APA ITU PASSION? DAN BAGAIMANA CARA MENEMUKANNYA? Skip to main content

APA ITU PASSION? DAN BAGAIMANA CARA MENEMUKANNYA?

APA ITU PASSION DAN BAGAIMANA CARA MENEMUKANNYA

Pasca saya terbitkan artikel motivasi berjudul "KENALI DIRI ANDA, NISCAYA ANDA AKAN MENEMUKAN PASSION DAN KESUKSESAN ANDA" , tiba-tiba cukup banyak yang bertanya tentang Apa itu passion? Dan bagaimana cara menemukannya?

Pertanyaan tersebut masuk via WA dan inbox Facebook.

Pertanyaan itu semuanya telah saya jawab. Tapi kok saya masih merasa kurang afdol dengan jawaban yang saya berikan. Oleh karena itulah, kemudian timbul ide untuk menulis artikel ini.

Semoga artikel ini dapat menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan lebih tuntas.

Sebelum saya menjawab pengertian passion, sekarang cobalah anda fikirkan, apa kira-kira jawaban anda ketika disodorkan beberapa pertanyaan ini :

- Hal apakah yang paling anda senangi, dan anda merasa enjoy ketika melakukannya?

- Hal apakah yang ketika anda kerjakan, anda merasa bersemangat dan merasa 'lebih hidup'?

- Hal apakah yang ketika berhasil anda lakukan, anda merasa sangat berbahagia? 


Anda tidak perduli apakah hal itu akan mendatangkan profit bagi anda atau tidak. Anda ikhlas melakukannya, karena merasakan kebahagiaan disana.

- Hal apakah yang dengan sukarela anda lakukan, meski terkadang anda mesti berkorban?

- Hal apakah yang terkadang tidak berhasil anda capai (gagal/belum berhasil). Tetapi anda pantang menyerah, dan tetap mau berkali-kali untuk mencobanya lagi?

- Anda merasa spesial dibidang tersebut. Dan anda yakin bahwa anda memiliki kemampuan yang lebih pada bidang tersebut (dibandingkan dengan orang lain).


Jika anda dapat menemukan jawaban untuk semua pertanyaan diatas, maka itulah dia passion anda.

Artikel Menarik Lainnya : 17 MINDSET DAN LOGIKA BISNIS YANG SANGAT DIANJURKAN UNTUK PARA PELAKU USAHA (ENTREPRENEUR)

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas (tentang apa itu passion), maka akan saya tambahkan beberapa contohnya berikut dibawah ini.

#1. Bill Gates dan Steve Jobs. (Owner Microsoft dan Apple).

Ketika diawal merancang dan mengembangkan program komputer, semua dilakukan karena dorongan passion mereka. Mereka merasa bahagia ketika melakukan eksperimen mereka. Dan nyaris tidak perduli (apakah yang mereka kerjakan ketika itu) bakal mendatangkan profit atau tidak.

Yang penting mereka merasa enjoy melakukannya.

Dan karena semuanya mereka kerjakan dengan ikhlas, akhirnya justru kesuksesan yang datang menghampiri mereka. Dikemudian hari, kedua orang ini tercatat sebagai orang terkaya dan pengusaha paling sukses didunia.

#2. Thomas Alfa Edison (Ilmuwan).

Thomas Edison pernah sampai 9.998 mengalami kegagalan ketika melakukan percobaan untuk menciptakan lampu pijar. Pada percobaan yang ke 9.999 kali, barulah akhirnya berhasil.

Bayangkan, dia rela mengorbankan waktu, biaya dan tenaga yang tidak sedikit untuk melakukan percobaan sampai ribuan kali seperti itu! Apakah penjelasan paling logis untuk menjelaskan hal yang "diluar nalar" ini? Sehingga Thomas Edison mampu melakukan semua itu?

Hanya satu jawabannya : Karena yang dilakukannya itu adalah passionnya!

#3. Saya sendiri (Penulis).

Pernahkah anda mengira bahwa saya mau bersusah payah menulis di blog ini, karena semata mengharapkan uang dari Google Adsense?

Hmmmmh,,,..,,, biar saya tegaskan : Sama sekali bukan semata karena itu (uang), tapi karena memang saya suka dan enjoy saja melakukannya.

Untuk saat ini, saya menjadi blogger masih sekedar untuk kesenangan saja (hobi). Karena saya merasa menemukan passion saya disini. Dan saya seolah tidak bisa terlepas darinya (merasa gelisah kalau tidak buka blog, walau dalam sehari saja).

Dan entah kenapa, disetiap selesai menulis artikel terbaru, ada timbul semacam rasa kebahagiaan tersendiri dihati saya. Saya merasa bahagia karena bisa membagikan semua pengalaman dan ilmu yang saya miliki.

Terlebih lagi jika artikel yang telah saya tulis itu kemudian banyak dibaca orang, dan selanjutnya di share hingga berkali-kali, duh senang sekali rasanya! Seakan jadi hilang semua rasa lelah ketika menulis artikel tersebut.

Sebenarnya earning paling minim dari Google Adsense perbulan itu (100 US Dollar), hampir setara dengan pendapatan bersih salah satu toko mainan saya (perharinya). Bahkan bisa lebih besar hasil dari toko saya.

Kalau ditinjau dari segi pengorbanan waktu dan tenaga, pendapatan dari blogger ini sebenarnya tidak sebanding bila dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya.

Contoh : Dari berjualan ditoko online saja, saya bisa mendapatkan profit setidaknya minimal 3 jutaan perbulan (saya menjual produk sendiri).

Dalam menulis sebuah artikel, saya membutuhkan waktu hingga seharian untuk menyelesaikannya. Terkadang bisa memakan waktu pengerjaan hingga 2-3 hari, jika isi artikelnya sangat panjang dan lengkap (3.000 - 4.000 kata).

Nah, sedangkan untuk mengerjakan packing dan kirim sebuah order toko online, saya hanya membutuhkan waktu pengerjaan selama 1 - 2 jam saja. Dan,.,, dengan penghasilan yang jauh lebih besar daripada earning blog saya saat ini!

Sebagai contoh : Jika saya berhasil menjual sebuah unit airsoft gun tipe tertentu (yang banyak dicari), saya bisa mendapatkan margin hingga 100%.

Saya pernah menjual sebuah unit airsoft gun yang modalnya Rp.125.000, dijual seharga Rp.250.000. Dan ajibnya tetap laku terjual! Sebab tipe yang saya miliki itu memang jarang beredar dipasaran.

Baca juga : KENAPA AIRSOFT GUN DILARANG BEREDAR BEBAS?

Nah, kalau difikir-fikir,,,,sebenernya lebih enakan jualan online saja 'kan yak? 😄

Tapi kenapa saya tetap merasa enjoy ketika nge-blog?

Sebabnya,,,, karena pada dasarnya saya memang sudah gemar menulis (sejak masa sekolah dulu). Dan saya merasa sangat enjoy ketika menjalani hobi yang sudah menjadi passion saya ini.

Jadi kalau masalah uang, pendapatan yang saya peroleh dari bisnis toko mainan (dan yang lainnya) sudah jauh lebih dari cukup. Saya ngeblog hanya untuk kesenangan saja.

Ibarat orang hobi mancing yang cuma berhasil dapet 2 - 3 ikan, tapi udah seneng banget (padahal dia bisa beli ikan sekilo dipasar tanpa harus capek nongkrong seharian). Begitu pula dengan saya, senang dan seru aja bisa dapat penghasilan dari Google Adsense setiap harinya. Walaupun dapetnya cuma duit recehan. hehehe 😁

Well,,,, kini sudah jelas dan gamblang 'kan? Tentang apa itu pengertian passion?

Dari uraian panjang lebar diatas, saya yakin anda sudah mendapatkan jawaban tuntas tentang passion.

Definisi passion dari masing-masing orang bisa jadi berbeda-beda.

Ada yang mengartikan passion sebagai berikut :

- Sesuatu yang mampu mendatangkan kebahagiaan/enjoy ketika melakukannya.
- Sesuatu yang membuat kita merasa ahli/spesial (dibidang tersebut).
- Sesuatu yang membuat kita selalu ingin melakukan hal tersebut. (bersemangat/bergairah).
- Sesuatu yang selalu mendatangkan antusias yang tinggi dari dalam diri kita.
- Sesuatu yang membuat kita tidak pernah merasa bosan untuk terus mencobanya (walau berkali-kali mengalami kegagalan).

Semua definisi diatas itu benar. Walau penjabarannya sedikit berbeda-beda, tapi maknanya tetap sama.

Jadi pengertian dan contoh passion sudah berhasil terjawab tuntas.

Namun masih ada satu lagi pertanyaan yang belum terjawab, yaitu :

Bagaimanakah cara menemukan passion kita?

Untuk dapat menemukan passion anda, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Yakni :

~Ketika anda merasa jauh lebih mudah menguasai bidang tersebut dibandingkan dengan orang lain~

Bahasa singkatnya : Berbakat.

Contoh : Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan nama legenda Kungfu Bruce lee.

Ketika masih remaja dia pernah berguru kepada Sifu Yip Man dan Siu Hon Sung.

Ketika berlatih 30 jurus Siu Hon Sung, Bruce lee mampu menguasai semua jurus itu hanya dalam waktu 3 hari saja. Padahal biasanya orang lain membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk dapat menguasai semua jurus tersebut. Sejak saat itulah Bruce lee merasa menemukan passionnya. Dan dia terus menekuni passionnya itu. Hingga dikemudian hari dia berhasil menjelma menjadi seorang Superstar dan bintang film Kungfu terkenal.

Bruce lee merupakan salah satu contoh sosok terbaik untuk passion (bakat) dibidang Kungfu.

Jadi ketika anda mencoba suatu bidang tertentu (yang anda minati), dan ternyata anda lebih mudah menguasainya dibandingkan dengan orang lain, berarti anda berbakat. Sehingga selanjutnya anda merasa yakin bisa menjadi seorang yang ahli dibidang tersebut. Bila hal seperti ini terjadi pada anda, maka itu adalah salah satu pertanda, bahwa anda telah berhasil menemukan passion anda.

Kemudian timbul hasrat yang tinggi dari dalam diri anda untuk terus mendalami bidang tersebut. Anda semakin terus semangat berlatih, sebab anda bisa merasakan hasil yang telah anda capai. Anda juga semakin percaya dengan kemampuan diri sendiri. Dan rasa percaya diri itulah yang menjadi bahan bakar dan motor penggerak menuju kesuksesan anda.

Nah, cobalah anda fikirkan : kira-kira bidang apakah yang paling mudah anda kuasai dibandingkan dengan orang lain? Tentu anda sendirilah yang lebih tahu jawabannya.

~Cobalah ikuti trend yang baru, karena bisa jadi ternyata passion anda ada tersembunyi disana~

Sebenarnya ada sedikit rasa sesal dihati saya, yaitu kenapa baru 1,5 tahun belakangan ini saya baru mengenal dunia blogging. Padahal dunia blogging sudah mulai populer sejak saya pertama kali mengenal internet (2010). Pada saat itu saya mulai mengenal dan bersentuhan dengan dunia internet, karena dibuatkan oleh adik saya sebuah akun Facebook.

Nah sejak saat itulah tulisan-tulisan saya banyak terserak diberbagai postingan dan catatan akun Facebook saya. Seandainya saya mulai mengenal dan membuat blog ketika itu, tentu bisa jadi blog saya sudah besar sekarang. Karena kinilah baru saya sadari, bahwa ternyata saya memiliki minat besar, potensi dan passion yang kuat disana. Mungkin saja kalau saya memulainya sedari dulu, siapa tahu kini blog saya berhasil menjadi salah satu blog bisnis terpopuler di Indonesia.

Ya nggak sih? Wkwkwkkkk 😀😁😄

Baca juga : KEUNTUNGAN MENJADI SEORANG BLOGGER, DARI HOBI SAMPAI MENGHASILKAN UANG

Tapi ya sudahlah, kalau sudah terlanjur begini, tentu saya harus ber-positif thinking saja. Mencoba menghibur diri, dan kemudian meminjam sebuah pameo : "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali". 😂

Jadi maksud saya, biarlah saya yang sudah terlanjur 'telat' ini menjadi sebuah pelajaran bagi teman-teman semuanya. Terutama bagi anda yang masih muda-muda, jangan sampai 'terlambat' seperti saya.

Cobalah temukan passion anda disalah satu bidang berikut :

- Menjadi Youtuber.
- Menjadi Blogger.
- Membuka Toko Online.
- Membuat Aplikasi (Admob).
- Dll.

Cobalah semua bidang yang sedang populer diatas, dan temukan bidang mana yang paling cocok dengan passion anda.

Bagaimanakah anda dapat mengetahui dan menemukan bidang mana yang paling cocok dengan passion anda? Ya tentu saja dengan cara mencobanya! Kalau perlu dicoba saja semuanya, baik blog, youtube, admob, dll. Nanti setelah anda jalani, pasti anda akan tahu sendiri dan menemukan bidang mana yang paling cocok dengan passion anda.

Baca juga : BLOGGER ATAU YOUTUBER? KALAU SAYA SIH PILIH JADI BLOGGER, KALAU KAMU?

Mungkin anda akan bertanya : "Bagaimana cara membuat blog, youtube atau admob itu Bang izal?"

Tidak usaha bingung dengan cara membuatnya, karena sekarang telah tersedia bejibun tutorial di internet. Anda tinggal cari di penelusuran google dan pelajari semua step-stepnya. Bersabarlah ketika mempelajarinya, jangan sampai mudah bosan. Karena ketika diawal belajar, pasti anda akan banyak menemui kendala. Dan ini wajar. Tidak ada hasil yang instan, semua pasti butuh proses.

~Bila anda telah berhasil menemukan passion anda, maka nikmatilah prosesnya. Jadikan passion itu sebagai bagian dari hidup anda~

Passion tidak selalu identik dengan kesuksesan/keberhasilan/kaya, tapi passion merupakan salah satu jembatan yang dapat menghantarkan seseorang menjadi kaya.

Dengan adanya passion-lah yang membuat seseorang selalu bergairah menjalani usahanya. Karena adanya passion-lah yang membuat seseorang mau terus mencoba dan tidak berputus asa. Dan passion-lah yang menjadi bahan bakar serta motor penggerak, sehingga akhirnya dapat menghantarkan seseorang menuju ke puncak kesuksesannya.

Bagaimana dengan orang yang memiliki passion namun tidak sukses? (baca : tidak kaya). 

Ya tidak apa-apa. Selama dia merasa enjoy dan senang menjalani passionnya, ya no problemo. Toh dia sendiri merasa asik-asik aja kok. He-he-he 😉

Walaupun dia tidak sukses dalam karirnya (kaya), tetapi dia berbahagia dengan passionnya. Itu yang terpenting. Jangan lupa satu hal, yaitu rezeki setiap orang itu pasti berbeda-beda. Ada orang yang akhirnya menjadi kaya karena passionnya, dan ada pula yang hidupnya tetap biasa-biasa saja.

Semuanya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa, tugas kita adalah berusaha sekuat tenaga, dan hasil akhir tetap berada ditanganNYA.

Namun pada umumnya orang yang bersungguh-sungguh ketika berusaha, pasti Tuhan memberikan jalan kemudahan baginya untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu, teruslah berjuang dengan gigih hingga kesuksesan berhasil anda dapatkan kawan! Semangat! 💪😉

Sampai berjumpa lagi diartikel selanjutnya.

Jika Anda menyukai artikel ini, maka bagikanlah. Semoga dari share yang anda lakukan itu, membuat artikel ini dapat bermanfaat pula bagi rekan-rekan Anda yang lainnya.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

Monggo Ikuti Blog Ini