Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya)

Mungkin sebagian orang belum sepenuhnya tahu tentang apa itu niche blog. Terlebih bagi mereka yang belum atau baru mengenal dunia blogging.

Jadi niche blog itu adalah sebuah blog yang membahas secara spesifik topik tertentu. Misal blog dengan niche kesehatan, berarti blog itu membahas segala hal yang terkait tentang kesehatan. Atau blog niche bisnis, maka sebagian besar isi artikelnya membahas tentang bisnis.


Cara Mencari Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya)

Niche blog ini sendiri menurut saya ada 2 tipe, yaitu: 


1. Tipe blog niche yang benar-benar spesifik membahas topik tertentu (micro niche). 


Misal pada niche kesehatan. Contoh micro nichenya adalah ; seperti blog yang hanya membahas tentang fertilitas saja, tentang kesehatan jantung saja, atau tentang kesehatan kulit saja, dll. Kalau pada niche bisnis, maka micro nichenya adalah blog yang hanya khusus mengulas tentang asuransi, bursa saham, strategi bisnis, dll.

2. Tipe blog semi niche. 


Artinya blog yang sebagian besar isi artikelnya dominan membahas topik tertentu, tapi ada juga menulis beberapa topik yang lainnya. Blog niche di Indonesia pada umumnya adalah tipe yang kedua ini. Contohnya seperti blog Maxmanroe (untuk niche bisnis), blog Mastimon dan Klik mania (untuk niche blogging), dll. Blog saya sendiri termasuk niche semi bisnis.     

Namun secara umum, yang dimaksud dengan niche blog adalah website yang hanya fokus membahas topik tertentu saja. 

Sebelum memulai membuat blog, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu jenis blog apa yang akan Anda buat. Apakah Anda berniat membuat blog niche atau jenis blog 'gado-gado'? Saran saya, jika Anda mengusai suatu bidang tertentu, sebaiknya Anda memilih untuk membuat blog niche

Selain itu, juga penting bagi Anda untuk mengetahui topik yang paling banyak disukai orang, tapi masih relevan dengan niche blog Anda. Dengan begitu, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat konten yang sesuai niche, sekaligus juga cocok dengan trend/selera pembaca.

Bagaimana contohnya?

Seperti blog Bang Izal Toy ini 'kan termasuk niche bisnis, nah saya berusaha mencari topik yang sedang trend terkait dengan bisnis. Misal ketika sedang booming mainan tobot beberapa waktu lalu, maka saya pun menulis artikel tentang distributor/suplier mainan tobot yang murah. Kurang lebih seperti itulah tekniknya, tinggal disesuaikan saja caranya dengan topik/niche blog Anda.

Niche blog juga dianggap lebih menjanjikan untuk di monetise dibandingkan dengan jenis blog gado-gado (topik campuran). Oleh karena itu, sebelum Anda mulai membuat blog niche, sebaiknya Anda gali terlebih dulu beberapa informasi penting tentang niche blog.

Di antaranya informasi tentang ; kenapa blog niche dianggap lebih menjanjikan untuk di monetise? Topik apa yang biasanya paling ramai pengunjung pada blog niche? Bagaimana cara mencari niche blog? Dan bagaimana cara memonetisasi sebuah blog niche? 

Semua pertanyaan di atas akan dijawab dan di uraikan selengkapnya dibawah ini. Mari di simak.

Beberapa Alasan Kenapa Niche Blog Dianggap Lebih Menjanjikan.


Niche blog adalah istilah untuk sebuah blog yang isi kontennya dibuat secara spesifik (khusus). Spesifik mulai dari topik pembahasan, hingga jenis pengunjung yang ditargetkan. Berikut beberapa alasan kenapa blog niche dianggap lebih menjanjikan daripada jenis blog pada umumnya (gado-gado).

1. Dapat Menjaring Pembaca Setia.


Karena blog niche biasanya (cenderung) dibuat secara serius dan membahas satu bahasan saja. Sehingga blog seperti ini lebih berpotensi mendatangkan pembaca setia. Sebab blog tersebut menyajikan konten yang sesuai dengan informasi yang sedang di cari pengguna.

Pembaca segera mendapatkan informasi yang sedang dicarinya melalui blog tersebut. Hasilnya, pembaca tersebut selalu menantikan terbitnya artikel terbaru dari blog itu. Dan pada akhirnya menjadi follower dan pembaca setia blog tersebut.  

Semakin spesifik isi konten, dan makin mendalam pembahasannya, maka akan semakin besar pula kepercayaan pembaca terhadap blog itu. Nah, jika pembaca setia seperti ini semakin banyak, maka akan semakin besar pula hasil dari monetisasi blog tersebut. Sebab, sistem Google biasanya akan menampilkan iklan yang bernilai besar terhadap blog niche yang memiliki tingkat engagement tinggi. Inilah alasan yang membuat blog niche dianggap lebih menjanjikan daripada jenis blog gado-gado.  

2. Membangun Komunitas.


Orang yang berkumpul biasanya dikarenakan memiliki selera atau minat yang sama. Contohnya komunitas gaming adalah sekelompok orang yang menyukai hal berbau game. Begitu juga dengan dunia blogging. Terkadang pembaca yang datang ke sebuah blog bukan hanya sekedar ingin membaca, namun menginginkan interaksi dengan pembaca lainnya.

Apalagi pada blog niche biasanya pengguna/pembaca yang datang memiliki minat yang sama. Sehingga antar pembaca ini bisa saling diskusi dan sharing satu sama lain di niche blog tersebut. Nah, owner blog niche bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat forum diskusi di blog niche tersebut. Hal inilah yang akan membuat kredibilitas blog niche tersebut akan meningkat.

3. Peluang Menjadi Spesialis.


Salah satu keuntungan dari niche blog yang hanya fokus membahas satu topik saja, maka efeknya akan meningkatkan kualitas blog, sekaligus mengasah skill Anda pada ceruk yang dibahas tersebut. Hal ini wajar, sebab Anda selalu menulis skill yang Anda miliki di blog tersebut. Tentu saja lama kelamaan skill Anda akan terasah dengan sendirinya. Sehingga pada titik tertentu, Anda pun akhirnya terbentuk menjadi seorang spesialis (expert) dibidang tersebut.

Selain itu, otomatis setiap pembahasan yang ada di konten blog Anda menjadi artikel spesial (yang patut menjadi bahan referensi). Sehingga akan banyak blog pendatang baru yang menautkan artikel Anda sebagai rujukan mereka.

Jika blog niche Anda telah mencapai level seperti ini, maka akan banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan. Selain otoritas blog Anda menjadi semakin tinggi dimata Google (karena banyak mendapat backlink), blog Anda juga berpeluang mendapatkan pembaca baru (refferal) dari link rujukan yang tertanam di blog lain tersebut.

4. Blog Niche Dapat Membangun Kredibilitas


Blog yang konsisten membahas suatu topik secara khusus, maka akan membuatnya menjadi sumber informasi yang layak jadi rujukan. Kredibel dan terpercaya di bidangnya. Semakin mendalam topik dan pembahasannya, maka akan semakin tinggi pula kredibilitasnya.

Lambat laut, blog yang mempunyai kredibilitas tinggi ini akan menjadi tempat bertanya orang-orang (yang membutuhkan informasi terkait). Hal ini akan semakin memperbesar peluang hasil monetisasi blog niche tersebut.

5. Menarik Iklan.


Iklan adalah salah satu jalan untuk memonetisasi sebuah blog. Jika blog yang dikelola berisi pembahasan yang sangat spesifik dan terfokus pada satu topik saja, maka akan menarik perhatian google adsense untuk memasang iklan yang relevan pada blog niche tersebut.

Iklan yang muncul pun akan lebih relevan dengan isi blog kita jika pembahasannya sudah sangat spesifik. Semakin banyak iklan relevan yang tayang pada blog niche tersebut, maka akan semakin besar pula biaya per klik (BPK) iklan yang akan didapatkan.

6. SEO Friendly (Off - Page).


Seperti yang telah sempat saya singgung pada poin sebelumnya diatas, bahwa blog niche yang berbobot akan banyak dijadikan rujukan oleh blogger lain. Sehingga blog niche seperti ini akan banyak mendapatkan backlink alami dan berkualitas.

Efeknya tentu membuat mesin pencari (Google dan lainnya) lebih menyukai blog niche seperti ini. Hasilnya tentu membuat ranking blog niche tersebut menjadi tinggi di mesin pencari (SERP).

7. Dapat Meng-eksplorasi Skill Sang Author Menjadi Lebih Mendalam.


Bagian ini juga sudah sempat saya singgung sekilas sebelumnya di atas. Intinya ; karena begitu sering membahas topik spesifik yang sesuai dengan skill kita, sehingga akan mempermudah penulis untuk mengeskplorasi skillnya, sembari terus mengasah wawasannya secara mendalam.

Jika kita selalu bersungguh-sungguh menulis dengan pembahasan yang mendalam, biasanya pembaca menjadi termotivasi setelah membaca hasil tulisan kita. Sehingga membuat kita menjadi semakin bersemangat untuk menulis artikel terbaru ke blog kita. Seiring waktu akan semakin banyak artikel yang terbit di blog niche kita tersebut.

8. Potensi Kerjasama Dengan Brand Tertentu.


Membangun jaringan sangat penting dalam membuat sebuah blog. Pembahasan niche blog yang sangat terfokus hanya pada satu bahasan saja, akan mampu menarik perhatian komunitas lain (dengan minat dan hobi yang sama). Semakin banyak konten berkualitas yang kita tulis, maka blog niche tersebut makin jadi rujukan oleh blogger lain. Lama kelamaan tentu blog kita mulai terkenal.

Pada titik tertentu, nama besar blog niche kita pasti akan mulai di dengar oleh brand tertentu. Biasanya jika sudah begini, pasti ada diantara mereka yang menawarkan kerjasama. Bentuk kerjasamanya bisa bermacam-macam. Ada kerjasama dalam bentuk affiliasi, content placement, sponsored post. Atau bisa juga kerjasama dalam bentuk pemasangan iklan mandiri di blog niche kita, dan jenis kerjasama lainnya.

9. Tingkat Konversi Blog Niche Cenderung Lebih Tinggi.


Jika Anda berniat memonetasi blog niche Anda dengan cara menjual produk/jasa (di blog tersebut), maka tentu peluang konversi/penjualan akan lebih tinggi. Karena pembaca telah benar-benar tertarik dengan pembahasan blog Anda, maka ketika Anda mulai menjual produk/jasa di blog niche tersebut, tentu pembaca setia Anda lebih siap untuk membelinya.

Artikel Menarik Lainnya : Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi Sampai Menghasilkan Uang

Jenis Niche Blog Terbaik.


Kebutuhan informasi setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal inilah yang membuat semakin banyaknya pertanyaan, dan informasi yang di cari masyarakat di penelusuran Google. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah berniat ingin membuat blog niche, maka penting bagi Anda untuk mengetahui jenis niche blog terbaik yang sering di cari orang. Berikut di bawah ini daftarnya :

1. Niche Kesehatan.


Kesehatan termasuk niche blog yang paling banyak dicari. Sehingga sangat bagus jika topik ini Anda gunakan untuk membuat blog niche. Saat ini makin banyak orang yang mulai peduli dengan kesehatannya. Bahkan tips-tips kesehatan yang sederhana seperti 'cara mengobati pilek' pun sudah banyak di cari lewat Google.

Namun ada hal yang harus Anda catat mengenai niche kesehatan. Saat ini Google telah menetapkan aturan dan pengawasan yang ketat mengenai blog niche kesehatan. Artinya algoritma Google yang sekarang menghendaki blog kesehatan benar-benar ditulis oleh ahlinya. Dalam hal ini yang paling ahli tentang kesehatan tentu saja hanya dokter.

Jadi jika blog kesehatan Anda terindikasi oleh Google tidak ditulis oleh ahlinya, maka blog Anda bisa terancam tidak bisa muncul di penelusuran Google (de-index). Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat blog niche kesehatan, maka Anda harus bisa memberikan informasi yang isinya sesuai secara medis dan ilmu kesehatan.

Nah bagaimana jika Anda bukan dokter?

Sebenarnya Anda bisa saja membuat blog kesehatan jika ada saudara atau kerabat Anda yang seorang dokter. Jadi Anda bisa mengambil materi tentang ilmu kesehatan dari kerabat Anda itu. Dan Anda bisa memintanya untuk membantu men-cek isi artikel Anda (sebelum di publish). 

Gaya bahasa yang digunakan sebaiknya interaktif dan memberikan kesan yang dekat dengan pembaca. Blog kesehatan dengan pembahasan yang bagus akan mampu menarik perhatian pembaca. Apalagi jika Anda responsif menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pembaca di kolom komentar. Jika sudah begini, maka potensi blog Anda untuk menjadi blog niche kesehatan yang terkenal hanya tinggal menunggu waktu saja.

Contoh pembahasan yang dapat digunakan dalam menulis di dalam blog ini adalah tentang diet atau menurunkan berat badan, penyakit atau gangguan kesehatan, nutrisi/makanan/gizi, dan olahraga. Itu adalah beberapa contoh topik kesehatan yang banyak di cari orang.

2. Parenting.


Setiap orang tua yang memiliki anak pasti akan sangat membutuhkan pengetahuan tentang parenting. Apalagi setiap tahunnya ada banyak pasangan yang baru saja memiliki anak. Ditambah lagi dengan pengaruh modernisasi dan globalisasi yang seringkali memberikan dampak negatif bagi anak-anak.

Oleh karena itulah informasi tentang parenting sangat diperlukan di zaman sekarang ini. Nah peluang ini dapat ada manfaatkan dengan membuat blog niche parenting.

Tidak hanya membahas tentang pendidikan, parenting dapat juga berbentuk permainan yang dapat melatih kecerdasan dan kreativitas anak. Ada banyak produk atau informasi yang dapat dibahas dalam niche parenting ini, sehingga pembahasannya tidak akan ada habisnya.

3. Tutorial.


Tutorial sangat dibutuhkan untuk bisa mentransfer pengetahuan secara cepat yang akan sangat membantu pembaca. Kebanyakan orang akan mencari cara yang instan dan simpel untuk memecahkan masalahnya. Contohnya tentang cara menulis yang baik, atau tentang cara membuat blog. Bisa juga menulis tutorial tentang SEO, gadget, widget, HTML atau yang lainnya.

Atau membuat blog niche tutorial gadget yang isinya membahas segala informasi tentang smartphone. Seperti membuat tutorial tentang cara memasang aplikasi, atau cara mengirim file (misalnya). Niche tutorial adalah salah satu ceruk blogging yang potensial, karena biasanya nilai BPK (biaya per klik) iklannya tinggi.

4. Teknologi.


Teknologi adalah salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Seiring dengan perkembangan jaman dan pengaruh globalisasi, maka peran teknologi sudah sangat penting. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai peluang untuk membuat niche yang diminati banyak pembaca.

Informasi yang diberikan akan selalu menjadi yang terbaru dan paling dicari. Contoh konten mengenai teknologi adalah seperti handphone, pc, internet, android, dan masih banyak lainnya.

5. Uang dan Bisnis.


Blog niche yang membahas tentang uang dan bisnis akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang belajar berwirausaha. Niche ini akan memberikan pengetahuan secara mendetail tentang cara menghasilkan uang. 

Tentunya setiap yang akan memulai usaha, akan mencari cara yang berbeda dari yang lain.
Untuk itu, artikel niche uang dan bisnis perlu dikemas dengan menarik. Contohnya seperti artikel tentang tips dan cara mendapatkan uang dalam waktu relatif cepat, agar dapat menarik perhatian pembaca.

6. Pengembangan diri.


Niche blog juga bisa membahas topik mengenai pengembangan diri. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan identitas diri. Seperti meningkatkan kualitas hidup, mewujudkan cita-cita, dan mengembangkan bakat serta potensi. Hal yang dapat dibahas dalam niche blog pengembangan diri diantaranya ; kepemimpinan, percaya diri, motivasi, perkembangan karir, dan spiritualitas.

Blog niche pengembangan diri dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Atau dapat juga membantu kemampuan seseorang untuk memahami ujian di dalam kehidupan. Sehingga seseorang dapat lebih bijak, dan lebih dewasa dalam menjalani kehidupannya.

Cara Mencari Niche Blog Untuk Pemula.


Setelah membaca uraian sebelumnya diatas, kini tentu Anda telah mengetahui niche blog yang bagus dan menjanjikan. Namun, mungkin ada sebagian orang yang merasa tidak cocok dengan topik/niche blog yang di pilihnya. Hal ini bisa saja terjadi karena tergiur dengan nilai BPK (biaya per klik) iklan yang besar pada niche tertentu. Akhirnya dia memaksakan diri memilih niche tersebut, padahal dia tidak ahli dibidang itu. Sehingga seringkali mengalami kesulitan tiap kali akan menulis artikel.

Nah bagaimanakah tips untuk mencari dan memilih niche blog yang tepat?

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan niche blog, terutama untuk blogger pemula.

1. Tentukan Tipe Blog.


Cobalah Anda fikirkan sejenak sebelum membuat blog. Apakah Anda sudah benar-benar siap membuat blog niche yang sesuai keahlian Anda atau belum? Jika ternyata belum ada jenis blog niche yang sesuai dengan skill Anda, maka saran saya cobalah membuat blog gado-gado terlebih dulu. Jika kelak Anda telah mahir ngeblog dan pandai mencari referensi, maka bolehlah Anda coba membuat blog niche. 

Untuk menentukan niche blog apa yang akan Anda pilih, hendaknya sesuaikan dengan skill dan minat Anda. Misalnya basic Anda adalah pedagang, dan tertarik dengan segala hal tentang bisnis, maka buatlah blog niche bisnis. (seperti saya hehe). ☺

Namun ada yang harus di ingat. Jika Anda telah membuat blog niche, maka jangan sampai topik artikelnya lama kelamaan semakin melebar. Karena kalau tidak Anda kontrol topik yang akan di tulis, ujung-ujungnya blog Anda malah berubah jadi blog gado-gado juga akhirnya. 😅

Jadi kalau Anda berniat membuat blog semi niche, maka buatlah beberapa kategori tulisan yang masih terkait dengan topik utama di blog Anda. Misal jika blog Anda adalah niche bisnis, maka ambilah topik bisnis hingga 5 kategori saja. Dan masing-masing kategori itu masih ada kaitannya dengan bisnis. Misalnya topik ; asuransi, bisnis online, peluang usaha, manajemen bisnis, dan UKM.

Nah, jangan sampai anda masukan pula topik wisata, lifestyle, atau kecantikan ke blog niche Anda. Karena jelas nanti pengunjung setia Anda malah bingung dan bilang : "Kok topiknya blognya sekarang jadi melenceng gini ya?" 🤔

Itulah kerugiannya jika Anda terlalu banyak mencampur adukan topik bahasan ke dalam blog Anda. Karena akibatnya dapat mengurangi nilai spesial dari blog niche Anda yang sudah terbentuk sebelumnya. Pembaca akan merasa kebingungan dan mungkin tidak akan tertarik lagi dengan blog Anda.

2. Sesuaikan dengan Keahlian.


Sekali lagi saya ingatkan ; membuat blog niche yang sesuai dengan keahlian Anda itu sangat penting. Jika Anda memaksakan untuk membuat konten yang pembahasannya sulit untuk Anda pahami (hanya demi mengincar nilai BPK iklan yang tinggi), maka suatu saat akan merasa bosan sendiri.

Anda merasa mumet dan tersiksa setiap akan membuat konten.

Oleh karena itu, buatlah blog niche yang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Sehingga akan terasa mudah setiap membuat artikelnya.

3. Jangan Menetapkan Ekspetasi terlalu Tinggi Seperti Blogger Yang Telah Sukses.


Dalam membuat sebuah blog, Anda jangan terlalu fokus melihat blogger yang sudah sukses. Carilah informasi bagaimana sulitnya blogger sukses itu ketika dahulu masih merintis menjadi blogger. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda dapat bersikap realistis, bahwa tidak ada cara instan untuk menjadi blogger sukses.

Sebagai pemula, Anda harus belajar dari hal-hal sederhana terlebih dahulu. Seperti mempelajari cara menulis artikel yang baik dan benar.  Karena dari situ, Anda dapat mengetahui dimana letak kekurangan dan kelebihan Anda dalam menulis konten.

Setiap blogger sukses pasti juga pernah mengalami kegagalan. Oleh karena itu, Anda jangan mudah patah semangat ketika mengalami kegagalan. Teruslah mencoba dan jangan mudah menyerah.

Satu-satunya hal yang boleh ditiru dari para blogger sukses itu adalah sikap kerja keras, kegigihan dan konsistensinya. Nah, setelah berusaha keras, hendaknya Anda tetap mensyukuri hasil yang telah Anda dapatkan nantinya. Karena meskipun kita sudah 99% meniru cara sukses orang lain, namun terkadang hasil yang kita peroleh belum bisa sama seperti dia. Hanya satu alasan yang paling masuk akal pada kondisi seperti ini, yaitu : Rezeki masing-masing orang itu berbeda-beda.

4. Perhatikan Trend.


Jika bingung dalam menentukan topik bahasan untuk konten Anda, maka ada cara yang mudah. Yaitu dengan melihat trend yang sedang berkembang di masyarakat. Orang-orang cenderung akan tertarik dengan topik yang sedang hangat dibicarakan. Oleh karena itu, sebagai pemula tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengambil kesempatan ini.

Namun harus tetap perhatikan trend yang dapat bertahan lama. Karena biasanya trend hanya bertahan untuk sementara, dan mudah sekali dilupakan. Jika demikian, pembahasan tersebut tidak bisa selamanya digunakan dalam blog. Untuk mempermudah mencari trend yang sedang hangat, bisa dengan mencarinya di google trends.

5. Gunakan Niche Abadi.


Niche abadi adalah niche yang tidak akan pernah mati, dan akan selalu di cari orang di penelusuran Google. Hal ini tentu disukai oleh blogger yang memanfaatkan blognya sebagai ladang untuk penghasil uang. Cara membuat niche abadi adalah dengan mencari keyword-keyword yang abadi, atau frasa kalimat yang terus di cari orang di internet. Kemudian keyword itu Anda buat untuk kata kunci artikel di blog Anda.

Dengan begitu, trafik organik blog niche Anda akan naik secara drastis. Terlebih jika Anda rajin mengupdate konten yang ada keyword niche abadi di dalamnya. Contoh keyword niche abadi adalah “how to” (dalam artikel bahasa Inggris), atau "bagaimana cara" pada artikel bahasa Indonesia. Intinya keyword niche abadi ini adalah kata kunci tentang tips atau cara. Nah frase inilah yang akan terus dicari orang di internet.

Cara untuk Monetisasi Niche Blog dengan Google Adsense.


Google Adsense adalah salah catu cara untuk me-monetise blog Anda. Dengan mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense, maka akan ada pasif income yang selalu dihasilkan oleh blog Anda.

Sebenarnya ada beberapa cara lain untuk memonetisasi blog. Yaitu melalui kerjasama affiliasi, amazon, MGID, dll. Namun yang akan dibahas kali ini adalah cara memonetisasi blog dengan Google Adsense.

Google Adsense memang sudah banyak digunakan orang untuk me-monetise blog mereka. Bahkan Google dapat membayar hingga ribuan dollar per bulan kepada pemilik blog, jika memang blog tersebut telah mencapai ketentuannya.

Beberapa peraturan yang ditetapkan Google adalah ; tidak boleh meng-klik iklan sendiri, atau menipu pembaca untuk mengklik iklan tersebut. Namun pemilik blog masih diperbolehkan oleh google untuk mengatur warna dan posisi iklan, agar lebih menarik dan mudah terlihat.

Langkah pertama untuk memonetisasi blog niche Anda adalah dengan cara mendaftarkannya ke Google Adsense. Silahkan kunjungi situs resmi Google Adsense, nanti Anda akan dipandu cara mendaftarnya disana. Selanjutnya Anda akan mendapatkan kiriman email dari Google, yang isinya memberitahukan tentang diterima atau ditolaknya pendaftaran Anda.

Jika ternyata pendaftaran Anda diterima oleh Google Adsense, maka langkah selanjutnya adalah memasangkan kode iklan ke dalam blog Anda. 

Ada dua jenis iklan Adsense yang populer, yakni iklan jenis teks tautan dan iklan gambar.


Banyak blogger senior yang menilai bahwa iklan teks jauh lebih baik (dalam mengundang klik), jika dibandingkan dengan jenis iklan gambar. Pembaca yang datang ke blog akan lebih cenderung meng-klik iklan teks, contohnya seperti iklan link tautan.

Iklan teks juga memiliki beberapa aturan, yang pertama adalah membuat judul yang spesifik untuk menciptakan iklan.

Yang kedua, buat pewarnaan iklan agar terlihat mirip dengan link sendiri. Intinya jangan sampai pemilik blog menipu pembaca agar mengklik link tersebut, melainkan untuk memberikan daya tarik agar pembaca mau mengklik link tersebut dengan sendirinya.

Selain itu buatlah posisi dan ukuran iklan yang berbeda, agar performa iklan dapat selaras dengan tema blog. Tentunya pemilik blog harus memiliki kemampuan yang baik untuk menentukan ukuran dan posisi yang sesuai untuk iklan yang akan dipasang di blog.

Pada niche blog tertentu, nilai biaya per klik iklan tautan jauh lebih tinggi ketimbang jenis iklan bergambar. Saya berani menyatakan seperti itu, karena saya sendirilah yang mengalaminya. Pada iklan unit tautan saya bisa mendapatkan BPK 1000 - 1500 rupiah per klik. Sedangkan pada jenis iklan bergambar biasanya saya hanya mendapatkan 500 - 800 rupiah saja per klik nya.

Penilaian ini bersifat subyektif ya, boleh jadi pada niche blog lain justru malah lebih kecil nilai BPK unit tautan. Namun jika blog Anda adalah jenis niche bisnis (seperti saya), maka tidak ada salahnya untuk Anda coba pasang lebih banyak jenis iklan tautan di blog Anda. Siapa tahu cocok. Betul kan? ☺

Demikianlah informasi dan panduan lengkap niche blog yang saya persembahkan untuk Anda.

Semoga dapat bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.


Penulis by : Bang izal.

2 Responses to "Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya) "

  1. lama sekali saya dahaga gajian google sedih sekali tapi apa mau di kata. ilmunya masih cetek...masih ters belajar sama bang izal. makasih bang artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 om,,, tetap semangat ya :-)

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel