Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 3 (Pasar gembrong)

Assalamualaikum.

Hai teman-teman semua. 😊

Akhirnya tibalah kita dibagian terakhir dari seri artikel pusat grosir mainan anak.

Pada seri artikel sebelumnya telah saya tulis secara lengkap tentang salah satu pusat grosir mainan anak dikawasan Jakarta pusat, yaitu : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen)

Dan di seri kali ini saya akan mengulas tentang pusat grosir mainan anak di sudut kawasan Jakarta lainnya. Tepatnya pasar gembrong.

Pasar ini berada di kawasan bagian timur Jakarta, yaitu area sepanjang pinggir jalan Jenderal Basuki Rahmat.

Pasar Gembrong ini juga sering disebut dengan pasar prumpung.


Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 3 (Pasar gembrong)
Foto salah satu sudut Pasar Gembrong.

Pasar mainan Gembrong ini adalah pasar yang muncul paling belakangan jika dibandingkan dengan pasar Asemka dan pasar Senen.

Pada awalnya dulu (menurut cerita orang-orang tua disana), yaitu tahun 60-an pasar Gembrong ini sebenarnya adalah pasar tradisional sayur mayur.

Sekitar pertengahan tahun 70-an mulai muncul beberapa toko mainan yang menjual mainan tradisional buatan lokal (seperti mobilan bahan dari kayu dan seng).

Kemudian sekitar pertengahan tahun 80-an terjadi perlebar jalan yang menyebabkan penggusuran para pedagang sayur mayur termasuk beberapa toko mainan tradisional tadi.

Setelah perlebaran jalan selesai, beberapa toko mainan tadi itu kemudian membangun toko di pinggir jalan yang baru dan tetap melanjutkan usaha bisnis mainannya.

Pada pertengahan hingga akhir tahun 90-an mulai masuk mainan produk impor dari China. Puncaknya ketika tahun 1999 hingga memasuki awal tahun 2000-an mulai semakin banyak pedagang sayur yang beralih profesi menjadi pedagang mainan.

Dari waktu ke waktu akhirnya pasar ini makin populer dan terus berkembang sebagai pusat mainan konvensional (bahan dari plastik dan kayu) sampai sekarang.

Pedagang sayur mayur sebenarnya masih tetap ada di pasar ini, hanya saja posisinya telah bergeser jauh ke bagian dalam pasar. Bagian luar/pinggir jalan yang strategis, sekarang telah berganti menjadi pedagang mainan semua.

Berbeda dengan toko grosir pasar pagi Asemka dan pasar Senen yang mayoritas menjual produk mainan berukuran/skala besar, maka toko grosir mainan di pasar Gembrong ini secara mayoritas menjual produk mainan yang berukuran kecil.

Atau dengan kata lain, sebagian besar grosir produk mainan yang dijual berada di kisaran (range) harga modal Rp. 1.000, 5.000, 10.000 hingga maksimal modal 50.000-an Rupiah. 

Bagi teman-teman yang punya modal kisaran 5-10 jutaan, itu sudah bisa untuk modal awal merintis usaha mainan dengan berbelanja ke pasar Gembrong ini.

Modal range 5 juta hingga 10 jutaan itu sudah bisa menghasilkan jumlah produk yang cukup banyak untuk mainan berskala kecil tersebut. (Beberapa jenis mainannya nanti akan saya sebutkan dibawah).

Produk mainan seperti ini biasanya banyak dijual oleh kios mainan atau si abang-abang gerobak yang sering mangkal disekolahan SD. Juga para pedagang yang sering jualan ngemper di pasar malam, banyak diantara mereka yang berbelanjanya ke pasar Gembrong ini.

Jadi bagi teman-teman yang mau memulai usaha, atau baru merintis usaha mainan kecil-kecilan (dengan modal minim), maka di sinilah tempat/lokasi grosirannya.

Dulu sekitar awal tahun 2000-an hingga pertengahan tahun 2007, pasar Gembrong ini adalah tempat kami sekeluarga berbelanja grosiran mainan.

Yup!
Kami sekeluarga yaitu : ibu, saya sendiri dan semua adik-adik saya dahulunya adalah mantan pedagang kaki lima/emperan yang biasa 'mangkal' di yayasan sekolah SD Islam PB. Jenderal Soedirman Cijantung. 😊

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)
Peta Pasar Gembrong (Foto by : Google Map)

Dulu ke pasar Gembrong inilah tempat kami sekeluarga berbelanja grosiran. Hingga pada pertengahan tahun 2007 ibu saya mulai merintis membuka toko mainan. Kemudian saya juga menyusul membuka toko mainan ditahun 2010. Dan semua (5 orang) adik saya juga menyusul membuka toko mainan di tahun-tahun berikutnya.

Sejak saat itu kami sekeluarga sudah agak jarang berbelanja ke pasar ini. Saat ini kami hanya sekali-sekali saja belanja kesana untuk mencari jenis mainan-mainan kecil yang tidak ada dijual dipasar Senen dan Asemka.

Produk mainan yang dijual di pasar ini contohnya seperti :

- congklak plastik/kayu.
- yoyo plastik/kayu
- kartu Uno.
- kembang api.
- bola bekel.
- kelereng.
- mainan gambaran.
- stiker mainan/gambar tempel.
- poster kertas yang bergambar, abjad atau huruf, dan berbagai mainan kecil lainnya.

Selain itu di pasar ini juga menjual berbagai mainan aksesoris untuk anak-anak TK dan SD. Seperti jepitan rambut, pin, dompet, cincin, gelang hingga kalung berbahan dari plastik, ada juga yang bahannya dari stainless.

Sebenarnya di pasar ini juga menjual mainan-mainan dengan skala dan ukuran besar seperti drone, mobil remote, helikopter remote, mobil aki dinaiki, dan lain-lain.

Tapi sebagian besar toko disana tidak menjual produk tersebut secara grosir, kebanyakan pedagang disana menjualnya secara eceran.

Ada sih beberapa toko besar yang menjual produk tersebut secara grosir, tapi jika teman-teman berbelanja produk tersebut dalam jumlah partai besar, lebih baik langsung berbelanja ke Asemka saja. Karena untuk produk-produk besar tersebut, harga grosir Asemka lebih murah daripada dipasar Gembrong.

Nah disisi lain, pasar Gembrong ini untuk mainan skala besar seperti diatas, harga ecerannya justru relatif jauh lebih murah dibandingkan pasar tradisional yang lain. Apalagi kalau dibandingkan dengan pasaran harga di mall, wah jauh lebih murah dipasar Gembrong ini deh pokoknya. 😁

Jadi pasar Gembrong ini 'kalah' (baca : agak mahal dibanding pasar Asemka) untuk harga grosiran pada mainan berskala besar, tapi pasar gembrong menang (murah) ketika penjualan secara eceran.


Kalau ada diantara teman-teman yang ingin membeli mainan besar seperti mobil aki, Rc mobil dan helikopter remote (eceran) dengan harga relatif murah, maka ke pasar Gembrong inilah tempat berbelanja yang paling tepat.

Dipasar Gembrong ini juga ada pedagang mainan khusus Rc (remote control) yang dia juga punya seorang spesialis/ahli memperbaiki semua jenis mainan.

Nama Toko/tukang servisnya 'Tagor service'. Selain ahli, Tagor servis ini juga menyediakan berbagai macam spare part mainan, khususnya spare part mainan remote control.

Mayoritas para pedagang mainan di pasar Gembrong itu jika memperbaiki/servis produknya yang rusak pasti memakai jasa si Tagor servis ini.

Nah, bagi teman-teman yang selama ini kebingungan dalam mencari tukang servis untuk memperbaiki mainan kesayangannya anda, di Tagor servis inilah salah satu alternatifnya.

Untuk mengetahui lokasi toko Tagor servis ini, teman-teman tinggal tanya saja kepada semua pedagang disana. Pasti semuanya tahu lokasi toko/servisan si tagor servis ini.

Pasar Gembrong ini mulai dibuka pukul 08.00 pagi dan tutup pukul 18.00 sore. Sebagian toko grosir yang berada diluar/lokasinya pas pinggir jalan ada yang baru menutup tokonya pada pukul 20.00 malam.

Untuk ke pasar Gembrong ini sangatlah mudah, karena lokasinya yang sangat strategis/mudah ditemukan. Posisi pasar dekat dengan stasiun Jatinegara. Jadi teman-teman bisa ke pasar ini dengan naik kereta, angkot atau armada angkutan online seperti g*jek.

Jika ada teman-teman yang ingin berbelanja kesini lebih baik pilih dengan naik angkutan umum/angkutan online. Karena kalau memakai kendaraan pribadi, agak susah untuk mencari tempat parkirnya.

Demikianlah, akhirnya selesai juga seri artikel tentang Pusat grosir mainan anak di Jakarta ini.

Mudah-mudahan semua informasi yang saya 'bocorkan' ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Terutama bagi teman-teman yang ingin mengadu peruntungan berbisnis mainan.

Semoga semua informasi ini dapat menjadi amal jariyah bagi saya, Aammiin.

Jika teman-teman merasa informasi ini bermanfaat, silahkan di share ulang agar dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lainnya. 😊

Nantikanlah tulisan yang berisi informasi bermanfaat lainnya. Insya Allah saya akan berusaha untuk selalu konsisten memberikan artikel yang terbaik untuk teman-teman semuanya. 😊

Akhirnya saya doakan semoga sukses selalu untuk teman-teman semua.

Salam.

Penulis by : Bang Izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

51 comments for "Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 3 (Pasar gembrong)"

  1. Kalo nyari grosiran hotwheels dimana ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko Hans toys, daerah pasar pagi Asemka Jakarta kota.

      Delete
  2. Bang mau nanya,,klo yg jual mainan yg model skrng tuh kan ada ya ,mainan pasir truss ada cetak" kan bisa berbentuk apa aja,,itu kira" di mna ya beli nya bang izal,mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya playsand atau pasir ajaib.

      Toko yg jual cuma satu, yaitu toko Gaby Toys. Lokasi tokonya di Asemka Jakarta kota.

      Cuma masalahnya mainan play sand itu kalau sekalinya ada langsung diserbu pedagang. Kemaren aja pas saya belanja ke kota cuma bisa dapet barang selusin.

      Memang barang itu sudah didapat bos.

      Delete
  3. Bang mo nyya dong klo beli mainan pasir"an yg bisa di bentuk" /di cetak dimana ya mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah saya jawab diatas bos.

      Delete
    2. Harga mainan playsand bermacam-macam mbak,,, tergantung model dan beratnya.

      Delete
  4. bang..mohon bantuannya yh bang..gini bang,sya mau jualan mainan didaerah sukabumi,ruko sendiri n posisi dipinggir jalan raya ( menengah kebawah ) modal sya minim cm 5 jt,bagusnya jualan mainan yg kya gmn n klau beli mainannya dimana ? maklum bang modal minim biar ga byk ongkos keluar hehe..mohon infonya bang..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sebelumnya Mohon maaf mbak,,,,, tapi Klo modal 5 juta untuk jualan diruko itu bukan minim lagi, tapi sangat kurang.

      Bisa sih kalau dipaksakan, tapi paling cuma terisi barang disalah satu sudut rukonya, sedangkan dibagian lain kosong semua. 😁
      Kalau untuk jualan diruko, modal paling minim sekali sekitar 30 jutaan mbak, itupun masih banyak jenis mainan yg kurang.

      Jadi Klo memang, mbak cuma punya modal 5 juta, satu-satunya jalan untuk tetap bisa Berdagang yaitu dengan cara merintis dulu dilapak kaki lima. Nah nanti setelah setahun atau 2 tahun dagang, usahakan modalnya terus berkembang. Nanti setelah siap, barulah mbak jualan diruko. Toh rukonya punya sendiri kan?
      Tugas mbak di awal2 ini adalah untuk mengembangkan modal yg 5 juta itu agar menjadi banyak, yaitu dengan berdagang dikaki lima dulu.

      Demikian mbak, mudah2an bermanfaat.

      Delete
    2. Oh iya, salah satu 'enaknya' merintis usaha di kaki lima itu adalah kita bisa berpindah-pindah sampai menemukan lapak yg paling cocok dan ramai pembeli.
      Nah, kaki lima yg saya rekomendasikan salah satunya ikut group bazar pasar malam.
      Biasanya group bazar pasar malam itu selalu mencari lokasi2 strategis dan padat penduduk, sehingga cukup bagus bagi orang-orang yg ingin merintis usaha.

      Delete
    3. Udah saya jawab om, coba lihat komentar paling bawah. 😉

      Delete
  5. Bang izal,berapa persen kah kita mengambil untung..untuk mainan murah modal 1000-5000....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil keuntungan 100% juga gak apa2 kok om.

      Karena mainan dengan kategori harga murah seperti itu, walau kita mengambil keuntungan sampai 2 kali lipat, tidak akan terasa mahal bagi pembeli :)

      Delete
  6. Ok...oiya bang,saya mau nge-mix mainan kelas menengah dengan mainan kelas bawah kaya gambaran,gundu,pesawat gabus,mainan magnet dll...dan apa mainan itu cuma ada di ps.gembrong saja..
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya di pasar asemka juga ada yg jual. Tapi grosir yg paling lengkap untuk mainan2 kecil memang hanya dipasar gembrong

      Delete
  7. Mohon info nya abang jual mainan nya ada untuk balita? Tempat nya dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan mainan balita lagi abis ditoko saya mbak,,, tapi saya bisa memberikan referensi toko balita yang paling lengkap, yaitu toko tomatco. Lokasinya di daerah asemka jakarta kota. Websitenya toko tomatco juga ada, coba cari aja di google.

      Delete
  8. aslmlkm, bang bagus banget artikelnya.. saya rencana ingin jual mainan khusus action figure super hero dari jepang,... tapi ga usah yg ori bandai misalnya .. yag kw kw aja buatan china hehehe,.. ada rekomendasi dimana saya bisa belanja banyak dan variatif ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mainan action figure yang modelnya variatif dan komplit ada di toko International, berlokasi di asemka jakarta kota.

      Tentang lokasi lebih detailnya sudah pernah saya tulis di artikel berikut ini : http://www.bangizaltoy.com/2017/10/Pusat-grosir-mainan-hobi-asemka-diecastmetal-hotwheels-actionfigure.html

      Silahkan copas link artikel diatas, dan kemudian buka dipenelusuran google.

      Delete
  9. Bang, mau tanya kalau grosir mainan edukasi yang berbahan kayu dimana ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toko grosir mainan edukasi dari bahan kayu ada di pasar Asemka. Tapi masalahnya toko itu letaknya ketutupan oleh para pedagang makanan di depannya. Jadi akan sulit di cari oleh orang yang belum tahu dengan seluk beluk pasar Asemka tersebut.

      Tapi saya ada akal, toko grosir mainan edukatif dari kayu itu lokasinya dekat toko JN toys. Jadi caranya cari terlebih dulu toko JN toys, nah kemudian tanyakan sama si ngkohnya dimana lokasi mainan edukatif dari kayu yg ketutupan pedagang makanan.

      Pasti dikasi tau, ngkohnya baik kok. Bilang yang rekomendasikan adalah bang Amri (Panggilan saya di Asemka).

      Oh iya, toko JN toys sudah pernah saya tulis artikelnya di blog ini. Silahkan di baca aja.

      Delete
  10. Mau nanya bang, saya sedang mencari mainan mobil mobilan plastik yang kecil, harga 1000 an. apakah ada di pasar gembrong ini?
    apakah kita be=isa beli barang ecer dengan harga grosir bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah dapat info dari rekan pedagang mainan kecil, katanya mainan seribuan tempat grosirnya ada di kawasan jembatan lima asemka jakarta kota.

      Tapi saya belum sempat buat cek ke sana gan.
      Nanti insya Allah kalau ada waktu akan saya cek ke sana dan membuat artikelnya secara khusus. Kalau di pasar gembrong memang ada juga yang jualan mainan2 kecil, tapi gak terlalu lengkap.

      Di pasar gembrong maupun asemka harus beli grosir gan, kalau beli eceran jadi kena harga jual eceran.

      Delete
    2. Maaf gan, kalau yoyo kayu saya gak jual.

      Delete
  11. Mau tanya bang izal kalo mau cari mobilan aki untuk pakai sendiri yang bagus dan murah enaknya beli dipasr mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling lengkap dan murah di pasar Asemka. Saya sudah pernah menulis info tentang toko grosir khusus mobilan aki di Asemka. Silahkan searching di google dan ketik kalimat ini di kolom pencarian : "Cari Mainan Mobil Aki Anak Pakai Remote yang Murah? 7 Toko Mainan di Asemka inilah Tempatnya"

      Delete
  12. Permisi, mau tanya kl beli bola mainan plastik warna-warni (bola mandi), beli dimana ya? Yg murah? Soalny cman butuh 20-25 bola..
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mandi bola isi 25 mah banyak toko mainan yang jual mbak,,, terutama di toko grosir mainan.

      Delete
  13. bang cara dapet contak pedagang sana gimana ya bang,rencana si mau buat grosiran di kota saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pedagang dari luar kota harus belanja langsung ke Asemka bos, karena gak melayani pengiriman keluar kota.

      Delete
  14. Gan modal 30jt bgusnya beli di toko mana ya? Jenis mainannya yng modern dan yng biasa..kl toko khusu paling murah di pembahasan agan itu boleh tau toko apa? Biar semngat ngerintisnya saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak pasar gembrong di relokasi, banyak lokasi toko grosir mainan murah disana pada pindah om. Saya belum tahu sekarang posisi mereka tepatnya dimana, jadi saya belum berani ngasi referensi. Tapi saya ada solusi dan alternatif lain, yaitu sebuah agen mainan 250, 500, dan 1000an rupiah. Nama agen mainan itu Difie toys. Ini adalah agen mainan rumahan, berikut alamatnya: Jl. Kp. Baru No.52, RT.6/RW.10, Kembangan Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610 Telepon : 0812-8218-9010

      Petanya juga ada di google map, tinggal ketik aja : Difie toys

      Delete
  15. klo mainan masaka masakan atau kyk panggang roti dimana yg murah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu biasanya ada ditoko sinar mutiara toys (SMT). Lokasi tokonya di asemka jakarta kota.

      Delete
  16. Assalamualaikum, bang Izal
    Sy punya ruko 15 x 5 m, rencana mau usaha mainan.
    20% Mainan harga 150rb up
    30% Mainan harga max 30rb
    40% Mainan yg lagi trend saat ini
    10% Mainan tradisional
    Kira² utk menuhi ruko saya itu butuh dana berapa kira² bang?
    Makasih utk pencerahannya.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam warahmatullah.

      Kalau rukonya ukuran 15 x 5 meter, maka tergolong besar ukuran tokonya tuh om. Nah, jika ditilik dari jumlah persentase jenis mainan yang om sebutkan, maka untuk memenuhi tokonya bisa membutuhkan modal sampai 150 jutaan.

      Itupun om harus pinter2 dalam menata pajangan mainannya. Artinya menata mainannya jangan terlalu rapat. Sebab kalau nyusun mainannya terlalu rapat dengan ukuran ruko segitu, maka bisa butuh modal 200 jutaan barulah rukonya kelihatan penuh :-)

      Delete
  17. Bang, belanja manik" yg lengkap dimana ya? Yg bisa pesan antar? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling lengkap di toko kirana aksesoris. Tapi di sana sistemnya jual secara offline om,,, jadi harus datang belanja langsung ke sana.

      Delete
  18. Assalamualaikum bang,

    maaf bang mohon info dong untuk yang menjual mainan anak led / senter di daerah asemka, kebetulan sy baru mau mulai usaha dengan istri

    terima kasih sebelumnya atas blog yg sangat inspiratif dan bermanfaat ini, semoga makin berkah bang...aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Itu biasanya yang jual grosir mainan murah serba 1000an om. Coba tanya sama toko Difie Toys. Nomor kontaknya ada di dalam artikel ini : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

      Delete
  19. Wahhh . Keren bang artikel nya .. makasih banyak loh infonya .. membantu banget nih..
    Pengin usaha mainan yg di titip2in ke warung harga 2000an .. kira2 belanjanya di pasar yg mana bang ?? Gembrong, Asemka atau Senen ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau grosir mainan murah serba Rp.500 - 1000an informasinya sudah saya tulis di artikel yang berjudul Toko grosir Difie Toys,,,,,,,. Cari aja artikelnya di label "Belajar bisnis mainan".

      Delete
  20. Mohon maaf saya belum dapet info link tempat dapetin barangnya om,,,, insya Allah nanti klo dapet infonya, akan saya tuliskan di artikel tersendiri.

    ReplyDelete
  21. Om.. Saat ini sy lagi rintis titip jual ke warung" Ecer 2000an sy ambil d grosir kota sy..
    Skrg ada modal 10-15 mau sewa kios 3x3..
    Mau minta rekomendasi grosir di asemka yg murah" Om buat menuhin kios sy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau grosir mainan serba seribuan tempatnya bukan di Asemka om, tapi di daerah Kembangan Utara. Jadi tempatnya agak kesonoan Asemka. Nama toko grosirnya Difie Toys.

      Saya sudah pernah menulis info dan artikel tentang grosir Difie Toys ini. Silahkan agan cari di google dengan mengetik: Difie Toys, Grosir mainan murah serba 500 dan seribuan

      Nanti akan muncul artikel tentang Difie Toys itu.

      Delete
  22. Bang mau tanya kalau grosir mainan mobil mobilan,boneka dll yg biasanya diobral 15 ribuan sama pedagang pusat kulakannya dimana bang?nama tokonya apa klo blh tau,

    Saya ingin merintis jualan mainan anak anak kaki lima buat pasar minggu pagi dan pasar malem di daerah saya....

    Terima kasih banyak infonya bang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat belanjanya di toko Difie Toys dan Toko Sinar Mutiara Toys.

      Kedua toko grosir itu berlokasi di daerah Kembangan dan di Asemka Jakarta barat. Saya sudah pernah menulis info tentang kedua toko itu di blog ini, silahkan cari artikelnya di kategori "Belajar Bisnis Mainan".

      Delete
  23. mainan DIY yg murah tangan pertama bisa dapat dimana yaaa untuk sekarang in?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan "DIY" itu maksudnya apa ya gan?

      Delete
  24. Salam kenal bang izal, tulisan2 bang izal sangat bermanfaat khususnya untuk orang2 seperti saya yg punya keinginan membuka toko mainan. Semoga bisa menjadi jariyah untuk bang izal🙏. Mau tanya bang, apakah ada kelas online/offline atau ada grup telegram/wa apabila saya mau belajar lebih dalam lagi mengenai seluk beluk jualan mainan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga om,,, Aammiin,,, terima kasih ya atas doanya :-)

      Tapi mohon maaf saya gak buka kelas online maupun offline,,,,
      Namun om masih tetap bisa menimba ilmunya kok,,, yaitu melalui tulisan2 tentang bisnis mainan yang saya tulis melalui artikel di blog ini.

      Delete