang cermat dalam men-survey, mengamati dan memilih lokasi. Sehingga tanpa sengaja (terlanjur) memilih lokasi di dekat pasar yang pasaran harganya telah rusak, maka hal ini akan membuat usaha teman-teman (kemungkinan besar) akan sulit berkembang.

Apa sebab?

Karena yang sering terjadi, para pembeli yang datang pasti akan suka membanding-bandingkan harga ditoko kita dengan pasaran harga di pasar tersebut.

Menghadapi hal seperti ini pasti teman-teman akan merasa serba salah, jika di ikuti, margin keuntungannya sudah sangat tipis sekali. Sedangkan kalau kita keukeuh menjual dengan harga banderol standar, maka calon pembeli itu tidak akan jadi membeli. Dia langsung cabut meluncur ke pasar tersebut!

Nah! bikin makan hati kan? Hhhhhhhhh!

Kenapa saya bisa tahu?

Karena hal ini pernah terjadi pada adik perempuan saya.

Dulu karena belum berpengalaman, juga disebabkan terlalu terburu-buru (karena bersemangat) membuat adik saya memilih lokasi toko yang berada di dekat pasar Ciracas. Hanya dalam waktu setahun saja dia sanggup bertahan di daerah Ciracas tersebut. Setelah itu adik saya pindah lokasi ke toko yang berada di area pinggir jalan alternatif Condet. Alhamdulillah sejak pindah ke condet ini, toko mainannya ramai sampai sekarang.

Oleh karena itulah, pengalaman ini saya bagikan kepada teman-teman. Sebisa mungkin jangan memilih lokasi toko mainan terlalu dekat dengan pasar tradisional. Bila telah terlanjur, dan ternyata pasaran harganya juga sudah rusak, maka lebih baik cepat ambil keputusan untuk pindah ke toko lain yang berlokasi di jalur jalan alternatif yang selalu ramai dilewati kendaraan.

#2. Jangan memilih toko yang lahan parkirnya terlalu sempit, atau parkirnya cukup luas tapi sayang posisi pelataran parkirnya terlalu tinggi. 

BEBERAPA HAL DAN MASALAH PENTING YANG WAJIB DI KETAHUI OLEH PEBISNIS TOKO MAINAN PEMULA

Important thing

Hmmm,,,, kalau lahan parkir terlalu sempit mungkin teman-teman sudah tahu alasannya. Tapi soal jangan memilih toko dengan pelataran parkir terlalu tinggi, mungkin akan timbul pertanyaan didalam fikiran teman-teman : "Memangnya kenapa bang izal?"

Begini teman-teman,,, pernahkah teman-teman ketika pergi berbelanja ke suatu tempat, misal makan bakso, mie ayam atau lain sebagainya. Nah ketika kita akan mau masuk lokasi, mendadak bikin alam bawah sadar kita jadi malas karena sudah keburu terbayang ribetnya untuk masuk kesana. Apalagi bagi seorang perempuan, kendaraan bermotornya mesti di gas kencang agar bisa masuk lahan parkirnya tersebut. Fiuuuuh,,,,bikin bete' ☺☺

Sebenarnya hal ini sangat erat kaitannya dengan faktor psikologis. 
Jadi membuat orang sudah keburu malas duluan ketika melihat toko kita. 
Dan ini memang banyak  terjadi! 
Saya sering sekali memperhatikan toko-toko yang rancangan dan desain arsitekturnya salah, maka bisa berakibat fatal! Pasti membuat toko itu selalu sepi pengunjung!

Analogi yang mudahnya begini : jika di Mall, mana yang lebih ramai? lokasi lantai dasar atau lantai dua? Pastinya lebih ramai lantai dasar bukan? karena pembeli tidak perlu repot-repot naik tangga. Makin naik ke lokasi lantai paling atas, pasti makin sepi pengunjungnya, dan sewa tempat pun semakin murah.

Begitulah kira-kira analoginya.

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-sekali memilih toko dengan kriteria seperti di atas. 

#3. Jangan memilih lokasi toko yang terlalu dekat dengan area pasar kaget.


Hal ini sebenarnya masih erat dan sama kaitannya dengan poin nomor 1 diatas. Karena di area pasar kaget biasanya para pedagang mainan disana akan menjual dengan harga termurah. Ini wajar, karena persaingan antar sesama pedagang dipasar kaget sangat begitu tinggi. 

Saya bisa tahu karena saya dahulu adalah mantan pedagang lapangan, hanya saja dulu saya berdagangnya dipasar malam. Tapi cara bersaingnya sebenarnya sama saja antara pasar kaget dengan pasar malam, yaitu berlomba-lomba saling banting harga. 

Kisah nyata waktu saya masih berdagang dipasar malam, lengkap dengan pengalaman pahit menghadapi persaingan harga yang tidak sehat, sudah pernah saya tulis dalam artikel berikut ini : CATATAN PERJALANAN USAHAKU Bagian 5 (Persaingan tidak sehat di pasar malam)   

Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan pernah teman-teman memilih lokasi toko mainan yang terlalu dekat dengan area pasar kaget, karena pasaran harga disana cenderung sudah jatuh.

Contoh pasar kaget yang ada di beberapa tempat di jakarta, seperti sepanjang jalan kantor Pemda Cibinong. Disana setiap hari minggu tumplek dan penuh semua pedagang di sepanjang jalan itu, termasuk didalamnya banyak sekali pedagang mainan kaki lima.

Pasar kaget lain seperti sepanjang jalan juanda Depok dan sepanjang jalan RS. Kesdam dan taman komplek koppasus Cijantung. Setiap hari minggu banyak sekali pedagang mainan kaki lima yang berdagang disana. 

Jadi bila teman-teman mencari lokasi toko mainan, sebisa mungkin jangan terlalu dekat dengan pasar kaget yang telah saya sebutkan diatas. 

Baiklah, diatas telah saya bahas masalah eksternal. Itu merupakan beberapa hal penting dan wajib diketahui oleh pebisnis mainan pemula. 

Sekarang akan kita lanjut pembahasan pada faktor internal. Ini merupakan masalah yang tidak kalah penting untuk diketahui.

Masalah internal ini antara lain :

#1. Jangan menyimpan stok mainan remote control (RC mobil, RC helikopter, Drone) yang baterainya jenis carger terlalu banyak. 


Ini adalah hal dan masalah penting lain yang wajib diketahui oleh pebisnis toko mainan pemula. 

Saya menulis ini karena berdasarkan pengalaman saya sendiri. Dulu di awal berkarir sebagai pedagang mainan saya suka sekali menyimpan stok mainan remote control jenis baterai carger terlalu banyak. Alasan saya berbuat seperti itu, agar tidak terlalu repot berulangkali berbelanja ke asemka dan supaya persediaan stok mainan jenis remote control saya selalu banyak.

Ternyata cara yang saya terapkan ini tidak tepat teman-teman.

Apa sebab?

Karena ternyata baterai jenis carger (cas) itu apabila terlalu lama tidak dipakai/tersimpan, maka akan menyebabkan bocor atau berkarat. 

Apesnya hal ini baru saya sadari pas setelah bongkar gudang ketika menjelang lebaran. Saya memang selalu membongkar isi gudang di setiap momen lebaran. Karena ketika lebaran mainan remote control seperti RC mobil, RC helikopter, pesawat Drone sangat laris sekali. 

Nah, apa yang saya dapati? Ternyata baterainya sudah bocornya semua, sebagian lagi bahkan telah berkarat!

Sejak kejadian itu, selanjutnya menjadi pelajaran berharga bagi saya untuk tidak lagi menyimpan stok mainan mobil remote control jenis baterai carger terlalu banyak dan dalam waktu yang lama. 

Oleh karena itulah pengalaman ini kembali saya bagikan kepada teman-teman supaya tidak mengalami hal yang serupa seperti saya. 

Rekomendasi artikel : 5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)  

#2. Jangan menyimpan terlalu lama baterai cas tamiya, mainan airsoft gun yang pakai laser, dan mainan handphone yang di dalamnya ada baterainya.   


Hal ini sebenarnya masih sama persis seperti kasus mobil remote diatas. Karena sifat baterai itu jika terlalu lama tersimpan dia akan menjadi panas. Dan bila panas akan membuat zat kimia di dalam baterai tersebut akan memuai dan terurai (yang mengatakan begini adalah tukang servis mainan langganan saya).

Begitu juga dengan mainan airsoft gun yang ada lasernya. Pedagang mainan pasti akan tahu bahwa didalam laser itu ada baterai kancing (sejenis baterai jam). Nah jika laser ini terlalu lama tersimpan, maka baterai kancing tersebut akan menjadi berkarat, sehingga lasernya tidak bisa menyala lagi.

Demikian juga dengan mainan handphone yang ada baterai didalamnya (biasanya jenis baterai ukuran AA). Jika mainan handphone ini terlalu lama tersimpan, maka akan membuat baterai tersebut akan bocor, sehingga tentu saja hal ini akan merugikan kita sebagai pedagang mainan.

Tambahan : Saya pernah mendapat keluhan dari salah satu teman Facebook tentang handphone mainan ini. Jadi dia bercerita waktu itu pernah mendapat borongan barang mainan OB (obral) dari sebuah toko grosir. Nah kalau barang OB ini kita disuruh membeli secara borongan semua barang digudang dengan nilai tertentu tanpa memeriksa barangnya satu persatu. 

Ternyata teman ini memang sedang apes, karena banyak diantara barang mainan OB itu sebagian besarnya adalah mainan handphone ini. Dan yang membuat dia lebih apes lagi, ternyata baterainya sudah bocor semua! 

Jadi buat teman-teman, berhati-hatilah ketika membeli barang mainan OB, sebisa mungkin cek terlebih dahulu isinya.   

#3. Hati-hati ketika membeli mainan kuda karet (yang bisa dinaiki), periksa benar-benar kualitas bahannya. Jangan sampai anda merugi karena tidak teliti.


Ini hal dan masalah penting berikutnya yang wajib diketahui oleh pebisnis toko mainan pemula.

Jika teman-teman membeli kuda karet, periksalah secara teliti bahan dari kuda karet tersebut. Ciri-ciri bahan kuda karet yang bagus adalah tidak lengket ketika dipegang. Tekstur bahan karetnya juga tidak kenyal seperti karet yang masih mentah. 

Sedangkan ciri-ciri kuda karet yang jelek adalah sangat lengket ketika dipegang. Tekstur bahan karetnya juga sangat kenyal dan lembek. Ciri khas lainnya yaitu harganya murah! 
Kuda berbahan jelek ini harga modalnya cuma 55.000 rupiah/pcs, sedangkan kuda karet yang bagus modalnya 72.500 rupiah/pcs. 

Kuda karet yang berkualitas jelek sangat mudah sekali bocor dan tidak bisa di pompa terlalu kencang. Bila dipompa terlalu kencang maka dia akan robek. Para pedagang mainan yang telah berpengalaman membeli kuda karet berkualitas buruk ini pasti akan langsung membenarkan ucapan saya.

Saya pernah merugi hingga satu lusin kuda karet jelek ini gara-gara semua pembeli kuda ini komplain kepada saya. Mereka minta ganti karena kudanya langsung bocor, padahal baru sehari dipakai oleh anaknya.

Rekomendasi artikel : SOLUSI UNTUK PRODUK TOKO MAINAN YG RUSAK (Kolam/Kuda Karet Bocor, Mobil Remote, dll)

Sejak saat itu saya kapok dan tidak pernah sekalipun membeli kuda karet berkualitas buruk itu lagi.

Saya selalu membeli kuda karet yang berkualitas bagus dengan modal 72.500/pcs tersebut. Biarlah mahal dan hanya mendapatkan untung penjualan sedikit, daripada dapat barang murah tapi ujung-ujungnya saya malah rugi bandar! Hhhhhhhhhh! 😢😢   

Oleh karena itu kepada teman-teman pebisnis toko mainan pemula, jangan pernah sekali-kali membeli kuda berkualitas jelek tersebut. Jangan tergoda dengan iming-iming harga murah, tapi akhirnya kerugian lebih besar yang kita dapatkan. 

Demikianlah pengalaman ini saya bagikan. 

Semuanya saya tulis ini berdasarkan pengalaman nyata yang pernah saya alami. Semoga dapat menjadi pelajaran dan bermanfaat untuk teman-teman semua.

Apabila teman-teman menyukai tulisan ini, silahkan di share ulang. Sehingga dapat dibaca pula oleh teman-teman kita yang lainnya dan dapat bermanfaat pula untuk mereka.

Saya doakan semoga sukses selalu untuk teman-teman semua.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Wahhh...dapet ilmu lgi saya dari bang izal.

    Untuk jenis mobil rc lebih baik yg pake battery,yg 1x pake buang aja ya bang..oiyaa..kira"untuk lama penyimpanan brpa tahun ya bang untuk jenis yg menggunakan battrey dan apalagi yg battrey'a sudah tertanam dari pabriknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul,,, kalau mainan remote control yang mengunakan baterai sekali pakai (non carger), tidak apa2 kita stok dalam jumlah banyak.

      Paling lama dalam waktu 6 bulan om, sebagian ada yg tahan sampai setahun. Tergantung kualitas baterainya..

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner