Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

12 Kiat Sukses Menjadi Pengusaha

Bekerja untuk diri sendiri dan bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain bisa jadi impian banyak orang. Kiat sukses menjadi pengusaha ini bagian paling utamanya yaitu adanya aksi nyata. Tak sedikit orang yang hanya senang berencana namun selalu ragu untuk memulainya. Ada banyak rasa takut gagal ataupun enggan berusaha sehingga memulai saja tidak bisa.


Kiat sukses menjadi pengusaha

Berani memulai adalah hal yang penting saat ingin menjadi wirausahawan. 


Namun tak hanya itu, ada banyak hal yang perlu dilakukan agar menjadi sukses.

Berikut ini beberapa kiat sukses menjadi pengusaha:


1. Membuat Rencana yang Fleksibel.

Saat akan memulai membuka sebuah usaha atau bisnis, maka penting untuk membuat perencanaan yang tertuang dalam rencana bisnis. Di dalam rencana bisnis bisa dituliskan secara terstruktur tentang usaha yang akan dijalankan begitu juga aspek-aspek manajemennya. Setelah rencana tersebut sudah disusun maka selanjutnya yaitu melakukan eksekusi.

Pelaksanaan rencana bisnis sendiri bisa dilakukan dengan fleksibel sesuai dengan keadaan. Di dunia usaha ada banyak masalah yang mungkin muncul, sehingga rencana bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Namun pada kondisi yang normal, rencana yang sudah ditulis sebaiknya benar-benar diterapkan.

2. Menganalisis Pesaing.

Seorang wirausahawan harus mengetahui siapa pesaingnya di dunia bisnis. Ini berkaitan dengan target konsumen yang sama dengan produk yang dijual. Pebisnis dengan produk serupa atau substitusinya merupakan pesaing usaha yang perlu untuk dianalisis. Persaingan yang sehat tentunya harus diterapkan agar pesaing tidak menjadi musuh.

Selain jumlah konsumen, analisis pesaing ini bisa berkaitan dengan variasi produk, kualitas produk, dan pelayanan. Tentunya tidak perlu sama dengan pesaing namun bisa memodifikasi lagi sehingga menjadi lebih baik.

3. Memahami Risiko.

Kiat sukses menjadi pengusaha salah satunya yaitu memahami tentang risiko bisnis. Setiap usaha memiliki risikonya masing-masing yang perlu disadari dan dipersiapkan cara mengantisipasinya. Misalnya bisnis kuliner, risiko bisnisnya bisa berupa komplain dari pelanggan karena produk makanan yang tidak fresh. Seorang wirausahawan perlu mengantisipasi agar risiko tersebut bisa diminimalisir.

4. Kreatif.

Setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda-beda, namun seorang wirausahawan dituntut untuk kreatif dalam berbisnis. Jika merasa kurang kreatif maka bekerja sama dengan orang yang punya ide-ide cemerlang. Kreativitas bisa berkaitan dengan produk, kemasan, tempat usaha, dan lain-lain.

Seorang wirausahawan juga perlu mengikuti perkembangan zaman tentang apa yang disukai oleh konsumen. Setelah memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, maka Anda akan bisa lebih kreatif dalam memproduksi dan menjual produk Anda.

5. Tetap Fokus.

Fokus, ini adalah salah satu kiat sukses menjadi pengusaha. Saat berkecimpung ke dunia bisnis, maka perlu untuk fokus dalam menggelutinya. Jika kurang fokus, bisnis bisa jadi terbengkalai karena kurang terpantau.

Meskipun seorang wirausahawan tak harus selalu berada di tempat usaha, namun perlu untuk diperiksa secara berkala. Pastikan bahwa semua aspek usaha berjalan dengan baik, mulai dari segi produksi, penjualan, dan pemasarannya.

Artikel Menarik Lainnya : 17 Mindset Bisnis yang Dianjurkan Bagi Pelaku Usaha (Entrepreneur)

6. Bersiap Untuk Berkorban.

Tak ada kesuksesan tanpa pengorbanan, ini berlaku di dunia usaha. Pengorbanan sendiri bisa berkaitan dengan waktu, uang, fisik, dan hal-hal lainnya. Saat usaha baru dimulai pun perlu modal yang harus dikeluarkan. Setelah usaha berjalan maka belum tentu modal tersebut bisa kembali karena munculnya kerugian.

Seorang wirausahawan perlu punya semangat yang tinggi dan pantang menyerah. Pengorbanan merupakan salah satu tahapan yang perlu ditempuh agar bisa menjadi sukses.

7. Konsisten Dalam Usaha.

Menjalankan sebuah bisnis juga perlu konsistensi. Misalnya saat membuka sebuah restoran, maka tidak boleh tiba-tiba menutup tanpa pemberitahuan. Produk makanan yang dijual pun harus konsisten dalam segi rasa dan pelayanan. Perubahan bisa dilakukan untuk perbaikan bukan malah menurunkan kualitasnya.

Usaha yang dijalankan secara konsisten menunjukkan kesungguhan dari pemiliknya. Konsistensi dalam menjalankan usaha termasuk salah satu kiat sukses menjadi pengusaha.

8. Terorganisir.

Mendirikan sebuah bisnis agar sukses perlu dilakukan secara tergorganisir. Usaha tersebut harus memiliki struktur manajemen yang baik, begitu juga dalam hal produksi, keuangan, dan pemasaran. Manajemen sebuah usaha secara umum bisa dipelajari dengan mudah. Penerapannya sendiri perlu kesungguhan sehingga usaha tersebut bisa berjalan dengan terorganisir.

Pada aspek keuangan usaha misalnya, perlu ada bagian tersendiri yang mencatat dan melakukan pembukuan. Usaha kecil sekalipun perlu memiliki sistem keuangan yang baik. Selain keuangan. pegawai juga perlu harus memiliki tugas dan wewenang yang jelas sesuai struktur organisasi.

9. Serius Tapi Santai.

Menjadi seorang wirausahawan perlu serius tapi juga santai. Pada hal-hal yang menyangkut jalannya usaha sebaiknya dilakukan secara serius namun tetap tidak perlu terlalu menggebu-gebu. Saat ada kesalahan atau kegagalan maka hadapi dengan kepala dingin. Bersikap santai kadang diperlukan untuk menghadapi beberapa situasi namun tetap harus bertanggung jawab.

10. Bekerjasama Dengan Mitra Yang Tepat.

Kiat sukses menjadi pengusaha salah satunya yaitu bekerjasama dengan mitra yang tepat. Sebuah bisnis tak bisa lepas dari bermitra dengan pebisnis lainnya. Mulai dari bahan baku, peralatan usaha, sampai distribusi kadang perlu bekerja sama dengan pebisnis lain. Pilih mitra yang memberikan dampak positif bagi usaha baik dari kualitas produknya ataupun pelayanannya.

Seorang wirausahawan juga bisa membuka usaha baru dengan bermitra bersama pihak lain. Membangun usaha bersama dengan orang lain tentu perlu saling melengkapi sehingga bisnis dapat berjalan sukses.

11. Percaya Diri.

Tak sedikit orang yang sulit untuk sukses karena kurang ada rasa percaya diri dalam dirinya. Perasaan tak yakin dengan kemampuan diri ini bisa menghambat seseorang untuk bisa maju dan sukses.

Menjadi seorang wirausahawan yang sukses perlu memiliki rasa percaya diri. Ini bisa mendorong seseorang untuk tidak ragu dalam memulai sesuatu.

Menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan pribadi yang kuat dan tahan banting. Itu juga bisa didapat dengan lebih dulu yakin pada kemampuan diri sendiri. Jangan ragu untuk memulai sesuatu yang baru, rasa percaya diri perlu ditumbuhan agar bisa sukses.

12. Punya Perilaku Yang Baik.

Menjadi pengusaha yang sukses juga berkaitan dengan perilaku seseorang. Kiat sukses menjadi pengusaha salah satunya yaitu memiliki perilaku yang baik. Setiap orang memang punya kepribadian yang berbeda-beda, ada yang senang menyendiri atau sebaliknya senang bersosialisasi. Namun berperilaku baik perlu dilakukan semua orang termasuk pebisnis.

Seorang wirausahawan yang memiliki perilaku baik seperti ramah, tepat waktu, disiplin, suka menolong, dan lain-lain tentunya disukai banyak orang. Ini juga bisa membantu agar bisnis bisa berjalan dengan lebih baik.

Menjadi wirausahawan yang sukses merupakan pilihan seseorang. Ada banyak kiat sukses untuk menjadikan diri sendiri seorang wirausahawan. Tak semua orang bisa mewujudkannya, karena kiat ini tak banyak orang yang benar-benar konsisten melakukannya. Namun bagi yang sungguh-sungguh ingin jadi wirausahawan yang sukses, maka perlu menyiapkan diri sejak muda.

Wirausahawan tak hanya berkaitan dengan keberuntungan seseorang dalam berbisnis, namun ada pada diri orang tersebut jiwa wirausahanya. Maka semangat wirausaha ini perlu ditumbuhkan sejak dini, agar saat dewasa tidak kesulitan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Artikel Menarik Lainnya : Apa itu Passion? dan Bagaimana Cara Menemukannya?

Demikianlah artikel tentang kiat sukses menjadi pengusaha. Harapan saya semoga kesuksesan selalu menghampiri Anda semuanya.

Sampai jumpa lagi di artikel mendatang, salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "12 Kiat Sukses Menjadi Pengusaha"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel