Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 2 (Pasar Senen)

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman. ☺

Kembali saya berkesempatan lagi untuk menulis topik lanjutan dari seri artikel bisnis, khususnya bisnis mainan. Pada seri artikel yang lalu telah saya ulas lengkap tentang salah satu tempat kulakan mainan terbesar di daerah Jakarta barat, yaitu : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Nah, kali ini saya kembali memiliki kesempatan yang baik untuk menulis seri lanjutannya. Pada artikel seri kedua ini saya akan mengulas tentang salah satu pusat grosir mainan lainnya, yaitu Pasar Senen. Tentang dimana tempat pasarnya saya rasa tidak perlulah saya jelaskan lebih lanjut, karena semua orang pasti sudah tahu dimana lokasinya.

Lagipula sekarang sistem transportasi sudah lebih mudah dengan adanya armada angkutan online. Kita tinggal pilih kemana tujuan pengantaran lewat aplikasi ub*r taxi atau Gr*b car, maka sang driver pun siap mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan segera. Betul? ☺

Sebenarnya grosir mainan dipasar senen ini tidaklah sebesar pasar pagi asemka. Berbeda dengan pasar pagi asemka yang pedagang grosir mainannya merata hampir ke seluruh bagian kawasan pasar itu, maka grosir mainan di pasar senen hanya ada di salah satu bagian/blok dari pasar itu.

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DIJAKARTA Bagian 2 ( Pasar Senen)

Pasar senen ini 'kan sebenarnya pasar inpres, didalamnya terdiri dari bermacam-macam pedagang. Mulai dari pedagang tekstil, pedagang buku, pusat grosir pakaian impor bekas, pusat grosir jam tangan, dan lain-lain. Semua dari pedagang yang saya sebutkan diatas, mereka menempati lokasi/blok masing-masing di pasar tersebut.

Jadi pedagang jam berada di lokasi blok 1 misalnya, maka dilokasi itu penuh dengan pedagang jam semua. Pedagang buku berada di blok 2 misalnya, maka dilokasi itu penuh dengan orang berjualan buku semua.

Nah, begitu pula dengan para pedagang grosir mainan juga menempati blok tersendiri di pasar itu, yaitu blok IV, lantai 1 dan lantai 2.

"Bagaimana cara mencari lokasinya sesuai dengan blok masing-masing bang izal?"

Nah ini pertanyaan bagus.

Karena pasar senen itu cukup luas, terdiri dari beberapa blok dan gedungnya bertingkat 4. Pasti akan membingungkan bagi teman-teman yang baru datang berbelanja mainan kesana.

Cara menemukannya : jangan malu bertanya, karena malu bertanya akan membuat kita sesat dijalan, eh maksudnya jadi tidak bisa menemukan lokasinya hehehe ☺☺☺.

Sedikit intermezzo (bercanda) bolehlah ya teman-teman. ☺

Tapi apa yang saya katakan diatas memang benar adanya, kalau kita ingin menemukan lokasi di pasar senen itu memang harus dengan cara bertanya kepada orang atau para pedagang disitu. Pedagang di sana cukup kooperatif kok, asal kita bertanya dengan cara sopan.

Bisa juga dengan cara lain yang lebih mudah, yaitu diantar pakai ojeg sampai tujuan. Tapi satu yang pasti, kalau kita baru menginjakan kaki disana, janganlah segan-segan untuk bertanya.

"Trus apa kelebihan grosir mainan dipasar senen ini bang izal? Kalau pedagang grosirnya gak sebanyak dan selengkap di asemka, lantas apa alasan yang membuat kita harus berbelanja kesana?"


Nah ini satu lagi pertanyaan yang sangat bagus!

Memang benar pusat grosir mainan di senen itu tidaklah selengkap dan sebanyak pasar pagi asemka.
Tapiii,,,, ada tapinya lho teman-teman. ☺
Di pasar senen itu banyak jenis dan tipe mainan yang tidak ada di pasar pagi asemka, nah ini dia alasannya! ☺

Jadi berbelanja ke pasar senen itu fungsinya untuk pelengkap tipe dan jenis mainan ditoko kita. Misal bagi toko mainan yang juga menjual buku-buku mewarnai anak-anak TK, maka di pasar senen inilah tempat pusat grosirannya.

Masih ingatkah teman-teman pada buku mewarnai yang dulu pernah di obral pedagang asongan di kereta ekonomi jurusan Bogor-Jakarta Kota? Nah itulah dia bukunya. Grosir buku mewarnai anak TK ini lokasinya persis didekat terminal senen.

Produk lain yang tidak ada di asemka tapi dijual dipasar senen ini adalah mainan unit air s*ft g*n dan berbagai aksesoriesnya (mohon maaf, penulisan harus saya sensor karena google adsense melarang penulisan segala hal berbau senj*ta, walaupun hanya sekedar mainan).

Nah toko yang menjual berbagai unit dan aksesories mainan hobi menembak di pasar senen itu diantaranya adalah : Toko Hobi 'Sarang Mainan'. Lokasi toko mainan hobi ini berada di Lantai dasar B3-12A, pasar senen.

Bagi teman-teman yang ingin berbelanja produk mainan buatan lokal (indonesia) yang harganya murah, maka bisa berbelanja ke toko AA-grosir & retail.

Toko mainan lainnya yang cukup lengkap dengan tipe mainan yang unik adalah Kharisma Toys. Beralamat di blok IV, lantai 1 C8 No 12 C, Pasar Senen.

Satu lagi toko Planet Mainan, beralamat di lantai 2 Counter blok C No 36-39, Pasar Senen.

Selain itu, kalau ada diantara teman-teman yang berjualan produk kacamata anak-anak, jam tangan digital untuk anak-anak, dan aneka macam game juga tersedia lengkap dipasar inpres senen ini.

Demikianlah diatas beberapa daftar toko grosir mainan yang menjual tipe dan jenis mainan yang unik dan berbeda dari produk-produk di pasar asemka.


Jadi kesimpulannya :

Masing-masing pusat grosir tersebut memiliki ciri khas tersendiri dari produk yang dijualnya. 
"Maksud produknya memiliki ciri khas itu bagaimana ya bang izal?"

"Oaaalah,,, masih belum mudeng juga toooh maaas?" (becanda, hehe)
Yo wees,,,, biar saya jelaskan lagi secara lebih runut dan terperinci.
Jadi begini,,,,

Pedagang grosir mainan itu tipenya ada bermacam-macam.

Ada toko grosir yang menjual produk mainan yang berskala besar dan harganya mahal.
Contoh seperti mainan mobil remote, helikopter remote, drone, mainan mobil/motor tenaga aki (accu) yang bisa dinaiki anak-anak. Toko grosirnya antara lain Hans Toys, Lucky Toys, Channel Toys dan Gaby Toys. Semua toko ini telah saya ulas lengkap di seri artikel bagian satu.

Ada pula toko grosir yang menjual jenis produk mainan unik dan bersifat khusus, seperti unit mainan olahraga menembak a*r soft g*n dan berbagai aksesories kelengkapannya, toko grosir buku belajar mewarnai untuk anak TK, toko grosir game, dan toko grosir jam tangan anak. Produk-produk yang saya sebutkan itu, dipasar senen tersedia lebih lengkap daripada asemka.

Sama seperti pedagang grosiran yang jenisnya bermacam-macam, begitu pula dengan pedagang retail (eceran) pun tipenya juga bermacam-macam. Pedagang eceran ini ada 3 tipe, yaitu :


#1. Tipe pedagang (toko eceran) yang benar-benar menjual lengkap semua jenis produk mainan. 


Toko mainan seperti ini adalah toko retail mainan yang besar, biasanya berbentuk ruko.
Toko ini menjual lengkap mulai dari mainan besar dan harganya mahal seperti mobil bertenaga aki (accu) yang bisa dinaiki, mainan mobil remote, heli remote, drone, sampai pada mainan-mainan kecil dan harganya murah seperti bola bekel dan kelereng (gundu).

Nah kalau toko eceran besar seperti diatas, wajib harus menyambangi semua pusat grosir seperti asemka, pasar senen hingga pasar gembrong. Kalau mau koleksinya lengkap, ya memang harus menyatroni semua pusat grosiran itu.

#2. Tipe toko mainan yang kebanyakan dari isi tokonya menjual produk mainan lokal. 


Toko mainan eceran seperti ini biasanya berjualan di kios-kios pasar yang ukuran ruangannya hanya 3 x 3 meter. Pada kios kecil seperti ini memang lebih tepat untuk menjual produk buatan lokal (indonesia) yang harganya relatif murah. Karena kios mainan kecil seperti ini modalnya masih terbatas, sehingga belum mampu untuk menyediakan produk mainan yang mahal seperti mobil aki, drone atau mainan helikopter remote.

Tempat berbelanja yang tepat untuk kios mainan kecil diatas adalah ke toko grosir yang khusus menjual produk mainan lokal. Kalau di pasar senen, toko grosir yang menjual produk lokal adalah Toko Mainan AA-18 Grosir & Retail. Di asemka juga ada toko grosir yang khusus menjual produk buatan lokal ini, yaitu toko Sinar Mutiara Toys (SMT). Toko SMT ini termasuk toko grosir mainan lokal yang telah terkenal. Rata-rata pengusaha bisnis mainan pasti tahu dengan toko ini.

#3. Tipe pedagang mainan asongan, gerobak keliling dan pedagang kaki lima.

Kalau tipe pedagang yang terakhir ini biasanya adalah pedagang mainan yang baru mulai merintis usaha mainan dari bawah. Saya, ibu, dan adik-adik saya adalah mantan pedagang tipe yang bagian ketiga ini. ☺☺☺

Kami sekeluarga dulu berjuang merintis dari bawah kurang lebih selama 17 tahun.
Pelopornya adalah ibu saya, beliau mulai merintis usaha bisnis mainan ini sejak awal tahun 2000an. Ibu pula lah yang mendidik dan membina kami kakak beradik hingga akhirnya semua berhasil mendirikan toko mainan masing-masing.

Perjuangan seorang perempuan hebat ini telah pernah saya tulis pada sebuah artikel khusus, yaitu : IBUKU PAHLAWAN KELUARGA

Saat itu produk mainan yang kami jual adalah mainan ecek-ecek (sangat murah) seperti mainan gambaran, bola bekel, kelereng, gambar tempel, yoyo kayu, gangsing, dan mainan-mainan kecil lainnya. Dulu lapak kami adalah emperan-emperan sekolah SD.

Nah,,, dimanakah pusat grosir untuk mainan-mainan kecil ini?

Tak lain dan tak bukan adalah pasar gembrong!

Pasar gembrong ini berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Cipinang Besar Jatinegara Jakarta Timur. Nah pasar gembrong inilah yang akan menjadi bagian terakhir dari seri artikel tentang pusat grosir mainan anak ini.

Baca juga : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

Nah demikianlah seri bagian kedua ini telah selesai saya tulis. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, khususnya yang sedang merintis dan membangun usaha bisnis mainan.

Semoga sukses selalu hendaknya untuk teman-teman semua, Aammiin.

Mulai ditulis jam 10 pagi tadi, selesai pukul 15.00 siang menjelang sore ini.
Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

53 comments for "Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 2 (Pasar Senen)"

  1. Kalau sudah kenal dengan toko langganan kita, apakah boleh hutang duluan ngk bang disana ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya sih transaksi hanya bisa secara cash om. Ada sih beberapa toko yg mau memberi penangguhan pembayaran sama saya, tapi keadaan yg seperti begini : ketika saya berbelanja ternyata uang yang saya bawa kurang. Jadi misal total belanja 50 juta, sedangkan uang cash yg saya bawa cuma 45 juta. Mau transfer, hari udah kesorean dan ATM/bank udah pada tutup.

      Maka saya diperbolehkan untuk membayarkan sisa kekurangan keesokan harinya melalui transfer. Begitu om.

      Delete
  2. Makasih bang izal info/ artikelnya sangat membantu. Sekalian nanya nih, kalo nyari grosiran Hot wheels atau sebangsa DIECAST dimana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko Hans toys dan toko Saint, daerah pasar pagi Asemka Jakarta kota.

      Delete
    2. Kalo di Senen jaya nyari diecast di toko mana ya bang..??

      Delete
    3. Toko die cast yg lengkap mah bukan di Senen om, tapi di pasar Asemka.

      Antara lain toko Gaby toys, lucky toys, Hans toys dan toko saint.

      (Kalo mau lebih lengkap, lihat artikel pusat grosir mainan bagian 1)

      Delete
    4. Akhirnya td nyempetin ke Asemka bang...tokonya banyak,,nyari diecast jenisnya banyak. Tp kenapa kok harganya malah lebih mahal dari Senen ya bang..balik lagi deh belanjanya ke Senen..hehehe.
      Share pengalaman aja bang..makasih info infonya sangat membantu pemula seperti saya..

      Delete
    5. Oh iya mbak,,,,sekarang harga mainan memang lagi pada naik.
      Karena efek barang yg sedang langka. Penyebabnya adalah kebijakan red line dari pemerintah. Jadi sekarang ini kalau kita mau impor barang (semua komoditi) perizinannya semakin diperketat. Harus punya punya dokumen yg lengkap, lulus SNi, dan banyak lagi persyaratan lainnya. Jadinya kalau syarat belum lengkap, banyak barang yg masih tertahan di pelabuhan.

      Efeknya?
      Barang jadi langka, kalaupun ada harganya sudah melambung tinggi.

      Duh! Emang makin ribet dah! Wkwkwkek 😂😂😂

      Delete
  3. bang diasemka pusat acc dinding/ruangan untuk grosir murah dimana...? thanks bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acc dinding/ruangan itu apa ya om?

      Saya baru kali ini dengar hehe :)

      Delete
  4. Kl kulakan diecast motor trail ada kontaknya gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo die cast motor trail mah jarang ada om,,, dulu saya pernah dapet die cast motor trail ditoko Sinar mutiara toys, tapi udah lama,,,, sekitar 3 tahun yg lalu.

      Delete
  5. Assalamu'alaikum bang izal. Bang saya mau minta saran nih. Saya mau mulai bisnis mainan anak, tp saya masih terbatas modal dan tempat. Karena keterbatasan ini, Saya mau mulai bisnisnya dari online dulu bang. Boleh minta saran abang apa yg harusnya saya lakukan?
    Sekalian pertanyaan, adakah toko grosir yg bisa memfasilitasi saya dalam stok barang bang, semacam menjadikan saya sebagai resellernya?
    Terimakasih bang izal
    Wassalamu'alaikum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin memulai toko online, tapi dengan modal terbatas, maka om ada 2 pilihan metode (cara). Cara pertama yaitu om berbelanja produk sendiri ke asemka, dan menjualkannya secara langsung ditoko online/e-commerce (sebagai seller).

      Atau cara kedua, om bisa merintis terlebih dahulu dengan menjadi reseller produk orang lain (dropship). Setelah nanti toko onlinenya mulai berkembang, barulah om mulai menjual produk sendiri.

      Mengenai langkah-langkahnya silahkan baca link artikel ini : http://www.bangizaltoy.com/2018/08/5-jenis-bisnis-online-dan-cara-mendapatkan-penghasilan-dari-internet.html

      (Note : copas link artikel diatas dan kemudian buka di penelusuran google).

      Mengenai toko grosir biasanya gak punya reseller online om, karena pada umumnya toko grosir hanya berjualan secara offline. Jadi klo toko grosir itu biasanya punya sales, nah sales-sales itulah yang bertugas memasarkan produknya kepada para pedagang mainan eceran.

      Demikian om, semoga dapat membantu ;)

      Delete
    2. Bro,itu grosir mainannya.yg biasa dari daerah2 ya.diluar pulau jawa gtu yg belanja

      Delete
  6. Bang izal bole minta nomor wa nya? Sy baru mau mulai merintis dan mau tanya2. Apakah bole minta contact person nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh,,, 081219566150

      Delete
    2. Salam kenal bang izal,,,saya save no bang izal ya?

      Delete
    3. Salam kenal,,, iya silahkan.

      Delete
  7. Bang ak tadi nyoba nyari2 di internet mengenai informasi importir mainan anak untuk yg pengen jual scra grosiran .. setau abang toko2 itu recommended g ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal link dari internet itu saya gak bisa menjamin mbak,,, karena banyak sekali ragam dan latar orang-orang yang berada di internet. Ada yang bisa dipercaya, dan ada pula yang tidak.

      Delete
  8. Bang mau nawarin kerja sama, saya Pengrajin Trompet dari cirebon .
    Mau menawarkan produk saya. .
    Harga grosir kualitas terjamin. .
    Berbagai macam jenisnya. .bila minat bisa langsung hub no saya. .
    Hp/Wa . 08977617823

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas penawarannya gan,,, tapi mohon maaf, sisa terompet saya yang tahun kemarin masih banyak gan,,, jadi saya mau menghabiskan stok itu dulu ditahun baru 2019 ini.

      Delete
  9. Salam kenal Bang Izal...
    Mohon info toko yg jual die cast motogp dan kisaran harganya bang.Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi sudah saya jawab di WA ya :-)

      Delete
  10. Assalamualaikum,

    Salam kenal bang izal

    mohon infonya toko yang jual lego kW di dearah asemka ?

    Salam,
    Nur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Salam kenal agan Nur :-)

      Lego Kw banyak ditoko Lucky toys. Saya sudah pernah menulis artikel tentang toko itu di blog ini. Silahkan dibaca aja artikelnya.

      Delete
  11. Bang... Klu mau kepasar esemka. Enakan pake transportasi apa ya.. Biar gampang.. Tlg dong biar nggak nyasar. Krn saya dari palembang... Jadi tertarik nih setelah baca artikelnya.. Thank infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara yang paling mudah dan gak bakalan nyasar adalah pakai grab atau gojek om :-)

      Jadi setelah setibanya di jakarta, tinggal order grab atau gojek, dan minta antar menuju asemka. Nah kalau ingin mencari toko grosir mainan yang paling lengkap dan murah, infonya masing2 tokonya sudah banyak saya tulis di blog ini. Silahkan cari di kategori "Belajar Bisnis".

      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
  12. Assalamuaikum Bang,mau tanya klo grosiran pistolan kokang,di mana ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.

      Biasanya yang jual toko lucky Toys. Tapi adanya cuma tiap bulan puasa dan lebaran om.

      Alternatifnya coba tanya sama adik saya, dia juga jualan airsoft gun. Cari nama akunnya Mazri Mazri di Facebook. Siapa tahu dia masih nyimpen mainan pistolan kokang.

      Delete
    2. Daer asemka ya bang, sudah saya coba search di fb tp kluar bnyk nama itu kolo boleh, kirim no wa nya aj bang ke 085697671851

      Delete
  13. Toko mainan yg lengkap untuk usaha mainan serba 2rb dimana ya Bg??
    Ada no Wa ny ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko Difie Toys. Ini no WA nya : 0812-8218-9010

      Delete
  14. Salam bang izal

    Saya sebagai perintis baru
    Saya mau jualan ngampar di pasar malam
    Jualan mainan yg saya bandrol SERBU,SERBA 10RB
    bisa bantu bang..yg sekiranya modal 5rb-7rb kurang lebih...tempat lokasi baik dan ramah...
    Dan sekiranya gimna ide saya itu

    Trimakasih

    Berkah berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal om,,, idenya cukup bagus.

      Untuk infonya silahkan baca artikel ini : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

      Delete
  15. Salam bang izal .salam kenal ,
    saya lagi merintis usaha mainan diecast ,mau bantuan informasinya kalau grosir diecast untuk alat alat berat/alat pertambangan/exavator/dump truck ada nya dimana ya bang, makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pernah dapet die cast alat berat di toko JN Toys dan toko Gaby Toys. Coba om cek lagi ke sana, mungkin barangkali masih ada dijual di sana. Saya juga sudah pernah menulis artikel tentang kedua toko itu, silahkan dibaca aja.

      Delete
  16. Bang izal..ada gak nomor wa grosir2 yg sudah bang izal sebutin di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau no WA nya saya belum dapet om.

      Delete
  17. Boleh minta kontak wa nya
    Kontak saya 0895320341167
    Besok buka tidak toko nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok toko saya buka, tapi toko saya bukan berlokasi di Senen ya gan. Toko saya berlokasi di daerah Kalisari Jakarta timur.

      Delete
  18. selamat siang Bang Izal,

    salam kenal, nama saya Aida dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, mohon saran apabila mau memulai usaha toko mainan yang lengkap, kira-kira berapa budget pertama yang diperlukan ? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal mbak Aida.

      Kalau di awal toko mainan modal minimalnya sekitar 75 jutaan mbak. Nantinya pembagian penggunaan modal itu adalah sbb:

      20 juta biaya untuk menyewa toko/tahun.
      10 juta untuk biaya membuat rak dan membeli etalase kaca.
      50 jutanya untuk biaya membeli barang/produk mainan.

      Delete
    2. Maaf ralat, maksudnya modal awalnya minimal 80 jutaan.

      Delete
  19. Salam kenal bang izal,saya sudah mulai jualan sekitar 1bln ini,tp saya lg blom ktemu link utk pemasoknya mainan" tsb..mgkin bang izal ada rekomend buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk pemasok saya juga belum dapet linknya gan,,,, yang saya tahu baru toko2 grosir mainan yang ada di Asemka.

      Delete
  20. Assalamualaikum bang, sore bang izal salam kenal.
    Saya mau bertanya bang saya ada niatan mau buka usaha mainan kecil²an dengan modal usaha minim sekitar 5 jutaan apa bisa dilakukan bang?? Target saya jualan online (dirumah).

    Trs kalau untuk beli grosir apakah hanya di asemka dan pasar gembrong yg bisa dpt harga murah? Mohon dijawab ya bang izal terima kasih.

    Oh iya saya ingin berjualan diecast (hotwheels, matchbox dan mainan mini figure gitu bang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal 5 jutaan untuk jualan online sudah bisa om,,, tentu saja itu masih dalam skala kecil2an. Grosir mainan yang paling murah dan lengkap adalah di asemka om,,, karena asemka adalah pusat grosir mainan untuk seluruh indonesia.

      Kalau om mau beli diecast, tempat grosirnya di toko Hans toys dan toko Golfi toys ( di asemka).

      Delete
    2. Makasih bang sdh dibalas komentarnya, iya bang karna modal minim maka saya niat untuk buka jualan online.

      Kalau untuk belanja di asemka sana apa harus minimal 1 lusin per barang atau bisa minim 3pcs brg bisa dapet harga buat reseller ya bang??

      Delete
    3. Kalau sudah berlangganan biasanya bisa beli minimal 6 pcs per item. Tapi kalau pembeli baru biasanya harus belanja minimal 1 lusin per itemnya.

      Delete
  21. Bang saya jualan online baru rintis,mau cari mainan anak kaya mainn set mesin cuci,magic kitchen,,kira2 harus kmna y?mw mandiri bljr blnja sendiri soal ny,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan itu biasanya ada di toko gaby toys dan toko lucky toys,,,, saya sudah pernah menulis artikelnya, silahkan cari artikelnya di kategori "Belajar Bisnis Mainan".

      Delete