Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba

Hallo teman-teman pembaca setia blog Bang Izal Toy. ☺

Sebelum membahas ke topik inti (tentang ide usaha), izinkan saya untuk berdiskusi sejenak dengan anda semuanya.

Persaingan hidup semakin hari terasa makin kompetitif. Sedangkan di sisi lain, kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia (terutama kelas bawah), relatif cenderung makin sulit.

Contohnya dalam hal lapangan pekerjaan.

Ketika pertumbuhan penduduk semakin tinggi, dan jumlah sarjana yang semakin banyak, otomatis mencari pekerjaan menjadi semakin sulit (terutama jika ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan titel yang di miliki).
Baca juga : KENAPA PRESTASI AKADEMIK TIDAK MENJAMIN KESUKSESAN? 

Banyak anak-anak muda baru tamat kuliah, yang mengalami kesulitan mencari pekerjaan yang sesuai dengan titelnya. Mereka telah bersusah payah selama bertahun-tahun menuntut ilmu di kampus mereka, namun kenyataannya lapangan pekerjaan yang tersedia sangat sedikit sekali.



Kenyataannya, setamat kuliah mereka mesti bersaing lagi secara ketat. Berkompetisi 'melawan' ribuan sarjana lain yang satu jurusan dengan mereka.

Dan biasanya persaingan yang terjadi sangat sengit sekali.

Apa sebab?

Coba bayangkan :

Misalnya lowongan pekerjaan yang tersedia ada 300 lowongan. Sedangkan lulusan sarjana yang datang melamar ada 10.000 orang. Well, hanya 3% saja lulusan sarjana yang dibutuhkan di antara 10.000 orang itu (untuk lowongan pekerjaan tersebut).

Alhasil, apakah gerangan yang kemudian terjadi?

Ya apalagi, kalau bukan persaingan ketat dan sangat sengit?!

Tidak jarang persaingan itu dilakukan dengan cara saling sikut dan menggunakan segala cara (main sogok alias pakai uang pelicin). Kalau sudah begini cara 'mainnya', maka alhasil hanya orang-orang berduitlah yang punya kesempatan untuk menempati lowongan tersebut.

Nah, bagaimana dengan nasib orang-orang yang tidak punya kekuatan untuk bersaing? (baik dengan cara yang fair atau pun 'sikut-sikutan'?).

Apakah mesti gigit jari dan meratapi nasib?

Hmmm,,,, jangan terlalu cepat pesimis dulu kawan,,,, 🤔

Ingatlah pada 'rumus' jitu ini : 


Jika kesempatan yang ada tidak berpihak kepada anda, maka CIPTAKANLAH kesempatan yang lain! 

Mulailah menjadi seorang wirausahawan! Itulah kuncinya! 


Kita tidak perlu terlalu muluk-muluk membayangkan kesempatan (peluang usaha) yang besar. Mulailah dari usaha dengan skala kecil dulu. Ya! Mulailah usaha dari rumah anda sendiri, yaitu usaha jajanan rumahan!

Berapa banyak bisnis yang awalnya di bangun dari usaha kecil-kecilan di rumah, kemudian berkembang pesat menjadi besar. Semua itu bisa terjadi karena kesungguhan, dan keyakinan dalam merintis/membangun usahanya.

Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh ide usaha jajanan rumahan yang layak untuk anda coba.


Di mulai dari :

#1. Usaha kue donat.

Jika ada di antara Anda (pembaca blog ini) yang berdomisili di daerah Kalisari kecamatan Pasar Rebo Jakarta timur, maka pasti Anda tahu dengan usaha jajanan rumahan kue donat milik Mbah Bernard.

Usaha jajanan kue donat ini berlokasi persis di sebelah toko mainan saya.

Mbah Bernard ini sebenarnya adalah seorang perempuan jawa berusia sekitar 60 tahunan. Nama Bernard itu sebenarnya adalah nama menantunya yang berasal dari daerah Flores NTT. Nah, nama mantunya itulah yang di jadikan brand (merek) usaha di rumahnya tersebut.

Awalnya, usaha jajanan rumahan ini di buka berdua oleh si mbah dan anak perempuannya (istrinya si Om Bernard).

Usaha jajanan rumahan ini awalnya sekedar untuk pengisi waktu luang. Dan hasilnya digunakan untuk 'penambah uang belanja dapur'.

Profesi si Om Bernard sendiri adalah seorang pelaut. Nah, ketika itu kebetulan kontrak kerjanya sedang habis. Dan dia belum mendapatkan kontrak pekerjaan baru dalam waktu yang cukup lama.

Karena biaya hidup dan biaya sekolah anak-anaknya terus berlanjut, tentu saja sisa uang simpanan jadi semakin menipis. Dari situlah kemudian si mbah dan anak perempuannya berinisiatif untuk membuka usaha jajanan rumahan berupa kue donat.

Tanpa di duga, ternyata seiring waktu usaha kue donatnya laris manis. Semakin hari makin ramai orang yang datang membeli kue donat ke rumahnya tersebut.

Hal ini bukan kebetulan terjadi, tetapi ada sebabnya. Anda mau tahu apa sebabnya?

Sebabnya adalah, karena rupanya si Mbah Bernard dan anaknya tanpa sadar telah melakukan teknik marketing yang jitu.

Apa itu?

Yaitu mereka menjual donat itu dengan harga yang murah meriah!

Donatnya berukuran cukup besar. Saya pernah membeli kue donat (di usaha jajanan rumahan yang lain), ukuran kuenya sama dengan donat buatan si mbah. Donat ditempat lain itu dijual seharga 3.000 rupiah per biji. Sedangkan kue donat buatan Mbah Bernard hanya di jual seharga 2.000 rupiah saja. Jauh lebih murah bukan? 😊

Faktor lain yang membuat usaha jajanan rumahan donat si Mbah Bernard ini rame adalah : karena cita rasa donat buatannya memang lebih enak dan empuk.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena anak perempuannya si Mbah itu dahulunya pernah bersekolah di jurusan tata boga. Jadi dia memang sudah ahli dalam membuat kue hehehe. ☺

So, paduan dari harga murah + rasa yang lezat, maka jadilah usaha jajanan rumahan itu terus berkembang pesat sampai sekarang.

Usaha kue donat Bernard ini juga sering menerima orderan dari acara ulang tahun dan berbagai acaranya lainnya.

Nah, bagi anda yang kebetulan memiliki keahlian dalam membuat kue, maka ide usaha jajanan rumahan kue donat ini merupakan salah satu pilihan usaha yang layak untuk anda coba.

 Baca juga : PELUANG USAHA TOKO PLASTIK DAN BAHAN KUE YANG PROSPEKNYA SEMAKIN MENJANJIKAN 

#2. Usaha jual lauk pauk/buka usaha katering rumahan.

Bagi anda yang punya keahlian memasak di bidang makanan/lauk pauk, maka anda bisa membuka usaha jual lauk pauk di rumah anda.

Mendirikan usaha ini modalnya sederhana saja kok. Anda hanya perlu menyediakan sebuah etalase kaca di depan rumah anda, dan tentu saja modal keahlian dalam memasak.

PANDUAN LENGKAP USAHA JAJANAN RUMAHAN YANG LAYAK UNTUK ANDA COBA
Ilustrasi

Jika cita rasa masakan anda lezat, maka anda berpeluang untuk mengembangkan usaha jajanan rumahan anda menjadi usaha catering.

Sama saja seperti usaha donat Bernard di atas. Kalau pelanggan sudah merasa puas dengan cita rasa masakan anda, maka ketika mereka ada acara hajatan/ulang tahun, biasanya mereka tidak akan segan-segan lagi untuk memesan makanan dalam jumlah yang lebih besar kepada anda (katering).

Jadi bagi anda yang punya keahlian dalam masak-memasak, maka usaha jajanan rumahan seperti jual lauk pauk dan catering ini dapat menjadi salah satu pilihan usaha anda.

#3. Usaha toko kelontong.

Usaha warung kelontong termasuk salah satu jenis usaha jajanan rumahan klasik yang sudah ada sejak zaman dahulu. Ibu saya sendiri pernah melakoni jenis usaha ini (awal tahun 90an) di rumah kontrakan kami yang mungil di daerah Ciracas Jakarta timur.

Usaha warung kelontong ini bisa di lakukan oleh siapa saja, karena sifatnya yang fleksibel.

Apa maksudnya fleksibel?

Karena usaha ini bisa didirikan dengan modal besar seperti minimarket alfa mart atau indomaret. Bisa didirikan dalam skala menengah seperti agen sembako. Dan bisa juga dibuka dalam skala kecil seperti warung usaha jajanan rumahan.

Untuk skala kecil seperti warung rumahan, maka usaha ini dapat dimulai dengan modal sekitar 5 jutaan rupiah. Di warung rumahan itu Anda bisa menjual rok*k, aneka cemilan (seperti chiki), kue-kue kering seharga seribuan, permen, dan lain-lain.

Intinya usaha warung jajanan rumahan seperti ini termasuk salah satu jenis usaha sederhana dan mudah dilakukan. Karena tidak membutuhkan modal besar, dan dapat dikelola dirumah anda (sambil mengurus anak dan keperluan rumah tangga lainnya).

Baca juga : BEBERAPA JENIS USAHA MODAL KECIL UNTUNG BESAR

#4. Bisnis jualan kue kering/keripik.

Jenis usaha rumahan lainnya yang layak anda coba adalah berjualan aneka kue kering dan keripik. Bahan baku kue kering/keripik ini bisa anda dapatkan di pabrik keripik atau agen kue kering yang ada di tempat anda.

Bila anda belum mengetahui lokasi agen kue kering di daerah anda, maka anda dapat mencari informasi tentang pabriknya di penelusuran google. Caranya tinggal ketik saja di google info tentang agen kue kering yang ada di sekitar daerah anda.

Bagaimana cara berjualan kue kering dan keripik ini?

Ada 2 pilihan cara, yaitu :
  • 1. Dengan sistem konsinyasi.
  • 2. Menjual sendiri di rumah (jika posisi rumah anda cukup strategis di pinggir jalan).
  • 3. Dengan cara menjual/memasarkannya melalui toko online/market place.
Semua cara diatas akan saya jelasan secara terperinci dibawah ini :

- 1. Sistem konsinyasi.

Yang dimaksud dengan konsinyasi adalah sistem titip jual di warung-warung kelontong yang ada di sekitar rumah Anda.

Jadi caranya : Anda membeli bahan baku kue kering itu di pabrik keripik/agen kue dalam kemasan kiloan. Kemudian anda kemas ulang ke dalam plastik ukuran kecil. Biasanya orang mengemas ulang dalam takaran jual 2.000 rupiah per plastiknya.

Kemudian keripik dan kue kering itu anda titip dan sebar ke warung-warung kelontong yang ramai dan strategis di daerah anda.

Dalam rentang beberapa waktu kemudian (misal 2 minggu atau sebulan), anda datang kembali untuk men-cek ke masing-masing warung kelontong tersebut.

Jika ternyata kue kering yang anda titipkan habis terjual, maka anda hitunglah labanya. Dan berikanlah persentase laba yang telah anda sepakati sebelumnya untuk warung kelontong tersebut.

Namun jika ternyata ada kue kering yang tersisa, maka sisanya itu anda bawa kembali. Dan bagian yang di hitung adalah jumlah laba kue yang terjual. Pemilik warung kelontong mempunyai hak penuh atas produk yang telah terjual, sedangkan barang yang tersisa tentunya sudah menjadi resiko anda.

Itulah yang disebut sistem konsinyasi.

- 2. Menjual sendiri di rumah.


Jika kebetulan rumah anda berlokasi ditempat strategis (di pinggir jalan), maka pilihan yang paling tepat adalah menjual produk keripik/kue kering anda sendiri di rumah. Cara ini akan jauh lebih menguntungkan, karena hasilnya akan full menjadi milik anda.

Tentang takaran kemasan yang akan dijual, itu terserah anda. Mau membuat kemasan jual 2.000an per bungkus ya boleh. Mau di bikin kemasan plastik yang lebih besar dan di jual seharga 5.000 per plastik ya silahkan. Tinggal di uji coba saja kemasan mana yang paling laku untuk di jual.

Jika anda ingin membuka usaha jajanan rumahan keripik/kue kering ini, maka perlengkapan yang perlu anda siapkan di antaranya adalah sebuah etalase kaca dan rak untuk pajangan.

Rak ini bisa anda buat dari bahan baja ringan, atau bisa juga dari bahan kayu. Kalau ingin lebih murah, belilah etalase kaca second yang kondisinya masih bagus.

Modal untuk perlengkapan diatas kisaran 2 jutaan rupiah, dan modal untuk bahan baku kue kering/keripiknya sekitar 3 jutaan rupiah. Jadi total modal awal sekitar 5 jutaan rupiah.

Menurut saya modal 5 juta itu cukup terjangkau untuk sebuah usaha kecil bisnis jajanan rumahan. Dan usaha ini bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan di sebuah rumah tangga. Artinya usaha ini dapat dijalani oleh istri anda, sedangkan anda tetap dapat menjalani pekerjaan anda sebagai karyawan atau yang lainnya.

- 3. Memasarkannya melalui toko online/market place.


Cara ini termasuk cara paling mutakhir dan banyak ditempuh oleh orang pada zaman sekarang. Sebab cara ini memiliki kelebihan dalam jangkauan pemasaran yang luas, hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Namun dibalik kelebihannya, cara ini juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan terbesar cara ini adalah persaingan yang sangat ketat dan perang harga dalam dunia online shop.

Jadi cara manakah yang akan anda pilih di antara ketiga cara di atas? Semua terserah anda. ☺

 Baca juga : PELUANG USAHA ALAT LISTRIK SERTA KIAT DAN TIPS SUKSES

#5. Usaha berjualan pulsa dan paket kuota di rumah.

Ini adalah salah satu pilihan usaha rumahan lainnya yang dapat anda pilih. Karena jenis usaha ini termasuk paling mudah dan dapat dijalani dengan modal kecil. Selain itu, jenis usaha berjualan pulsa dan paket kuota ini juga cukup menjanjikan.

Apa sebab?

Seperti telah kita ketahui bahwa perkembangan pengguna internet semakin berkembang pesat. Terutama pada remaja dan orang dewasa di rentang usia 25 - 40 kini sudah semakin familiar dengan internet. Sehingga fakta ini menjadi peluang yang sangat bagus sekali, terutama bagi mereka yang menjalani bisnis paket internet dan pulsa.

Modal usaha dan perlengkapan yang diperlukan untuk menjual pulsa dan paket kuota ini juga tidak besar. Jika anda memiliki modal 3 - 5 jutaan saja, anda sudah bisa membuka usaha ini di rumah anda. Perlengkapan yang diperlukan di awal usaha cukup dengan sebuah etalase kecil dan beberapa spanduk promosi.

Etalase diperlukan untuk tempat menaruh kartu perdana dan aksesoris hp. Sedangkan spanduk promo diperlukan untuk menarik minat para pembeli. Tentang trik dan cara membuat tulisan di dalam spanduk promo tersebut, anda dapat menconteknya dari usaha pulsa lain yang ada di daerah anda.

Fiuuuh,,,, akhirnya selesai juga saya susun tulisan yang cukup panjang di artikel kali ini. Demikianlah panduan lengkap usaha jajanan rumahan yang layak untuk anda coba. Harapan saya semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. ☺

Sampai berjumpa lagi di artikel tentang peluang usaha selanjutnya. Semoga sukses selalu untuk anda.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

2 Responses to "Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba"

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel