Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Usaha Service AC Banyak Dicari, Yuk Simak Tips Menjalaninya

Penyedia jasa usaha service AC semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya masyarakat yang memiliki AC semakin banyak, mulai dari kalangan menengah sampai kalangan atas. Selain itu, service AC adalah pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan sendiri oleh si pemilik AC. Maka, penyedia jasa service AC sudah pasti dibutuhkan oleh masyarakat.

Tempat service AC ini biasanya juga menerima tukar tambah AC. Jadi, masyarakat yang ingin membeli AC baru, bisa menukarkan AC lamanya kepada penyedia jasa service AC. Tingginya permintaan service AC membuat usaha ini menarik untuk dicoba. Kali ini akan dibahas mengenai tips menjalankan usaha service AC agar disukai pelanggan.

Analisis Peluang Usaha Service AC


Usaha Service AC Banyak Dicari, Yuk Simak Tips Menjalaninya
Ilustrasi.

Sebagian masyarakat baik di kota besar maupun kecil telah memiliki AC di rumahnya. Ditambah lagi, perkantoran juga menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Ini menandakan bahwa peluang usaha service AC terbuka lebar. Indonesia sebagai negara tropis cenderung panas di siang hari. Bahkan di malam hari jika sedang kemarau juga akan terasa gerah. Tak heran jika populasi AC meningkat.

Dalam satu rumah, biasanya AC dipasang di setiap kamar. Maka akan ada lebih dari 1 unit AC yang terpasang dalam satu rumah. Artinya, potensi pendapatan dari service AC cukup besar walaupun hanya melakukan pengerjaan di 1 rumah. Usaha service AC akan selalu dibutuhkan masyarakat karena pemilik AC tidak akan bisa mengerjakannya sendiri. Belum lagi jika diperlukan penambahan Freon.

Di kota besar, peluang usaha service AC mendapatkan pelanggan tentu saja sangat besar. Ongkos yang dibanderol untuk sekali service rata-rata adalah 75.000. Jasa yang paling sering dibutuhkan masyarakat adalah pencucian AC dan pengisian Freon. Untuk Freon, ongkosnya biasanya tergantung seberapa banyak Freon yang diisikan. Jika ada penggantian sparepart untuk AC yang rusak, maka akan ada ongkos tambahan pembelian sparepart.

Namun, usaha ini juga memiliki persaingan yang sangat ketat. Di satu kawasan saja, bisa dijumpai banyak penyedia jasa service AC. Oleh karena itu, yang bisa dilakukan oleh para pemilik usaha service AC adalah memberikan pelayanan dan hasil akhir yang baik. Karena persaingan sangat ketat, usaha ini tidak bisa mematok harga service terlalu tinggi. Apalagi untuk usaha pemula.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Bengkel #1: Tambal Ban Besar

Tips Menjalankan Usaha Service AC Agar Disukai Pelanggan


Seiring meningkatnya kepemilikan AC, meningkat pula kebutuhan untuk service AC. Sayangnya, banyak penyedia service AC yang tidak memberikan hasil prima. Belum lagi harga yang dipatok terlalu tinggi namun tidak sebanding dengan hasil akhir. Berikut ini akan diberikan tips-tips bagaimana menjalankan usaha service AC agar pelanggan kembali lagi. Simak beberapa tips berikut ini:

Harus Memiliki Keahlian di Bidang Teknisi AC


Keahlian dalam hal service AC atau teknis-teknis tentang AC harus lebih dulu dikuasai oleh pemilik usaha ini. Hal ini penting karena pemilik usaha harus tahu mengenai seluk beluk kerusakan AC, bagaimana menangani AC yang tidak dingin, kotor dan sebagainya. Selain itu, pengetahuan tentang sparepart AC juga menjadi penting agar bisa menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan.

Jika tidak memiliki keahlian ini, sulit rasanya usaha yang dijalankan nantinya bisa sukses. Kalaupun mempekerjakan karyawan, akan ada potensi ditinggalkan karyawan jika ia bisa mencari order sendiri. Pengetahuan ini juga penting agar bisa memberikan service yang terbaik untuk pelanggan.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Bengkel #2: Tambal Ban Mobil

Jemput Bola


Di awal usaha, usahakan untuk langsung jemput bola atau langsung mendatangi konsumen untuk menawarkan usaha. Cara konvensional masih efektif untuk usaha ini, yaitu dengan memberikan selebaran ke perumahan. Cara seperti ini masih efektif karena banyak orang yang masih coba-coba mengenai service AC.

Konsumen masih sangat terbuka untuk jasa service AC baru. Alasannya beragam, mulai dari mencari harga yang lebih murah sampai pada menginginkan hasil akhir yang lebih baik. Dari jemput bola ini, calon pelanggan akan langsung tahu bahwa ada service AC baru yang menawarkan hasil akhir lebih baik. Bagikan selebaran, kartu nama, brosur, atau bisa juga promosi langsung di acara kumpul warga.

Aktif di Media Sosial


Tidak bisa dipungkiri keberadaan media sosial akan sangat mempengaruhi usaha yang sedang dijalankan. Usahakan untuk memiliki setidaknya 1 akun media sosial untuk mengunggah hasil kerja yang sudah ada. Kecenderungan orang saat ini akan lebih percaya pada usaha yang memiliki bukti catatan pekerjaan di media sosial.

Sistem jemput bola yang dikombinasikan dengan aktif di media sosial akan sangat menunjang usaha yang baru dibuka. Di awal usaha, cukup gunakan saja media sosial untuk memposting promo-promo atau foto-foto pekerjaan. Jika nanti usaha sudah besar, maka boleh membuat website yang lebih menarik sebagai company profile.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Bengkel #3: Tambal Ban Motor

Usahakan Peralatan Lengkap


Membuka usaha ini tapi tidak memiliki peralatan yang dibutuhkan sangat tidak mungkin. Maka, selain pengetahuan tentang teknis AC atau elektronik, dibutuhkan peralatan yang lengkap. Peralatan ini antara lain motor steam, selang, bak atau ember. Peralatan tambahan lainnya adalah gas Freon, tang meter, manifold, obeng dan kunci inggris.

Seiring perkembangan usaha, peralatan bisa ditambahkan dengan membeli tangga. Namun, jika diawal usaha rasanya akan sulit membawa tangga sambil menaiki motor. Jika usaha sudah besar, maka tangga bisa dibawa dengan mobil ke tempat konsumen. Uang yang diperlukan untuk peralatan di atas tadi tidak terlalu besar, sehingga usaha ini sebenarnya bisa dijalankan dengan modal kecil.

Jalin Kerjasama dengan Penyedia Sparepart AC


Usaha ini erat kaitannya dengan penyedia sparepart AC. Ada baiknya untuk membangun jaringan yang luas dengan penyedia sparepart AC. Jika sparepart tidak bisa ditemukan di penyedia sparepart yang satu, maka bisa dicari ke penyedia yang lain. Inilah fungsinya memiliki jaringan yang luas tentang penyedia sparepart AC.

Beberapa AC model lama sparepartnya susah dicari. Namun, seorang penyedia sparepart AC yang telah lama berkecimpung di bisnis ini biasanya bisa mencarikannya. Jadi, penting bagi seorang pemilik tempat service AC untuk memiliki banyak kenalan penyedia sparepart AC. Konsumen juga akan semakin loyal karena masalah AC-nya bisa selalu teratasi.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen


Usaha jasa bertumpu pada pelayanan dan sikap ramah dari pemberi jasa. Usahakan untuk memberikan pelayanan yang prima, jujur, serta ramah dan sopan kepada konsumen. Jangan lupa untuk menyimpan nomor telepon konsumen. Beri catatan dengan detail agar bisa langsung ingat jika suatu saat konsumen menghubungi kembali. Hal ini membuat konsumen merasa dihargai dan diingat serta menimbulkan kesan yang baik.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha #4: Bengkel Sepeda

Usaha service AC sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, jika memiliki keahlian di bidang teknis soal AC dan elektronika, maka tidak salah jika memutuskan membuka usaha ini. Perhatikan harga service yang ada di pasaran agar tidak salah dalam menentukan harga. Usahakan selalu memberikan hasil akhir yang baik. Semoga tips-tips di atas bisa membantu dalam menjalankan usaha nantinya.

 Demikianlah info tentang usaha service AC, semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Usaha Service AC Banyak Dicari, Yuk Simak Tips Menjalaninya"