Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun), Mainan Yang Unik Dan Artistik

Selama ini mungkin orang lebih familiar dengan senjata mainan seperti Airsoft gun, Nerf, dan Water Gel Gun (WGG) yang belakangan mulai populer. Begitupun dengan penulis. Karena penulis termasuk generasi tahun 80an pada masa kecilnya, sehingga lebih familiar dengan tembakan tradisional dari bambu.

Dulu, kalau anak-anak dari keluarga yang cukup berduit, maka bisa beli pistol dompis dan pistol koboi yang berisi mesiu. Kedua pistol jadul yang terakhir ini akan mengeluarkan suara ledakan seperti petasan jika ditembakan.

Ternyata selain semua jenis mainan tembakan diatas, ada satu lagi jenis mainan yang unik, yakni pistol karet gelang. 


Entah kenapa mainan ini tidak begitu populer di Indonesia, justru mainan ini lebih populer diluar negeri dengan nama Rubber Band Gun.

Mainan unik ini sudah biasa (familiar) disebut 'pistol karet gelang', walau pada kenyataannya jenis senjatanya bisa bermacam-macam. Ada yang modelnya berbentuk pistol, senapan mesin, sniper, shotgun, dll.

Saya menduga salah satu penyebab mainan ini tidak populer di Indonesia karena harganya cukup mahal. Hal ini sebenarnya wajar, karena pistol karet gelang ini terbuat dari bahan kayu. Kita sama-sama tahu bahwa harga bahan kayu tentu lebih mahal daripada plastik.

Jadi mainan pistol karet gelang ini lebih ke unsur artistik daripada sebuah mainan (menurut opini penulis).


Coba Anda perhatikan foto mainan tersebut dibawah ini, pasti Anda akan setuju bahwa mainan kayu lebih dominan unsur artistik (seninya).


Mainan Unik Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun)

Bisa Anda bayangkan, berapa tingkat kesulitan dalam membuat mainan tembakan dari kayu seperti diatas? Tentu jauh lebih sulit daripada tembakan impor berbahan plastik dari China. Sebab tembakan kayu diatas dibuat dengan tangan (hand made), bukan mesin. Oleh karena itulah mainan kayu ini mempunyai nilai artistik (seni) tinggi menurut saya.

Dari beberapa sumber yang berhasil saya kumpulkan, telah saya dapatkan info bahwa harga paling murah dari mainan kayu ini adalah 25 ribu rupiah. Biasanya tembakan yang murah terbuat dari bahan triplek. Sedangkan untuk tembakan yang terbuat dari bahan kayu pilihan, harga per unitnya mencapai 1,3 juta rupiah.

Artikel Menarik Lainnya : Water Gel Gun (WGG), Alternatif Pengganti Airsoft Gun, Murah dan Aman

Untuk di Indonesia sendiri pengrajin mainan pistol karet gelang yang cukup terkenal ada di daerah Bandung. Nama pengrajinnya Mahmud Kusnadi (46). Dia telah banyak membuat bermacam model tembakan pistol karet gelang dari bahan kayu dan triplek.

Perhatikan beberapa tembakan kayu buatan Kang Kusnadi pada foto dibawah ini.

Mainan Unik Dan Artistik Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun)
Kang Kusnadi dengan beberapa karyanya. (Sumber Foto: Tribunnews)

Cara membuat kerajinan mainan dari kayu ini pernah dipamerkan oleh Kang Kusnadi pada Pameran UMKM Indonesia Kreatif "The I Corner". Pameran tersebut berlokasi di area belakang Toko Gramedia, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (9/2/2017).

Demikianlah ulasan singkat tentang mainan pistol karet yang memang belum begitu populer di Indonesia. Semoga ke depannya kerajinan mainan yang sangat unik ini dapat semakin berkembang dan berjaya di negeri sendiri.

Sekarang saya akan membahas tentang mekanisme (cara kerja tembakan), jenis, dan bahan (materi) pistol karet gelang ini.


Karet gelang (Rubber Band Gun) adalah pistol mainan yang dapat menembakkan satu atau lebih karet gelang.

Pistol karet gelang ini sering digunakan dalam permainan aksi langsung seperti Assassins. Mainan ini lebih terkenal diluar negeri. Dimana senjata ini termasuk mainan yang sudah umum dan populer. Kepopuleran mainan pistol karet gelang berawal dari penemuan gelang karet, yang dipatenkan di Inggris pada 17 Maret 1845 oleh Stephen Perry.

Jenis pistol karet gelang.


Mode jepitan.


Mainan Unik Dan Artistik Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun)

Pistol karet gelang sederhana menggunakan jepitan sebagai mekanisme penembakannya
Ini adalah bentuk paling sederhana dari pistol karet gelang. Mekanisme penembakannya hanya terdiri dari jepitan . Pistol ini bisa dirancang menjepit beberapa karet, sehingga memungkinkan untuk menembakan lebih dari satu karet gelang.

Mode berulang (Repeating).


Jenis pistol gelang karet ini memungkinkan penggunanya untuk memuat banyak karet gelang di sekitar gagang pistol, dalam posisi menembak. Satu karet gelang siaga dalam posisi menembak dan ditembakkan dengan menarik pelatuk berputar. Biasanya jenis ini harganya lebih murah daripada mode pistol otomatis atau semi-otomatis.

Mode semi-otomatis.


Pistol karet gelang semi otomatis ini mampu menembakkan setidaknya tiga gelang karet ketika terisi penuh. Mode semi-otomatis ini biasanya tersedia dalam berbagai bentuk semi-realistis, seperti pistol gaya Luger , senapan , dan senjata Tommy.

Repeater pistol karet gelang ini biasanya terbuat dari kayu (walaupun kini banyak desain berbasis Lego yang sudah diproduksi), dan memiliki mekanisme penembakan plastik.

Repeater tersebut terdiri dari roda bergigi di mana band-band tersebut dihubungkan. Dan sebuah pemicu melepaskan roda dalam satu takik, kemudian melesatkan karet gelang setiap kali pelatuknya ditarik.

Artikel Menarik Lainnya : Sejarah Airsoft Gun Di Indonesia (Dan Dunia)

Mode otomatis.


Mode ini mekanismenya full otomatis. Tipe ini termasuk rumit dengan desain yang sepenuhnya otomatis. Tipe ini merupakan tantangan besar bagi para desainer mainan untuk terus mengembangkan modenya.

Mode Putar (Rotary).


Pada jenis ini sebuah pistol karet gelang berputar dan terdiri dari 3 dan 12 pengulang, diatur pada "rotor" silinder sebagai barel. Rotor berputar dan masing-masing barel ditembakkan saat mencapai bagian atas lokusnya.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.

Mainan Unik Dan Artistik Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun)

Bahan (Materi).


Pistol karet gelang ini biasanya terbuat dari beberapa bahan, yakni:


Kayu.


Mayoritas senjata karet gelang yang tahan lama dan andal terbuat dari bahan kayu. Di antara perancang pistol karet gelang kayu yang paling populer adalah parabellum1262. Pembuat senjata kayu ini telah mengembangkan banyak desain mode otomatis. Senjata kayu buatan parabellum1262 terkenal karena mekanisme penembakannya yang unik.

K'Nex.


Pistol karet gelang dapat dibuat dari K'Nex . Konstruksi ini mencakup pistol genggam, pistol otomatis dan senapan sniper. Beberapa senjata K'Nex menggunakan escapement mechanism yang terlihat pada senjata karet gelang semi-otomatis. Sementara beberapa jenis lain yang lebih canggih memiliki pemicu engsel yang handal, sehingga memungkinkan lebih banyak pita pada tong, dan memiliki tarikan pelatuk yang lebih realistis.

Lego.


Pada awal 2007, Sebastian Dick membuat pistol rotari karet gelang sepenuhnya dari brand Lego. Mode ini mampu menembakkan 11 putaran per detik. Senjata karet gelang Lego terbilang cukup handal, dan tidak terlalu rumit seperti K'Nex. Sebagian besar senjata karet gelang Lego ini videonya telah banyak dibuat dan diposting di YouTube.

Artikel Menarik Lainnya : Mengenal Apa itu Airsoft gun Spring, Gas, Elektrik, Beserta Fungsinya

Demikianlah artikel tentang salah satu senjata mainan yang sangat unik dan artistik ini.

Sayang pistol karet gelang ini belum populer di Indonesia, malah jauh lebih terkenal di luar negeri. Semoga ke depannya para penggemar mainan di Indonesia tidak sekedar menyukai mainan sebatas sebagai permainan saja, tapi juga menyukai karena ada sisi seni yang tinggi didalamnya.

Sampai jumpa lagi di artikel yang tidak kalah menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Note: Sebagian isi artikel diatas sumber referensinya dari Wikipedia 

0 Response to "Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun), Mainan Yang Unik Dan Artistik "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel