CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE Skip to main content

CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Assalamualaikum.

Apa kabarnya para penggiat blogger semua?

Baik para newbie ataupun para mastah, saya berharap semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja dan sukses selalu hendaknya, Aammiin.
Teman-teman,,,,, saya mau berbagi sedikit cerita tentang blog saya ini.

Selama dua bulan 14 hari belakangan ini, atau sejak pertama kali blog ini dibuat, bisa dikatakan saya tidak pernah memperdulikan tentang masalah posisi dan peringkat artikel blog saya.
Pertanyaan seperti : "sudah sampai di halaman paling depan atau peringkat teratas kah artikel-artikel saya?".

Hampir tidak pernah hal seperti itu saya fikirkan.

Yang ada dalam fikiran saya selama ini hanya ada satu : selalu fokus dan konsisten membuat artikel yang unik (original) dan berkualitas.

Tapi karena melihat banyaknya blogger yang heboh membicarakan tentang posisi artikel yang melorot terlempar jauh ke belakang gara-gara algoritma terbaru Google Fred (terutama di group-group adsense), membuat timbul juga rasa ingin tahu di hati saya.

Akhirnya, tadi saya coba iseng-iseng tes ke pencarian Google sambil bertanya-tanya di dalam hati :

"Hmm,,,, kira-kira artikel blog saya ada di halaman yang ke berapa ya?" "Akh palingan juga baru sampai diposisi halaman ke 5, atau paling banter bisa sampai di halaman ke 3 google, itu juga udah top banget!"Demikian gumam saya.

Eh,,,, kagaktahunya dia (artikel) malah nangkring di halaman pertama dan nongkrong di peringkat paling atas, bahkan melampaui peringkat portal berita Tribunnews dot com! ☺☺☺

CARA MUDAH AGAR ARTIKEL BLOG MENDUDUKI PERINGKAT PERTAMA GOOGLE
Tes pencarian menggunakan empat Kata kunci (keyword), artikel berada di posisi peringkat 1 mengungguli web berita tribunnews dot com

CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE
Tes pencarian menggunakan Tiga Kata kunci (keyword), hasilnya Halaman Facebook dan artikel Blog saya tetap berada di posisi peringkat 1 mengungguli artikel lain dari Kompasiana dot com

Cobalah sejenak teman-teman perhatikan baik-baik foto screen shot hasil pencarian Google diatas.
Sudahkah teman perhatikan baik-baik? Apakah yang terlihat?

YA! 
Tampak salah satu artikel saya berhasil 'menduduki' halaman pertama dari pencarian Google! Alhamdulillah! ☺

Ternyata tidak hanya artikel itu saja yang berhasil nangkring diposisipaling atas pencarian Google, coba teman-teman lihat lagi foto screen shot di bawah ini,

CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Dan foto screen shot yang satu lagi dibawah ini.
CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Sebenarnya ada beberapa lagi artikel lain yang berhasil menduduki halaman pertama pencarian Google. Yang lucunya, artikel dengan format bersambung (berjudul 'Catatan perjalanan usahaku') malah nongkrong hampir semua serinya dari bagian 1 - 10 di halaman pertama Google.☺☺☺

Tapi, tidak mungkin semuanya itu saya screen shoot dan saya upload di sini, karena hanya akan membuat berat loading blog ini. Yang jelas, saya sendiri benar-benar tidak menyangka, untuk ukuran blog yang masih 'bayi' ini, tapi mampu bersaing dengan blog lain yang sudah bertahun-tahun dan besar terlebih dahulu.

Bahkan, pada foto screen shot yang paling atas (dengan judul artikel "Bentrok Angkutan Online Vs Offline Terus Terjadi") mampu mengungguli posisi website portal berita yang besar sekelas www.tribunnews dot com.

Teman-teman masih tidak percaya?

Coba ulangi lihat dan perhatikan sekali lagi foto screen shotnya dengan lebih teliti heheheheh ☺☺☺
Sesuatu banget yah! ☺

Mungkin diantara teman-teman ada yang menebak :
"Wah! Bang izal pasti master SEO! 
"Kalau bukan ahli SEO, mana mungkin blog yang baru berumur 2 bulan 14 hari bisa membuat pencapaian seperti itu".

Teman-teman mau tahu apa jawaban saya?
TEBAKANNYA SALAH BESAR! ☺

Saya berani bersumpah, optimasi SEO yang saya lakukan benar-benar masih standar alias SEO tingkat paling dasar sekali!

Yaitu hanya optimasi Title tag (judul blog), Deskripsi tag (deskripsi blog) dan Heading tag.
Benar-benar masih tingkat dasar sekali!

Saya sama sekali belum 'menyentuh' ke tingkat riset keywords (kata kunci) yang proses pencariannya cukup rumit. Bisa di bilang untuk urusan keywords, pada saat ini saya cuma main felling aja hehehe.
Saya hanya menebak dan mengira-ngira kata kunci yang paling banyak di cari orang di kolom pencarian Google.

Bukannya saya tidak mau lebih memakai teknik SEO yang 'tinggi' tersebut. Hasrat hati pastinya ingin sekali, tapi kan itu butuh proses, dan saya masih dalam proses belajar menuju kesana.

Lah wong main blog saja saya masih 2 bulan lebih kok, tidak mungkinlah saya langsung bisa menguasai ilmu SEO yang panjangnya bisa dari A sampai Z tersebut.

Namun teman-teman,,,,
Apakah lantas dengan belum sepenuhnya kita menguasai semua ilmu SEO tersebut, kemudian (blog) kita 'tidak berhak' untuk tampil ke depan?

Hmmm,,,, 
By the way, saya cukup bersyukur ternyata sekarang pihak Google telah menetapkan sistem algoritma yang adil. Yaitu tidak lagi menentukan peringkat blog dari banyaknya kata kunci (keyword) yang dipakai.

Seperti cara-cara sebelum tahun 2012 yang banyak di gunakan oleh para blogger untuk menaikkan peringkat. Cara-cara spam seperti itu sekarang ini tidak mempan lagi alias di abaikan oleh mesin Google bot.

Makin kesini mesin Google semakin cerdas, tidak lagi 'bodoh' seperti dibawah tahun 2012 dulu ☺.

Malah menurut kabar terbaru yang saya dengar, sejak tanggal 8 maret 2017 kemarin, Google memakai algoritma terbaru yang membabat semua blog yang melakukan optimasi internal link tidak relevan. Namanya Algoritma Google Fred.

Yang sangat menarik, 
Sistem algoritma Google fred ini cukup fair, sistemnya seperti 'mengajak' agar semua blogger 'bermain' secara sportif!
Yaitu dengan berkarya! ☺.

Google freed ini disukai sekaligus di benci, dibenci oleh kaum black hat dan di sukai oleh kalangan white hat hehehe ☺☺☺

Bagi blog yang melakukan optimasi tidak sesuai aturan (SEO black hat) akan langsung ditendang ke peringkat dan urutan paling belakang (trafik melorot). Tapi bagi blog yang menerapkan cara-cara alami dan taat aturan (SEO white hat) akan diberikan reward dengan naiknya peringkat artikel serta trafik blog tersebut.

Nah! Apa poin inti dan kesimpulan dari semua penjelasan diatas?
Poin intinya yaitu : 

SEO tingkat tinggi itu bukan terletak pada keahlian kita memakai kata kunci (keywords) yang nyepam dan memaksa mesin Google bot untuk menaikkan peringkat artikel atau blog kita. Atau dengan cara submit membabi buta ke berbagai media sosial dan berbagai cara instan yang lainnya.
Bukan,,, bukan itu SEO yang bagus.

Kenapa tidak bagus? Karena Google itu paling tidak suka di 'paksa-paksa'. Google itu paling suka dengan blog yang tumbuh secara alami dan natural!
Jadi?

SEO yang bagus dan tingkat tinggi itu adalah terletak pada kualitas dari semua artikel blog itu sendiri!

Nah, apa dan bagaimana ciri-ciri artikel yang bagus dan berkualitas itu?
Jawabannya sederhana : 

Unik dan tidak pasaran (isinya punya ciri khas tersendiri dan berbeda dari artikel orang lain),

Dan yang pasti harus asli seratus persen karya kita.
Mengggunakan gaya bahasa yang sederhana dan mengalir apa adanya (mudah dipahami) dan isi artikelnya bisa bermanfaat bagi banyak orang (pembaca).

Nah,,,, pertanyaanya, bagaimana caranya bisa membuat artikel dengan kriteria seperti itu?

Caranya adalah, menulislah dengan benar-benar keluar dari hati kita, sehingga semua orang yang membaca tulisan kita, turut merasakan 'jiwa' dari setiap tulisan dan artikel kita tersebut. 

Buatlah artikel yang 'hidup', disaat kita menulis tentang kisah kesedihan atau kegagalan, para pembaca dapat pula turut merasakan keprihatinannya.

Dilain waktu apabila kita membuat artikel tentang keberhasilan atau kesuksesan kita, pembaca akan bisa merasa termotivasi dan tumbuh semangatnya. Hal seperti ini mustahil bisa terwujud dari artikel hasil copasan.

Makanya kalau kita ingin mempunyai artikel dengan SEO tingkat tinggi, jangan pernah sekali-sekali membiasakan copy paste. Dimanapun yang namanya 'barang original' itu pasti lebih berkelas, mahal nilai dan harganya! ☺

Selain itu, sangat disarankan agar kita belajar gaya bahasa dan mengerti tata bahasa yang baik. Kalau kita menguasai gaya bahasa dan susunan kalimat yang baik, pembaca akan selalu merasa betah membaca artikel kita.

Tanda baca juga harus rapi dan teratur. Tiap selesai menulis sebuah artikel, periksa lagi dengan teliti dari paragraf awal hingga akhir. Perbaiki tiap kesalahan ketik atau susunan kalimat yang janggal.
Ulangi periksa per paragraf minimal dua kali, sampai kita benar-benar yakin artikelnya telah tersusun dan tertulis secara sempurna. Sehingga orang yang membaca artikel kita merasa nyaman membaca dan mudah memahami setiap isi dari artikel kita.

Sekali-sekali coba di selingi dengan humor yang tidak garing disetiap artikel kita, yang mampu membuat pembaca tersenyum.

Pokoknya setiap selesai membaca artikel kita, buatlah mereka 'ketagihan' dan selalu menantikan untuk kita tulis artikel selanjutnya.

Caranya simple kan?

Tapi anehnya kok sebagian blogger malah ogah-ogahan memakai cara ini, kebanyakan memakai cara instan, padahal kebanyakan makan yang instan (mie) saja bisa bikin kita penyakitan. Hehehe☺☺☺ .

Ya memang sebenarnya SEO itu sangat simple banget kok.
Tanpa perlu memakai rumus dan jurus keyword yang ribet pun, cukup dengan SEO paling dasar yang telah saya sebutkan diatas.

Kalau pada dasarnya artikel kita bagus, unik dan berkualitas, dalam arti banyak di share ulang serta di rekomandasikan oleh blogger yang lain. Saya jamin artikel teman-teman pasti akan menempati urutan teratas!

Saya tidaklah sedang membual teman-teman!
Ucapan saya ini bisa saya buktikan.

3 artikel saya diatas berhasil menempati halaman dan peringkat pertama pencarian Google, karena artikel saya itu sering di share ulang oleh teman-teman blogger yang lain!

Foto screen shot bawah ini salah satu diantaranya.

CARA AGAR ARTIKEL DISUKAI PEMBACA DAN MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE

(Saya ucapkan secara khusus, terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kawan dedi supriadi ini)

Diatas hanya salah satu foto screen shot perwakilan saja, foto yang lain lain tidak mungkin ikut saya upload disini, bisa bikin berat blog saya nantinya. ☺

Jadi,,,,mesin Google bot bisa menilai bagusnya semua artikel saya itu karena seringnya di rekomendasikan ulang. Fakta seperti ini mampu mengalahkan SEO setinggi apapun, serta mampu menggeser website sebesar apapun.

Tidakkah teman-teman lihat artikel saya yang berjudul 'Bentrok angkutan Online Vs Angkutan Online (pada foto screen shot paling atas) mampu mengalahkan posisi website portal berita besar sekelas Tribunnews. com?

Siapakah yang tidak kenal dan tidak tahu pada Tribunnews. com?

Sebaliknya siapakah yang mengenal blog saya yang baru berumur 2 bulan ini?
Hampir bisa dikatakan tidak ada siapapun yang mengenal blog saya, terkecuali 212 orang teman yang ada di lingkaran akun Google plus saya!

Nah, jadi dimanakah letak kekuatannya?

Tiada lain dan tiada bukan kekuatan itu terletak pada artikel tersebut!

Oleh karena itu bagi teman-teman semua, terutama teman sesama blogger, bangun, tulis dan buatlah artikel blog kita senatural dan se-alami mungkin. Berlatih dan belajarlah menulis artikel karya sendiri. Karena apabila kita telah terbiasa menulis sendiri, lama kelamaan kemampuan menulis itu akan terasah dengan sendirinya.

Demikianlah cara agar artikel disukai pembaca dan masuk halaman pertama Google.
Oh iya, ada yang terakhir satu lagi,,....,,, Ini yang terpenting!

Ada suatu kepuasan luar biasa dan tersendiri, yang pasti akan dirasakan oleh seorang blogger sejati, yaitu pada saat tulisan (artikel) hasil karyanya di sukai pembaca dan dapat bermanfaat bagi semua orang!

Di situlah letak kepuasan paling tinggi seorang blogger!

Mulai ditulis jam 4 sore, selesai pukul 21.36 malam.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Yg jd masalah itu nulisnya pake hati bang.
    Gmana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya : menulislah seperti seakan-akan kita sedang bertutur dengan lawan bicara (pembaca)

      Jadi tulisan kita pun dengan sendirinya seperti sedang 'berbicara' 😊

      Memang butuh latihan om, makanya cuma orang yg sudah terbiasa menulis yg bisa melakukannya hehehehehehh 😁

      Delete
  2. Artikel original pasti number one...sukses Pak....

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat menginspirasi sekali Bang Izal Toys. Terima kasih salam sukses untuk Anda !

    ReplyDelete
  4. Setuju bang Izal, menulis itu seperti kita berbicara langsung dengan pembaca, walaupun kita tau saat itu tak ada yang baca, tapi tau tau beberapa hari di dasbor blogger kata kunci ada yang nongol disitu berarti ada yang baca. oiya bang umumnya hstast, dmca & powered ada dibawah, waktu buka pertama nggangu pemandangan. mbok ya dirapi'in ini tampilan blog kok banyak obengnya xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha hahahaha iya banyak obengnya ya 😂

      Maklum,kan blognya lagi dibangung om, jadi banyak perkakasnya xixixi 😁

      Delete
  5. Memang menulis hasil pemikiran sendiri samgat diprioritaskan oleh mbah google. Tapi bagi pemula seperti saya yang tidak mempunyai kemampuan menulis mumpuni sangat sulit. Jika dipaksakan mengarang sendiri akan berakibat pada keringnya blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada suatu ungkapan :
      'Bisa karena terbiasa'

      Kalau om terbiasa berlatih dan terus belajar, juga terus menambah sumber referensi dengan menumbuhkan kebiasaan membaca, maka insyaAllah kemampuan menuliskan terpupuk dengan sendirinya.

      Saya mengatakan begitu karena berdasarkan pengalaman pribadi, berbagai referensi yg telah tertanam di otak saya karena kebiasaan dan hobi membaca yg telah ada sejak kecil, sejak masa sekolah sampai sekarang kebiasaan saya kalau lagi jalan2 tempat pavorit saya adalah toko buku, karena disana saya bisa membaca berbagai jenis buku dengan berbagai disiplin ilmunya dengan gratis, asal kuat baca sambil berdiri aja hehehe 😊😁

      Demikianlah om, saya berikan resep rahasianya supaya punya kemampuan yg mumpuni dlm menulis 😊

      Delete
    2. *Ralat : maksudnya kalau saya lagi jalan2 ke Mall.

      Delete
  6. Artikel original yang ditulis sepenuh hati pasti number #1 pak :D
    Saya yakin itu, walaupun tanpa seo juga pasti nangkring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip, berarti kita sepakat 😊

      Delete
  7. Mas izal, berarti seo-seo yang digembar gemborkan itu kurang ngaruh kah mas, untuk bisa page1? Intinya klo saya baca dari penjelasan mas harus seperti ngajak bicara pembaca, panjang dan buatan sendiri bukan kopas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEO tetap diperlukan, tapi hanya berfungsi sebagai pendukung, bukan faktor utama.
      SEO yg paling tinggi adalah artikel unik, berkualitas dan 100% original hasil karya kita dan isinya bermanfaat bagi orang banyak, sehingga artikel itu sering di share ulang oleh blogger yg lain, itulah SEO yg paling tinggi dan mampu mengalahkan SEO (cara lama) setinggi apapun apapun.

      Delete
  8. walah keywordnya sama persis mas sama judul mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya keyword di pencarian sama persis dengan keyword judul om?

      Wah kayaknya om andriekristianto salah lihat deh,,,hehehehe
      Coba ulang dilihat dan amati dengan lebih teliti lagi :D

      Oke sekarang kita coba bandingkan :

      Keyword asli/judul : BENTROK ANGKUTAN ONLINE vs OFFLINE TERUS TERJADI (Apa solusinya?)----> Ada 8 atau 9 suku kata (keyword)

      Keyword pencarian : Bentrok online VS ofline (3 suku kata, atau anggaplah 4 dengan 'VS')

      Jadi samakah keyword pencarian dengan judul artikel? Hmmmmh,,,,,Silahkan di analisa lagi om hehehehehehe :)

      Sekedar informasi, keyword pencarian 3 suku kata itu adalah kata kunci yg 'berat' alias tingkat persaingannya tinggi.

      Delete
  9. Sanqat memotivasi banq,,, sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 makasih gan.

      Semoga makin sukses juga 😊

      Delete
  10. mantap bang, thanks for sharing. saya juga dulu menulis pengalaman jadi petugas lapas hanya untuk kepuasan pribadi nggak tahunya malah nangkring di halaman pertama memang karena jarang sekali petugas lapas yang share suka duka jaga narapidana di blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini nih,,,, bener banget nih 😁

      Begitulah kalau kita pintar dan jeli memilih topik tulisan yg mengandung 'ikatan emosi', kalau kata om Dharmawan (panduanIM) itu disebut 'artikel ego bait'.

      Yaitu artikel yg mampu menggugah emosi pembaca (rasa senang, sedih, nostalgia, dll).

      Kalau om terus jeli mencari artikel yg mengandung ego bait seperti itu, pasti akan banyak artikel om yg bisa nangkring di pejwan google. 😁

      Sukses ya om 👍

      Delete
  11. Replies
    1. Makasih mbak. 😊
      Semoga bermanfaat. 👌

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong)

CARA MENGETAHUI HARGA GROSIR MAINAN TERMURAH DI ASEMKA

BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR YANG PATUT ANDA COBA

Mau Berlangganan Artikel? Gratis!

Silahkan masukan e-mail anda dikotak, kemudian klik subscribe. Setelah itu jangan lupa anda cek link aktivasi yang kami kirimkan ke e-mail anda, kemudian klik dan aktifkan!

Delivered by FeedBurner