PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YANG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN Skip to main content

PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YANG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN

PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN

Assalamualaikum.

Hallo teman-teman semua
Jumpa lagi nih kita ☺

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang perlengkapan dan alat aksesories apakah yang perlu dipersiapkan pada awal membuka bisnis toko mainan.

Bagi pemula yang baru saja mulai mengadu peruntungan di bidang bisnis ini, tentu saja masih bingung dan belum tahu apa saja aksesories dan perlengkapan penunjang tokonya.
Oleh karena pada pertemuan di artikel kali ini akan saya perinci dan bongkar rahasia dapurnya satu persatu.

Tahapannya akan saya runut dibagian paling awal dikerjakan sampai ke bagian paling akhir.

Tahapannya dimulai dari :

1. Membuat dan merancang rak untuk pajangan mainan.

Ya! 
Tentu saja tahap yang pertama kali harus dikerjakan adalah membuat rak pajangan. Karena rak pajangan inilah bagian utama dari sebuah toko. Rak ini yang nantinya akan menjadi standar patokan tata letak untuk pajangan lainnya.

Karena kalau bagian lain yang dikerjakan terlebih dahulu, bisa-bisa bagian ruang untuk rak utama malah tidak muat alias tidak kebagian tempat.

Foto ilustrasi seperti gambar paling atas.
Coba perhatikan baik-baik foto diatas itu.

Dinding sisi kanan dipasang pajangan rak dan dinding sisi kirinya di pasang kawat khusus untuk gantungan, dipaku ke dinding pakai paku beton.

Mungkin teman-teman masih kurang mudeng ya? ☺ 
Sekarang coba lihat foto dibawah.
Setelah selesai, inilah dia hasilnya ☺
PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN

Nah,,,,, Teknis bagaimana cara membuat dan cara mengatur ukuran rak ini supaya lebih optimal dengan space toko, semuanya telah saya ulas secara lengkap dan terperinci di artikel sebelumnya, silahkan intip dulu disini : HAL YG PENTING DILAKUKAN PADA AWAL MEMULAI BISNIS MAINAN

Monggo silahkan teman baca dulu artikel sebelumnya diatas supaya informasi yang didapat bisa lebih lengkap dan menyeluruh ☺.

Oke, sekarang pembahasan kita lanjut.

2. Membuat gantungan kawat bakal tempat pengait garpu mainan.

Nah teman-teman, kawat ini berfungsi sebagai tempat pengait (cantelan) garpu mainan. 
Contoh bahannya seperti gulungan kawat dibawah ini.

PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN

Jadi, kawat yang telah dipaku ke dinding ini berfungsi sebagai pondasi untuk pengait cantelan mainan. Bahan kawat ini banyak dijual di semua toko material, artinya mudah dicari.

Nah kawat inilah nantinya yang akan di pasang pada dinding toko kita, dengan cara di paku dengan paku beton.

Nantinya gantungan/kawat cantelan ini berfungsi untuk memajang mainan-mainan model kemasan di press, atau untuk tempat mainan ukuran kecil yang bisa digantung seperti yoyo, rubik, mainan masak-masakan kantong, gangsing dan lain sebagainya.

Pokoknya kawat pajangan ini fungsinya untuk memajang semua mainan yang volumenya tidak terlalu besar.

Contohnya lebih jelasnya seperti foto di bawah.

PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN
Penampakan hasilnya.

Nah teman-teman semua.
Bagaimana,,,,? hasilnya bagus kan? ☺

Dengan pajangan kawat seperti ini, membuat kita bisa mengatur kategorinya jelas sesuai berdasarkan jenis dan tipe mainan masing-masing. 
Selain itu juga jadi enak dilihat, enak dipandang, dan enak di comot, asalkan jangan dicelupin hehehe ☺☺☺(becanda)
Artikel Menarik Lainnya : BERAPAKAH MODAL AWAL BISNIS MAINAN?

3. Membeli etalase/lemari kaca. 

Etalase kaca ini sangat penting fungsinya untuk tempat mainan hobi atau mainannya para kolektor mainan.

Mainan jenis ini tidak bisa diletakkan di ruangan terbuka yang rawan terkena debu. Yang namanya mainan kolektor pasti harganya relatif tinggi, dan konsumennya rata-rata adalah orang dewasa. Jadi perawatan kondisi mainannya menjadi point yang sangat penting.

Kalau mainannya diletakan ditempat terbuka dan terkena debu, lama kelamaan bisa menjadi lusuh. Kalau sudah lusuh tentu harga jualnya menjadi jatuh. Bahkan menjadi sulit laku, karena hampir tidak ada orang yang mau membelinya.

Sekedar informasi, mainan khusus kolektor semacam Hot Wheels yg telah langka, jika lecet kemasannya sedikit saja, itu bisa jauh beda turun harganya dibanding dengan mainan langka yang kondisinya masih mulus.

Nah itulah kenapa kita harus punya rak kaca/etalase khusus di toko mainan kita.

Di bawah ini contoh penampakan etalase/lemari kacanya.
PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN
Etalase kaca khusus untuk mainan hobi.

4. Membeli Price labeller (alat banderol harga)

Berikut penampakannya : 
PERLENGKAPAN DAN PAJANGAN YG PENTING DI AWAL MULAI BISNIS TOKO MAINAN
Price labeller.

Alat ini mungkin sekilas terlihat tidak penting, padahal amatlah sangat penting (maaf kalau bahasanya, njlimet hehe)

Tapi memang alat ini sangat penting teman-teman, yaitu untuk memberi banderol harga semua produk mainan di toko kita. Bayangkan kalau sebuah toko mainan jika tidak memakai alat ini, apakah yang akan terjadi?

Mau ditulis manual satu-satu pakai pulpen di kertas stiker kosong kayak cara lama zaman dulu?
Hadooooh,,,,kapan bakal kelarnya? Hhehehe ☺☺☺☺

Mungkin teman-teman tidak akan percaya pada omongan saya,
Saya pernah lihat lho, dizaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini masih ada saja toko mainan yang memberi banderol harga dengan cara manual. 
Yakni ditulis satu-satu diatas kertas stiker kosong, trus ditempel satu-satu ke tiap mainannya.
Ngeliatnya aja udah capek wkwkwkwk. ☺☺☺
Hari gini masih pakai cara manual?
Hadoooh,,,, keburu tua gak bakal kelar-kelar kerjaannya xixixixi ,,,,,,, ☺☺☺

Nah, jadi alat Price labeller ini berfungsi untuk semakin mempercepat dan memudahkan pekerjaan kita. Harganya pun tidak mahal kok, saya terakhir beli 2 tahun yang lalu harganya Rp. 30.000,-
Mungkin sekarang sudah naik, ya paling tinggi kira-kira 40.000an lah harganya, murah kan? ☺.
Artikel Menarik Lainnya : CARA MENGATUR TATA LETAK TOKO MAINAN (Plus Info Penting Lainnya)

5. Membeli tangga.

Bagian yang kelima atau terakhir ini sebenarnya optional ya, artinya boleh disediakan boleh tidak.
Tapi alangkah jauh lebih baik kalau disediakan, karena akan mempermudah kita untuk mengambil mainan yang posisinya tinggi, misal mainan yang posisinya di bagian rak paling atas.

Kan gak lucu kalau ada orang yang beli mainan, trus karena kita tidak bisa mengambilnya alias tidak terjangkau, eh malah minta tolong sama pembelinya untuk mengambilkan.

Mending kalau pembelinya seorang laki-laki yang tinggi, nah kalau pembelinya juga perempuan dan postur tubuhnya tidak tinggi gimana? hehehe ☺☺

Nah oleh karena itulah toko kita perlu ada tangganya ☺.


Baiklah teman-teman semua, saya rasa 5 perlengkapan dan alat penunjang di atas itulah yang sangat penting disediakan pada awal kita memulai bisnis toko mainan.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan sukses selalu untuk teman-teman semuanya,

Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Manteb Bank Info Bagi Pemula Yang Ingin Merintis Usaha Mainan Anak , dimulai cari tempat yang ideal ( tempat strategis dong --banyak wara-wiri orang) kalau banyak wara-wiri mahluk aluh ih takuuut heheh canda Gan,
    komponen lainnya seperti atas perlu buanget gan,
    Nambah dikit ah : tuas dari bambu atau kayu tuk menurunkan barang tanpa harus panjat tangga lipat.

    Sukses ya bank izal
    Salam dari Saya Adm CS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik,,,, akhirnya blog saya dikunjungi oleh salah satu bloggerwati senior he-he-he 😁

      Siiip,,,, sarannya diterima, makasih ya mbak 😊

      Delete
  2. wah etalasenya nih kayakya nguras midal

    ReplyDelete
  3. Bang izal dmna sih tempat grosir yoyo sperti di foto..setiap saya tanya di toko hans,geby dan starkid kosong semua..
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om lihat difoto saya ya? itu foto udah lama om :D

      Sekarang musimnya yoyo udah abis. Makanya di asemka udah gak ada lagi toko grosir yg jual produk itu.

      Tunggu tahun depan pas datang lagi musimnya, pasti banyak lagi yg jual :)

      Delete
  4. Bang izal tempat grosir boneka termuh dan kualitas bagus di toko apa yah...dan rencana saya mau tambah boneka di toko saya seperti doraemon,spongebob tapi blm tau harga grosir untuk boneka ukuran sedang..mohon pencerahanya.
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grosir boneka yg lengkap ada ditoko Bhineka, lokasi tokonya di deretan toko gaby toys.

      Delete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

ARTIKEL PILIHAN

Monggo Ikuti Blog Ini

POSTINGAN TERPOPULER

5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

PELUANG USAHA TOKO PLASTIK DAN BAHAN KUE YANG PROSPEKNYA SEMAKIN MENJANJIKAN