Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman semua. 
Alhamdulillah saya kembali ada waktu luang untuk menulis artikel. 
Kebetulan hari ini aktifitas jual beli ditoko mainan saya agak lebih santai pasca berlalunya masa lebaran.

Kali ini saya akan menulis topik tentang dunia usaha bisnis mainan anak. 

Rencananya saya akan menulis sampai beberapa artikel. 
Nantinya akan saling terkait antara artikel satu dengan yang lainnya. 
Insya Allah akan saya bongkar satu persatu semua 'rahasia perusahaan', strategi dan trik-trik sukses dalam menjalani bisnis mainan. 

Pada tulisan perdana ini akan saya bongkar rahasia tempat berbelanja/pusat grosir mainan anak terlengkap dijakarta. Artikel ini rencananya akan saya buat sampai 3 seri bersambung.

Dijakarta ada 3 lokasi pusat grosir mainan yang paling lengkap. Tiga lokasi itu adalah :

Pasar pagi Asemka.


PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Pusat grosir mainan terbesar dijakarta ini berlokasi dibawah jembatan layang (Fly over) kawasan jembatan lima, tambora Jakarta barat. Pasar ini kalau dari stasiun kota jaraknya sekitar 500 meter. 

Bagi teman-teman yang belum pernah kesana, cara menemukan lokasi asemka yang paling mudah adalah dengan meminta diantar oleh bajaj atau tukang ojeg sepeda. Biasanya di sekitar lingkar luar stasiun kota itu banyak mangkal bajaj atau para tukang ojek sepeda. Tarifnya murah kok, saya sendiri kalau naik ojeg sepeda dari stasiun hanya di mintai tarif Rp. 7.000,- oleh si abang ojeg sepeda itu. Kalau naik bajaj biasanya kena tarif Rp. 10.000,-

'Komplek' pusat grosiran mainan anak ini (sepanjang pengetahuan saya selama 7 tahun berdagang mainan anak) memiliki beberapa 'blok'/lokasi.

Misalnya gedung Asemka.

Inilah salah satu lokasi dipasar pagi yang membuat seluruh kawasan itu identik disebut sebagai Asemka sampai sekarang. Karena gedung inilah yang paling populer disana ketika masa kejayaannya dulu, sehingga membuat gedung ini menjadi trade mark kawasan pasar pagi tersebut sampai sekarang.

Dahulu (tahun 90an sampai 2000an) gedung asemka ini adalah pusatnya kosmetik, jam tangan, ikat pinggang, dompet, kacamata, topi, dan berbagai perlengkapan fashion anak muda hingga orang dewasa. Kini digedung Asemka ini lebih dominan toko yang menjual berbagai macam mainan aksesories seperti gelang, kalung, cincin, jepitan rambut, dan lain-lain. 

Saya perhatikan saat sekarang ini di gedung tersebut memang lebih banyak toko yang menjual aksesories ketimbang menjual kosmetik. Pedagang kosmetik perlahan tapi pasti makin 'punah' satu persatu. Salah satu penyebab pedagang kosmetik sekarang ini jauh menurun karena aturan wajib SNI yang semakin galak (banyak razia), sehingga banyak yang beralih ke mainan aksesories di gedung Asemka tersebut. 

Gedung Asemka ini posisi tepatnya di samping musholla kecil kawasan pasar pagi itu. Bagi teman-teman yang punya usaha mainan aksesories, ikat pinggang, dompet, gelang, kalung, silahkan berbelanja ke gedung ini. Harganya termasuk paling murah, karena memang disinilah pusat segala mainan aksesories.   

'Blok' lainnya adalah proyek pasar pagi lama
Proyek pasar pagi lama ini juga berbentuk gedung, kurang lebih hampir samalah seperti gedung Asemka. Bedanya kalau Asemka gedungnya tinggi sampai 10 tingkat (kalau tidak salah). 

Sedangkan proyek pasar pagi ini hanya ada 3 tingkat. Walaupun hanya 3 tingkat, tapi kawasan pasar proyek ini bentuknya memanjang dan luas. Jadi kalau Asemka tinggi keatas (vertikal), sedang proyek pasar pagi ini bentuknya melebar (horizontal). ☺ 

Lokasi gedung proyek ini terletak ditengah-tengah area pasar pagi tersebut. Kalau dari arah musholla yang dekat gedung Asemka tadi, teman-teman tinggal jalan lurus ke depan. Posisinya berada di jalan petak baru. Kalau masih bingung, ya tinggal tanya saja dengan para pedagang di situ hehehe ☺

Di proyek pasar pagi lama ini banyak toko grosir yang menjual segala macam peralatan alat tulis dan kantor (ATK). Selain itu juga ada toko grosir yang menjual aksesories motor, stiker, barang packing, perlengkapan sekolah, sampai ada juga toko yang menjual barang kelontongan. 

Jadi bagi teman-teman yang punya bisnis alat tulis dan perlengkapan sekolah, di proyek pasar pagi inilah pusat grosirannya. Disini selain produk yang dijual sangat lengkap, juga harganya murah. Ya wajar saja murah, 'kan emang pusatnya hehehe ☺ 

"Trus 'blok' atau lokasi khusus toko grosir mainannya dimana bang izal?" 

Hmmm,,,,Kalau toko grosir mainan sebenarnya tidaklah terkumpul pada suatu blok/lokasi tersendiri. Karena di setiap blok, seperti gedung Asemka atau proyek pasar pagi itu pasti ada toko mainannya. Jadi untuk toko grosir mainan sebenarnya telah tersebar merata diseluruh kawasan pasar pagi itu. 

Apa sebabnya sekarang ini lebih dominan pedagang grosir mainan di kawasan tersebut? 
Padahal dahulunya kawasan pasar pagi itu lebih terkenal sebagai pusat tekstil, ATK dan kosmetik. 

Nah ini pertanyaan menarik! 

Jawaban dari pertanyaan diatas telah pernah saya ulas lengkap di artikel : PELUANG BISNIS MAINAN DAN BERBAGAI KELEBIHANNYA

Kalau teman-teman ada waktu luang, bolehlah nanti dibaca artikel diatas untuk menambah informasi teman-teman betapa bagusnya prospek bisnis mainan anak-anak.   

Oke, kita kembali ke topik.

Nah, mungkin ada lagi diantara teman-teman yang bertanya : 

"Boleh gak bang izal bocorin rahasia toko grosir mainan mana aja yang terlengkap dan termurah dikawasan pasar pagi itu?"

Wah sebenarnya pertanyaan ini mungkin tabu untuk dijawab oleh sebagian pengusaha bisnis mainan lain. Alasannya : "rahasia perusahaan!"

Tapi setelah sekian lama saya menggeluti bisnis mainan, sekarang telah saya sadari bahwa tidak akan pernah membuat rezeki kita berkurang hanya disebabkan karena memberikan ilmu kepada orang lain. 

Rezeki dari Allah itu sangat luas. Justru dengan kita pemurah memberikan ilmu dan bisa bermanfaat bagi orang banyak, niscaya berkah ilmu itu pasti akan kembali lagi kepada kita. Dan saya sangat sangat yakin dan percaya akan keberkahan itu.

Oleh karena itu, saya akan memberikan informasi beberapa toko terlengkap dan termurah di kawasan pasar pagi. Toko grosir tersebut diantaranya :

#1. Toko grosir Hans toys.

Toko hans toys ini lokasinya pas di jalan masuk dari arah stasiun kota. Posisinya pas disebelah toko kembang api dan petasan. Tepatnya dijalan Asemka-petongkangan, pasar pagi.

Toko grosir Hans ini kebanyakan menjual mainan-mainan ukuran besar dengan range harga 'kelas menengah'. Maksudnya toko hans ini rata-rata menjual mainan yang cukup berkualitas baik, sehingga harga produknya termasuk cukup tinggi. Jadi produk dari toko Hans ini lebih cocok dijual pada toko-toko eceran yang berlokasi di kawasan kelas menengah keatas.

Ditoko Hans ini menjual produk mainan seperti :

- Mobil/motor aki (accu) yang bisa dinaiki anak-anak (seperti yang sering disewakan di mall).   
- Mobil remote control.
- Track tamiya 
- Skuter 'genjot' dan skuter listrik.
- Track Hot Wheels original.
- Dll.

#2. Toko grosir Gaby dan Lucky Toys.

Dua toko ini sebenarnya milik satu owner, dulunya hanya ada satu toko grosir yaitu Lucky Toys. Tapi toko grosir ini perkembangannya cukup pesat. Sehingga bisa buka cabang pas di sebelah toko yang lama (lucky toys). 

Toko yang lama yaitu Lucky toys sekarang ini lebih mengkhususkan menjual setiap mainan yang sedang menjadi trend atau musim. Misal ketika musim gangsing, maka di toko Lucky ini penuh aneka macam gangsing. Ketika sedang musim rubik, maka penuh dengan segala macam jenis rubik. Begitu juga ketika sedang musim sepatu roda, spiner, dan seterusnya.

Pokoknya di toko lucky hanya spesialis menjual mainan yang sedang musim saja.

"Lantas kalau mainan umum toko lucky ini gak jual dong bang izal?"

Ya pasti jual dong,,,, kan yang jenis mainan umum sekarang pindah ke toko sebelahnya, yaitu toko Gaby Toys. ☺ 

Produk yang dijual ditoko Gaby Toys ini kurang lebih hampir sama dengan produk yang dijual pada toko grosir Hans Toys diatas, yaitu jenis mainan yang berkualitas cukup bagus dan pasaran harganya relatif tinggi (coba lihat lagi daftar produk mainan toko Hans diatas).

#3. Toko grosir Channel Toys.

Kalau toko grosir yang satu ini hanya khusus menjual segala macam mainan remote control, khususnya mainan remote control yang kelas mahal. 

Contoh : 

- Mainan helikopter remote
- Mainan speed boat (tenaga dari batre khusus)
- Mainan mobil remote berbahan bakar methanol.
- Mainan Drone (kamera)
- Mainan mobil accu pakai remote (bisa dinaiki).
- Dan lain-lain.

Lokasi tokonya pas di seberang gedung Asemka, tapi karena lokasi tokonya agak terpencil dan 'nyelip' diantara toko grosir lain. Sehingga bagi orang yang belum pernah berbelanja itu pasti akan kesulitan mencarinya untuk pertama kali. 

Oleh karena itu seperti yang telah berkali-kali saya sebutkan diatas, cara yang paling mudah adalah menggunakan jasa ojeg sepeda atau bisa juga diantar pakai bajaj kesana. Intinya kalau kita bingung mencari lokasi di kawasan asemka itu, tinggal pesan ojeg atau bajaj, selesai! 

Karena tidak mungkin tukang ojek atau supir bajaj disana tidak tahu lokasi kawasannya sendiri. ☺

#4. Toko Boneka Bhineka.

Toko yang satu ini adalah toko yang khusus menjual segala macam mainan boneka dan berbagai aksesoriesnya. Mulai dari boneka ukuran kecil yang biasa untuk gantungan kunci, sampai boneka ukuran jumbo yang sekalian bisa dijadikan bantal guling. ☺☺☺

Letak toko Bhineka ini sekitar beberapa deretan disamping toko Gaby dan Lucky Toys. Beralamat di Jalan Petak Baru No. 12A. Biar lebih mudah mencarinya, maka bisa di siasati dengan cara menggunakan jasa tukang ojeg atau bajaj menuju toko Bhineka tersebut. Teman-teman tinggal tunjukan saja foto lokasi dibawah ini kepada tukang ojeg atau supir bajajnya.    

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)
Toko Bhineka, di Jalan Petak Baru No. 12A 

Nah demikianlah informasi yang sangat mahal dan berharga telah saya bocorkan kepada teman-teman semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencoba peruntungan dalam bidang bisnis mainan.

Semoga informasi ini dapat menjadi amal jariyah bagi saya. 
Dan jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ulang kepada teman-teman yang lainnya.

Sampai disini dulu tulisan bagian satu ini, pada tulisan selanjutnya akan saya tulis lanjutan seri artikel ini dengan judul : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 2 ( Pasar Senen)  

Salam sukses selalu untuk teman-teman semua.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

115 comments for "Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)"

  1. Assalamualaikum, Bang Izal.......... Semoga hari ini Penjualan produk di Tokonya Laris dan Berkah.Amin

    Kalau boleh tahu Apakah Pusat Grosir disana adalah tangan pertama setelah produk keluar dari Pabriknya...?

    kalau boleh tahu sebuah " rahasia " berapa sich harga Grosir ? untuk mainan bola - bola warna warni yang sering dimasukkan ke dalam bungkusan berbentuk jaring2.

    karena mainan tsb sering dipajang paling depan di toko mainan di daerah saya.

    Ohy Bang.....kalau untuk produk untuk jenis " centong nasi plastik, sisir rambut plastik, mangkuk gelas mini, ada ngk disana ?

    harga grosirannya kira2 berapa yach Bang.....?

    ohy......rahasia pengetahuan tentang dimana membeli produk grosir mainan patut saya acungi jempol.

    Biasanya Orang yang rela berbagi ilmu selalu mendapat keberuntungan, dan saya yakin bahwa cepat atau lambat keberuntungan itu akan menghampiri Bang Izal.

    semakin banyak ilmu yang kita bagi, maka biasanya Ilmu baru akan segera kita peroleh tanpa diminta.

    sama halnya dengan Sumur Air Zam - Zam yang ada di Mekkah, semakin di ambil airnya maka semakin bertambah pula airnya.

    Ohy.... mohon minta alamat email bang Izal yang aktif.

    Mohon Maaf Bang, sebab saya terlalu banyak tanya dan mungkin akan bertanya lagi. :)

    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,,makasih atas doanya om.

      Mainan bola itu klo yg isi 100 bola harga modalnya 30.000.

      Klo centong sama sisi rambut saya gak tau harga modalnya om, karna saya gak jual barang itu.

      Oh iya, email udah kirim lewat kontak hubungi kami.

      Delete
    2. Maksud saya Bang...apakah produk seperti centong nasi plastik dan sisir rambut plastik juga dijual di Pasar Pagi Esemka dan Pasar Senen...?

      mksih bang atas Infonya.

      Delete
    3. Ooh,,, Klo itu tempat grosirannya yg lengkap bukan di Senen, tapi di kawasan jembatan lima Jakarta kota.

      Lokasinya sebelah sonoan Asemka, kalau mau kesana bisa pake bajaj.

      Delete
  2. Maaf mau tanya, kalo toko grosir action figure spt naruto, one piece, ultraman, dll itu carinya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko saint, lokasinya dijalan pintu kecil 1, asemka Jakarta kota.

      Delete
    2. Terima kasih sebelumnya bang. Tp selain toko itu ada lg toko yg lain. Biar jadi pelengkap saja. Misal barang di toko a tidak ada bisa beli di toko b. Atau daerah mangga dua ada toko grosiran maenan itu? Atau daerah lain?

      Delete
    3. Toko lain yg menjual grosir action figure lengkap yaitu toko internasional. Lokasinya pas dipinggir jalan utama (seberang gedung Asemka).

      Delete
    4. Thanks. Mau tanya kalo toko lucky toys itu posisi nya dimana ya?

      Delete
    5. Tanya aja sama tukang parkir atau tukang ojeg disana, rata2 pada tau sama toko lucky tits.

      Delete
    6. Ok thanks ya bang

      Delete
    7. Sama-sama om 😊

      Delete
    8. ada kontak toko sant or internasionalnya ga?

      Delete
    9. Maaf om,,, untuk kedua toko grosir itu belum saya dapatkan nomor kontaknya. Saya lupa terus untuk memintanya.

      Nanti kalau saya belanja ke asemka akan saya minta deh, dan akan saya cantumkan nomor kontak kedua toko itu diartikel ini.

      Delete
  3. Wah.. mantap ni si bos, artikelnya ulasan bisnis sendiri. Tentu banyak sekali keuntungan yang si bos dapatkan. Selain blog meningkat pengunjung juga usaha offline nya tentu banyak yang tau. Semoga ke dua bisnis si bos dapat berkembang pesat yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamin.

      Makasih ya om 😉

      Semoga sukses juga untuk om dan blognya. 👌👍

      Salam blogger!

      Delete
  4. Assalamualaikum bang Izal...
    Maaf bang mau nanya bang. Sya rencna mau blnja mainan buat anak2,tpi dri luar kota jakarta dan rencana nya bwa kendraan sndri. Naah prtnyaan nya bang Izal,kira2 tmpat parkir daerah psar pagi azemka yg aman sbelah mna ato gedung apa bang Izal?
    Mohon bantuan nya bang Izal..
    Trima kasih atas bantuan nya..

    Wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam warahmatullah.

      Tempat parkir yg aman di Asemka itu adalah di textile (orang disana menyebutnya begitu karena memang di situ banyak deretan toko textile). Di seberang jalan toko textile itu ada kantor Koramil, jadi insya Allah aman parkir di sana.

      Lagipula di situ ada tukang parkirnya yg selalu jagain kok om. 😊

      Delete
  5. Malam bang,,
    Mau tanya donk tau ga di asemka sebelah mana ya yg jual perlengkapan untuk keperluan bayi sprt stroller, bouncer, baby walker. Ada yg bilang di asemka ada tp sy muter2 ga ktm hehe. Klo misalkan gda kira2 punya info ga ya bang di daerah mana. Mohon pencerahannya bang makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar info mbak, saat ini semua produk perlengkapan bayi yg mbak sebutkan itu memang sedang agak langka mbak. Barangnya agak sulit dicari.

      Penyebabnya karena produk itu agak sulit masuk ke Indonesia karena aturan impor yg ribet (coba mbak baca artikel saya tentang red line).

      Dulu sebelum keluar kebijakan red line impor oleh Bu menteri Sri Mulyani, toko yg menjual perlengkapan bayi diantaranya adalah toko Tomatco. Toko ini sebenarnya banyak menjual kolam dan pelampung renang, tapi selain itu juga ada menjual perlengkapan bayi.

      Tapi itu dulu mbak, kalau saat ini saya gak berani mengatakan kalau toko itu masih jual perlengkapan bayi.
      Untuk lebih memastikan coba aja tanya by phone. Nomor teleponnya ada di websitenya, cari aja di google.

      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
  6. Saya baru sekali ini singgah di web nya Bang Izal Toys. Sungguh luar biasa berbaginya nda naggung-nanggung. Barokah dan sukses selalu Bang...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,, terima kasih sekali atas apresiasinya ya om,,,, :)

      Saya memang senang berbagi om, apalagi kalau tulisan2 saya dapat bermanfaat bagi banyak orang, itu bahagianya luar biasa :)

      Delete
  7. Asslm Bang,
    saya mau nanya, kalau agen jam tangan di jakarta tau bg di mana..? Kalau boleh saya minta channel link nya dan kalau ada nomor kontaknya.

    Oiya satu lagi, sy mau nanya juga di mana agen yg jual mainan diecast juga bg.

    Sy ada planning mau jual brg2 ini.

    Terima kasih bang infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pusat agen jam tangan secara umum ada di pasar senen om. Nah kalau secara spesifik (perorangan) saya belum dapat channel linknya om, soalnya bisnis jam tangan kan bukan bidang saya hehe :)

      Nah kalau soal agen die cast metal, sudah pernah saya tulis secara lengkap dan mendetail sekali isi artikelnya.

      Ini dia artikelnya : http://www.bangizaltoy.com/2017/10/Pusat-grosir-mainan-hobi-asemka-diecastmetal-hotwheels-actionfigure.html

      Delete
  8. Assalamualaikum...bang izal toko yg banyak jual mainan pedang dan tembakan battery kualitas bagus di toko apa ya.

    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Ditoko gaby toys, hans toys dan toko starkid.

      Delete
  9. Bang izal...untuk mendapat harga grosir di toko tomatco,minimal pembelian berapa pcs ya..
    Trima kasih

    ReplyDelete
  10. Kalau pelanggan lama biasanya diperbolehkan mengambil 3 pcs untuk per item barang. Tapi kalau orang baru biasanya disuruh ambil minimal per 6 pcs untuk harga grosir. 😀

    ReplyDelete
  11. Selamat sore,Bang Izal. Mohon petunjuk, kl mau jual Smart Balance Wheel, bisa ditawarkan ke toko dimana saja ya? Terima kasih Pak atas petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan smart balance wheels itu mainan yang kayak gimana ya om? Kok saya baru dengar ya? hehe :D

      Delete
  12. Salam om dr pangandaran jabar.
    Saya baca artikel ini dr awal smp ahir dan bermcam pertanyaan jg sdh saya simak cuma msh ada 1 pertanyaan yg blm sya dapat.
    Rencana pengen buka grosir ddaerah saya nah apakah toko2 dsana melayani partai besar dan bisa jual bersaing dengan toko2 ddaerah saya ? Dan hrs ambil min brp pcs biar bisa buat jual grosir ddaerah saya ? Misal ambil 100 ada potongan brp % tiap item.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk grosir mohon maaf saya belum dapet link/info channelnya mbak rara kids. Waktu itu saya pernah ngobrol-ngobrol dengan salah seorang bos grosir di asemka itu, menurut pengakuannya dia ambil barang langsung ke China (impor secara langsung).

      Tapi saya tidak mendapatkan info secara lebih detail bagaimana cara, step dan proses impor tersebut. Jadi untuk pertanyaan ini (saat ini) saya belum bisa membantu mbak,,, mungkin suatu saat kalau saya telah mendapatkan infonya secara lebih mendalam, akan saya buatkan artikelnya. Insya Allah.

      Delete
    2. Mksh bang infonya. Ada info klo bwt dgrosir dtmpt saya ambil dr cirebon udh miring ini lg mau survey2. Klo boleh tau harga hotwhell yg asli brp bang dstu ? Bwt perbandingan. Mksh sblmny

      Delete
    3. Waktu bulan puasa kemarin saya beli 3 karton hot wheels (ori segelan) di asemka kena harga 16.000 per pcsnya.

      Soal harga, hot wheelsnya sering gak stabil mbak. Jika produk impornya lagi banyak datang, harganya pun turun,,, tapi kalau lagi sulit masuk impornya maka harganya jadi naik.

      Delete
  13. Assalamu'alaikum bang ijal kalau beli mainan anak motor2 an / sepeda roda 3 bahan plastik dimana bang diasemka jg kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Iya betul di asemka... kalau mainan motor/sepeda roda 3 paling lengkap di toko starkid.

      Delete
  14. Assalamualaikum,,
    Selamat siang bang izal..mohon infonya toko mainan murah dibawah 10rb..sy maujualan mainan serba 10rb kaya nya lumayan di car free day.😚🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Wah maaf om,,,,untuk artikel tentang informasi grosir mainan harga di bawah 10 ribuan belum saya tulis om. Salah satu penyebabnya karena saya belum sempat2 juga untuk survey langsung ke lokasinya. Sehingga materi artikelnya belum sempat untuk dikumpulkan. Nanti kalau ada waktu insya Allah akan saya survey dan tulis artikelnya.

      Menurut info yang saya dapatkan dari rekan pedagang lain, lokasi grosir mainan dibawah 10 ribuan ada di kawasan jembatan lima Jakarta barat.

      Delete
  15. Salam hangat Bang Izal saya salim dari bekasi.. yang baru mau memulai usaha mainan.
    Saya sangat terbantu sekali dengan tulisan berbagi pengalaman usaha mainan bang IZal.
    Saya mau tanya bang,1.minimal pembelian grosir berapa jumlahnya bang? Apakah tergantung dr mainannya atau dr tokonya?
    2.berapa persen keuntungan rata rata abang jualnya?apakah tergantung jenis mainannya jg? Terima kasih banyak bang sebelumnya. Selalu bang Izal mendapatkan kebahagiaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Minimal pembelian 1 lusin dan khusus untuk pedagang (klo beli eceran (satuan) biasanya tidak dilayani).

      2. Tergantung jenis mainannya om,,, kalau mainan yang sudah pasaran, maka saya ambil marginnya gak terlalu besar (Sekitar 40 sampai 50%). Nah kalau untuk mainan yang tidak pasaran (unik), maka saya ambil marginnya bisa mencapai 60% sampai 100%. Contohnya seperti mainan airsoftgun.

      Delete
  16. Maaf bang mau tanya..kalau pusat grosir balon karakter yg diisi helium dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helium itu gas yang dihasilkan dari tabung karbit itu ya? Jadi kalau balon karakternya di isi pakai gas itu, balonnya jadi bisa melayang/terbang.

      Delete
  17. Iya bang..apa abng tahu dimana pusat grosir balon foil karakter nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di toko 9 naga dan toko tomatco. Info tentang kedua toko itu telah pernah saya tulis di blog ini. Silahkan cari artikelnya di kategori "Belajar Bisnis".

      Delete
  18. Apa bang izal punya kontak wa nya??
    Terima kasih sebelumnya sudh menjwb pertnyan sya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum mendapatkan nomor WA nya mbak,,, tapi kalau nomor kontak/telpon toko tomatco sudah ada saya cantumkan didalam artikel yang saya rujuk diatas. Coba aja hubungi dan tanyakan langsung via telpon.

      Delete
  19. Saya sangat menyarankan untuk membeli mainan di pasar Pagi Asemka, disana banyak sekali importir importir yang menjual mainan dengan sertifikat SNI - pastinya aman bagi pembeli yang akan membelinya untuk anak.

    ReplyDelete
  20. Numpang tanya bang.izal...
    mic karaoke.mainan anak yg bisa blouetoot
    type ws 858 atau type lainnya .berapa harganya ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya harga eceran atau harga grosirannya gan? Sebenarnya saya gak pernah jual tipe mic yang agan sebutkan. Tapi saya bisa membantu memberi perkiraan harganya.

      Delete
  21. Assalamualaikum bang izal
    Saya mau tnya

    Saya ingin memulai usaha mainan....
    Saya sudah mempunyai tempat kurang lebih luasnya panjang 8m lebar 6m.apakah cukup? Kira2 untuk modal awal saya untuk buka toko mainan ini sekitar brapa? Dan yg harus saya jual mainan seperti apa? Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau toko berukuran 8 x 6 meter itu cukup besar om, sudah lebih dari cukup itu mah. Nah, cuma konsekuensinya kalau tokonya berukuran besar seperti itu otomatis juga membutuhkan modal awal yang besar.

      Apa sebab?

      Karena jika ruangan toko besar sedangkan modalnya tidak sepadan, tentu jadi banyak ruangan toko yang kosong karena jumlah produknya kurang. Betul kan? Untuk ukuran toko sebesar itu, setidaknya membutuhkan modal 60-75 jutaan untuk modal isi produknya.

      Jadi jika modalnya om belum cukup segitu (misal hanya ada 50 jutaan) maka cara mengakalinya adalah perbanyak jual produk buatan lokal terlebih dulu. Sebab produk mainan buatan lokal harganya lebih murah dibandingkan produk import. Skala perbandingannya 75% produk lokal, 25% produk import.

      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  22. bang zal.
    kalo kulakan mainan truk yg kecil2 yg d jual 2ribuan tau ga tmpatnya??
    mksh sblmnya🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih ada di pasar gembrong gan,,, tapi sejak pasar gembrong di relokasi saya belum tahun grosir mainan murah itu pindah kemana.

      Delete
    2. Alhamdulillah saya sudah menulis artikel tentang toko grosir yang khusus menjual mainan2 murah. Silahkan klik link artikelnya di sini : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

      Delete
  23. Assalammualaikum....bang izal,klo tempat yg jual karpet puzzle evamat di toko apa ya,suka ada pembeli yg nyariin....trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Biasanya ada di toko starkid atau SMT om.

      Delete
  24. Assalamualaikum bang klo yng jual mainan pistoalan kokang yng murah dan komplit di mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Biasanya yang jual toko lucky Toys. Tapi adanya cuma tiap bulan puasa dan lebaran om.

      Delete
  25. aslm om izal kalo toko gaby sama lucky posisinya dmn ya?apakah jauh kalau dari hanstoys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Jaraknya gak begitu jauh kok dari Hans toys, kira2 jarak 30 meter ke sana. Ada sebuah artikel khusus tentang toko gaby dan lucky yang pernah saya tulis. Di dalam artikel itu sudah lengkap dengan foto panduan menuju dua toko tersebut. Ini artikelnya : Toko Gaby Toys dan Lucky Toys, 2 Pusat Grosir Mainan Import Berkualitas

      Delete
  26. Assalamu'alaikum
    Bang minta infonya untuk toko yg jual grosiran mainan dri kisaran harga 5rb-50rb dmn ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Tempat belanjanya di toko Sinar Mutiara Toys (SMT).

      Saya sudah pernah menulis artikel tentang toko grosir itu di blog ini, silahkan dibaca aja.

      Delete
  27. Assalammualaikum....bang amri,tdi saya belanja di asemka mainan harga 11rbuan dua lusin,tpi pas saya cek dirumah cuma ada 1lusin...kira"klo di komplain saat belanja berikunya di ganti atau tdk ya(perasaan saya sih tdk akan di ganti)dan apa bang amri pernah mengalami kasus seperti saya..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah sih ngalamin barang yang kurang, tapi gak sampe selusin sih om. Tapi biasanya sih diganti om,,, asalkan om segera mengabari bahwa ada barang yang kurang dan membawa bukti nota belanjanya (pas datang di waktu berikutnya) ke toko grosir tersebut.

      Delete
  28. Ass ,tolong info in bang toko terlengkap untuk mainan anak biar saya bisa jual lagi di harga serba 10rbuan...makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. Ass.
    Bang mau tanya ni.
    Pasar asemka kalau hari sabtu pada buka gk.?
    Soal nya kemaren kesana hari minggu banyka toko yg tutup.
    1 lagi bang, skrang kn udah bnyak tuh tentang COVID-19.
    Pasar Asemka buka gk yhh.?
    Ane pngen kesana takut pada tutup karena Civid-19.
    Makasih seblum nya bang Izal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asemka tetap buka kecuali hari libur. Sementara ini sih belum ngaruh sama isu virus Corona om, toko masih tetap buka seperti hari biasa.

      Delete
    2. Yg tutup tomatco bang Izal, buka lagi tanggal 27 Mei kalo ga di perpanjang. Untuk sekarang Kalo belanja hati2 di semprot air sama satpol PP. Pas kemarin saya lagi jalan mau ke starkid di semprot sama satpol PP langsung kabur :D

      Delete
    3. Wah Ampe segitu galaknya itu satpol PP Wkwkwk 😂

      Toko lucky Toys kabarnya juga kena segel gara2 bandel dan gak taat peraturan. Untungnya saya udah belanja duluan di awal puasa. 😊

      Delete
  30. Selamat pagi bang..bolehkah saya minta nomor kontak/email nya dan apakah boleh minta price list/daftar harga mainan utk kls menengah bawah,apakah bisa dikirim ke kabupaten Bogor tepatnya daerah sasakpanjang..baik bang semoga di tanggapi oiya saya jg punya toko kecil yg jual mainan dan macam2 alat tulis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya punya kontak WA toko grosir mainan mbak,,, yaitu toko Sinar Mutiara Toys (SMT). Ini WA nya 0819-230-018

      Bisa pesan lewat WA mbak, nanti minta aja list produknya. Dan bisa diantarkan gratis pake truk engkel milik toko SMT, tapi minimal jumlah belanja 20 jutaan.

      Delete
    2. Maaf belum ada om

      Delete
  31. assalamualaikum.. mas sy sangat terbantu dengan artikel yg mas tulis.. sy tinggal di tegal.. dan jarang toko mainan dan sy ada rencana membuka toko mainan.. kira2 bisa tidak rekomendasikan toko yg lengkap dan murah dipasar asemka/jakarta?? serta asesoris ank2?? dan pembelian secara grosiran min 1 kodi atau lusinan.. krn ada rencana selain menjual langsung ke konsumen saya juga bisa jd grosiran kembali untuk penjual eceran di tegal.. trim ksih semoga diberi kesehatan selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toko grosir di asemka itu rata2 untuk pedagang toko eceran om. Jadi kalau om mau jualan grosir bukan di asemka tempat berbelanjanya. Di asemka itu minimal beli 1 lusin per itemnya. Mengenai toko grosir yang murah disana, sudah banyak saya tuliskan infonya di blog ini. Silahkan lihat dan baca aja artikelnya di kategori "Belajar Bisnis Mainan".

      Delete
    2. Anonymous2/17/2022

      Di mana tempatnya

      Delete
  32. Bang saya mau tanya kalau untuk grosir mainan edukasi belinya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mainan edukasi jenis apa nih om? Mainan edukasi kan jenisnya banyak,,,,,

      Delete
  33. Assalamu'alaikum, bang.. Semiga usahanya sukses barokah dunia akhirat.. Mau nanya kalo mainan tembakan merk dcobra utk grosir dmn ya..? Jg mainan sejenis lego, bukan merk lego tp merk lain tp kualitas mirip merk lego

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau d'cobra coba tanya sama seller MurahBang om. Dia jualan airsoftgun d'cobra, jenis AEG dan juga jual WGG. Websitenya ada, cari aja di google. Kalau mainan Lego biasanya yang jual toko Gaby toys sama Lucky Toys.

      Delete
  34. assalamualaikum bang rizal...
    maaf sebelumnya..setelah saya baca semua komentar kayanya 1 toko identik dengan grosiran 1 jenis tertentu apa gimana bang...?

    sekalian nanya grosir untuk mainan mobil RC bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Jadi lebih tepatnya begini om :

      Setiap toko grosir di asemka itu sama2 menjual bermacam2 jenis mainan. Nah yang membedakan adalah; ada toko mainan yang lebih lengkap menjual produk mobil remote control. Sedangkan toko lainnya ada yang lebih lengkap jual mainan buatan lokal, dan toko lainnya lagi ada yang lebih banyak jualan mainan mobilan aki ditokonya.

      Kurang lebih seperti itu.

      Delete
  35. Anonymous8/03/2020

    Ass bang mau tanya klw yg jual layangan parasit garuda di psr pagi dmnnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk layangan saya belum dapet infonya om. Soalnya saya sendiri gak jualan layangan. 😊

      Delete
  36. Anonymous8/03/2020

    Oh ya makasih

    ReplyDelete
  37. Mainan anak2 edukasi di toko mana bang yg lengkap dan murah, kayak huruf, angka2, binatang2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditoko Gaby Toys, lucky Toys, Starkid, dan toko sinar mutiara Toys.

      Semua toko grosir itu sudah pernah saya tulis artikel reviewnya. Silahkan di baca aja.

      Delete
  38. Bang Ijal, saya ingin sewa kios dan jualan mainan anak. Tp saya tdk tau dimana hrs kulakan barang yg murah dan komplit. Saya tinggal di Pemalang - Jawa Tengah. Terima kasih atas infonya.🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tempat grosir mainan yang paling murah dan lengkap di daerah Asemka Jakarta barat mas. Tapi mohon maaf kalau untuk di Pemalang saya belum tau tempat grosir mainan disana. Lha wong saya aja belum pernah ke sana.

      Solusinya coba mas cari di google map, terus ketik "Grosir mainan terdekat di Pemalang".

      Kalau disana memang ada agen atau grosir mainan, nanti pasti akan muncul alamatnya di google map.

      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Kalo kulakan ke jakarta masih bisa untung dan bisa bersaing dgn grosir di Pemalang gak ya?

      Delete
    3. Tergantung pasaran harga mainan di daerah Pemalangnya gan. Kalau harga grosir dan eceran di Pemalang lebih tinggi daripada Jakarta, tentu akan lebih menguntungkan kalau belanja grosir ke Jakarta.

      Delete
  39. Mohon info tempat penjualan mobil" an ak i( besar ) tuk anak usia 5 - 6 tahun, dmn yaa, slm dari Palangka Raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga.

      Kalau mobil aki pusat grosirnya di toko golfi, berlokasi di Asemka Jakarta barat. Tapi kalau untuk wilayah Palangkaraya, mohon maaf saya belum tahu. 🙏

      Delete
  40. Assalamualaikum bang izal,,mohon pencerahannya toko yg jual grosir yg murah segala airsoftgun (dcobra/wgg,aeg dll) serta asesoris2nya dimana ya? Dan minimal order harus berapa ya bang? Terimakasih sebelumnya bang izal,semoga Allah membalas kebaikan bang izal,aminn..🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Dulu di asemka ada beberapa toko yang cukup lengkap menjual mainan Airsoftgun. Diantaranya toko Sinar Mutiara Toys, Gaby Toys dan toko Starkid. Tapi sejak sering razia airsoftgun pada tahun 2015 lalu, sampai sekarang mereka gak berani jualan airsoftgun lagi.

      Kabarnya di daerah surabaya ada grosir airsoftgun spring om,,, tapi saya belum tahu info nama tokonya, katanya sih toko grosir itu cuma jualan secara online aja. Nanti kalau dapat infonya saya kabarin deh.

      Delete
  41. Aslmualaikum dan
    Selamat siang bang izal .. sya baca baca ulasan dri atas smpe bawah ulsan nya positif semua dan sya mersa tertarik.

    Mau tanya klo buka glosiran mainan anak dan semua brang mainan kumplit di pasok sma bang izal kira kira membutuhkan modal berpa (estimasi) untuk buka toko grosir di kampung sya..
    Mhon untuk berkenan memblas nya bang izal lewat email (erickfibonacci18@gmail.com)
    terimakasih 🙏semoga kluarga bang izal sehat selalu aminn yarobal alaminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mainan di pasok semuanya sama saya itu gimana ya om ? Maaf saya kurang paham apa maksudnya,,, soalnya saya sendiri bukan pedagang grosir, tapi saya jualan toko mainan eceran.

      Delete
  42. Assalamualaikum bg, saya mau nanya, apa ada grosir yang melayani pengiriman keluar kota dan bagaimana prosedurnya bg, soalnya saya punya toko mainan di kota Padang,mohon sarannya bg🙏 terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab ya,,, kalau yang dimaksud pusat toko grosir mainan dikawasan Asemka, maka bisa dikirim ke luar provinsi, tapi saat pertama kali belanja harus datang ke Asemka dulu. Jadi biar tahu jenis produk apa saja yang ada ditoko grosir tersebut. Nah pas belanja selanjutnya bisa order by phone aja, nanti akan di urus pengirimannya melalui ekspedisi oleh toko grosir tersebut.

      Delete
  43. Bang izal, klo di gedung asemka grosir yang jual mainan harga 500 - 1000 itu ada ga y bang? Klo ada nama tokonya apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mainan serba 500 dan 1000an toko grosirnya bukan di asemka om,,, tapi ada dikawasan kembangan jakarta barat. Jadi masih arah keatasnya asemka. Nama tokonya Difie toys. Saya sudah pernah nulis artikelnya, coba aja cari di blog ini, ada kategori "Belajar Bisnis Mainan".

      Delete
  44. Maaf bang.. Saya Sudah cek harga toko yg tercantum.. Buat saya harga yg ditawarkan dsana masih termasuk tinggi.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko multi kasih wedding souvenir

      Delete
  46. Bang Bikin Group WhatsApp dong heheh biar enak komunikasi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya dalam sehari2nya sibuk banget om,,, jadi gak sempet ngurus grup WA

      Delete
  47. Salam kenal bang izal

    Mau tanya nih rencana saya mau usaha jual rupa2 mainan yang harganya serba 10.000 di pasar khusus hari minggu, berarti harga mainannya di bawah 10.000 nah kira2 di ASEMKA jakarta ada gitu?

    Herman-Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bang Herman.

      Kalau grosir mainan rentengan adanya bukan di daerah asemka om. Kalau di asemka itu rata2 jual mainan gede semua. Ada satu toko mainan rentengan yang saya tau barangnya cukup lengkap, yaitu toko Difie Toys. Lokasinya di daerah kembangan Jakarta barat. Coba aja ketik Toko Difie Toys di google, nanti pasti ketemu.

      Delete
  48. Halo bang zal, salam kenal. Menurut bang isal toko² grosir tersebut yg d esemka dll itu import nya di mana yah? Jika bang izal tau boleh dong dibagi info dan tipsnya gimna dan dimna importnya

    Dan jika berkenan.boleh dong share nmr² toko grosir yg menurut bang izal paling murah dan terlengkap dan yg psti boleh kok bang selain d luar jakarta🙏🙏. Terima kasih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan toko grosir di asemka itu mereka import dengan cara datang langsung ke China om. Memang ada sih beberapa toko grosir yang mendapatkan barang melalui sales distributor, tapi saya belum mendapatkan info tentang kontak sales mereka tersebut.

      Yang paling murah dan lengkap diantara toko Tri tunggal, JN Toys, Lucky Toys dan toko Starkids.

      Delete
    2. Okayy makasihh bangg izal, hari ini survey meluncur🙏😇

      Delete
  49. Kalau yg jual kacamata renang murah dmna ya? Kacamata anak

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum bang
    Semoga ilmunya selalu menjadi berkah ya bang
    Mau tanya bang kalo grosir poster2 alfabet atau angka dll serta plastisin sm balon2 tiup dimana ya bang?
    Bole saya minta kontaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari toko Difie Toys di google,,, bang izal sudah pernah bikin artikel review tentang toko grosir mainan rentengan itu.

      Delete