EVALUASI SATU TAHUN BERDIRINYA BLOG BANG IZAL TOY (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding) Skip to main content

EVALUASI SATU TAHUN BERDIRINYA BLOG BANG IZAL TOY (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding)

Assalamualaikum.

Teman-teman, tidak terasa sudah masuk satu tahun umur blog Bang Izal Toy ini.

Pada hari ini (tanggal 3 januari 2018), tepat berumur satu tahun.

EVALUASI SATU TAHUN BERDIRINYA BLOG BANG IZAL TOY (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding)

Ibarat bayi, blog Bang Izal Toy sedang mulai belajar untuk bisa 'berjalan'. Hal itu tergambar dari peringkat yang merayap secara pelan (namun meningkat secara pasti).

Oleh karena itulah saya melakukan evaluasi selama satu tahun berdirinya blog Bang Izal Toy ini (ditinjau dari teknik SEO dan strategi branding). Sehingga dengan melakukan evaluasi ini saya menjadi lebih tahu apa saja yang telah berhasil dicapai, dan hal apa saja yang perlu lebih ditingkatkan lagi pada tahun 2018 ini.

Yup! Memang kenaikan peringkat blog Bang Izal Toy ini cukup 'lamban' (menurut saya). Karena sudah masuk usia setahun, skor Alexanya baru bisa mencapai peringkat 28,485 di Indonesia.

Lihat foto screenshotnya dibawah.

EVALUASI SATU TAHUN BERDIRINYA BLOG BANG IZAL TOY (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding)


Masih kalah jauh jika dibandingkan dengan peringkat alexanya para master blogging. 

Saya memprediksi, penyebab lambannya kenaikan peringkat blog saya adalah karena saya nyaris tidak pernah mencari backlink.

Tahukah teman-teman berapa jumlah backlink blog saya?
Yaitu jumlahnya cuma 10 biji! Itu pun hasil pemberian dari blogger lain. Hehehe ☺☺☺

Coba lihat foto screenshotnya dibawah.

EVALUASI SATU TAHUN BERDIRINYA BLOG BANG IZAL TOY (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding)

Benerkan saya nggak bo'ong? Backlinknya benar-benar cuma ada 10 biji wkwkwkwk ☺☺☺

Jadi penyebab utamanya (peringkat blog saya lamban naik) karena saya memilih metode dalam membangun blog secara natural.

Tapi jangan salah lho teman-teman,,, walaupun backlink saya cuma secuil (note : mohon maaf bukan bermaksud sombong, tapi saya hanya ingin menegaskan) tapi anehnya banyak diantara artikel saya yang berhasil nangkring dihalaman page one. Bahkan kokoh bertengger disana!

Aneh 'kan?  Sepertinya tidak logis ya?

Padahal sebenarnya tidak ada yang aneh teman-teman,,,, penyebabnya karena algoritma google sudah berkembang sedemikian rupa, yaitu lebih berpihak pada kepuasan pengguna. Dan prinsip kerja sistem google (dalam menentukan peringkat) itulah yang saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ada satu kaidah penting, yaitu : google sangat menyukai blog yang dibangun secara alami dan natural!

ALAMI dan NATURAL!

Terdengar sederhana, tapi disitulah letak kunci rahasia utamanya!

Lantas metode/teknik SEO apa saja yang saya gunakan untuk membangun blog ini?

Apa dan bagaimana metode/teknik SEO yang alami dan natural itu?

Saya menggunakan metode dengan cara mempelajari sistem/cara kerja google dalam menentukan peringkat sebuah situs. Dan telah saya dapati, bahwa dari waktu ke waktu google menentukan peringkat sebuah blog berdasarkan kepuasan penggunanya.

Semakin ke depan, google akan terus memperbaharui algoritmanya, dan menentukan peringkat blog berdasarkan perilaku manusia. Sehingga kita jangan pernah merasa heran jika ada sebuah blog yang jumlah backlinknya cuma secuil (sedikit), tapi banyak diantara artikelnya mampu kokoh bertengger dilaman page one google.

Apa penyebabnya?

Karena walaupun backlinknya cuma 'seupil', tetapi blog tersebut banyak dibaca dan di share ulang oleh para audiencenya. Nah, hal ini akan ditandai oleh sistem google, bahwa blog tersebut memenuhi unsur User Experience (UX). Sehingga walaupun peringkat alexa, domain authority (DA), page authority (PA) blog tersebut masih rendah, akan tetap diberikan posisi terhormat (page one) oleh google.

Bila faktor User Experience blog diatas terus berlanjut semakin baik, maka pada giliran selanjutnya google sendirilah yang akan menaikan peringkat blog tersebut!

Jadi pilih mana?

Pakai metode/teknik SEO jadul yang riskan terkena sanksi google atau menggunakan teknik SEO modern (UX) yang aman 100% dari penalti?

Bingung ya?

Kalau aku sih iyes! Pilih metode mengoptimalkan faktor User Experience (UX), karena faktor UX adalah metode SEO modern yang tidak akan pernah lekang sepanjang masa (tidak ada matinya). ☺

"Apa yang dimaksud dengan teknik SEO jadul itu bang izal?"

SEO jadul adalah teknik SEO yang dahulu banyak dipakai, tetapi sekarang sudah tidak efektif lagi. Bahkan sebagian dari teknik jadul tersebut berbahaya jika diterapkan, karena google terus merubah dan menyempurnakan sistem algoritmanya.

Contohnya seperti bold keyword (penebalan kata kunci), keyword density sekian persen, penumpukan keyword (keyword stuffing), teks tersamar (hidden teks), link spam, tautan berbayar (paid links), dan lain-lain.

Jadi sebagian teknik SEO diatas sudah tidak memberikan efek besar lagi pada SERP (seperti teknik bold keyword, penentuan keyword density sekian persen). Dan selebihnya, bila masih dipaksakan dalam penerapannya, maka akan beresiko terkena sanksi google.

"Apakah kita benar-benar sudah gak boleh lagi memakai teknik SEO jadul itu bang izal?

Apa alasannya?"

Bukannya tidak boleh,,,, karena soal pilihan menerapkan teknik SEO apapun, itu adalah hak masing-masing orang. Tidak ada seorang pun yang berhak melarangnya.

Hanya saja,,,, banyak teknik dan praktek SEO yang dulu masih aman digunakan, kini telah banyak mengandung resiko akibat perubahan algoritma google .

Jadi, asalkan kita tahu resikonya dan berhati-hati dalam penerapannya, maka silahkan dipakai teknik tersebut. Sepanjang kita lihai, jeli dan jago main kucing-kucingan dari razia algoritmanya si mbah google, ya monggo silahkan 'dimainkan'. ☺

Tapi ingat : Semua resiko 'ditanggung oleh penumpang'. hehehe ☺

Karena kalau kita tidak hati-hati (kebablasan) dalam mempraktekannya, maka resiko terkena sanksi dari google (mulai dari sandbox, penalti hingga banned) telah siap menanti.

Namun yang sering menjadi permasalahan,,,, kita tidak tahu pasti praktek SEO mana yang masih aman untuk diterapkan dan teknik SEO mana yang sangat beresiko, sehingga harus ekstra hati-hati menerapkannya.

Apalagi bagi blogger pemula.

Masih banyak praktik SEO yang belum kita ketahui secara pasti aman atau tidaknya dipakai. Dan masih banyak diantara kita para pemula yang masih 'buta' tentang ilmu SEO (termasuk saya).

Karena alasan itulah sehingga saya lebih memilih metode SEO yang paling aman, yaitu dengan cara mengoptimalkan faktor User Experience (UX).

Karena metode SEO yang lebih fokus pada faktor User Experience (UX) adalah satu-satunya teknik SEO yang paling aman dari sanksi google. Lagipula tidak logis jika algoritma google turut 'menjegal' faktor User Experience (kepuasan pengguna) tersebut.

Karena hal itu sangat mustahil terjadi. Sama saja ibaratnya seperti laki-laki yang menceraikan (tanpa alasan) seorang istri yang sangat dicintainya.

Seperti sama-sama kita ketahui, google kini telah menjelma menjadi mesin pencari terbesar, yang nyaris 'tak terkalahkan'. Dan hingga sekarang perusahaan raksasa itu terus berkomitmen untuk tetap konsisten/presisten menjaga kualitas dan kepuasan penggunanya.

Jadi sudah sangat jelas, salah satu unsur yang menjadi 'harga mati' bagi google adalah faktor User Experience (kepuasan pengguna). Karena pada faktor UX itulah kunci dan sumber kekuatan utamanya.

Makanya, (seperti yang telah berkali-kali saya katakan), saya berani berspekulasi bahwa---> Faktor User Experience (UX) tidak akan pernah mati selama mesin pencari itu sendiri masih ada!

Dan hebatnya, faktor UX dijamin 100% aman diterapkan, alias bebas sanksi dari google!

Enak 'kan teman-teman? hehehe ☺

Bagaimanakah cara (penerapan) metode SEO yang lebih menitikberatkan pada faktor User Experience tersebut? Alhamdulillah saya telah selesai menuliskan artikel yang sangat lengkap tentangnya. Berikut artikelnya : USER EXPERIENCE, PENGALAMAN PENGGUNA BLOG DARI SUDUT PANDANG TEKNIS DAN HUMAN INTEREST

Itulah faktor/metode/teknik SEO yang paling penting sekali untuk saya bangun diawal mendirikan blog Bang Izal Toy ini.

Saya termasuk golongan blogger yang memakai metode white hat SEO. Dan saya meyakini bahwa metode/cara/jalan seperti itulah yang cocok untuk blog saya. Karena bagi saya, dunia blogging ini adalah investasi untuk jangka panjang, jadi saya lebih memilih cara/metode paling aman (tapi pasti). ☺

Memang, saya sendiri pun mengakui metode white hat SEO berjalan (relatif) lebih lamban ketimbang metode black hat SEO.

Ibarat dalam lomba marathon, maka metode white hat SEO ini seperti seorang pelari yang berlari seperti lazimnya kaidah lomba marathon. Dia berlari secara santai, tidak terburu-buru, tapi bergerak secara pasti sampai ditujuan (finish).

Nah, berbeda dengan rekan disebelahnya, karena terlalu bernafsu kepingin buru-buru sampai finish, dia memakai cara berlari yang tidak sesuai dengan kaidah (cara) dalam lomba marathon. Jika dalam lomba marathon lazimnya berlari secara santai, eh dia malah memakai teknik berlari seperti lomba lari sprint.

Maksudnya sih supaya cepat sampai, tapi baru saja sampai ditengah arena lomba nafasnya sudah habis karena kelelahan. Alhasil dia pun tepar tergeletak kehabisan nafas dan tenaga sebelum sampai finish! Wkwkwkwkwk ☺

Begitulah kira-kira analoginya.

Seorang blogger yang ingin jalan pintas supaya blognya cepat meraih peringkat tinggi. Karena tidak sabar, akhirnya memakai teknik black hat SEO berbahaya dan tidak sesuai dengan 'ke-laziman/cara' (baca : pedoman peraturan) google. Akhirnya tepar, eh salah, maksudnya kolaps deh karena terkena hukuman penalti si mbah google. ☺

Oleh karena itulah, walaupun blog dengan teknik white hat SEO kenaikan peringkatnya (relatif) berjalan lebih lama, namun saya tetap memilih cara tersebut.

Lagipula sebenarnya sama saja kok.

Walau blog yang memakai teknik black hat SEO peringkatnya bisa naik sangat cepat, tapi jika sekalinya terkena razia (algoritma) mbah google maka peringkat bahkan trafiknya bisa melorot sangat drastis hingga ke titik terendah.

Dan parahnya, untuk bisa bangkit dan pulih lagi, (blog yang terkena penalti itu) membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa makan waktu berbulan-bulan bahkan hingga tahunan.

Malah ada sebagian praktisi SEO yang berpendapat, jika blog telah terkena penalti, lebih baik dibuat lagi sebuah blog baru. Karena blog yang telah terkena penalti itu, berarti telah masuk dalam daftar blacklist dimata google, sehingga percuma saja dibangun kembali, karena telah sulit untuk bisa bangkit lagi.

Dan satu hal penting lainnya yang harus kita pahami, bahwa semua metode/praktik SEO terbaru sekalipun, pasti seiring waktu akan menjadi jadul dan usang (karena perubahan algoritma google). 

Terkecuali hanya satu faktor yaitu User Experience.

Dahulu (tahun 2010 kebawah) banyak blogger yang mengandalkan banyaknya jumlah kata kunci agar dapat bertengger diposisi teratas google. Bahkan ada artikel yang sebagian besar isinya hanya tumpukan kata kunci juga bisa bertengger dipage one google. Kemudian google mengeluarkan algoritma panda dan penguin untuk merazia blog-blog yang melakukan spam keyword (keyword stuffing) tersebut.

Ditahun -tahun berikut (2013) google kembali menyempurnakan algoritmanya dengan melahirkan Hummingbird Algoritma. Algoritma ini lebih berpihak kepada blog yang benar-benar relevan. Artinya algoritma ini diciptakan untuk dapat memahami makna ('meaning') dibalik keyword. Algoritma hummingbird dapat 'membaca/memastikan' seluruh kueri yang masuk (termasuk) percakapan atau kalimat, semua ikut diperhitungkan.

Kemudian pada tahun 2014 google kembali melahirkan pigeon algoritma. Algoritma ini diciptakan agar google dapat fokus memberikan hasil pencarian lokal yang akurat dan lebih bermanfaat untuk audience (pengguna).

Dan yang paling teranyar, google melahirkan algoritma fred di tahun 2017.

Algoritma ini lebih fokus pada tingkat relevansi tautan link.

Sama-sama kita ketahui bahwa jenis tautan link ada 2, yaitu internal link dan eksternal link. Internal link adalah tautan yang masih mengarah ke dalam satu website. Sedangkan eksternal link adalah tautan yang mengarah ke luar website, baik dari website kita menuju situs orang lain, maupun sebaliknya. Eksternal link ini biasa kita sebut dengan istilah backlink. 

Nah bagi blog yang banyak berisi link tautan tidak relevan, (baik internal maupun eksternal) banyak yang terkena razia dan sanksi mbah google. Sehingga di pertengahan tahun 2017 kemarin itu banyak blog yang mengeluh peringkat dan trafiknya terjun bebas gara-gara terkena badai algoritma terbaru google ini.

Nah, coba teman-teman simak, telaah dan perhatikan lebih mendalam : apa kesamaan dari semua algoritma google diatas?

Kesamaannya ada satu, yaitu : ingin memberikan hasil paling relevan dan berguna bagi penggunanya. Bahasa Padangnya : User Experience!  ☺☺☺

Jadi sudah sangat jelas 'kan teman-teman?

So,,, blogger yang cerdik dan punya visi misi jauh ke depan, pasti akan memilih metode/faktor SEO (pengoptimalan) User Experience dalam membangun blognya!

Cukup masuk akal bukan? hehehe ☺☺☺

Nah jadi teman-teman mau pilih metode SEO yang mana?

Cara yang terlalu cepat 'melesat naik' tapi sekalinya jatuh GeduBrak!! sakitnya kagak nahan (hukuman penalti bahkan banned). Atau cara yang berjalan relatif lambat, tapi bergerak PASTI, serta aman hingga tujuan. Semua terserah anda. hehehe ☺

Hmmmmh,,,,sebenarnya ada kok cara 'bermain' yang aman (tetap menggunakan metode white hat SEO) tapi perkembangan, trafik serta peringkat blog kita juga bisa melesat dengan cepat.

"Caranya gimana tuh bang izal?"

Sttttt,,,, tapi ini cara rahasia ya, jangan bilang-bilang sama yang lain,,,cukup kita TST aja hehehe ☺

Ayo kemari,,, biar saya bisikin : Caranya yaitu dengan melakukan teknik pemasaran kreatif dan cerdas. 

Apa itu teknik pemasaran cerdas? 

EVALUASI SATU TAHUN BERDIRINYA BLOG BANG IZAL TOY (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding)

Yaitu dengan cara melakukan strategi membangun branding!  

Yup! Perkenalkanlah blog teman-teman kepada khalayak ramai!

Karena dunia blogging adalah bagian dari internet, maka pemasarannya tentu juga lewat internet. Nah, dimanakah tempat orang-orang sering berkumpul secara aktif di internet? Tidak lain tidak bukan, tempatnya adalah di grup-grup komunitas. Maka carilah grup komunitas yang aktif dan terpopuler!

Promosikanlah blog dan juga diri teman sendiri (sebagai seorang author) yang menguasai suatu bidang tertentu. Tentunya bidang tersebut juga menjadi niche blog yang sedang teman-teman bangun.

"Apakah cara promosinya dengan menyebarkan link aktif bang izal?"

Oh tidak,,, maksud saya bukan berpromosi di grup yang seperti itu. Justru grup seperti itu biasanya malah menjadi grup spam. Isinya hanya penuh dengan tebaran link, namun tanpa ada interaksi sama sekali.

Yang saya maksudkan adalah grup yang membernya aktif berdiskusi dan banyak terjadi interaksi didalamnya.

Sebuah grup komunitas yang hidup!

Salah satu contohnya adalah grup IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discussion). Grup tersebut berada di google plus, salah satu grup komunitas blogger terpopuler di indonesia.

Nah, bila blog teman-teman termasuk ber-niche blogging, cobalah untuk berperan aktif didalamnya.

Kalau mampu membuat thread yang ilmunya benar-benar kita kuasai, maka buatlah thread yang dapat bermanfaat bagi member lainnya.

Tapi kalau rasa-rasanya belum cukup PeDe (kuatir nanti mendapat pertanyaan 'berat' dari member lain hehehe ☺), maka masih ada cara lainnya, yaitu dengan cara memperhatikan pertanyaan member lain yang sekiranya cukup kita kuasai ilmunya, nah berikanlah jawaban selengkap-lengkapnya. 

Apa yang akan kita dapatkan kalau selalu aktif dan kontinyu berkontribusi di grup-grup populer tersebut? Setidaknya ada 2 keuntungan yang akan kita dapatkan, yaitu follower yang terus bertambah dan blog kita menjadi dikenal oleh semua anggota grup tersebut.

Usahakan jangan hanya aktif disatu grup populer saja, tapi juga aktiflah di grup yang lain (yang masih satu topik dengan niche blog kita). Seperti saya sendiri, selain sangat aktif di grup IAPD, saya juga aktif berkontribusi diberbagai grup, seperti grup peluang usaha terpopuler di facebook.

Nah coba bayangkan,,,,,,,

Di grup IAPD saja saat ini telah terdiri dari 92.907 anggota, di grup peluang usaha/bisnis (facebook) ada 558.661 anggota, di grup peluang bisnis untuk ibu rumah tangga (facebook) ada 555.130 anggota, di grup bisnis online indonesia 240.335 anggota. Itu baru 4 grup yang saya sebutkan, karena tidak mungkin saya cantumkan semuanya disini. Tapi yang pasti, saya aktif berkontribusi setidaknya dalam 10 grup terpopuler, baik di facebook, google plus, twitter dan instagram.

Memang ritmenya tidak sama, ada yang sering saya kunjungi serta aktif berinteraksi didalamnya, ada pula yang dalam sehari setidaknya saya mampir satu kali. Grup yang paling aktif saya kunjungi adalah grup IAPD, grup Peluang Usaha dan grup Bisnis Online Indonesia.

Nah,,,, bayangkan jika saya terus berkontribusi secara kontinyu di semua grup yang membernya berjumlah puluhan bahkan ratusan ribu tersebut. Apakah kira-kira yang akan terjadi? Hasilnya yaitu nama saya (sebagai author) dan blog saya (sebagai blog niche bisnis & blogging) akan tertanam kuat didalam memori otak mereka!

Itulah strategi branding!

Dan hal tersebut adalah sesuatu yang lazim terjadi. Dalam ilmu strategi pemasaran (marketing) jika suatu produk sering dilihat oleh orang/khalayak umum, maka orang-orang akan cenderung terus mengingat bahkan pada akhirnya membeli produk tersebut.

Contohnya pada upaya branding suatu start up (seperti gojek, grabbike, bukalapak atau tokopedia diawal-awal berdiri), demi membangun nama branding perusahaan start-up nya supaya cepat dikenal luas, mereka rela jor-joran 'bakar' uang hingga miliyaran rupiah untuk dana promosi.

Terbukti kini tidak sia-sia 'kan tindakan mereka itu 'bakar-bakar' uang? Karena semua produk start-up diatas itu kini telah berhasil dikenal luas oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.       

Nah kurang lebih hampir miriplah dengan hasil 'kerja keras' yang saya lakukan selama ini. Hee ☺ Walaupun harus rela 'kerepotan' membuat thread dan menjawab setiap pertanyaan member di tiap forum/grup komunitas, namun semua kerja keras itu cukup terbayar dengan hasilnya.

Sekarang saja baru berjalan setahun saya aktif di semua grup/forum terpopuler tersebut, bisa diprediksikan (hampir) semua member (yang aktif) telah dapat mengenal saya.

Itu baru berjalan selama setahun lho teman-teman,,, apalagi kalau saya terus aktif berkontribusi di semua grup tersebut selama 2, 3, 4 atau 5 tahun kemudian. Mungkin nama dan blog saya sudah 'nglotok' tertanam di ingatan mereka.

Gimana teman-teman? Teknik yang cantik bukan? ehehehe ☺

Seperti yang telah saya singgung diatas, banyak lho perusahaan start up yang rela menggelontorkan dana promosi hingga miliyaran rupiah demi membangun branding usaha mereka. Lah kita mah gak perlu 'bakar' uang seperti mereka itu. Kita main gratisan saja, tapi hasilnya juga tidak kalah efektif kok dengan cara berpromosi mereka (menurut ukuran kapasitas kita tentunya). ☺

Namun,,,, teknik branding ini tentunya tidak mudah teman-teman,,,, butuh kerja keras dan kecakapan. 

Kenapa butuh kerja keras? Betapa tidak,,, kita harus selalu stand by jika membuat sebuah thread. Jadi kita harus 'bertanggungjawab' jika berani membuat thread.

Maksudnya kita harus siap untuk menjawab setiap pertanyaan dari para member lain di grup tersebut. Oleh karena itulah makanya saya katakan : butuh kecakapan, yaitu kita harus punya pengetahuan yang cukup mendalam pada thread yang kita buat itu.

Belum lagi kalau nanti ada member yang menyanggah pendapat kita, maka kita harus siap dengan jawaban logis dan berisi hujjah yang kuat. Oleh karena itulah saya tekankan sebelumnya diatas, kalau rasa-rasanya kita belum siap membuat thread yang 'berat', kita masih bisa berkontribusi dengan cara membantu menjawab pertanyaan member lain.

Dan teknik promosi seperti ini juga tidak lepas dari 'resiko' lho teman-teman, yaitu pertentangan dari pihak (blogger tertentu) yang tidak suka dengan teknik cantik dan cerdas (branding) ini. Saya sendiri pernah mengalaminya, bahkan sampai menjadi perdebatan hebat dan alot di grup tersebut (IAPD).

Bahkan tidak cukup hanya di forum, semua teknik saya bahkan terus dibawa dan 'dipergunjingkan' hingga kedalam tulisan di blognya. Saya tidak tahu pasti, entah sudah sampai berapa artikel yang dia tulis untuk 'menembak' saya (secara langsung maupun tidak langsung). Mungkin jumlahnya sudah mencapai hingga 10 artikel. Entahlah. Gak penting juga sih untuk dihitung berapa jumlah pastinya.

Dan semua artikel 'gunjingannya' itu cukup saya balas dengan satu jawaban telak, yaitu sebuah artikel yang berjudul : POLEMIK TENTANG TEKNIK BRANDING, KRITERIA KONTEN BERKUALITAS DAN PROMOSI SEBUAH BLOG

Sebenarnya sangat aneh sekali kenapa ada blogger yang anti tentang teknik internet marketing (branding). Padahal banyak situs-situs besar yang lebih gila dalam membangun brandingnya.

Aneh memang.

Mungkin dia pikir dunia per-blogger-an masih sama seperti zaman 10 - 15 tahun lalu. Yaitu blogging hanya sebagai tempat/sarana curhat, atau buku harian didunia maya. Dia lupa kalau dunia blogging telah bertransformasi sedemikian rupa menjadi prospek bisnis yang sangat menjanjikan. Dan bila blogging telah masuk ke area dunia bisnis, maka tidak akan mungkin bisa terlepas dari sisi marketing.

Mungkin suatu saat dia baru akan tersadar dan tersentak, yaitu setelah para praktisi blogging yang menerapkan teknik internet marketing berhasil meraih sukses, barulah dia mulai mengikuti langkah-langkahnya. Tapi sayang seribu kali sayang, dia telah tertinggal jauh 1000 langkah. ☺

"Andaikan aku memulai lebih awal,,, mungkin tidak akan tertinggal sejauh ini dari mereka,,,, tapi ah sudahlah,,,, sudah terlanjur. 😢😢😢

Lhooooo kok malah jadi saya yang ngelindur??? Wkwkwkwwkwkwkwkwk ☺☺☺☺

Back to topic!

Jadi jalan menuju kesuksesan memang tidak ada yang mudah teman-teman,,, semua pasti ada resikonya. Mau pakai jalan pintas (black hat SEO) bikin hati selalu was-was kena razia si mbah, mau pakai cara legal (white hat SEO) membutuhkan kerja keras, mau pakai cara strategi internet marketing (branding), eeeh ada saja pihak-pihak yang sinis dan menentangnya.

Ternyata nge-blog itu ribet ya? Hahahaahahah ☺☺☺

Tapi tetap mesti dijalani saja dengan senang hati teman-teman,,,, saya pun juga begitu,,, walaupun sangat banyak rintangannya, akan tetap saya jalani. Anggap saja semua rintangan itu sebagai 'bumbu penyedap' dalam perjuangan meraih kesuksesan. ☺

Tapi saya yakin, gabungan antara teknik SEO yang lebih mengoptimalkan faktor User Experience dan digabung dengan strategi marketing blog (branding) yang cantik, itulah startegi SEO moderen yang terbaik. Karena 100% aman dan hasilnya insya Allah memuaskan!

Selama tahun pertama (2017) kemarin saya benar-benar fokus untuk membangun SEO berbasis User Experience dan membangun branding (nama/popularitas) blog. Maka di sepanjang tahun 2018 ini telah saya rancang strategi baru, yaitu untuk terus lebih fokus menulis, menulis dan menulis konten berkualitas.

"Jadi ditahun 2018 ini sudah gak aktif lagi berkontribusi di grup/forum komunitas ya bang izal?"

Hmmmh,,,, bukannya sudah tidak aktif teman-teman,,,

Saya akan tetap aktif berkontribusi. Tapi saya mungkin agak jarang membuat thread yang cenderung memancing kontroversi dan perdebatan sebagaimana tahun 2017 lalu.

Di sepanjang tahun 2018 ini saya akan lebih sering berkontribusi dengan cara membantu menjawab pertanyaan rekan-rekan forum (yang kebetulan saya ketahui ilmunya). Dan bukankah itu juga termasuk berkontribusi? ☺☺☺

Demikianlah Evaluasi satu tahun berdirinya blog Bang Izal Toy ini (Ditinjau dari Teknik SEO dan Strategi Branding). Dan juga rencana strategi blogging terbaru saya untuk mengisi tahun 2018 ini.

Nah, bagaimanakah rancangan strategi blogging teman-teman?

'Amunisi' apa sajakah yang telah teman-teman persiapkan untuk memenangkan 'pertarungan' dikancah kerasnya dunia per-blogger-an di sepanjang tahun 2018 ini?

Monggo, mari sama-sama kita diskusikan pada kolom komentar dibawah. ☺

Penulis By : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. artikelnya sangat detail dan panjang, tapi alhamdulillah saya baca sampai ludes,, huhuhu,,, ilmunya sangat bermanfaat gan buat blogger pemula seperti saya,,, semoga saja blog inspirasi kepo bisa ngacir kaya punya bang izal, ... salam bloger gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur alhamdulillah bisa selesai juga bacanya ya om huehehehe :D

      Aammiin,,, semoga blog inspirasi kepo sukses juga ya om :)

      Salam blogger juga ;)

      Delete
  2. Byuh panjangnya suhu... semoga makin sukses suhu... cepat sekali blognya bisa eksis, teknik SEO putihnya mantab!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,, terima kasih atas apresiasi dan doanya.

      Tapi saya bukan suhu om,,, saya hanyalah seorang pemula yg sedang haus mencari ilmu :)

      Delete
  3. Sukses & semangat selalu Bang Izal Toy. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa dalam rentang waktu tersebut. Ulasan yang cukup bermanfaat untuk diterapkan di tengah ketatnya algoritma google saat ini.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas support dan apresiasinya om :)

      Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena semua upaya dan kerja keras saya selama setahun membangun blog bang izal toy ini cukup menampakan hasil.

      Semoga sukses juga ya untuk blognya om pesona travel.

      Salam blogger om :)

      Delete
  4. Setelah saya baca tulisan bang izal, saya kaget bahwa ternyata penebalan kata kunci dan keyword density termasuk tindakan yg buruk.

    Jujur selama hampir 2 taun ngeblog, saya suka banget nerapin teknik penebalan kata kunci itu, karena ada satu tulisan tentang SEO yg saya baca menyebutkan bahwa teknik tersebut ampuh membuat konten ada di page one. Selain itu, teknik keyword density pun demikian, ampuh buat menaikkan visitor.

    Memang, setelah saya terapkan posisi konten yg saya buat langsung melejit, bahkan konten yg baru di post sekalipun. Tapi 3 hari belakangan ini visitor saya anjlok sampe 50% per hari. Ada info yg saya dapet bahwa hal tersebut karena perubahan algoritma google.

    Saya bingung, apa iya blog saya kena algo yg baru? Padahal saya selama ini buat konten gak pernah main curang, dalam artian artikel selalu saya buat sendiri secara manual tanpa melibatkan tools2 dan segala tetek bengeknya. Backlink pun demikian, gak pernah saya spam backlink dengan tools ataupun bayar jasa backlink sehingga dapet backlink yg terbilang gak natural.

    Saya bingung, apa sebabnya blog kesayangan saya bisa anjlok. Tapi setelah saya baca artikel bang izal ini saya dapet pencerahan, bahwa teknik yg saya pake itu salah dan hanya membawa kebahagiaan sesaat saja. Kedigdayaan konten saya selama hampir 2 taun ini runtuh gara2 teknik yg salah.

    Terima kasih bang izal, artikelnya udah mendatangkan pencerahan. Sekarang saya coba edit semua konten di blog saya, semoga belum terlambat. Sorry bang izal, komen saya kepanjangan gara2 curhat hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya baru sempat balas, karena sekarang saya lagi ada proyek baru, yaitu sedang membuat blog bahasa inggris.

      Wah apa yg agan ceritakan adalah sebuah pengalaman yg sangat berharga. Memang seperti itulah ilmu SEO, selalu berubah seiring zaman. Apa yg dimasa lalu sangat ampuh diterapkan, belum tentu sekarang akan tetap ampuh .

      Begitu juga dengan teknik SEO yg sekarang ampuh diterapkan, belum tentu dimasa 5 tahun yg akan datang akan tetap ampuh, terkecuali satu, yaitu 'teknik SEO' User Eksperience (UX).

      Fakto UX ini akan tetap relevan sepanjang masa, selama masih ada mesin pencari itu sendiri.

      Tetap semangat ya gan,,, semoga blognya cepat pulih kembali.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

PELUANG USAHA TOKO PLASTIK DAN BAHAN KUE YANG PROSPEKNYA SEMAKIN MENJANJIKAN

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

PELUANG USAHA ATK (Alat Tulis Kantor)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

MAINAN TAYO DAN TOBOT SEDANG MUSIM (LAKU KERAS), TAPI SAYANG PRODUKNYA SULIT DI DAPATKAN, APA SOLUSINYA?

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner