Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Toko Grosir Mainan Lokal Termurah di Asemka (Plus Info Tentang Produsen dan Jenis Mainannya)

Assalamualaikum.

Beberapa waktu belakangan ini saya banyak mendapatkan pertanyaan dari teman-teman pembaca setia blog Bang Izal Toy. Salah satu pertanyaan yang sering mereka lontarkan adalah tentang toko grosir mainan lokal termurah di asemka.

Nah, kebetulan pada hari ini saya sedang ada waktu luang (toko mainan saya lagi santai). Sehingga saya punya kesempatan untuk menulis sebuah artikel terbaru.

Sebelum menulis lebih lanjut, maka saya akan membahas definisi mainan lokal terlebih dahulu.

Apakah yang dimaksud dengan mainan lokal?

Bagi rekan-rekan pedagang yang sudah bertahun-tahun berkecimpung dibidang usaha bisnis mainan, tentunya sudah paham betul tentang definisi mainan lokal. Namun diawal tulisan ini, akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang pengertian mainan lokal. Tujuannya agar supaya para pedagang mainan pemula (dan yang lainnya) dapat lebih memahaminya.

Yang dimaksud dengan mainan lokal adalah, produk mainan yang diproduksi di Indonesia. Jadi pabriknya ada di Indonesia. Berbeda dengan mainan impor yang tentunya diproduksi diluar negeri.

Bisa dikatakan mainan yang beredar di Indonesia pada saat ini, didominasi oleh produk mainan impor dari China. Mungkin kalau dibuat skala perbandingan, maka persentasenya adalah : 80% mainan dari China, dan sisanya 20% mainan lokal produksi Indonesia.

Pada tulisan kali ini saya ingin fokus mengulas tentang mainan lokal. Sedangkan tentang mainan impor dari China, nanti akan saya ulas diartikel tersendiri. Insya Allah.

Diatas telah saya jelaskan pengertian mainan lokal dan impor secara umum. Dan tentu saja jika ditinjau secara umum, semua orang sudah mahfum adanya. Namun untuk pengertian secara spesifik, masih banyak terdapat kerancuan diantara para pedagang mainan sendiri tentang definisi mainan lokal.

Sering saya temui, sebagian pedagang memahami definisi mainan lokal adalah==>jenis produk mainan yang berbahan plastik dan berukuran besar, serta dapat dinaiki oleh anak-anak. Mainan jenis ini dibuat oleh mesin. Dan produsen/pabriknya antara lain berada didaerah Tangerang, Jakarta utara, Bandung dan beberapa daerah di Jawa tengah dan Jawa Timur.

Daftar nama produsennya antara lain :

 ~JAYA ABADI PLASTIK~
Beralamat : Sinar Budi 29, Jakarta Utara.
Telepon : 021 - 6618 - 971

~PT. DIAN SARI PURI PLASTINDO~
Beralamat : Desa Jawa 114, Jalan. Wadungasih Buduran, Sidoarjo Jawa Timur.

~INDOPLAST~
Beralamat : Jalan. Sumpah Pemuda 4, Surakarta Jawa Tengah.
Telepon : 714752

Silahkan anda lihat salah contoh produk mainannya dibawah ini.
TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsennya)
Ada pula sebagian pedagang yang memahami definisi mainan lokal secara berbeda. Mereka memahami mainan lokal adalah produk mainan yang terbuat dari bahan kayu, kaleng, dan jenis mainan yang diproduksi secara tradisional lainnya (buatan tangan).

Salah satu produsen mainan kayu adalah :

~INOE HANDICRAFT~
Beralamat : Jln. Podang, Klaten Jawa Tengah. Telpon : 0274 - 715 - 797

Lihat contoh mainannya dibawah ini.
TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsennya)
Mainan lokal tradisional

Sedangkan untuk mainan tradisional yang terbuat dari bahan kaleng, salah satu jenisnya yang cukup populer adalah mainan kapal perahu klotok. Mainan ini 'berbahan bakar' minyak tanah. Disebut perahu klotok. Konon katanya, nama itu berasal dari bunyi yang keluar dari perahu mainan tersebut. 'klotok,,,tok,,,'klotok'. Sentra produksi mainan tradisional ini ada di Desa Jeramas, Klangenan Cirebon.

Foto ilustrasinya lihat dibawah ini.

TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsennya)
Kapal perahu klotok.

Itulah diatas 3 definisi tentang mainan lokal yang paling banyak dipahami oleh sebagian pedagang mainan.

Artikel Menarik Lainnya : PUSAT GROSIR PERLENGKAPAN RENANG (Kolam karet, Pelampung, Ban renang, Neck ring bayi, dll)

Semua pendapat diatas tidak-lah salah,,,, semuanya benar. Namun ada sedikit yang perlu dikoreksi.

Jadi begini,,,,

Dalam anggapan (sebagian) pedagang, produk lokal itu dianggap identik dengan mainan yang dimainkan secara manual. Sedangkan mainan yang dioperasikan menggunakan baterai (Battery Operation) identik dengan produk mainan impor dari China. Nah anggapan inilah yang ingin saya luruskan.

Dari 3 poin definisi diatas, ada satu poin lagi yang mungkin belum diketahui oleh sebagian pedagang mainan (pemula). Yaitu jenis mainan KW buatan lokal yang dioperasikan menggunakan baterai (battery operation). Artinya, jenis mainan ini merupakan tiruan alias jiplakan beberapa produk mainan buatan China yang sedang populer.

Apa ciri-ciri jenis mainan ini?

Mainan KW lokal ini punya satu ciri khas yang paling mencolok, yakni pada mereknya yang terlihat 'unik'.

Apa maksudnya?

Coba anda perhatikan sejenak kedua mainan dibawah ini.

TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsennya)

Coba anda perhatikan lagi secara seksama. Apakah perbedaan yang paling mencolok?

Yupp!! Jawabannya adalah : Pada mereknya!

Pada mainan bagian atas, itu adalah produk originalnya yang bermerek "TAYO" (buatan China). Sedangkan yang dibagian bawah adalah produk KW alias tiruannya, bermerek "AYO".

Nah, merek "AYO' itu adalah produk mainan lokal yang dioperasikan menggunakan baterai.

Ada beberapa produk KW lokal yang mutunya cukup bagus, diantara adalah buatan HKR (PT. SMK-INDONESIA). Apabila anda menemukan mainan KW lokal dengan merek tersebut, maka saya sarankan belilah produk tersebut dalam jumlah yang cukup banyak.

Apa sebab?

Karena mainan seperti ini biasanya terjual laris dipasaran. Penyebabnya adalah : karena harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan produk versi originalnya. Selain harganya jauh lebih murah, ukurannya pun juga jauh lebih besar daripada ukuran produk aslinya. (coba anda lihat perbedaan ukurannya pada foto atas).

Artikel Menarik Lainnya : BELAJAR ILMU BISNIS DARI PESAING KITA (Buka Rahasia)

Dan kenapa saya sarankan agar anda membeli produk itu sebanyak-banyaknya?

Sebab, produk KW lokal seperti ini jarang-jarang muncul dipasaran. Biasanya sekali muncul, kemudian produknya kosong sampai 3 - 4 bulan, kemudian muncul lagi, kemudian kosong lagi sampai 3 bulan berikutnya. Begitu seterusnya.

Saya mendapatkan info dari si Ngkoh Tommy (Bos toko Jn Toys), bahwa penyebab mainan KW jarang ada adalah : karena keterbatasan modal produksi. Itulah sebabnya, produsen mainan KW lokal selalu sulit bersaing dengan produk buatan dari China.

Mungkin anda akan bertanya kepada saya : "Bang izal, kalau dilihat dari merek (pada foto atas), itu 'kan kentara banget terlihat merek KW-nya, emangnya pembeli masih mau pada beli?".

Maka saya jawab : Hampir semua orang tua, mereka tidak pernah memikirkan apakah mainan yang dibelikan untuk anaknya bermerek asli atau KW.

Bagi mereka yang penting==>harga mainannya murah dan disukai oleh anak-anak mereka. Saya rasa, jika anda membelikan mainan (untuk anak anda), pasti juga berpikiran sama seperti mereka. Betul apa betul? 😀

Itulah sebabnya, saya sendiri sering mencari dan memburu mainan lokal jenis KW ini. Karena, selain produk ini laris manis, saya juga bisa mendapatkan margin keuntungan yang cukup besar.

Sebagai contoh :

Pada mainan "TAYO" diatas modalnya adalah Rp.40.000, dan saya membanderol harga jualnya senilai Rp.75.000. Sedangkan produk tiruannya ("AYO") modalnya adalah 22.500, dan saya banderol seharga Rp.60.000. Gimana? Guede 'khan untungnya? hehehe 😃

Dan tahukah anda?

Para pengunjung ditoko mainan saya, biasanya lebih cenderung membeli merek "AYO", sebab harganya jauh lebih murah. Well,,, disinilah gurihnya berbisnis mainan anak-anak. Dan kebetulan diartikel ini saya sedang berbaik hati membocorkan rahasianya kepada anda semua. he-he-he 😉

Mungkin anda akan bertanya : "Dimanakah biasanya produk mainan baterry operation versi KW ini tersedia?"

Biasanya toko grosir yang paling sering menyediakan produk jenis KW adalah : Toko Gaby Toys dan Toko Lucky Toys. Kedua toko ini sudah pernah saya ulas lengkap diartikel berikut : TOKO GABY TOYS DAN LUCKY TOYS, 2 PUSAT GROSIR MAINAN IMPORT BERKUALITAS

Oh iya, tentang mainan KW diatas, itu hanya salah satu contoh.
Jadi mainan KW tidak hanya terbatas pada model "TAYO" itu saja, masih banyak lagi jenis dan model mainan lainnya. Contohnya seperti mainan KW jenis mobilan (remote control), playgym (mainan bayi), motor aki, action figure, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baiklah, informasi tentang jenis mainan lokal, dan juga info tentang produsen lokal telah saya jelaskan secara detail pada uraian diatas. Kini tiba saatnya untuk memberikan info, tentang salah satu toko grosir mainan lokal yang termurah dan terlengkap di asemka.

Nama toko grosir tersebut adalah : Starkid.

Toko grosir ini sebenarnya menjual bermacam-macam jenis mainan. Baik produk jenis lokal maupun produk buatan impor.

Diantara jenis produk impor yang disediakan ditoko ini adalah :

- Mainan remote control.
- Mainan robot (battery operation).
- Hot wheels dan Die cast metal.
- Boneka bisa ngomong (battery operation).
- Mainan ATM, Talking tom, Thomas.
- Dan lain-lain.

Sedangkan untuk jenis mainan lokal, tersedia bejibun ditoko ini. Saya rasa tidak mungkin saya sebutkan nama produknya satu persatu (karena saking banyaknya). Tapi sebagai gambaran, nanti akan saya cantumkan beberapa foto sebagian produknya (dibagian bawah).

Toko ini mulai buka dari pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Beralamat di : Jl. Petongkangan No.4, RT.10/RW.1, Roa Malaka, Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230

Telpon : (021) 6900425
WA : 0895-3354-08694

Artikel Menarik Lainnya : 5 TIPE PEMBELI DAN CARA TERBAIK DALAM MELAYANI MEREKA

Penyebab Toko Starkid ini saya rekomendasikan kepada anda, karena toko ini termasuk salah satu toko grosir mainan terlengkap di kawasan asemka tersebut. 

Namun, sayangnya toko ini agak sulit untuk ditemukan. Terutama oleh para pedagang mainan (pemula) yang baru datang berkunjung ke kawasan asemka tersebut. Penyebabnya adalah, karena papan nama tokonya terlalu kecil, sehingga tidak dapat terlihat. Terkecuali jika kita benar-benar memperhatikan secara seksama ke arah depan toko Starkid tersebut.

Namun tenang saja. Karena saya akan menuntun anda, untuk menunjukkan jalan, dan arah menuju ke toko Starkid tersebut. Saya akan membantu menuntun anda menunjukan jalan hingga sedetail-detaiknya, dengan memanfaatkan peta google map.

Langsung saja lihat dan perhatikan secara seksama beberapa foto dibawah ini.
TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsen dan Jenis Mainannya)

Tahukah anda dimana letak lokasi pada foto diatas?

Jika anda termasuk orang yang sering datang ke kawasan asemka, pasti lokasi diatas sudah tidak asing lagi bagi anda. Nah, perempatan jalan inilah yang akan menjadi patokan awal untuk menemukan toko starkid.

Sekarang coba lihat rambu tanda P biru itu, dibelakangnya merupakan toko International. Nah, coba anda perhatikan disebelah sisi lainnya, ada sebuah angkot berwarna merah (klik foto agar jelas terlihat). Itulah jalan masuk menuju toko starkid.

Selanjutnya lihat foto dibawah.
TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsen dan Jenis Mainannya)

Bila anda mendekat ke arah angkot merah tadi, maka akan terlihat jalan masuk seperti terlihat pada foto diatas. Nah, toko starkid berlokasi sekitar 15 meter ke arah dalam jalan, letak posisi tokonya ada disebelah kiri jalan.

Untuk lebih jelasnya mari lihat foto dibawah ini.
TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsen dan Jenis Mainannya)

Nah, sekarang coba anda perhatikan baik-baik foto diatas. Lihat ke arah pintu rolling berwarna orange, dan ada tanda/rambu penunjuk arah jalan diatasnya. Itulah dia toko Starkid. 😉

Seperti yang telah saya katakan, jika anda sudah terbiasa pergi ke kawasan asemka, maka pasti anda akan mudah menemukan lokasi toko Starkid tersebut (setelah melihat urutan panduan diatas).

Namun jika anda baru pertama kali datang ke kawasan asemka, maka gunakanlah jasa/bantuan bajaj atau gojek. Kemudian tunjukan semua urutan foto diatas kepada si abang gojek/bajaj. Pasti mereka akan dapat menemukan tokonya.

Toko starkid ini jika dilihat dari luar, kadang tertutup oleh tumpukan kardus barang (orderan pembeli). Sehingga isi produk didalamnya tidak dapat terlihat. Namun jika anda masuk kedalam tokonya, barulah akan terlihat kelengkapan isi produk mainannya.

Mari lihat beberapa fotonya dibawah ini.
TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsen dan Jenis Mainannya)
Toko Starkid

TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA (Plus Info Produsen dan Jenis Mainannya)
Mainan produk lokal yang bisa dinaiki anak-anak

TOKO GROSIR MAINAN LOKAL TERMURAH DI ASEMKA JAKARTA (Plus Info Produsen dan Jenis Mainannya)
Salah satu sudut lainnya dari toko Starkid

Artikel Menarik Lainnya : SOLUSI UNTUK PRODUK TOKO MAINAN YG RUSAK (Kolam/Kuda Karet Bocor, Mobil Remote, dll)

Adakah kelebihan lain dari toko starkid ini? Ada!

Kelebihan lainnya, yakni dari sisi pelayanan (service) kepada para pelanggan. 

Jika anda termasuk pelanggan setia, dan berbelanja dalam jumlah minimal 20 jutaan keatas, maka anda akan mendapatkan layanan antar gratis (untuk wilayah JABODETABEK).

Biasanya akan diantarkan menggunakan mobil truk colt diesel. Tentu anda tidak perlu membayar biaya ongkos kirimnya, anda hanya cukup memberikan 'uang rokok' yang sepantasnya kepada supirnya.

Demikianlah informasi yang telah saya tuliskan dengan lengkap dan mendetail tentang produk mainan lokal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya, terutama bagi rekan-rekan sesama pengusaha mainan.

Sampai berjumpa lagi diartikel selanjutnya.

Jika Anda menyukai artikel ini, maka bagikanlah. Semoga dari share yang anda lakukan itu, membuat artikel ini dapat bermanfaat pula bagi rekan-rekan Anda yang lainnya.


Ditulis oleh : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

53 comments for "Toko Grosir Mainan Lokal Termurah di Asemka (Plus Info Tentang Produsen dan Jenis Mainannya)"

  1. Bang bisa minta list toko2 di asemka yang menjual produk mainannya itu tangan pertama ato yang paling murah menurut jenisnya.. contoh bang izal pernah menyebutkan JN toys itu tangan pertama utk produk mainan RC.. lalu toko hans toy itu tangan pertama mainan action figure/stuffed toys.. bisa minta list toko mana aja yg menjadi tangan pertama ato distributor ato termurah yg menjual masing2 jenis produk mainan.. soalnya saya mo buka toko di daerah yg bsa jual grosir jg.. terima kasih

    Ini email saya jika bang izal berkenan memberikan listnya
    Alibrobarbershop@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mbak,,, karena mbak bergerak di bidang/level toko grosir, jadi saya belum mendapatkan link terkait informasi yang mbak tanyakan. Saat ini yang saya ketahui adalah informasi untuk toko/pedagang eceran.

      Kalau info (bocoran) suplier dan importir untuk level grosiran itu lebih rumit untuk dikorek/didapatkan mbak, karena sifatnya rahasia perusahaan. Saya yang selama ini getol mencari infonya, hanya bisa mendapatkan bocoran pada kedua toko diatas (JN dan Hans toys).

      Mungkin jika nanti saya berhasil mendapatkan info lainnnya, insya Allah akan saya tuliskan di artikel blog ini.

      Demikian mbak.

      Delete

  2. Salam kenal bang saya jadi pembaca setia blog ini nihh hehehe..
    Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali.
    Saya berencana buka toko mainan dan disini benar-benar seperti panduan buat saya.
    Sekarang ini saya lagi kumpulin modal.
    Kira-kira modal awal yang harus dikeluarkan berapa ya? (Sebagai informasi Lokasi saya ini dikawasan menengah kebawah)
    Kalau modal+sewa kios 50jt cukup ga? Soalnya nanti isinya mau saya banyakin yang lokal & KW aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya gan :-)

      Btw lokasinya di daerah mana nih? Di jakarta bukan? Karena lokasi usaha juga berpengaruh dengan besarnya modal. Sebab sewa toko/kios di kota Jakarta tentu lebih mahal daripada di daerah Jawa. Jadi berapa besarnya modal yang diperlukan, itu relatif, tergantung di mana lokasinya usahanya.

      Delete
    2. Asalamualaikum bang izal, saya dari tasikmalaya,saya juga sebagai pnjual mainan kecil2an bang, boleh minta bocoran ga bang harga mainan rc offroad skala 1:20 ,1:18 ,1:10, biar saya bndingkang bang sama harga grosiran di tempat saya, kalau harga nya jauh lebih murah insya alloh saya mau belanja ke toko jn toys, trimakasih bang semoga rezeki nya di lapangkan dan selalu di beri keberkahan . Amin

      Delete
    3. Waalaikum salam.

      Tadi sudah saya jawab di WA ya om.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau modal 30 untuk modal isi barang pada saat ini tergolong kurang gan. Karena harga mainan sudah pada naik semua.

      Jika sewa toko 20 jutaan, maka paling minimal butuh modal sekitar 50-60 jutaan untuk pengisi barangnya. Karena sewa toko pertahun aja sudah 16-20 jutaan, terjual 2/3 isi toko dalam setahun hanya cukup buat bayar sewanya. Bisa2 hasilnya habis cuma buat bayar sewa toko doang dong hehe. logikanya seperti itu :-)

      Delete
  4. Assalamu'alaikum bang, semoga sehat selalu dan dimurahkan rejeki.... Artikel abang sangat menginspirasi, saya juga berencana buka toko mainan kebetulan saya udh ada kios sewa seharga 12jt yang tadinya mau dipakai untuk kuliner, kebetulan jg modal saya pas-pasan, saya masih ada dana skitar 20 jt, hal apa aja yang perlu diperhatikan bang, dengan modal segitu ? Kios sy ga jauh dari pabrik dan kebanyakan yg jualan fashion sm kuliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, Aammiin,,, terima kasih atas doanya :-)

      Kalau untuk jualan di kios sebaiknya perbanyak jual produk mainan buatan lokal mbak,,, karena produk lokal itu selain harganya murah, ukurannya juga besar2. Jadi tentu hasilnya akan membuat kios mainan mbak terlihat penuh dan semarak.

      Sebagai pelengkap, isi juga kiosnya dengan beberapa produk buatan import dari China. Contohnya seperti mainan mobil remote dan mainan2 yang dioperasikan memakai batre. Karena tentu tidak semua orang ingin beli mainan lokal, beberapa dari mereka juga ada yang ingin beli produk import.

      Delete
  5. Bang, klo belanja 15-20 juta itu kira2 pake mobil apa bang yang cukup, produk lokal yg lengkap di toko mana ya bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belanja 15-20 jutaan bawa pake mobil box L300 juga sudah bisa. Mainan lokal yang lengkap ada ditoko starkid dan toko SMT

      Delete
  6. Terima kasih banyak bang, insya allah menjadi semangat buat saya dan ladang amal buat abang

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, seperti menemukan mutiara, saya punya keinginan membuka usaha mainan, ternyata ada yang bersedia berbagi "rahasia dapurnya", sehingga saya punya informasi yang sangat berharga(priceless) untuk memulai, dan tidak benar2 dari nol, terima kasih banyak Bang Amri, semoga menjadi amal jariyah untuk abang & keluarga...Amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama om,,, semoga usahanya berjalan lancar dan sukses ya.

      Semangat! :-)

      Delete
  8. Makasih infonya. Kalau bang izal sering ke toko mainannya, kalo saya ke pintu kecilnya buat beli kain buat dijual lagi. Hehee
    Saya juga pengen nyoba jual mainan. Btw, saya pengen jualan mainan yg kaya emperan yg ditulis 15.000an ada masak2an, dokter2an, dll. Itu grosirnya dmana ya? Makasih jawabannya

    ReplyDelete
  9. Saya juga sering sih ke asemka, tapi ke pintu kecilnya buat beli kain.
    Btw bang saya mw nanya kalo mainan kayak masak2an, dokter2an, resto2ran gitu, dmana ya grosirnya? Soalnya saya sering beli buat anak saya di emperan bwah fly over harganya cma 15rb-30rb.
    Saya jadi pengen jualan jg.
    Makasih utk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mainan kayak gitu banyak ditoko Starkid dan Sinar Mutiara Toys. Lokasinya di asemka juga, coba cari di google map pasti ada.

      Delete
  10. Kalau Keunggulan Starkid dibanding SMT apa ya bang Izal?
    Lebih lengkap atau gimana menurut bang Izal? Kan Ini starkid dibuatin artikel khusus sedang SMT ngga hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena starkid lebih lengkap om hehe :-D

      Delete
  11. Bang izal. Saya ini baru mau merintis usaha..
    Kita kan dari luar jakarta.
    Kira2 untuk oesan barang via olnile. Alamatnya apa ya mas. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini belum bisa belanja ke Jakarta baik melalui offline maupun online om,,, soalnya Asemka masih tutup.

      Delete
    2. Iya Kemarin saya coba ke Asemka ga ada yang buka sama sekali bang Izal..
      Karena PSBB atau karena tanggal merah ya?

      Delete
    3. Karena masih PSBB om.

      Delete
  12. Anonymous6/09/2020

    Bang izal sya mau tanya..kl misal sya mau berjualan online mainan..apakah bisa saya belanja di starkid..masih masuk gak harganya om..atau sya import langsung dr china y om...soalnya harga mainan di online gila2an murahnya..kira2 masih masuk kah om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau om tau link atau channel import langsung ke China, ya tentu saja jauh lebih baik ambil langsung ke China om. Sebab,,,, betul sekali seperti yang om katakan, bahwa perang harga ditoko online dan marketplace semakin gila-gilaan aja sekarang ini. Jadi musti adu kuat-kuatan nyari harga barang yang paling murah.

      Delete
  13. Bang izal saya mau ajak kerjasama dengan Abang, saya ada dua jongko di pasar, yang satu diisi mainan yang satu lagi diisi pakaian. Rencananya yang pakaian pun mau diisi mainan juga. Boleh minta kontak WhatsApp nya? Kalo boleh bisa dikirim disini atau ke email. Terimakasih 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sekali atas penawarannya,,, :-)

      Sepertinya ini semacam kerjasama ala waralaba toko mainan gitu ya,,,? Tapi mohon maaf sekali saya belum ada rencana untuk buka usaha dalam bentuk waralaba. Mengelola beberapa usaha yang saat ini ada aja saya sudah cukup keteteran hehe :)

      Delete
  14. Bg klo yang jual drone murah di asemka toko apa bg, makasih sebelumnya ya bg buat info usahanya

    ReplyDelete
  15. Salam kenal bang, saya punya dua jongko dipasar. Yang satu diisi mainan anak-anak, yang satu diisi pakaian. Saya rencana yang pakaian pun mau diganti dengan mainan anak-anak, karena market mainan cukup menjanjikan. Kalo bisa minta no kontak nya bang, saya mau kerjasama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab dikomentar sebelumnya diatas,,, silahkan dilihat lagi gan.

      Delete
  16. Assalamualaikum bang itu alamat lengkapnya PT.smk Indonesia mainan dimana y ko saya nyari di Mbah Google gk ketemu" terima kasih semoga sehat selalu dan dilancarkan rezekinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. PT. SMK sudah lama gak pernah produksi mainan lagi om,,, sejak tahun 2017 sudah gak pernah muncul lagi produknya. Sepertinya pabriknya sudah tutup. Untuk produk mainan lokal berkualitas lainnya adalah buatan PT Ocean Toys Indonesia (OTI). Pabriknya ada di Tangerang, silahkan om cari aja alamat lengkapnya di google map.

      Delete
  17. makasih infnya bang izal,berkah sll buat abang,sy pedagang eceran mainan keliling kecil2an.Stlh sy baca artikel abang smgt krj sy mengebu ingin buka toko grosir mainan d kota saya,semoga saja impian saya terwujud,Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga rencana dan cita2nya segera tercapai gan,,,, Aammiin.

      Delete
  18. Bang bisa minta info distributor mainan gak? Soalnya di starkid pembelian 1lusin sama 1karton harganya tetep sama. 3 th lebih sy menjadi pelanggan setia Starkid..
    Mohon infonya Bang����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf kalau soal info distributor ini belum saya dapatkan bocoran link/channelnya bos. Yang paling tahu tentunya hanya toko2 besar grosir tersebut. Nah masalahnya sangat sulit sekali untuk mendapatkan info itu dari mereka. Mungkin karena faktor 'rahasia perusahaan' bos. 😁

      Delete
  19. Assalammu'alaikum bang Izal,
    Saya mau tanya,kalau ditilik starkid minimal pembelian grosir berapa pcs ya??
    Sy mah pedagang receh,kalau beli paling 3-6pcs permodelan mainan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Di Starkid untuk pembelian grosir minimal 6 pcs per item barang.

      Delete
  20. hi bang Izal, selamat siang bang, makasih sharing nya bang, mantul bener artikelnya.
    bank, ijin tanya, saya ingin ambil barang nya HKR PT SMK Indonesia, apakah abang boleh share kontaknya mereka? saya cari di internet kok nggak nemu kontaknya, adanya pabrik SMK yang bikin mobil beneran. hahaha...

    makasih atas informasinya bang Izal, semoga abang makin sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal juga om Joni. 😊

      Untuk pabrik mainan SMK yang memproduksi mobil remote merek HKR itu wajar aja sudah gak bisa om temukan lagi nomor kontaknya. Penyebabnya karena pabrik itu sudah tutup sejak tahun 2018 silam. Menurut info yang saya dapatkan dari ngkoh Tommy (owner Jn Toys), pabrik SMK itu tutup karena karena bersaing dengan produk mainan import dari cina. Begitu om.

      Delete
  21. Mau nanya bang no kontak wa toko grosir di asemka yang bisa pesan secara online dengan harga grosir ... mohon info nya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toko JN Toys

      Kontak WA 0812 9310 1811

      Delete
  22. Mampir lagi bang..moga bang izal moga sht slalu dan dilancarkan rezekinya

    Mo nanya bang dipasar pagi/asemka :"KELVIN " itu nama Toko atau Ownernya Abang tau ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas doanya,,, Aammiin.

      Setau saya si Kevin yang saya tau adalah anaknya ngkoh Tommy,,, nama tokonya JN Toys.

      Delete
  23. Bang mau tanya klo toko tri tunggal murah2 gak barang nya klo di bndingkan dengan starkids

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang bilang disana harganya lebih murah.

      Delete
  24. sapa bilang toko starkid barang nya murah, dan saya sudah cek sendiri harganya mahal dan msh kalah bersaing toko di sebelah nya atau di area di asemka, dan nama nama toko yg di sebutkan di asemka sudah saya cek semua harga nya termsuk gabby toys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini ditulis sebelum pandemi Corona. Dulu waktu tahun 2017 kebawah harga mainan di toko starkid masih murah. Tapi sekarang memang agak lebih mahal. Penyebabnya karena dulu toko itu import langsung sendiri (makanya murah). Namun sejak pandemi corona, toko itu ambil barang dari pihak ketiga (sales), sehingga sejak itulah harganya jadi lebih mahal.

      Delete
  25. Bang saya nyari di komen no WA nya gak ktmu, barangkali boleh minta no WA abang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mau minta nomor WA bang izal?

      Delete