Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mainan Tayo dan Tobot Sedang Musim (Laku Keras), Tapi Sayang Produknya Sulit Di Dapatkan, Apa Solusinya?

Assalamualaikum.

Teman-teman,,,,,

Sejak diputuskan peraturan red line oleh ibu menteri sri mulyani, maka mulailah era masa suram bagi para pelaku usaha. Terutama bagi pengusaha yang mengandalkan barang produksi dari luar negeri (impor).

Saat ini, semua produk (komoditi) dari luar negeri tidak akan bisa lolos dari petugas custom clearance (jasa layanan kepabeanan) jika jenis produk yang diperiksa tidak sesuai dengan data yang tertera pada dokumen (airway bill).

Jadi saat sekarang ini kita sudah tidak bisa lagi melakukan praktik impor borongan seperti dulu.

Impor borongan itu maksudnya begini :

Misal saya punya teman, dia seorang importir mainan remote control, nah saya 'numpang nitip' sama dia untuk sekalian dibelikan mainan action figure. Jadi saya cukup membayar 'uang jasa' saja kepada teman saya ini, tanpa perlu keluar biaya untuk bea cukai dan birokrasi lainnya.

Nah, praktik seperti diatas sudah tidak bisa lagi dilakukan pada saat sekarang ini.

Jika terbukti ada barang yang tidak sesuai dengan data dokumen, maka barang itu akan tetap tertahan di custom clearance. Sampai kita selesai mengurus semua persyaratannya, barulah barang yang tertahan itu akan lolos dari petugas bea cukai.

MAINAN TAYO DAN TOBOT SEDANG MUSIM (LAKU KERAS), TAPI SAYANG PRODUKNYA SULIT DI DAPATKAN, APA SOLUSINYA?

Artikel lengkap tentang red line ini sudah pernah saya tulis, berikut artikelnya : RED LINE OH RED LINE : IMPORTIR, DISTRIBUTOR, SUPLIER, AGEN, SELLER SEMUANYA DIBUAT GALAU OLEHMU

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan menyeluruh tentang red line, (jika ada waktu luang) silahkan dibaca saja artikel diatas.

Nah, efek dari peraturan red line ini telah mengakibatkan langkanya berbagai komoditi barang impor, salah satunya adalah produk mainan dari China.

Saat ini ada beberapa jenis mainan yang sedang musim dan laku keras. Mainan tersebut adalah Tayo dan Tobot. Hampir setiap hari ada saja orang tua dan anak-anak yang datang ke toko saya. Mereka menanyakan dan ingin membeli mainan tersebut.

Tapi sayang seribu kali sayang, setiap saya pergi berbelanja produk Tayo dan Tobot tersebut ke asemka, barangnya selalu dalam keadaan kosong. Produknya sulit didapatkan!

"Emang barangnya sama sekali gak pernah masuk bang izal?"

Bukannya tidak pernah masuk,,, tentunya saja ada beberapa toko grosir yang berhasil memasukan barang Tayo dan Tobot tersebut, karena dokumen dan persyaratan impornya telah lengkap.

"Trus kok bang izal bilang barangnya selalu kosong?"

Lhoo,,, piye toh teman-teman,,,,? Masalahnya : sekalinya barang datang, gak pake lama langsung habis! Paling lama stoknya hanya bisa bertahan 2 atau 3 hari ditoko grosir asemka tersebut!

Coba teman-teman fikirkan, apakah yang terjadi ketika suatu produk sangat banyak peminatnya tapi barangnya sangat sulit didapatkan?

Dan tiba-tiba saja barangnya ujug-ujug nongol, kira-kira apakah yang akan terjadi?

Rebutan massal!

Begitulah!

Pernah sekali waktu saya sedang beruntung.
Beberapa waktu lalu saya sedang berbelanja stok mainan ke asemka, dan kebetulan pula kedua produk yang sedang nge-trend tersebut baru saja datang.

Apa yang terjadi?

Itu semua para pedagang yang disana pada berebutan!
Sampai-sampai ada sebagian kemasan tobotnya bonyok karena tertindih oleh mereka

Suasananya mirip seperti era musim sepatu roda dulu, banyak peminat tapi barangnya sangat langka.

Nah saat beberapa waktu lalu itu, saya mendapatkan produk mainan Tayo dan Tobot ini dari toko Lucky toys dan toko Hans Toys.
Sengaja saya beli dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu beberapa karton Tobot dan Tayo. (Satu karton isinya 6 lusin).

Mainan Tayo dan Tobot ini sendiri ada yang jenis 'ORI' dan KW.

Mungkin teman-teman ada yang bertanya : "Kok tulisan ori-nya pakai tanda kutip bang izal?"

Ya,,, sebab yang dimaksud 'ori' disini bukan 100% benar-benar ori, karena yang 100% ori harganya sangat mahal. Yang dimaksud 'ori' disini adalah 'original' KW 1, karena tulisannya sesuai dengan nama mainannya. Dan yang tulisannya berbeda adalah produk KW 2, KW 3, dan seterusnya.

Jadi kalau Tayo 'ori' tulisannya : Tayo.

Lihat contohnya pada foto dibawah.

MAINAN TAYO DAN TOBOT SEDANG MUSIM (LAKU KERAS), TAPI SAYANG PRODUKNYA SULIT DI DAPATKAN, APA SOLUSINYA?

Sedangkan kalau Tayo KW 1, 2, 3, dan seterusnya bertuliskan : Toyo, taayo, tayyo, dan lain-lain.

Lihat salah satu contoh fotonya dibawah :

MAINAN TAYO DAN TOBOT SEDANG MUSIM (LAKU KERAS), TAPI SAYANG PRODUKNYA SULIT DI DAPATKAN, APA SOLUSINYA?

Begitu juga dengan mainan Tobot, kalau yang 'ori' mereknya benar-benar Tobot.

Sedangkan kalau yang KW, mereknya Autobot.

Coba lihat foto dibawah ini.
Foto yang sebelah kanan adalah Tobot KW (merek Autobot), sedangkan yang kiri adalah Tobot 'ori' dengan merek Tobot.

MAINAN TAYO DAN TOBOT SEDANG MUSIM (LAKU KERAS), TAPI SAYANG PRODUKNYA SULIT DI DAPATKAN, APA SOLUSINYA?

(Catatan : Mainan Tobot telah mengalami update (perubahan harga). Harga yang tertera dibawah ini merupakan harga lama).

Tobot 'ori' tersedia toko Hans toys. Modalnya Rp. 75.000.
Teman-teman bisa menjualnya kembali dengan memberi banderol harga Rp. 125.000 - 140.000.

Soal harga jual terserah teman-teman, sesuaikanlah dengan tingkat daya beli masyarakat disekitar tokonya. Kalau lokasi toko berada di daerah kelas menengah keatas, diberi banderol 150.000 pun sebenarnya tidak masalah. Tapi kalau masyarakatnya termasuk golongan menengah kebawah, maka cukup dibanderol seharga 125.000 saja.

Sedangkan kalau tobot KW biasanya yang menjual adalah toko Lucky toys. Modalnya ada yang Rp. 16.500 dan Rp. 45.000.
Teman-teman bisa menjual tobot KW yang modal 16.500 seharga 35.000 Rupiah. Dan yang modal 45.000 dijual seharga 75.000 Rupiah.

"Kalau toko grosir untuk mainan Tayo dimana bang izal?"


Untuk mainan tayo, toko grosirnya adalah Lucky toys. Ditoko ini tersedia mainan Tayo 'ori' dan KW.

Mainan Tayo jenis 'ori' modalnya bermacam-macam, tergantung modelnya. Ada yang modalnya 15.000, 75.000 dan 135.000. Harga tergantung besar, model dan jumlah isi mobil Tayonya.

Tayo jenis KW ada yang modalnya Rp.12.000 dan Rp.18.500.
Yang modal 12.000 biasanya saya jual seharga 22.000, dan modal 18.500 saya jual seharga 35.000 Rupiah.

Catatan : Semua harga diatas hanya sekedar contoh saja, bukan standar harga baku.

Sekali lagi soal harga jual, silahkan teman-teman sesuaikan sendiri.

UPDATE!!  

Artikel ini ditulis pada saat mainan tobot benar-benar baru boomming dan produknya masih sangat langka (coba lihat tanggal dan bulan artikel ini ditulis). Pada saat itu tipe tobot yang beredar adalah jenis keluaran pertama (Original). Dan saat itu tobot jenis KW (tiruan) masih sangat sedikit beredar. Sehingga ketika itu harga modal tobot per pcs nya masih tinggi.

Nah, pada saat sekarang ini sudah sangat banyak beredar jenis tobot KW (tiruan), dan produknya banjir dipasaran. Sehingga harga tobot secara keseluruhan pada saat ini menjadi anjlok. Kini harga modal tobot ORI dikisaran 35.000 sampai 40.000 per pcs nya. Dan yang merek KW (tiruan) kisaran modal 27.500 per pcs nya. 

Oleh karena itulah artikel ini akhirnya saya edit, agar para pembaca blog ini (dari kalangan pedagang mainan) menjadi tidak bingung. Demikian.  

Oh iya, ngomong-ngomong teman-teman sudah tahu profil, kelengkapan produk dan alamat toko Hans toys/Lucky toys belum?

Kalau belum tahu, kebetulan saya sudah pernah menulis artikel lengkap tentangnya. Berikut ini artikelnya : 5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

Bagaimana kalau setiap teman-teman datang berbelanja ke asemka, selalu mendapatkan kondisi barangnya selalu kosong/habis?

Kira-kira apa solusinya?


Baiklah, saya akan berbagi solusi untuk permasalahan ini berdasarkan pengalaman saya.

Salah satu solusinya :

Sebelum teman-teman pergi berbelanja produk Tobot dan Tayo tersebut ke asemka, sebaiknya telpon dulu kedua toko tersebut. Gunanya untuk mengkonfirmasi apakah stoknya barangnya tersedia atau tidak.

Bila ternyata tersedia, segeralah berangkat ke asemka.

Jangan ditunda-tunda!

Karena seperti yang telah saya ceritakan diatas, ketika barang itu datang, biasanya 'umurnya' tidak akan lama. Karena pasti akan menjadi rebutan para pedagang.

Oh iya, nomor telponnya toko Hans dan Lucky toys ada tercantum pada isi link artikel diatas, nanti silahkan teman-teman lihat dan cek saja.

Solusi lainnya adalah :
Cobalah mencari seller/importir dari Batam melalui situs e-commerce.


Sangat jauh berbeda dengan di Jakarta, di Batam relatif lebih mudah masuk barang impor dari luar negeri. Saya belum tahu pasti apa penyebabnya disana lebih mudah barang masuk. Lagipula tidak penting juga untuk ditelusuri lebih jauh, karena bagi kita para pedagang, yang penting barang bisa didapatkan. Betul apa betul teman-teman? Hehehe ☺☺☺

Dan lebih enaknya lagi, terkadang harga seller dari batam ini malah lebih murah daripada harga grosir di asemka. Saya pernah mendapatkan harga Tobot Rp.60.000/pcs dari seller Batam (belinya di tokopedia), padahal di asemka harga grosirnya Rp.75.000/pcs. Dan jenis barangnya pun sama! Kan lumayan selisih untung 15.000/pcs nya hehehe ☺

Berapakah sebaiknya jumlah stok barang yang mesti dibeli?


Karena saat ini barang sangat langka dan begitu sulitnya impor mainan untuk masuk ke Indonesia, maka saya berpendapat sebaiknya teman-teman membeli stok barang dalam jumlah yang lebih banyak dari pada biasanya.

"Apakah tidak dikhawatirkan nanti stoknya jadi menumpuk bang?"

Tidak apa-apa,,, tidak usah khawatir.

Karena dalam kondisi sekarang ini, kita para pedagang mainan termasuk dalam keadaan 'darurat'. Sekarang bukanlah keadaan normal dan mudah mendapatkan barang seperti masa-masa sebelumnya.

Lagipula, kalaupun teman-teman berani menyetok Tobot dan Tayo dalam jumlah banyak pada saat ini, saya yakin barangnya insya Allah akan habis terjual.

Apa sebab?

Karena pada saat ini kedua barang tersebut sangat banyak dicari oleh orang tua dan anak-anak.

Nah, karena banyak toko mainan yang tidak menjualnya (karena kehabisan stok), sedangkan ditoko teman-teman banyak tersedia barangnya. Apa yang selanjutnya terjadi? Tentunya para pembeli akan segera datang berbondong-bondong berbelanja ke toko mainan teman-teman. Betul tidak? ☺

Tidak usah jauh-jauh, ketika beberapa waktu lalu saya sedang beruntung bisa mendapatkan barangnya (seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya diatas), dalam sehari saya bisa laku 15 hingga 25 pcs mainan Tobot dan Tayo!

Tidak sampai sebulan, stok Tayo dan Tobot digudang saya telah habis ludes terjual!   

Jadi untuk keadaan darurat saat ini (impor sedang sulit), teman-teman tidak usah terlalu khawatir. Simpanlah stok dalam jumlah lebih banyak daripada biasanya. Karena jika menyimpan stok terlalu sedikit, nanti jika stok barang digudangnya habis, belum tentu teman-teman bisa mendapatkan produknya lagi dalam waktu singkat.

Lagipula mainan Tobot dan Tayo ini termasuk jenis/kategori mainan umum (berlaku universal sepanjang masa). Sebab bentuknya berupa robot dan mobil bus. Jadi walaupun nanti masa musimnya habis, barangnya akan tetap laku, karena sifat dan jenisnya umum alias tidak ada matinya. Setiap waktu pasti akan selalu ada anak-anak yang membeli mainan jenis robot dan mobilan tersebut.

Betul kan? Hehehe (Kalau pedagang mainan pasti paham). ☺

Terkecuali untuk musim mainan jenis sepatu roda atau spinner, nah itu memang betul kita mesti berhati-hati jika menyetok dalam jumlah banyak. Mesti jeli untuk mengukur masa-masa trendingnya.

Spekulasi harus kuat dan tajam!

Karena setelah musimnya habis biasanya agak sulit untuk laku, sebab kedua jenis mainan itu tidak termasuk kategori 'mainan umum' (bukan jenis mainan sepanjang masa). Sepatu roda dan spinner itu termasuk jenis mainan temporer, hanya dipakai dan dimainkan anak-anak pada masa trendingnya saja.

Tidak percaya?

Sekarang cobalah tanya kepada para pedagang mainan : "masih ada gak pembeli yang nanyain spinner dan sepatu roda?"

Paling-paling jawabannya : "Ada om,,, sebulan sekali! Kadang dua bulan sekali!

Kenapa saya bisa tahu? Karena saya sendiri adalah pedagang mainan! Hehehe ☺

Oleh karena itu, agar kita tidak salah spekulasi ketika datang musim mainan berkategori temporer, telah pernah saya tulis artikel khusus tentangnya. Ini dia artikelnya : DILEMA MAINAN MUSIMAN : ANTARA SPEKULASI, BAHAN BERBAHAYA DAN MASALAH HUKUM

Alhamdulillah,,, akhirnya rampung juga saya tulis artikel tentang mainan tayo dan tobot yang sedang musim dan laku keras, tapi sayang produknya sulit didapatkan.

Semoga dengan info yang saya bagikan ini, dapat membantu teman-teman yang sedang kebingungan menghadapi kelangkaan produk mainan pada saat ini.

Jika teman-teman menyukai artikel ini, silahkan di share ulang agar supaya dapat dibaca dan bermanfaat pula untuk rekan-rekan kita yang lainnya.

Dan untuk saya, semoga selalu mengalir pahala dari amal jariyah ilmu yang bermanfaat. Aammiin ya robbal alamin.

Semoga sukses selalu untuk teman-teman semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

14 comments for "Mainan Tayo dan Tobot Sedang Musim (Laku Keras), Tapi Sayang Produknya Sulit Di Dapatkan, Apa Solusinya?"

  1. Tiap belanja di toko hans slalu kosong bang izal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangnya memang masih sangat sulit didapatkan om, dan kalaupun barang tobot tersebut datang ditoko Lucky atau Hans toys pasti selalu jadi rebutan. Dalam waktu 1-2 hari juga udah ludes Hhhhhh :D

      Sebenarnya ada solusi lain om,,, yaitu beli melalui toko online produk tobot dari batam. Hanya saja barangnya belum ada label SNI, jadi agak ngeri2 sedap juga kalau kita beli dalam jumlah banyak (untuk toko grosir).

      Delete
  2. Tobot yg ori merk apa bang izal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tobot yg benar2 ori mereknya juga Tobot om,,, tapi sepertinya belum ada beredar di indonesia, harganya pun pastinya jauh lebih mahal. Tobot yg beredar di indonesia saat ini termasuk tobot 'ori' kualitas nomor 2 om.

      Delete
  3. Tdi saya sdah coba order 6 pcs dulu dari toko online batam bang...Klo tdk ada lebel SNI apakah akan ada masalah bang...sebelumnya thnks untuk penjelasanya bang izal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma belanja dikit (beberapa lusin buat toko eceran) mah gak apa2 om,,,, terkecuali klo om berbelanja dalam jumlah sangat banyak, misal satu truk tobot tanpa SNI semua, nah itu baru bahaya. Bisa kena sasaran petugas hehehe :)

      Delete
  4. Bagus mas.jadi kepingin punya blog kayak bang izal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada kemauan kuat pasti bisa om,,, Ayo semangat!! hehe :D

      Delete
  5. barang ini langka bang mungkin saking banyak peminatnya, tetapi di daerah perkotaan atau desa masih banyak suka barang yang kw,sesuai isi kantong, artikelnya panjang baget bang, saya salut sama bang izal sudah buka toko masih sempat ngeblok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tobot memang termasuk 'mainan langka' om :)

      Sebenarnya produknya ada, hanya saja karena peminatnya lebih banyak dibandingkan stok barang yg datang dari importir, sehingga mengakibatkan barangnya menjadi langka.

      Heheheh namanya juga sudah hobi menulis om, jadi tidak terasa berat menjalaninya. Lagipula saya kan bisa nyambi menulis sambil jagain meja kasir toko saya :D

      Delete
  6. bang.. tanya squisy sama slime lagi booming sekarang.. nyari grosirnya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau squishy coba cari di toko Arief accecories Asemka mbak. Kalau mainan slime setahu saya di market place seperti Bukalapak dan Tokopedia ada juga yang jualan grosiran mbak. Coba aja ketik 'grosir mainan slime' di pencarian market place tersebut.

      Delete
  7. Kalau untuk sekarang2 di toko Hans sama lucky tobot sudah banyak ya bang izal?
    Harga modalnya juga naik apa turun bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang sudah banyak om. Dan harganya juga sudah turun jauh.

      Delete