Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue yang Prospeknya Semakin Menjanjikan

Assalamualaikum.

Teman-teman, ada sebuah fenomena pada salah satu jenis usaha yang sebenarnya sudah cukup lama menarik perhatian saya. 

Namun karena kesibukan saya mengurus toko mainan (offline), sehingga selama ini belum sempat juga saya tuangkan ke dalam sebuah tulisan.

Nah, kebetulan sekarang ini saya sedang ada waktu senggang. Sehingga akhirnya fenomena itu dapat juga saya tuliskan ke dalam blog tercinta ini. 😊

Kira-kira fenomena usaha apakah itu? 

Yaitu usaha toko plastik dan bahan kue.

Ya! Memang sudah lama saya mengamati jenis usaha yang satu ini. Yang cukup menarik perhatian, setiap pergi membeli kantong plastik kresek ke salah satu toko plastik (langganan saya), tidak pernah saya jumpai toko tersebut dalam keadaan sepi.

Pasti selalu ramai!

Selain itu, dari waktu ke waktu saya perhatikan semakin banyak saja orang yang membuka usaha toko plastik dan bahan kue ini.

Sekitar tiga tahun yang lalu, hanya ada 2 toko plastik di daerah sekitar kelurahan kalisari (area wilayah toko mainan saya). Yaitu sebuah toko tempat saya biasa berlangganan kantong plastik dan yang satunya lagi adalah toko milik seorang WNI keturunan.

Sekarang?

Sejauh yang saya amati, telah berdiri sekitar 3 toko plastik baru di area sekitar kelurahan Kalisari. Apalagi untuk cakupan area yang lebih luas (tingkat kecamatan pasar rebo), sudah semakin menjamur orang membuka usaha toko plastik dan bahan kue ini.

Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue yang Prospeknya Semakin Menjanjikan
Ilustrasi

Nah! Secara logika tentu timbul satu pertanyaan :

"Apa sebabnya sehingga terus saja menjamur orang yang membuka usaha toko plastik dan bahan kue ini?"


Jawabannya sudah jelas! 
Karena bisnis ini sangat menjanjikan!

Kalau bisnis ini tidak menjanjikan, tidak akan mungkin orang saling berlomba-lomba mencoba peruntungan di jenis usaha ini. Logikanya sudah cukup jelas toh? hehe 😉

Saya yakin faktor pemicu yang membuat usaha ini terus bertambah di sekitar area wilayah toko saya, karena ada orang yang berjiwa wirausaha (punya otak/intuisi bisnis) sering melihat 2 toko plastik dan kue yang telah saya sebutkan diatas selalu ramai dikunjungi pembeli setiap hari. 

Sehingga orang yang memiliki intuisi bisnis tersebut mulai mencoba membuka usaha yang sama di area yang tidak terlalu jauh dari 2 toko plastik 'senior' tersebut.

Dan ternyata toko baru itu juga berkembang pesat! 

Selang setahun kemudian, kembali bertambah satu lagi toko plastik baru disudut lainnya wilayah kalisari. Begitulah seterusnya. Hingga kini, total telah ada sekitar 5 buah toko plastik di wilayah kalisari tersebut.  

Andai saja bukan karena telah kerepotan mengurus 2 toko mainan (offline) milik saya, mungkin saya sendiri juga ikut membuka satu lagi toko plastik di daerah saya tersebut. Serius loh! Biar makin ramai hehehe. 😀 Saat ini memang belum sempat saya wujudkan, semoga beberapa tahun yang akan datang (insya Allah) bisa terealisasikan membuka usaha toko plastik ini, Aammin.

Usaha toko plastik dan bahan kue ini perbandingan usahanya mirip-mirip lah dengan jenis usaha bisnis mainan.

Rekomendasi artikel : PELUANG BISNIS MAINAN DAN BERBAGAI KELEBIHANNYA

Sisi kelebihannya banyak, di antaranya : 

#1. Usaha plastik ini tidak ada istilah expired/basi. 

Karena terbuat dari bahan sintetis, sehingga walau bahan plastik ini terkubur di dalam tanah selama bertahun-tahun sekalipun, belum akan dapat terurai dengan sempurna. By the way sebenarnya ini adalah kutipan materi mata pelajaran IPA di masa saya masih sekolah di bangku SMP dulu, tapi masih relevan untuk penguat 'hujjah' artikel ini. 😊

Nah, artinya apa ?

Yaitu kita tidak perlu khawatir dengan barang restan (sisa) dari usaha plastik ini.

Jadi walaupun kita punya sisa stok plastik dalam jumlah banyak, tidak perlu takut. Karena tidak pernah basi sehingga lama kelamaan plastiknya akan habis juga di beli orang.

#2. Prospek usaha plastik juga tidak ada matinya! Karena pasti dibutuhkan oleh semua orang.


Cobalah teman-teman fikirkan sejenak, dalam kehidupan sehari-sehari adakah orang yang tidak membutuhkan/tidak memakai plastik? 

Jawabannya pasti semua orang membutuhkan/memakai plastik, baik itu untuk bisnis maupun untuk penunjang keperluannya sehari-hari. Coba bayangkan, berapa buah plastik yang di pakai pada pasar tradisional hingga Hypermart per hari?

Bisa total puluhan ton jumlahnya!

Begitu luas market dan luar biasa besar jumlah pemakainya, maka tidak mengherankan walau tiap tahun terus bertambah orang membuka jenis usaha ini, namun prospeknya tidak pernah meredup. 

Ya!
Semua lini kehidupan dan dunia usaha pasti membutuhkan plastik. Mulai dari plastik 'kaca' yang berfungsi untuk mempercantik kemasan produknya (aksesories, souvernir, dll). Hingga kantong plastik 'kresek' yang berfungsi sebagai pembungkus produk. 

Dan masih sangat banyak lagi fungsi lainnya dari plastik yang akan terlalu panjang jika saya tuliskan satu persatu.

#3. Persentase keuntungannya cukup besar.


Saya sering berbincang-bincang dengan bos toko plastik langganan saya. Mengobrol santai sambil diam-diam secara pelan-pelan saya korek rahasia usahanya hehe 😀

Bos toko plastik itu mengatakan persentase keuntungan usaha plastik dan bahan kue ini berkisar di angka 30 - 40 persen. 

"Apalagi jika memiliki modal besar dan perputaran usaha telah berjalan lancar, maka pihak produsen akan menetapkan harga khusus yang lebih murah dari pasaran harga modal pada umumnya. 
Bahkan jika usaha kita terus berkembang pesat, maka pihak produsen akan mau memberikan waktu tenggang bagi kita untuk membayar barangnya". Demikian tuturnya.

Maksudnya begini : kita diperbolehkan oleh produsen untuk menjualkan terlebih dahulu produk plastiknya, dan kita akan membayar cash uangnya nanti ketika telah datang pengiriman barang di waktu berikutnya.

Jadi mirip-mirip seperti sistem konsinyasi (titip jual) antara produsen dan si pemilik toko.

Dengan sistem seperti ini, maka tidak mengherankan jika toko plastik yang telah lama eksis dapat terus bertahan walau terus bermunculan pengusaha toko plastik baru setiap tahunnya.

Apa sebab? 

"Karena sistem konsinyasi ini membuat isi toko plastiknya selalu penuh dengan barang baru, karena setiap pihak produsen plastik yang datang bersedia memberikan waktu tempo pembayaran untuk setiap produknya. Oleh karena itulah stok dan isi toko selalu penuh, sehingga para pelanggan setia selalu dengan senang hati berbelanja ke toko kita". Demikian penuturan bos toko plastik itu.

#4. Setali tiga uang dengan plastik, begitu juga dengan 'saudaranya' yaitu bahan kue yang selalu dibutuhkan hampir setiap hari. Puncaknya ketika di hari-hari besar, panen!


Setiap toko plastik pasti juga menjual peralatan dan bahan untuk membuat kue. Tidak mungkin tidak, karena keduanya merupakan bagian yang tidak mungkin terpisahkan. Betul kan teman-teman?

Cobalah lihat semua toko-toko plastik, pasti juga menjual bahan dasar untuk membuat kue. 😊

Nah, dalam pengamatan saya (pada toko plastik langganan yang telah saya ceritakan diatas), setiap hari pasti selalu ada saja orang-orang yang membeli bahan-bahan dasar untuk membuat kue. Contohnya seperti mentega, coklat, pewarna makanan, gula buatan, hingga kismis untuk pemanis tampilan kue bolu atau kue ulang tahun.

Puncaknya terjadi di momen hari-hari besar seperti natal dan menjelang hari raya Iedul Fitri. Wuih! Itu orang yang berbelanja sampai harus rela mengantri! Saya berani dosa deh kalau saya berbohong hehehe 😀

Pada momen hari-hari besar inilah saat 'terindah' untuk mengeruk rupiah bagi pengusaha toko plastik dan bahan kue ini. 

Sehingga ada dari mereka yang telah berhasil sukses, mampu membuka cabang hingga 3 buah toko plastik dan bahan kue ini.

#5. Barang/produknya relatif mudah di dapatkan, terutama bagi pengusaha toko plastik dan kue yang berada di kota besar.


Rekomendasi artikel : PELUANG USAHA ATK (Alat Tulis Kantor)


Pusat distributor plastik di Jakarta di antaranya :

- Aneka plastik menara.

Beralamat di Pasar pagi lama, Los T I/29 - 32
Jln. Pasar pagi, RT 02/RW 02 Roa Malaka, Tambora Jakarta barat.

- PT. Niaga Plastik.

Beralamat di Jln. Jatinegara timur 4, No. 8B RT 09/RW 02, rawa bunga Jatinegara Jakarta timur.

- Dinamika Indo Solusindo (Supplier plastik).

Beralamat di komplek pasar segar, blok KDE - 07 jln. Peta timur No. 40 Cengkareng Kalideres Jakarta barat.

Sedangkan pusat toko grosir dan suplier bahan pembuat kue ada tersebar dibeberapa tempat, diantaranya pasar jatinegara, daerah cibubur, depok, dan bogor.


- Pasar Jatinegara.

Pasar ini merupakan sentra tempat penjualan alat-alat dan bahan dasar pembuat kue terlengkap dan terbesar. Tempat ini telah terkenal sejak zaman kolonial belanda, tersedia lengkap menjual bahan pembuat kue seperti mentega, keju, coklat, tepung, susu, dan berbagai bahan-bahan lainnya.

Alamat lengkapnya : Jalan matraman raya, Rt.005/Rw.06, Bali mester pasar Jatinegara Jakarta timur.

- Daerah Cibubur.

Didaerah cibubur ini ada dua buah toko grosir yang menjual lengkap berbagai bahan dasar pembuat kue.

Kedua toko tersebut adalah :

1. Toko kue Cherry.
Alamat : Ruko sentra eropa.
Blok B34, kota wisata cibubur.
Telpon : 021 - 8493 - 9226 / 3373 - 1133 

2. Toko kue Blossom.
Alamat : Ruko canadian broadway CBB 25 - 26, kota wisata cibubur.
Telpon : 021 - 8493 - 9161 / 7023 - 9161

- Daerah Depok.

Didaerah sekitar kota depok juga ada dua buah toko bahan kue yang cukup lengkap dan besar.

Toko tersebut adalah :

1. Toko Mira.
Alamat : Ruko Depok Mas B no.3
Jalan margonda raya no. 42 Depok.
Telpon : 021 - 7720 - 3681

2. Toko Sky Bee.
Alamat : Jalan banjar Blok M no.3 Cinere.
Telpon : 021 - 9833 - 2026

- Daerah Bogor.

Didaerah bogor juga ada dua buah toko bahan kue yang tidak kalah lengkap dengan toko sebelumnya diatas.

Kedua toko tersebut adalah :

1. Toko Aneka Loyang.
Alamat : Jalan Dewi Sartika 88, Bogor.
Telpon : 0251 - 378 - 864

2. Toko Mekar Jaya.
Alamat : Jalan Siliwangi no. 128 B Bogor.
Telpon : 0251 - 310 - 234

"Bang izal, kalau bagi pedagang plastik dan kue yang berada di kota besar seperti Jakarta mah memang gampang mencari barangnya, bagaimana dengan kami yang lokasinya berada di daerah?"


Hmmh,,, sebenarnya bisa di carikan solusinya kok teman-teman, yaitu dengan menggunakan jasa pengiriman ekspedisi/kargo. 

Sekarang perkembangan jasa pengiriman sudah semakin pesat, sehingga dapat menjangkau pengiriman barang hingga pelosok/daerah yang jauh.

Jadi ketika diawal usaha, teman-teman bisa berbelanja dengan cara datang secara langsung ke Jakarta (belanja stok ke pusat memang lebih rekomended karena jenis barangnya lengkap dan harganya pun murah).

Nah pada tahap berikutnya (kalau sudah paham selahnya), kita bisa memesan barang by phone saja. Nanti pihak produsen dan supplier yang akan membantu mengurus pengiriman barangnya ke ekspedisi/kargo, untuk selanjutnya dikirimkan ke tempat kita.

Tips agar bisa sukses di bidang usaha toko plastik ini (terutama untuk pemula).


Walau usaha plastik ini sangat menjanjikan dan nyaris 'tidak ada matinya', namun kita tetap harus punya strategi tersendiri agar lebih mudah dalam meraih sukses.

Nah apa saja strategi itu?

Berikut di antaranya :

- Untuk pengusaha 'pendatang baru' alias orang yang baru merintis usaha ini, sebaiknya carilah lokasi baru yang sekiranya belum terlalu banyak orang yang membuka usaha toko plastik di lokasi tersebut.


Cara ini di maksudkan agar persaingan yang ada tidak terlalu ketat, sehingga kita bisa menetapkan harga sedikit lebih tinggi. 

Sudah menjadi 'hukum ekonomi' bila persaingan terlalu ketat akan cenderung membuat harga jual menjadi turun. Karena masing-masing pedagang saling berlomba untuk menarik pembelinya. Dan salah satu cara yang paling sering di pakai adalah dengan menurunkan harga jual.

Dengan mencari lokasi baru yang lebih 'fresh' (belum banyak saingan), maka akan meningkatkan peluang usaha kita untuk eksis terlebih dahulu di daerah tersebut (sebelum kompetitor lain akhirnya datang di tahun-tahun berikutnya). Jadilah trendsetter, jangan jadi follower! Betul apa betul? Hehehe 👌😀

- Jagalah kejujuran dan pupuk kepercayaan dengan para supplier/produsen yang menitipkan (konsinyasi) produknya ke toko kita.


Ini sangat penting teman-teman!
Karena di sinilah sebenarnya letak kunci dan rahasia utama pengusaha toko plastik yang telah sukses itu!

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya diatas, jika kita selalu jujur dan komitmen menjaga hubungan baik dalam berdagang, maka mereka (para produsen/supplier) itu tidak akan ragu-ragu lagi memberikan tempo waktu pembayaran kepada toko kita. Sehingga dengan adanya tempo pembayaran, akan membuat isi toko kita selalu lengkap dan penuh dengan barang-barang baru. 

Hal ini sulit dicapai jika dengan pembayaran cash, karena jelas akan membutuhkan modal yang sangat besar. Sedangkan modal kita hanya pas-pasan.

Jadi bagi pengusaha plastik pemula memang sangat membutuhkan sistem konsinyasi.

Oleh karena itulah bagi pengusaha plastik pemula yang baru merintis, berusahalah mengambil hati para produsen/supplier plastik langganan kita dengan cara selalu konsisten dan tepat waktu melakukan pembayaran. 

Hal ini dilakukan dengan harapan produsen/supplier itu mau lebih cepat memberikan kepercayaan dengan memberlakukan konsinyasi/pembayaran jatuh tempo. 

Kalau modal kita terbatas sehingga tidak memungkinkan belanja barang secara cash, tapi karena di berikan sistem konsinyasi membuat isi toko kita lebih cepat penuh karena sistem titip jual tersebut. 

Biasanya pengusaha pemula yang bersungguh-sungguh menjaga komitmen dan kejujurannya akan dapat meraih sukses lebih cepat.

- Gigih berusaha dan jangan lupa berdoa.


Bagian terakhir ini pasti semua orang akan sepakat. 😊

Karena pada bagian inilah yang paling berperan besar, mulai dari hulu hingga muara akhirnya. Betul? 😉

Kita harus gigih berusaha karena merupakan sunatullah (hukum alam) tetap berlaku pada siapa saja. Siapapun yang gigih dan rajin, maka peluang untuk sukses akan lebih terbuka baginya. Sedangkan doa adalah bagian dari kepasrahan diri, karena tidak selamanya jalan yang kita tempuh selalu mulus. Maka di situlah ada faktor 'campur tangan Tuhan' yang turut berperan di dalamnya. Akan ada keajaiban dan jalan keluar yang tidak terduga hasil dari sebuah doa.

Dan dari doa pula lah sebuah usaha menjadi berkah, karena orang yang sering berdoa biasanya juga suka bersedekah . 😊

Demikianlah teman-teman, tulisan yang panjang, runut dan mendetail tentang peluang usaha toko plastik dan bahan kue. Salah satu jenis usaha yang prospeknya semakin menjanjikan.

Besar harapan saya semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terutama bagi yang sedang merintis usaha. Bila teman-teman merasa artikel ini dapat bermanfaat, silahkan di share ulang agar bisa bermanfaat pula untuk teman-teman yang lainnya.

Semoga sukses selalu untuk teman-teman semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

18 comments for "Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue yang Prospeknya Semakin Menjanjikan"

  1. Zsaya cari suplier plastik dan alat kue call 085718809118

    ReplyDelete
  2. bang izal punya toko online mainannya kah atau hanya offline saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya 2 toko online. Sebelumnya terjun ke dunia blogging, saya cukup aktif jualan online. Tapi sejak menjadi blogger, saya hanya aktif menjalani bisnis offline aja. Udah kepegang lagi ngurus toko online, karena saya udah sibuk menulis hehe :D

      Delete
  3. Info distributor plastik area bekasi ada ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk wilayah bekasi belum saya dapatkan info distributornya om,,, insya Allah kalau nanti sudah saya dapatkan informasi yg valid, akan saya cantumkan di artikel ini.

      Delete
    2. Bang ijal nanya donk klu untuk distributor plastik dan bahan kue di surabaya dmna y???

      Delete
    3. Mohon maaf kalau untuk wilayah Surabaya saya belum tahu info distributor plastik disana gan.

      Delete
  4. Terimakasih Bang Izal, tulisannya bagus2 dan bermanfaat. Sudah lama saya ingin membuka usaha ini. Semoga bisa secepatnya terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga rencananya lekas terwujud ya gan, Aammmiin.

      Delete
    2. Aamiiin. Terimakasih dukungannya mbak

      Delete
  5. Bang saya di sumsel.adakah supplier bahan dan alat perkue an di area saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan,,, untuk daerah Sumsel saya belum tahu channel distributor bahan kue disana.

      Delete
  6. Blog mantep ini bang! banyak ilmu, kalimatnya sederhana gampang dicerna. Update terus bang tentang tempat2 grosir termurah di jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan! Terima kasih atas apresiasinya ya ;-)

      Delete
  7. Bang, distributor plastik dan bahan kue area Pemalang Tegal tau bang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk wilayah pemalang tegal saya belum tahu infonya mas.

      Delete
  8. bang izal, distributor plastik kresek daerah cibubur dan sekitarnya dmn ya?

    ReplyDelete