Cara Jualan di Akulaku dan Syarat Menjadi Merchant (Pedagang) - Bang Izal Toy

Cara Jualan di Akulaku dan Syarat Menjadi Merchant (Pedagang)

Sudah tahukah Anda cara jualan di Akulaku?

Akulaku telah menjadi salah satu marketplace yang menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda dari marketplace lain. Akulaku ini adalah semacam pasar kredit online, dimana pembeli dapat mencicil barang yang dibelinya. Ini sesuai dengan tagline yang di populerkan oleh marketplace satu ini yang berbunyi: "Kredit Online Jaman Now".

Akulaku sendiri adalah perusahaan Aplikasi kredit virtual finansial secara online yang terbesar. Khususnya untuk di pasar Asia Tenggara, seperti; Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Di Akulaku ini pembeli dapat membeli barang dengan cara cicil tanpa kartu kredit. Akulaku menyediakan berbagai macam jenis barang, bahkan melayani segala bentuk pembayaran. Bagi para pebisnis, ini adalah peluang yang sangat menarik.

Bagaimana cara jualan di Akulaku? Dan Apa Sajakah Syarat Untuk Menjadi Merchant Akulaku?

Agar Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan detail dan komplit, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Jualan di Akulaku dan Syarat Menjadi Merchant (Pedagang)
Beberapa Syarat Untuk Menjadi Merchant di Akulaku.

Apa Istimewanya Akulaku?

Akulaku pada dasarnya marketplace seperti yang sudah ada sebelumnya di Indonesia. Namun, di Akulaku, pembeli bisa membeli produk dengan cara cicil tanpa kartu kredit. Pembeli hanya perlu membayar sejumlah DP kemudian barang dikirim. Tenor cicilan pun bisa sampai 12 kali. Kemudahan inilah yang membuat Akulaku digemari masyarakat.

Mengingat prosedur pengajuan kartu kredit yang semakin mahal, marketplace seperti Akulaku telah menjadi solusi bagi masyarakat. Selain itu, Akulaku juga boleh dibilang sebagai financial agent. Tidak hanya melayani pembelian barang namun Akulaku juga menyediakan fitur pinjaman kilat atau KTA. Selain KTA Kilat, ada fitur pembayaran dan pembelian selain barang yang bisa dilayani di Akulaku.

Produk-Produk Akulaku

Akulaku memanjakan masyarakat dengan keragaman produk dan layanannya. Untuk kategori produk, Akulaku menjual beragam produk mulai dari gadget, elektronik, perlengkapan rumah tangga, fashion, laptop, computer, peralatan kantor dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, Akulaku juga melayani berbagai macam pembayaran dan pembelian. Antara lain pembelian pulsa, listrik, tiket pesawat dan juga voucher.

Bagi masyarakat yang sedang mengalami kesulitan keuangan, Akulaku memberikan solusinya. Ada fitur KTA Kilat dan Dana Cicil yang bisa diajukan dengan mudah. Pencairan pun hanya butuh waktu 5 menit. Menariknya, tidak selalu harus belanja di Akulaku agar bisa menikmati program cicil. Pengguna bisa berbelanja di marketplace lain, kemudian pilih metode pembayaran menggunakan Akulaku.

Alasan Berjualan di Akulaku

Seiring berjalannya waktu, pengguna Akulaku terus bertambah. Menurut data terakhir, pengguna Akulaku telah mencapai 10 juta. Ulasan yang diterima Akulaku mencapai 400 ribu lebih. Artinya, Akulaku diminati dan dipercaya masyarakat sebagai tempat berbelanja yang nyaman dan aman. Hal ini tentu sebuah kabar gembira bagi pebisnis atau seller.

Cara jualan di Akulaku yang terbilang mudah bisa menambah kredibilitas online shop yang dijalankan. Selain itu, dengan sistem pembayaran yang mudah bagi masyarakat, peluang produk laku terjual sangat besar. Perputaran produk menjadi cepat dan modal bisa terus berputar. Akulaku telah membantu banyak pengusaha memperluas cakupan pasar.

Cara Menjadi Merchant Akulaku

Penjual di Akulaku dikenal sebagai merchant. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi ketika seseorang atau toko ingin bergabung di Akulaku. Semua persyaratan dan proses pendaftaran di Akulaku tidak dipungut biaya alias gratis. Selama data perusahaan dan data diri lengkap, maka tidak perlu khawatir.

Berikut ini cara jualan di Akulaku dengan menjadi merchant:

1. Registrasi

Untuk bisa berjualan di Akulaku, penjual harus terdaftar sebagai merchant. Namun Anda harus meng-instal terlebih dahulu aplikasi Akulaku diperangkat smartphone Anda. Tentu Anda sudah tahu dimana tempat instalnya bukan? Yup! Dimana lagi kalau bukan di fitur play store smartphone Anda.

Selanjutnya untuk melakukan pendaftaran maka masuklah ke https://merchant.akulaku.com/#/login dan pilih Register Now. Lihat tampilannya pada foto di bawah ini.


Perhatikan kolom yang berwarna hijau pada foto di atas, nah itulah tombol untuk register (mendaftar). Setelah masuk ke menu register tersebut, nanti akan muncul formulir yang harus dilengkapi dengan data-data usaha dan diri Anda. Usahakan untuk memasukkan data yang sebenar-benarnya (valid).

Pada formulir kelengkapan data usaha dan data diri ini, Anda akan diminta untuk mengisi nama akun dan password. Selain itu, Anda juga harus melengkapi informasi merchant yang terdiri dari nama toko, alamat dan area penjualan. Kemudian, lengkapi juga informasi pembayaran dengan nomor rekening yang benar.

2. Syarat-Syarat

Calon merchant harus melengkapi persyaratan yang diminta oleh Akulaku. Persyaratan itu antara lain nama toko, nama pemilik toko, nomor KTP, foto KTP, email toko, nomor ponsel. Untuk data keuangan calon merchant diminta untuk melengkapi nomor rekening pemilik toko, url di ecommerce lain, serta kategori produk.

Merchant sendiri ada dua jenis. Lokal dan Internasional. Merchant lokal adalah yang berada di Indonesia. Sementara untuk merchant internasional haruslah memiliki lisensi perusahaan atau perorangan dari Cina. Produk yang yang dijual juga harus sesuai dengan peraturan ekspor impor negara saat ini. Produk yang dijual juga harus lebih dari 100 dan telah memiliki pengalaman lintas batas ecommerce.

3. Verifikasi

Proses verifikasi akan dilakukan oleh tim Akulaku melalui sambungan telepon, tentunya setelah semua kelengkapan data telah terpenuhi (valid). Setelah proses verifikasi selesai, seller bisa mulai mengunggah foto produk dan mulai berjualan.

Cara jualan di Akulaku memang mudah, namun tentu harus melalui serangkaian proses verifikasi. Oleh karena itu penting untuk mengisi data-data dengan informasi yang sebenar-benarnya.

Ketika ada data-data yang tidak sesuai, Akulaku berhak melakukan penolakan pendaftaran. Misalnya, identitas tidak terbaca atau rekening yang didaftarkan berstatus tidak aktif. Hal-hal seperti ini bisa membuat Akulaku menolak permohonan seseorang menjadi merchant.

4. Larangan

Akulaku memiliki sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan oleh seller. Salah satu larangan yang ada di Akulaku adalah memanipulasi harga produk. Tidak ada toleransi dalam hal ini terlepas apapun tujuannya. Selain itu, Akulaku tidak memperbolehkan penjual untuk memanipulasi data transaksi produk. Apabila manipulasi ini diketahui oleh pihak Akulaku, maka Akulaku berhak membatalkan atau menahan transaksi produk.

Oleh karena itu penting bagi merchant untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya mengenai kondisi produk. Jelaskan pula kualitas produk, apakah itu produk baru atau bukan. Apakah ada cacat fisik atau tidak. Selain itu, dilarang mengabaikan pesanan lebih dari 24 jam. Setiap kali ada pesanan, merchant wajib untuk langsung merespon.

5. Upload Gambar Produk

Setelah memahami segala yang dilarang di Akulaku, saatnya mengunggah foto produk. Foto yang digunakan harus bagus dan jelas. Usahakan foto utuh dan tidak terpotong agar pembeli bisa melihat keseluruhan produk. Ambil foto dari berbagai sisi, bisa tampak depan, samping dan belakang. Hindari mengunggah foto yang kabur dan tidak jelas. Sebaiknya hindari mengambil foto dengan menggunakan kamera ponsel beresolusi rendah.

Setelah itu, berikan deskripsi mengenai produk. Deskripsi ini bisa berupa spesifikasi, warna, ketersediaan warna, hingga garansi yang diberikan. Setelah deskripsi produk selesai, masukkan harga. Dalam memasukkan harga, usahakan jangan terlalu jauh dari harga pasar. Jangan terlalu mahal atau terlalu murah. Perbedaan yang mencolok dengan pasar akan menimbulkan keraguan di benak calon pembeli.

6. Ketentuan di Akulaku

Pembayaran kepada merchant dilakukan setelah pembeli membayar DP. Walaupun pembeli hanya membayar DP, Akulaku membayar penuh kepada penjual. Penjual tidak perlu khawatir karena semua aktifitas transaksi dan keuangan di Akulaku telah diawasi oleh OJK. Dengan telah terdaftarnya Akulaku di OJK, keamanan transaksi merchant terjamin.

Itulah serba-serbi mengenai Akulaku, aplikasi kredit virtual yang sekarang sedang booming di Indonesia. Perlu dicatat bahwa Akulaku adalah ecommerce lintas batas yang memungkinkan perputaran barang dari luar negeri juga. Oleh karena itu, gencar-gencarlah mempromosikan produk dan tingkatkan kredibilitas toko.

Dengan telah dijelaskannya cara jualan di Akulaku ini, diharapkan bisa menambah pengetahuan bagi calon penjual. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Salam.

0 Response to "Cara Jualan di Akulaku dan Syarat Menjadi Merchant (Pedagang)"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel