Widget HTML Atas

Hitungan Modal Usaha Toko Plastik (Rincian Lengkap + Tips)

Plastik merupakan salah satu barang yang banyak dicari karena hampir semua barang yang dijual menggunakan plastik. Oleh karena itu, membuka usaha toko plastik merupakan peluang yang menggiurkan untuk dijalani pada saat ini.

Namun, pengusaha toko plastik hendaknya mengetahui berapa modal usaha toko plastik yang diperlukan. Pasalnya, usaha toko plastik tidak bisa berjalan tanpa adanya modal yang dimiliki.


Nah yang jadi pertanyaan:

Berapakah idealnya modal usaha toko plastik terutama di awal mendirikan usaha?

Nanti akan saya berikan perincian selengkapnya dibawah. Sekarang mari kita bahas kelebihan usaha toko plastik ini terlebih dahulu.

Usaha toko plastik dipercaya menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai melirik untuk membuka usaha toko plastik ini. Lalu, apa saja kelebihan membuka usaha toko plastik? Cekidot! simak ulasananya di bawah ini.

Kelebihan Membuka Usaha Toko Plastik


Hitungan Modal Usaha Toko Plastik (Rincian Lengkap + Tips)
Ilustrasi salah satu agen plastik.

Seperti yang diketahui sebelumnya jika usaha toko plastik merupakan salah satu usaha yang tengah banyak diincar oleh pengusaha sekarang ini. Pasalnya, kini plastik selalu digunakan di berbagai lini sehingga menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Jika tertarik untuk merintis usaha ini, simak 4 kelebihan jika membuka usaha toko plastik di bawah ini:

1. Barang Awet

Salah satu hal yang dihindari para pengusaha tentu saja kerugian, dan kerugian bisa diminimalisir ketika membuka usaha toko plastik. Pasalnya, plastik merupakan salah satu barang dagangan yang awet dan juga tahan lama. Dengan begitu, membuka usaha toko plastik merupakan salah satu usaha yang minim kerugian.

2. Memiliki Target Market yang Luas

Hampir setiap orang masih membutuhkan plastik untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, baik itu kalangan perseorangan atau pedagang kecil. Maka, bisa dikatakan jika usaha toko plastik memiliki target market yang sangat luas. Dengan memiliki target market yang luas, maka keuntungan pun akan lebih mudah diraih.

3. Bisa Menyesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Jika ingin membuka toko plastik, dibutuhkan modal yang mumpuni. Namun, modal usaha toko plastik dapat disesuaikan dengan seberapa besar toko yang akan dirintis. Apabila memiliki modal yang terbatas, bisa memulai dengan menjual sedikit produk plastik. Lambat laun, ketika bisnisnya semakin berkembang, toko plastik yang dirintis pun akan bisa lebih besar lagi.

4. Mudah Dikelola

Merintis usaha toko plastik akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan membuka toko kue atau makanan lainnya. Hal ini karena penjual tinggal langsung menjual plastik yang langsung didapat dari pemasok tanpa mengolahnya kembali. Hal ini tentu sangat menggiurkan karena usaha toko plastik sangat mudah untuk dikelola.

5. Persaingan Relatif Masih Sedikit

Keuntungan lainnya dalam membuka usaha toko plastik yaitu memiliki persaingan yang sedikit. Hal ini karena di daerah tertentu masih ada yang belum memiliki toko plastik. Dengan persaingan yang masih sedikit, maka peluang memperoleh keuntungan pun menjadi lebih besar, bukan?
Baca Juga : Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue yang Prospeknya Semakin Menjanjikan

Berapa Modal Usaha Toko Plastik?

Sebagian bisnis tentunya membutuhkan modal awal, termasuk apabila ingin membuka usaha toko plastik. Lalu, untuk memulai usaha plastik, berapakah modal yang diperlukan? Apakah seorang pengusaha plastik membutuhkan modal usaha toko plastik yang besar atau modal kecil saja sudah cukup?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kini saatnya membahas rincian modal usaha toko plastik yang diperlukan. Modal ini tentu saja mulai dari awal membuka bisnis sampai dengan biaya operasional toko plastik tersebut.

Berikut ini adalah rincian modal bisnis toko plastik yang bisa dijadikan bahan referensi:

  • Lemari Etalase Kaca: Rp2.500.000
  • Rak Kayu: Rp3.000.000
  • Sewa Toko Per Tahun: Rp15.000.000
  • Gaji 1 Karyawan Sebulan: Rp1.500.000
  • Listrik dan Air Per Bulan: Rp600.000
  • Transportasi: Rp500.000
  • Belanja Plastik Untuk Dijual: Rp25.000.000
  • Biaya Alat Tulis Rp100.000
Dari rincian diatas, jumlah modal usaha toko plastik adalah Rp48.200.000. Jika dibulatkan, maka kurang lebih sekitar 50 jutaan jumlah modal yang ideal ketika di awal buka usaha toko plastik. Jika Anda punya modal lebih besar (Rp.100 jutaan misalnya), maka tentu saja akan lebih baik lagi. 😉

Namun modal 50 jutaan diatas belum termasuk untuk biaya tak terduga lainnya. Misalnya biaya pengurusan izin usaha ataupun biaya kebersihan. Modal yang diperlukan memang cukup besar, namun sebanding dengan peluang keuntungan yang akan didapatkan.

Apabila belum memiliki modal usaha toko plastik sebesar yang disebutkan di atas, maka jangan berkecil hati dulu. Angka tersebut masih bisa disesuaikan dengan seberapa besar usaha toko plastik yang dirintis. Apabila ingin merintis toko plastik yang besar, tentu saja membutuhkan modal yang besar pula.

Namun, jika memiliki modal yang terbatas tetapi tetap tertarik untuk merintis usaha toko plastik, ada beberapa alternative pilihan. Misalnya, mengurangi belanja plastik untuk dijual, namun produk yang dimiliki pun tidak terlalu beragam. Selain itu, bisa memanfaatkan tempat tinggal sebagai tempat usaha agar tidak mengeluarkan biaya untuk sewa kios.
Info Menarik Lainnya : Modal Awal Usaha Daur Ulang Plastik (Rincian Lengkap)

Langkah Memulai Usaha Toko Plastik

Setelah mengetahui berapa modal usaha toko plastik yang perlu dipersiapkan, kini saatnya memahami bagaimana memulai usaha toko plastik. Pasalnya, membuka toko plastik memiliki langkah tersendiri yang berbeda dibandingkan bisnis lainnya.

Berikut ini adalah 5 langkah yang perlu dilakukan jika ingin merintis usaha toko plastik:

1. Melakukan Riset

Hal pertama yang perlu dilakukan calon pengusaha toko plasti yaitu dengan melakukan riset tersebih dahulu. Riset diperlukan untuk menentukan jenis plastik yang ingin dijual dan bagaimana manajemen bisnis yang ingin dilakukan. Selain itu, riset juga diperlukan untuk mengenali target market yang dituju sehingga penjualan akan terus meningkat.

2. Menyiapkan Modal Usaha

Langkah kedua jika ingin merintis usaha toko plastik yaitu tentu saja dengan menyiapkan modal terlebih dahulu. Modal tersebut tentu dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pengusaha bisnis toko plastik. Apabila memiliki modal yang besar, bisa mengikuti referensi rincian modal usaha toko plastik yang telah dijabarkan di atas.

Namun, apabila memiliki modal yang terbatas, perlu memikirkan lebih matang bagaimana cara memaksimalkan modal tersebut. Oleh karena itu, penting bagi tiap pengusaha toko plastik untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui berapa modal yang diperlukan. Dengan begitu, modal yang dimiliki dapat dibelanjakan secara optimal dan tidaklah sia-sia.

3. Memiliki Lokasi Usaha yang Ideal

Salah satu syarat keberhasilan suatu usaha tentu saja lokasinya, hal ini juga berlaku untuk usaha toko plastik. Apabila ingin penjualannya laris, miliki lokasi usaha yang strategis, ideal, dan juga mudah untuk diakses pembeli. Misalnya, bisa memiliki lokasi di dekat pasar atau di daerah yang banyak terdapat UMKM.
Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Peralatan dan Perabotan Rumah Tangga (Plus Strategi Menghadapi Persaingan)

4. Mencari Supplier yang Terpercaya

Hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin merintis usaha toko plastik yaitu mencari supplier yang terpercaya dan profesional. Hal ini tentu akan berkaitan dengan produk yang akan dijual nantinya. Selain itu, pilih juga supplier yang membandrol harga murah dan menjamin bisa memasok produk dalam kurun waktu tertentu.

5. Melakukan Promosi dengan Gencar

Langkah terakhir yang bisa ditempuh yaitu melakukan promosi dengan gencar dan juga tepat sasaran. Misalnya, bisa menggunakan berbagai media promosi untuk mengenalkan toko plasik yang baru dirintis, baik menggunakan media konvensional juga digital. Namun, sesuaikan konten dari media promosi tersebut dengan target market yang dituju.

Merintis usaha toko plastik sangat menggiurkan karena memiliki keuntungan tersendiri, mulai dari kemudahan pengelolaan sampai dengan resiko bisnis yang kecil. Terlebih lagi, modal usaha toko plastik juga bisa disesuaikan dengan jenis toko yang akan dirintis. Jika tertarik merintis usaha toko plastik, lakukanlah beberapa tahap yang telah dijelaskan di atas agar mempermudah mendirikan usaha toko plastik.

Demikianlah informasi tentang perhitungan modal usaha toko plastik. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Hitungan Modal Usaha Toko Plastik (Rincian Lengkap + Tips)"

Berlangganan via Email