5 BISNIS JAJANAN ANAK SEKOLAH, DAN TIPS JITU MENCARI LOKASI DAGANG YANG STRATEGIS

Hai teman.

Bisnis jajanan anak sekolah merupakan salah satu peluang usaha yang patut untuk anda pilih. Alasannya, karena bisnis ini bisa dijalani dengan modal kecil. Sehingga bisnis jajanan sekolah ini bisa dijalani oleh siapa saja.

Selain itu, hasil produk dari usaha ini pada umumnya diminati oleh anak-anak. Hal ini cukup logis. Namanya juga anak-anak, tentu saja mereka suka sekali dengan yang namanya jajanan.

Tak ada bedanya dirumah maupun disekolah, jika ada abang-abang makanan yang sedang lewat, biasanya pasti dikerumuni oleh anak-anak.

Apalagi ketika disekolah, biasanya waktu yang paling dinanti adalah waktu istirahat dan pulang sekolah. Sehingga, ketika menjelang tiba waktu istirahat belajar/pulang sekolah, pasti di dalam fikiran semua anak-anak itu sudah terbayang jajanan apa yang akan dibeli nantinya.

Saya berani menyimpulkan hal ini, karena berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri (waktu masih SD dahulu). Dan saya sangat yakin sekali, bahwa anda semua pun, pasti juga mengalami hal yang sama seperti saya hehehe. ☺

Tips memilih lokasi usaha (lapak) jajanan anak sekolah yang tepat dan strategis.

Bisnis jajanan anak sekolah ini akan sangat menjanjikan jika anda mampu mencari dan mendapatkan lokasi (lapak) strategis di sekolah-sekolahan 'elit'.

Apa itu sekolahan 'elit'?

Artinya adalah sekolah yang tergolong 'bonafit', yaitu sekolah yang rata-rata siswanya terdiri dari kalangan menengah ke atas. Dahulu saya dan rekan pedagang kaki lima lainnya telah biasa memakai istilah 'elit' untuk sekolah-sekolah tersebut.

Baca juga : 17 MINDSET BISNIS YANG DIANJURKAN BAGI PELAKU USAHA (ENTREPRENEUR)

Kenapa saya katakan berdagang di lokasi sekolahan 'elit' itu lebih menjanjikan?

Saya menyatakan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Sekedar informasi saja, jauh sebelum membuka toko mainan, saya telah pernah merintis berbagai jenis usaha di lapak kaki lima. Salah satu jenis usaha yang pernah saya jalani adalah bisnis jajanan anak sekolah ini.

Nah, perbedaan mencolok yang saya rasakan adalah :

Sebelum saya berhasil mendapatkan lapak di sebuah sekolah swasta 'elit', saya telah sempat berjualan di salah satu sekolah dasar negeri (SDN).

Ketika di SDN itu, produk dagangan saya jual seharga 1.000 rupiah per pcs.

Kemudian saya berinisiatif untuk mencoba pindah, yaitu ke sebuah sekolah dasar Islam (swasta). Sekolah itu cukup terkenal di kawasan Cijantung Jakarta timur. Nama sekolah itu adalah yayasan SD Islam panglima besar Jenderal Soedirman.

Lantas, apa yang kemudian terjadi?
Ketika saya menjual produk saya dengan standar harga di sekolah dasar sebelumnya (Rp. 1.000/pcs), tanggapan anak-anak di SDI Jend. Soedirman itu cukup mengejutkan : "Wuiih gila! Harganya murah banget nih! Hey teman-teman, belinya di sini aja! Di abang ini harganya lebih murah!" 😮

Mungkin anda akan bertanya : "Kenapa harga dagangannya bisa di anggap lebih murah bang izal?"

Ternyata begini alasannya :

Ternyata harga jual yang ditetapkan oleh para pedagang di SDI Jend. Soedirman itu, jauh lebih tinggi, ketimbang standar harga di sekolahan tempat saya berdagang sebelumnya.

Jika ditempat saya sebelumnya biasa dijual 1.000 rupiah per pcs, maka di SDI Soedirman itu lazim dijual seharga 3.000 rupiah (untuk produk yang sama).

Cukup jauh perbedaan harganya bukan? 😊
Apa faktor yang membuat standar harganya bisa berbeda?

Ya tentu saja karena daya beli di sekolah swasta Islam pavorit itu jauh lebih tinggi. Karena sebagian besar siswanya berasal dari kalangan menengah ke atas. 

Sehingga para pedagang berani menetapkan harga jual lebih tinggi di situ daripada sekolahan lain. Alhasil, ketika saya pertama kali berpindah lokasi (lapak dagangan) ke sekolah dasar Islam itu, dagangan saya langsung laris manis terjual. Karena dianggap harganya jauh lebih murah hehe. 😀

Namun pada keesokan harinya, harga jual mesti saya sesuaikan dengan standar harga yang ada di SD Islam tersebut. Sebagai pedagang baru, tentu saja saya harus punya etika, dan mengikuti pasaran harga yang berlaku di sekolah itu.

Toh, walaupun harga jual produk harus disesuaikan, tapi dagangan saya tetap laris manis disana. Karena kunci utamanya terletak pada daya beli anak-anak di sekolah swasta itu. Jadi harga jual yang relatif tinggi tidak terlalu menjadi masalah bagi para murid disana.

Itulah di atas beberapa rahasia sukses menjalani bisnis jajanan anak sekolah. Semuanya telah saya bocorkan kepada anda berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Sulitkah mendapatkan lokasi (lapak) dagang yang strategis?

Mungkin ada timbul sebuah pertanyaan di fikiran anda : "Bang izal, biasanya kalau di sekolahan-sekolahan elit itu lapaknya suka keduluan penuh. Solusinya gimana dong bang?"

Yup! Memang betul sekali! Sudah menjadi hukum alam jika ada sesuatu yang bernilai lebih, pasti akan sulit untuk mendapatkannya. Termasuk dalam mendapatkan lokasi strategis tersebut.

Nah, saya ingin memberikan satu lagi rahasia (trik untuk mendapatkan lapak) kepada anda semuanya. Salah satu cara yang jitu untuk mendapatkan lapak, adalah dengan cara mendekati pengurus lapak di sekolahan tersebut.

Biasanya, yang dipercayakan sebagai pengurus lapak oleh pihak sekolah, adalah orang yang sudah mulai berdagang sejak periode awal di lokasi tersebut.
Intinya semacam pedagang senior begitulah.
Jadi caranya adalah : Anda harus pandai mengambil hati pengurus lapak tersebut. Temui dan dekati pengurus itu, sampai akhirnya dapat terjalin keakraban antara dia dengan Anda.

Dan di saat anda telah yakin, dan mulai mendapatkan waktu yang tepat, maka coba anda buka obrolan yang lebih serius dengan pengurus lapak itu.

Minta tolonglah kepadanya, agar dicarikan lapak untuk anda. Supaya permohonan anda bisa berjalan lebih lancar, anda perlu sedikit berkorban dengan memberikan beberapa 'uang rok*k' kepada pengurus lapak itu.

Trik ini sudah lumrah terjadi dalam dunia usaha, apalagi di kota besar seperti Jakarta. Ingat sebuah pameo : "Di Jakarta tidak ada yang gratis, kencing aja mesti bayar, kecuali kentut". hehehe 😀

Mendapatkan tempat dan lokasi strategis ini merupakan kunci paling utama jika anda ingin sukses menjalani bisnis jajanan anak sekolah ini. Saya tidaklah sedang membual, tapi ini saya katakan berdasarkan pengalaman nyata. Toko mainan yang saya dirikan, salah satu sumber modalnya adalah dari hasil laba bersih (yang saya tabung dan kumpulkan) selama berjualan di yayasan SD Islam PB. Jend. Soedirman tersebut.
Baca juga : CATATAN PERJALANAN USAHAKU Bagian 10 (Merintis Bisnis Toko Mainan)
Oleh karena itu, ketika daya beli ditempat usaha anda tinggi, maka tentu saja akan berbanding lurus dengan peningkatan kemajuan usaha anda. Pada akhirnya, ketika modal usaha telah terkumpul cukup banyak, maka dana itu bisa anda gunakan untuk merintis usaha yang lebih besar. Misalnya seperti membuka usaha toko mainan, mendirikan warung makanan, membuka warteg, warung sembako, dan berbagai jenis usaha lainnya.

Jadi fungsi utama berdagang di lapak kaki lima ini, sesungguhnya adalah sebagai langkah awal dan batu loncatan untuk mempersiapkan usaha yang lebih besar. Saya telah pernah menulis sebuah artikel yang terkait dengan hal ini. Berikut artikelnya : PEDAGANG KAKI LIMA DAN SOLUSINYA

Demikianlah diatas beberapa tips jitu dalam mencari lokasi dagang (lapak) yang strategis.

Baiklah, kini kita akan mulai masuk ke inti pembahasan. Saya akan memberikan beberapa resep jajanan anak sekolah kepada anda. Anda bebas memilih resep mana saja yang anda sukai untuk dijual.

Beberapa resep tersebut adalah :

#1. Jajanan anak sekolah jenis Martabak mini.

5 BISNIS JAJANAN ANAK SEKOLAH, DAN TIPS MENCARI LOKASI DAGANG YANG STRATEGIS

Martabak manis ini termasuk salah jajanan sekolah pavorit dan sangat disukai anak-anak. Jika martabak biasa ukurannya lebih besar, dan harganya pun relatif lebih mahal. Maka untuk jajanan sekolahan, anda dapat membuat martabak berukuran lebih kecil, dengan harga yang dapat terjangkau oleh anak-anak.

Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan:
  • Sediakan tepung terigu (sekitar 12 sendok).
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok teh.
  • Baking powder sekitar seperempat sendok teh.
  • Ragi instan seperempat sendok teh.
  • Garam sebanyak seperempat sendok teh.
  • Seperempat baking soda.
  • Satu setengah butir telur.
  • Setengah sachet susu creamer.
  • Mentega sebanyak 25 gram, (cairkan).
  • Air sebanyak 150 ml.
Tambahan :
    • Keju.
    • Pisang.
    • Meises.

Langkah-langkah Membuatnya :

  • Ambil tepung terigu, gula, baking powder, garam, dan susu kental manis. Campurkan semua dan aduk hingga rata.
  • Kemudian beri air (secukupnya), kemudian diaduk kembali.
  • Selanjutnya tambahkan ragi, aduk kembali hingga rata.
  • Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
  • Ambil wadah lain untuk tempat mengocok telur.
  • Kemudian campurkan adonan yang sudah didiamkan itu dengan telur + mentega cair + baking soda. Setelah itu diaduk hingga merata.
  • Nyalakan kompor untuk memanaskan alat cetak martabak, kemudian olesi permukaan alat cetak itu dengan mentega (tipis-tipis).
  • Tuangkan adonan hingga setengah ukuran cetakan, kemudian tekan sedikit, agar supaya adonan martabak menyapu bagian pinggir cetakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga permukaan adonan martabak terlihat berlubang, lalu tambahkan gula pasir.
  • Kemudian tutup adonan (diamkan sebentar).
  • Setelah martabak mini tersebut matang, kemudian angkat dan olesi permukaan atasnya dengan mentega.
  • Tambahkan keju, pisang dan meises diatasnya sesuai dengan selera. Boleh ditambahkan dengan susu kental manis jika suka. 

#2. Jajanan anak sekolah jenis Sate Telur Gulung.

5 BISNIS JAJANAN ANAK SEKOLAH, DAN TIPS MENCARI LOKASI DAGANG YANG STRATEGIS

Jenis jajanan sekolah yang satu ini cukup terkenal di kalangan anak-anak. Cara membuatnya juga mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Berikut cara membuatnya.

Bahan :
  • Telur ayam.
  • Bumbu Merica.
  • Garam Dapur.
  • Tusuk sate.

Langkah-langkah membuatnya :

  • Masukkan beberapa butir telur ke dalam sebuah mangkuk. Kemudian tambahkan garam dapur dan bumbu merica sesuai selera. Selanjutnya telur dikocok hingga berbusa menggunakan garpu/sendok.
  • Siapkan tusuk sate untuk alat melilit telurnya.
  • Panaskan minyak dalam jumlah secukupnya. Minyak jangan terlalu panas, karena dapat membuat telur jadi terlalu cepat matang dan kering. Sehingga membuat sulit untuk dililitkan pada tusuk sate.
  • Selanjutnya goreng telur sebanyak kurang lebih 2 atau 3 sendok makan. Setelah telur dimasukkan ke dalam minyak, segera buru-buru digulung. Intinya jangan sampai telurnya terlalu kering karena terlalu lama diangkat/digulung.
  • Setelah itu angkat telur dan tiriskan minyaknya.
  • Sate telur gulung telah siap disajikan/dijual untuk jajajan anak sekolah.
Baca juga : PANDUAN LENGKAP USAHA JAJANAN RUMAHAN YANG LAYAK UNTUK ANDA COBA

#3. Jajanan anak sekolah jenis Kue Cubit.

5 BISNIS JAJANAN ANAK SEKOLAH, DAN TIPS MENCARI LOKASI DAGANG YANG STRATEGIS

Kue cubit ini termasuk salah satu jajanan sekolah pavorit dan digemari oleh anak-anak. Modal untuk berjualan kue cubit ini pun sangat murah, selain itu juga sangat mudah dibuat.

Berikut cara membuatnya.

Bahan :
  • Sediakan sebanyak 250 gram tepung terigu.
  • 4 buah telur ayam.
  • Gula pasir sebanyak 200 gram.
  • Margarin yang sudah dicairkan sebanyak 250 gram.
  • Soda kue setengah sendok teh.
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh.
  • Teh vanili bubuk setengah sendok teh.
  • Meises sebanyak 200 gram.

Langkah-langkah membuat kue cubit :

  • Campur telur dengan gula, kemudian kocok telur yang sudah ditambahkan gula tersebut (pakai mixer).
  • Kemudian tambahkan dengan tepung terigu dan margarin (yang sudah dicairkan). Selanjutnya di aduk kembali sampai semua bahan tercampur menjadi satu.
  • Tambahkan soda kue, bubuk vanili, dan baking powder. Kemudian di aduk lagi sampai tercampur semuanya.
  • Nyalakan kompor, kemudian panaskan alat cetakan kue cubit (dengan api kecil). Jangan lupa beri permukaan alat cetakan menggunakan margarin (di olesi tipis-tipis).
  • Langkah selanjutnya tuangkan adonan ke dalam alat cetakan. Cukup tuangkan seukuran setengah cetakan saja (jangan dituangkan sampai penuh).
  • Setelah adonan setengah matang, kemudian taburkan meses. Selanjutnya dimasak lagi sampai kue cubitnya matang sempurna.
  • Kue cubit sudah siap untuk dihidangkan/dijual sebagai jajanan anak sekolah.

#4. Jajanan anak sekolah jenis Sosis Bakar.

5 BISNIS JAJANAN ANAK SEKOLAH, DAN TIPS MENCARI LOKASI DAGANG YANG STRATEGIS

Sosis bakar merupakan salah satu jajanan sekolahan yang sangat disukai oleh anak-anak. Makanan ringan ini juga sangat mudah sekali membuatnya.

Berikut caranya.


Bahan-bahan :
  • Sosis ayam.
  • Saos tomat atau sambal.
  • Sediakan mayonaise.
  • Jangan lupa sediakan juga kecap bango.
  • Batu bakar.
  • Tusuksate.

Langkah-langkah membuatnya :

  • Siapkan sosis, kemudian beri sayatan kecil-kecil. Kemudian tusukkan sosis tersebut ke tusuk sate. Jangan lupa olesi kecap.
  • Selanjutnya panaskan batu bakar, olesi dengan minyak atau margarine sedikit.
  • Langkah selanjutnya letakkan sosis tersebut diatas batu bakar. Bakarlah sosisnya hingga matang dan merata. Sesekali beri olesan kecap dan saos.
  • Taraaa,,,, akhirnya sosisnya siap deh. Sebagai tambahan penyedap, berikan tambahan saos dan mayonaise. Dan sosis anda telah siap untuk dijual sebagai jajanan anak sekolah. Bagaimana? Mudah sekali cara membuatnya bukan? ☺    
 Baca juga : BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL UNTUNG BESAR

#5. Jajanan anak sekolah jenis Es Mambo.


 
Jajanan didaftar list terakhir ini termasuk jenis jajanan sepanjang masa. Sejak zaman saya masih kecil, bahkan konon sejak orang tua saya masih kecil es mambo ini sudah ada dijual orang.
 
Es mambo ini juga termasuk salah satu jajanan ringan yang paling mudah dibuat.
 
Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan :

  • Sediakan 10 sendok makan susu cair (soal rasa terserah anda, bisa dengan rasa cokelat, atau dibuat dengan rasa yang lainnya).
  • Cokelat bubuk sebanyak 3 sendok makan.
  • Tepung maizena sebanyak 4 sendok makan.
  • Sediakan gula pasir secukupnya.
  • Satu liter air matang.

Langkah dan cara membuatnya :


  • Campurkan tepung maizena dengan bubuk cokelat. Kemudian di aduk hingga merata.
  • Tambahkan air sebanyak satu gelas (sedikit-sedikit).
  • Kemudian masukkan susu cair + gula, dan 1 liter air. Selanjutnya dimasak dengan api kecil. Aduk pelan-pelan hingga mendidih.
  • Setelah matang, kemudian diamkan hingga suhunya menjadi hangat.
  • Terakhir masukkan adonan es ke plastik (ukuran es mambo), dan bekukan di dalam freezer.

Es Mambo anda sekarang sudah siap untuk dijual sebagai jajanan anak sekolah.

Alhamdulillah, akhirnya rampung juga artikel tentang bisnis jajanan anak sekolah, dan tips mencari lokasi dagang yang strategis. Harapan saya semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Jika anda merasa isi artikel dapat membantu anda, maka silahkan dibagikan ulang (share). Agar isinya dapat bermanfaat juga untuk rekan dan saudara anda yang lainnya.

Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam sukses.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "5 BISNIS JAJANAN ANAK SEKOLAH, DAN TIPS JITU MENCARI LOKASI DAGANG YANG STRATEGIS"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel