Review Unit Gel Blaster MP7 Bing Feng

Hallo Bro.

Kemarin saya telah mengulas tentang unit Airsoft Gun Spring Predator. Nah, pada tulisan kali ini saya akan membahas salah satu unit Water Gel Gun/WGG (biasanya di Indonesia lebih familiar dengan istilah Gel Blaster).

Unit Gel Blaster tipe apakah itu?


Yakni unit Gel Blaster tipe MP7. Unit ini sendiri adalah sebuah senjata mainan buatan China bermerek Bing Feng. Berikut penampakannya dibawah dengan penulis sebagai modelnya. 😃


Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)


Unit Gel Blaster MP7 yang sedang saya pegang pada foto atas itu merupakan replika (tiruan) dari senjata aslinya yang juga bernama MP7.

Sekarang mari kita ulas sejenak tentang sejarah dan spesifikasi dari senjata asli MP7 tersebut.

MP7 sendiri merupakan singkatan dari "Maschinenpistole-7".

Senjata ini adalah sejenis pistol mitraliur (submachine-gun). 

Senjata ini merupakan buatan negara Jerman dan di produksi oleh Heckler & Koch (H&K). Mp7 ini kalibernya adalah 4,6 x 30 mm.

Demi memenuhi persyaratan NATO, maka unit MP7 ini di rancang dengan kaliber baru (yang dikeluarkan pada tahun 1989). MP7 juga merupakan senjata pertahanan pribadi (Personal defense Weapon (PDW).

MP7 juga dianggap sebagai kelas senjata api yang memiliki kemampuan yang lebih baik untuk pertahanan pribadi.

MP7 mulai diproduksi lagi pada tahun 2001. Unit senjata ini adalah pesaing langsung dari FN P90, juga dikembangkan demi untuk menanggapi kebutuhan NATO. Revisi unit MP7 sejak pengenalannya hingga versi produksi pada saat ini adalah MP7A1.

Perkembangan body armor yang berkualitas tinggi, membuat senjata api yang beramunisi pistol (misalnya seperti MP5, UCP atau H&K) menjadi tidak efektif lagi.

Dalam merespon permasalahan diatas, maka pabrik HK kemudian merancang MP7 (bersama dengan UCP baru. Unit MP7 ini menggunakan amunisi yang sama dan mampu menembus pelindung tubuh.

Unit MP7 ini juga cukup ringan dipergunakan, baik sebagai pistol, atau pun sebagai senapan submesin ringan.

Coba lihat foto senjata aslinya dibawah ini.

Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)
Penampakan Unit MP7 Sebelum Popor Ditarik. 

Dan foto dibawah ini adalah penampakan setelah popornya ditarik (ukurannya jadi lebih panjang). Popor ini fungsinya sangat berguna, yaitu agar si pemakainya dapat "memegang" senjatanya dengan lebih baik. Sehingga jadi lebih mantap dalam membidik sasaran atau musuh.
Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)

Penampakan MP7 Setelah Popor Belakang Ditarik.

Berikut rangkuman spesifikasi dari senjata asli MP7 ini. 

Tipe : Personal defense weapon atau Pistol mitraliur.
Negara asal pembuat : Jerman

Sejarah produksi.

Produsen/Pembuat : Heckler & Koch
Diproduksi : Dari tahun 2001 hingga sekarang

Spesifikasi.

Berat : 1,9 kg (tanpa magazin)
Panjang : 638 mm (popor dibuka) dan 415 mm popor dilipat
Lebar : 51 mm
Tinggi : 169,5 mm
Peluru : 4,6 x 30 mm
Mekanisme : Operasi, gas, bolt berputar
Rata² tembakan : 950 butir/menit
Kecepatan peluru : 725 m/s (meter/detik)
Jarak efektif : 200 m
Amunisi : Magazen box isi 20/30/40 butir peluru
Alat bidik : Besi, Rel Picatinny

Demikianlah diatas penjelasan singkat tentang sejarah dan spesifikasi dari senjata asli MP7 ini.

Sekarang tiba saatnya untuk mengulas replika (tiruan) dari MP7 diatas, yakni unit WGG/Gel Blaster merek Bing Feng yang akan kita ulas ini.


Secara skala, Gel Blaster MP7 Bing Feng ini ukurannya sama seperti ukuran unit MP7 yang asli, yaitu 1 : 1. Nah yang membedakan adalah bahan dasar, mekanisme, serta pelurunya (tentu saja). 😊

Pada MP7 asli bahan dasarnya terbuat dari metal (besi), sedangkan MP7 Gel blaster ini pada body-nya terbuat dari ABS tebal, sedangkan pada bagian popornya terbuat dari bahan metal.

Mari kita lihat penampakan unit Gel Blaster MP7 tersebut dibawah ini.



Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)


Jika Anda baru membeli unit Gel Blaster MP7 ini dan baru membuka box-nya, maka akan Anda dapati isinya seperti tampak pada foto diatas. Unit MP7 Gel Blaster ini dilengkapi dengan beberapa aksesoris pendukung seperti magazine, sebuah kaca mata pelindung, baterai dan carger, micro red dot, front sight, rear sight, dan 2 buah flashider (warna merah dan hitam).

Itulah penampakan pertama kali ketika box kemasannya baru Anda buka. Tugas selanjutnya adalah merakit semua aksesoris tersebut ke unit MP7-nya.

Jangan lupa memasang baterainya ya. 

Untuk tempat memasang baterainya sendiri adalah pada bagian moncong/depan senjatanya. Caranya adalah menarik katup yang ada pada bagian moncong tersebut, nanti akan Anda lihat ada kabel didalamnya, Nah selanjutnya tinggal Anda pasang baterainya ke kabel tersebut.

Silahkan lihat fotonya dibawah ini.



Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)


Nah seperti diatas itulah cara memasang baterainya. Tampak di sisi sebelah kanan alat untuk men-cas (carger) baterainya. Jika baterainya habis, maka Anda bisa men-cas ulang selama 2 jam (hingga penuh). Setelah isi baterainya penuh, maka bisa Anda gunakan lagi pada unit Gel Blaster MP7 ini. Demikian seterusnya.

Sekarang mari kita lihat penampakan selanjutnya dibawah.



Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)


Perhatikan foto diatas, apakah yang terlihat berbeda?

Yup! Foto diatas adalah penampakan unit Gel Blaster MP7 ini ketika bagian popornya ditarik sehingga ukurannya jadi lebih panjang. Jadi dari segi ukuran (skala) dan fiturnya, sebenarnya unit ini mekanismenya mirip sekali dengan senjata aslinya. Yang membedakan adalah bahan dasar senjata serta peluru yang digunakan (seperti yang telah sempat saya singgung sebelumnya diatas).

Gel blaster ini terbuat dari ABS tebal. 


ABS itu sendiri adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Acrylonitrile Butadiene Styrene. 

Pengertian sederhananya: ABS ini sejenis plastik yang memiliki ketahanan dan ketangguhan dari benturan. Jadi ABS ini semacam plastik yang sangat kuat.

Sedangkan bagian popornya (bagian yang memanjang dibelakang senjata itu) terbuat dari bahan metal (besi). Hal inilah yang membuat unit Gel Blaster MP7 ini terasa berat ketika dipegang dan digunakan. Dan karena bobotnya yang cukup berat itu, sehingga unit ini menimbulkan sensasi tersendiri ketika digunakan saat skirmish (sukir).

Nah bagaimanakah dengan pelurunya?

Mari lihat foto selanjutnya dibawah ini.



Review Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)


Jika pada senjata aslinya MP7 ini menggunakan peluru besi tajam (pastinya), maka unit Gel Blaster ini memakai peluru dari bahan Gel (lihat fotonya diatas).

Peluru gel yang tampak pada foto atas itu adalah peluru yang telah direndam dalam air. Jika dalam bentuk keringnya, asalnya peluru ini ukurannya sangat kecil sekali. Besarnya kurang lebih seperti ukuran biji wijen. Nah setelah peluru kering itu direndam dalam air selama 2 - 3 jam, ukurannya langsung mengembang seperti tampak pada foto diatas.

Oh iya, unit Gel Blaster ini boleh dipergunakan secara bebas di Indonesia (karena sifat dan bentuk pelurunya dari bahan gel tersebut). Sehingga mainan olahraga menembak yang satu ini termasuk aman untuk digunakan, sebab pelurunya akan langsung pecah menjadi air ketika terkena sasaran.

Untuk lebih jelas melihat penampakan tes live unit Gel Blaster ini, maka silahkan Anda lihat videonya di channel Youtube saya berikut : Unboxing Dan Uji Coba Unit Gel Blaster MP7 (Versi 2)

Berbeda sekali dengan 'saudara sepupunya', yakni unit Airsoft Gun yang penggunaannya dibatasi (tidak boleh digunakan secara bebas di Indonesia) karena sifat dan bahan pelurunya terbuat dari plastik yang keras.

Terakhir, sebagai pelengkap review, maka berikut daftar spesifikasi lengkap, beserta harga dari unit Gel Blaster MP7 merek Bing Feng ini.


Merek : Bing Feng MP7 Water Gel Gun ( WGG )
Sistem : Electric gun (otomatis)
BB : gel 7 - 8 mm
Bahan : Plastic ABS tebal
FPS : 200 - 250
Skala 1:1 Dengan Unit Senjata Aslinya. 
Jarak Tembak : 15 sampai 30meter (tergantung tipe)
Mag Feed
Full Auto

Bagaimanakah dengan harganya?


Btw, saya itu agak kurang suka menjual barang dengan harga yang mahal-mahal (karena perputarannya jadi lamban).

Oleh sebab itu, ketika ada sebagian seller lain yang menjual unit MP7 ini di range harga 1.500.000 hingga 1.575.000, maka saya akan memberikan banderol harga yang lebih ekonomis, yaitu senilai :

Rp. 1.400.000 saja. 😉


Bagi Anda yang naksir dan berminat dengan unit Gel Blaster MP7 ini, silahkan order di akun Tokopedia saya. Klik di sini : Tokopedia Bang Izal Toys

Nantikanlah review unit Gel Blaster dan Airsoft Gun yang tidak kalah menarik lainnya.

Sampai jumpa lagi.

By : Bang izal.

0 Response to "Review Unit Gel Blaster MP7 Bing Feng"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel