Widget HTML Atas

Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian

Bisnis minuman tidak pernah sepi akan hal baru. Tampaknya, sampai beberapa tahun ke depan bisnis ini masih memiliki prospek yang bagus. Baru-baru ini, minuman unik tampaknya sedang mendominasi pasar bisnis minuman. Peluang usaha minuman unik ini patut dicoba oleh pelaku bisnis kuliner.

Berbekal kreatifitas, peluang usaha minuman unik bisa menghasilkan rupiah yang tidak sedikit. Perkembangan bisnis ini cukup pesat dengan pangsa pasar yang sangat luas. Hampir di semua pusat perbelanjaan dan tempat jajanan ditemukan minuman unik ini. Kali ini akan dibahas bagaimana peluang usaha ini, dan tips memulainya.




Menakar Peluang Usaha Minuman Unik

Sejatinya, bisnis ini sangatlah dinamis. Dinamis di sini artinya sangat cepat perubahannya dan dibutuhkan kreatifitas untuk tetap bisa bertahan. Seperti contoh kasus minuman dengan pelengkap boba yang sedang hits saat ini. Sebenarnya, minuman seperti ini sudah ada sejak tahun 90an. Di Indonesia sendiri, minuman ber-boba dipelopori oleh Quicly dan Hop Hop pada tahun 2000an.

Terbukti, Quickly tetap bertahan sampai sekarang, yang artinya sudah hampir 20 tahun beroperasi. Hal ini membuktikan jika peluang usaha minuman unik sangat bagus. Namun untuk bisa bertahan hingga puluhan tahun memang diperlukan konsistensi rasa dan juga kemampuan membaca perubahan permintaan pasar. Saat ini Quickly juga menambah varian dari gula aren yang mana sedang tren saat ini.

Selain boba, minuman unik kini juga diisi oleh pemain-pemain yang menjadikan buah sebagai signature-nya. King Mango Thai misalnya yang menyajikan desert unik dari mangga dalam gelas. Dalam sehari mereka bisa menjual hingga 1000 gelas. Tentu ini bukan angka yang sedikit. Kemudian ada juga Avocado Lovers yang memberikan sensasi berbeda minum jus alpukat. Selalu saja ada antrian di kedai-kedai mereka.

Orang-orang saat ini cenderung suka mencoba sesuatu yang baru, walaupun sebenarnya tidak benar-benar baru. Pembeli sekarang lebih kritis terhadap minuman atau makanan yang mereka beli. Semakin unik maka semakin menarik minat orang untuk membeli. Hal ini kadang mengesampingkan rasa dari minuman itu sendiri. Peluang usaha minuman unik memang dititikberatkan pada tampilan untuk bisa sukses.

Di kota besar, usaha ini lebih cepat berkembang karena banyaknya jumlah penduduk dan daya beli masyrakat yang lebih besar. Di kota kecil, mungkin bisa dicoba usaha ini namun dengan merek sendiri. Karena jika membeli franchise, biasanya harga minuman menjadi mahal dan belum tentu sesuai dengan daya beli masyarakat setempat.
Info Menarik Lainnya : Perincian Modal Usaha Warkop Di Bawah 15 Juta Rupiah

Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian
Foto Ilustrasi Salah Satu Minuman Unik Yang Sedang Populer

Tantangan Usaha Minuman Unik

Selain peluangnya yang besar usaha ini juga memiliki tantangan yang besar juga. Bisnis minuman unik biasanya memerlukan packaging yang unik juga. Sebagian besar kemasan dari minuman unik ini hadir dalam bentuk plastic cup. Industri packaging dari plastik terutama plastic cup sedang menemui hambatan besar yaitu persoalan lingkungan.

Limbah sampah plastik sudah sangat mengkhawatirkan dan banyak organisasi lingkungan hidup berusaha memeranginya. Kampanye untuk tidak menggunakan plastic cup sekali pakai gencar disuarakan belakangan ini. Oleh karena itu, peluang usaha minuman unik yang sangat cerah bisa terhambat karena hal ini. Sebagaimana disinggung di atas kalau minuman ini biasanya dikemas dalam plastic cup yang di seal menggunakan plastik juga.

Selain itu, sedotan plastik juga menjadi masalah terkait sampah plastik. Minuman unik biasanya disertai dengan sedotan baik yang besar untuk boba atau yang reguler. Penggunaan sedotan plastik sekali pakai ini telah menimbulkan jutaan ton sampah di laut. Tentu ini membahayakan kelangsungan hidup biota laut dan makhluk bumi lainnya.

Pelaku bisnis minuman unik harus memikirkan cara yang lebih ramah lingkungan dalam mengemas produknya. Tentu saja, untuk menggunakan plastic cup dan sedotan berbahan ramah lingkungan dari singkong atau tepung beras memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, tantangan inilah yang harus dihadapi para pengusaha minuman.

Perlu dipertimbangkan apakah perusahaan akan hanya mengejar keuntungan semata. Jika benar begitu, maka masyarakat juga mungkin akan mempertimbangkan untuk tidak membeli minuman yang dikemas di plastic cup. Sebaliknya, jika usaha ini juga diiringi dengan semangat kepedulian lingkungan, justru akan menjadi nilai lebih. Diharapkan, nilai lebih ini juga mampu mendongkrak penjualan.
Info Menarik Lainnya : Menghitung Modal Usaha Jus Buah dan Potensi Keuntungannya

Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian

Teguk, Salah Satu Minuman Unik Lainnya Yang Juga Populer Saat Ini.

Tips Sukses Memulai Usaha Minuman Unik

Terlepas dari semua tantangan yang ada, seorang pebisnis harus siap menghadapinya dan tidak gentar. Untuk memulai usaha minuman unik, ada beberapa tips memulai usaha yang bisa dicoba. 

Peluang usaha minuman unik akan semakin luas dengan mengaplikasikan tips-tips di bawah ini:

Menentukan Tema

Tema di sini adalah bahan atau hal yang akan ditonjolkan dalam minuman unik yang akan dijual. Keunikan dari tema inilah yang sebenarnya akan dijual oleh pelaku bisnis nantinya. Contohnya adalah King Mango menjual desert berbahan dasar mangga yang sebenarnya jika dipikir lebih lanjut tidak ada yang istimewa atau baru.

Namun, King Mango mengedepankan potongan mangga yang besar di atas jus mangganya, selain itu ukuran kemasan juga besar. Jadi, porsi dan tampilan inilah yang membuat King Mango berbeda dari yang lain. Temukan tema apa yang nantinya akan ditonjolkan. Misalnya dari segi kemasan, warna, atau bahan yang digunakan. Perbanyak referensi dari jajanan unik di seluruh dunia.

Cari Lokasi yang Tepat (Strategis)

Seperti sudah disinggung di atas bahwa lokasi yang tepat untuk usaha ini adalah di pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan memungkinkan adanya pengunjung yang banyak. Usaha ini membutuhkan keramaian untuk bisa bertahan. Selain itu, peluang minuman untuk banyak terjual lebih besar. Di pusat perbelanjaan, carilah spot yang dekat dengan escalator. Tempat ini banyak dipilih pengusaha minuman karena mudah dijangkau pembeli.

Rajin Ikut Bazaar Makanan

Jika belum menemukan lokasi yang tepat untuk membuka kios, tidak ada salahnya berjualan di bazaar makanan. Perbanyaklah kenalan event organizer yang sering mengadakan event food festival. Jangan salah, bazaar adalah event yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan produk. Sehingga ketika nantinya membuka official store, orang-orang sudah familier dengan produk.

Pilih-Pilih Franchise

Sah-sah saja memulai usaha ini dengan membeli merek yang sudah terkenal. Keuntungannya adalah tidak perlu lagi repot dalam hal supply bahan baku sampai kepada pembukaan toko. Namun, bagi usaha waralaba, performa penjualan toko sangatlah penting. Jika tidak memenuhi target maka bukan tidak mungkin kemitraan dihentikan. Maka pastikan lokasi dan promosi tepat agar kerjasama bisa berjalan dengan lancar.
Info Menarik Lainnya : Perhitungan Modal Usaha Warung Kopi Dan Peluangnya (Super Lengkap)

Promosi di Media Sosial

Usaha ini sangat memerlukan promosi yang gencar. Manfaatkan media sosial dengan membuat akun Instagram atau Twitter. Bisa juga dengan membuat program giveaway kepada pelanggan yang mengunggah foto unik bersama produk minuman. Hal-hal seperti ini membuat pelanggan selalu ingat akan produk dan termotivasi untuk membeli.

Peluang usaha minuman unik selalu ada selama orang-orang masih menyukai gaya hidup masa kini. Usaha ini bisa terus bertahan jika iklim usaha kondusif dan juga pendapatan masyarakat meningkat. Namun begitu, tidak perlu ragu untuk memulai. Usaha ini sangat potensial untuk dicoba.

Demikianlah info tentang peluang usaha mainan unik. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian "