Widget HTML Atas

Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya

Saat ini semakin banyak orang yang ingin menjalankan atau memiliki usahanya sendiri. Salah satu usaha yang bisa dijajal adalah membuka tempat pencucian mobil. Modal usaha cuci mobil memang tidak bisa dibilang sedikit. Namun dengan perhitungan dan analisa usaha yang tepat, tentu hasil yang akan di raih juga tidak sedikit. Yuk langsung saja di simak ulasan selengkapnya.



Berikut ini akan diulas mengenai modal usaha cuci mobil dan juga analisa usahanya


Cekidot!


Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya
Ilustrasi salah satu usaha cuci mobil.


Analisa Potensi Usaha Tempat Pencucian Mobil


Jika melihat dari lokasi, sebenarnya usaha ini cocok dibuka di kota besar dan juga kota kecil. Hanya saja di kota besar akan relatif cepat untuk mendatangkan keuntungan (peluang berkembangnya lebih besar). Penyebabnya karena jumlah kendaraan di kota besar tentu lebih banyak daripada di kota kecil.

Selain itu, tingkat kesibukan warga kota besar lebih tinggi daripada kota kecil. Inilah alasannya orang-orang di kota besar memerlukan kehadiran tempat cuci mobil (karena tidak sempat mencuci mobilnya sendiri). Lebih jauh lagi, orang-orang di kota besar memerlukan one stop service. Maka, alangkah baiknya jika dalam perkembangan, usaha cuci mobil itu juga dilengkapi dengan jasa service.

Melihat dari kebutuhan ini, peluang usaha cuci mobil di kota besar maupun di kota kecil masih tergolong baik. Apalagi jika melihat bertambahnya jumlah kendaraan setiap harinya. Melihat fenomena ini, tidaklah salah jika seseorang tertarik membuka usaha cuci mobil. Usaha ini tentu menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan yang ingin mobilnya bersih tanpa perlu repot.

Menghitung Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil


Perlu diketahui bahwa untuk membuka usaha cuci mobil seseorang harus memasukkan biaya sewa tempat, chemical (sabun cuci mobil, wax, dll), hidrolik, kompresor, tangka snow, biaya karyawan, listrik, dan juga biaya instalasi. Pengetahuan mengenai kebutuhan ini jadi penting untuk menentukan apakah usaha cuci mobil akan menggunakan sistem hidrolik atau tidak.

Berikut ini biaya-biaya yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan modal usaha cuci mobil:

Sewa Tempat


Harga sewa tempat sangat beragam dan tidak ada ukuran pastinya. Semuanya tergantung pada lokasi dari tempat usaha itu sendiri. Jika berada di daerah yang ramai seperti di pinggir jalan besar dan dekat dengan pusat usaha, tentu harga sewa setahunnya akan mahal. Lakukanlah pencarian perkiraan harga melalui situs-situs property. Ini akan memberikan perkiraan yang lebih baik.

Tapi saya bisa membantu dengan memberi gambaran kasar saja. Misal jika Anda memilih lokasi di kawasan strategis di kota besar seperti Jakarta, maka sewa tempatnya berkisar antara 35 hingga 50 jutaan per tahun. Perbedaan besaran harga sewa ini tentu juga tergantung seberapa besar area cuci mobil dan seberapa permanen bangunannya.


Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya
Ilustrasi salah satu usaha cuci mobil dengan lokasi yang luas dan cukup permanen.

Jika Anda ingin mendapatkan biaya sewa tempat yang lebih murah, maka sebenarnya Anda bisa mengakali dengan cara menyewa sepetak tanah kosong saja, kemudian membangun sendiri secara semi permanen. Dengan cara begini, maka Anda hanya perlu membayar sewa tanahnya saja, sehingga biaya yang akan Anda keluarkan jadi jauh lebih murah.  

Artikel Menarik Lainnya : Peluang Usaha Bengkel #1: Tambal Ban Besar

Biaya Gaji Karyawan


Di awal usaha, pekerjakanlah 2 karyawan dulu. Perhitungan gaji mereka adalah 30 persen dari pendapatan harian. Dengan menetapkan sistem ini, kerugian usaha di awal bisa ditekan. Selain itu, sistem ini juga ampuh untuk menjaga kedisiplinan karyawan dalam bekerja. Karyawan tidak bisa ijin seenaknya karena mereka telah dibayar secara harian.

Biaya Chemical


Chemical disini adalah sabun dan semir mobil. Bisa juga ditambah dengan wax. Buatlah perkiraan biaya selama setahun untuk menjaga kestabilan usaha. Biaya paket chemical dimulai dari harga 100 – 200 ribu per liternya. Dengan mengetahui proyeksi biaya selama setahun, maka kebutuhan modal bisa mudah dihitung.

Paket Hidrolik


Umumnya, ketika seseorang membeli hidrolik lift, mereka akan mendapatkan paket lengkap. Dengan harga 50 - 100juta, pemilik usaha sudah mendapatkan hidrolik lift, kompresor, selang high pressure, snow wash tabung, vacuum cleaner, selang spiral, air gun, tyre inflator, kanebo chamois, shampoo, semir, lap microfiber, alas kaki carwash dan juga kaos karwash. Bisa dibilang ini adalah paket lengkap, diluar biaya sewa tempat, karyawan dan listrik.

Perkiraan Biaya Operasional yang Dibutuhkan


Setelah melihat rincian penjelasan dari masing-masing indikator yang dibutuhkan, maka selanjutnya kita bisa menghitung perkiraan biaya operasional yang dibutuhkan. Berikut analisa perhitungan modal usaha cuci mobil sistem hidrolik untuk waktu setahun:

Paket 2 hidrolik lift lengkap = 75.000.000
Gaji 3 karyawan @100.000/hari (kerja full) x 30 x 12 = 108.000.000
Chemical @100.000/hari (kerja full) x 30 x 12 = 36.000.000
Biaya Listrik @ 1.000.000/bulan x 12 = 12.000.000
Biaya lain-lain @ 500.000/bulan x 12 = 6. 000.000

TOTAL :  237.000.000 biayanya per tahun.

Biaya ini belum termasuk biaya sewa tempat karena sewa tempat bisa sangat beragam tergantung dari lokasinya. Asumsi pendapatan per hari adalah 20 mobil x 35.000 yaitu 700.000. Dengan promosi yang baik dan pelayanan yang memuaskan, maka pendapatan yang akan diperoleh tentu bisa bertambah lebih besar lagi.

Sebagai catatan, agar usaha tidak mandeg di tengah jalan (karena kehabisan dana untuk operasional), maka sebaiknya siapkan cadangan modal untuk jangka waktu satu tahun, atau minimal 6 bulan. Dari perkiraan kebutuhan modal di atas, maka calon pengusaha bisa menyiapkan dana untuk kebutuhan usahanya selama setahun.

Mungkin ada diantara Anda yang akan bertanya: "Bagaimana jika modal saya benar-benar minim bang izal? Misal hanya ada maksimal 100 jutaan saja, sedangkan dari paparan di atas bisa makan biaya operasional ratusan juta. Belum lagi biaya untuk sewa tempat yang juga tidak sedikit".

Nah bila modal Anda benar-benar terbatas, maka pergunakanlah modal itu untuk membeli peralatan yang paling penting (vital) terlebih dahulu. Diantara peralatan yang paling penting itu adalah alat hidrolik dan mesin kompressor untuk memompa air. Nah untuk tempat atau lokasi usaha bisa Anda akali dengan menyewa sebidang tanah kosong saja, kemudian buat atap sederhana dari seng. Yang penting lokasi tempat cuci mobil Anda itu bisa untuk tempat berteduh para pengunjung dan pelanggan Anda. Lihat contoh ilustrasinya di bawah ini.

Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya
Sebuah usaha cuci mobil yang sederhana.

Kelak jika usaha Anda telah mulai berkembang dan sudah terkumpul modal untuk membangun lokasi usaha Anda, maka barulah mulai Anda bangun secara semi permanen.

Mungkin ada di antara Anda akan bertanya lagi: "Tapi jika lokasinya hanya berupa atap dan terbuka seperti itu apakah akan aman bang izal? Soalnya peralatannya juga lumayan mahal, rawan di gondol maling".

Solusinya ya tentu saja harus ada yang jagain dan tinggal di tempat cuci mobil Anda itu. Kalau ditinggalin gitu aja, ya malamnya jelas pasti bakal di gondong maling. Hehehe 😂

Anda bisa menyuruh karyawan Anda untuk bergantian jagain lokasi usaha itu di setiap malamnya. Intinya tentu Anda yang lebih tau gimana cara mengaturnya, kalau perlu kasi jatah kopi dan udud untuk karyawannya, agar mereka betah untuk berjaga di setiap malam.

Artikel Menarik Lainnya : Peluang Usaha Bengkel #2: Tambal Ban Mobil
 

Tips Sukses Usaha Cuci Mobil


Setelah membicarakan modal usaha cuci mobil dan juga analisa usahanya, sekarang saatnya membicarakan tips sukses dari usaha ini. Ini adalah jenis usaha yang memerlukan keuletan dan konsistensi. Berikut tips suksesnya :

Lakukan Pengawasan dan Supervisi Sendiri di Awal Usaha


Di awal usaha, jangan lepaskan usaha begitu saja. Lakukan supervisi dan pengawasan sendiri. Terjunlah untuk memantau day to day bisnis dan apa saja kendala yang muncul. Dengan terjun langsung, pemilik usaha bisa tahu jam ramai toko, kualitas kerja karyawan, kualitas kebersihan mobil, karakteristik konsumen, serta pendapatan harian toko. Pengetahuan akan hal ini penting untuk kelangsungan dan perkembangan bisnis.

Berikan Pelayanan Prima Kepada Konsumen


Menanti antrian cuci mobil bisa sangat membosankan bagi konsumen apalagi yang membawa anak kecil. Oleh karena itu, sediakanlah ruang tunggu yang nyaman. Bila perlu sediakan cable TV agar anak-anak atau konsumen betah. Lebih baik lagi, sediakan juga free coffee and tea. Tak perlu kopi atau teh yang mahal, belilah di grosir sembako untuk menekan biaya.

Berikan Hasil yang Optimal


Pelanggan tentu ingin mobilnya bersih tanpa cela ketika datang ke tempat cuci mobil. Jangan kira modal usaha hanya uang saja, optimalisasi hasil juga bisa dikategorikan sebagai modal usaha cuci mobil di sini. Pastikan karyawan di tempat usaha mengerti betul bagaimana mobil yang bersih itu. Noda tertinggal sedikit saja di mobil, akan membuat konsumen pergi. Selain itu, pastikan bagian dalam mobil kering dan rapi.

Terapkan Harga yang Bersaing


Rata-rata tempat usaha cuci mobil menetapkan harga di kisaran 30-35 ribu per mobil. Usahakan jangan sampai melebihi harga rata-rata ini. Jangan juga menjadikan tempat tunggu yang nyaman, wifi, dan juga minuman gratis sebagai alasan untuk harga yang lebih mahal.  Biasanya, penilaian akhir konsumen adalah pada harga.

Promosi yang Gencar


Usaha tidak akan hidup tanpa promosi. Manfaatkan semua saluran promosi terutama media sosial. Dengan aktif di media sosial, minimal di awal usaha kerabat dan teman-teman akan jadi pelanggan utama. Unggah hal-hal yang berhubungan dengan usaha misalnya diskon, tips, atau quote-quote unik yang berhubungan dengan usaha.

Saat ini, usaha cuci mobil banyak dijalankan oleh anak muda yang sangat melek internet dan media sosial. Buatlah postingan yang berhubungan dengan kebersihan dan perawatan mobil. Atau bisa juga dengan mengunggah program promo di media sosial. Jaring pasar sebanyak mungkin dengan promosi yang gencar.

Artikel Menarik Lainnya : Peluang Usaha Bengkel #3: Tambal Ban Motor

Semoga pembahasan mengenai modal usaha cuci mobil dan analisa usahanya ini membantu dalam menentukan langkah kedepan. Kesimpulannya adalah usaha ini potensial untuk dijalankan dan layak dicoba. Selamat berusaha dan semoga sukses!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya "