Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Apa itu Google Rankbrain? Bagaimana Sistemnya Bekerja?

Sebagai seorang blogger penganut teknik white hat SEO, maka Google Rankbrain ini adalah algoritma favorit saya.

Apa alasannya?

Karena sistem kerja algoritma ini jelas sangat menguntungkan para praktisi white hat SEO. Sejak dirilisnya algoritma canggih yang sangat cerdas ini, maka pekerjaan optimasi SEO sebenarnya jadi jauh lebih sederhana.

Apa sebab?

Karena algoritma ini dapat menaikkan banyak sekali kata kunci yang relevan (sinonim) dengan kueri yang diketikan pengguna dipenelusuran Google. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku di sini. Yaitu beragam keyword yang bisa naik peringkat hanyalah pada artikel yang sangat lengkap (komprehensif), dan bernilai guna tinggi bagi pengguna.

Jadi algoritma ini tampaknya diciptakan untuk mendorong (sekaligus memaksa) seorang webmaster untuk lebih fokus menulis artikel yang komprehensif, lengkap, dan berkualitas. Karena algoritma Google Rankbrain ini nantinya akan berkorelasi dengan faktor perilaku pengguna (Users Engagement). 

Ngomong-ngomong,,, sudah tahukah anda apa hubungannya perilaku pengguna dengan peringkat website? Kebetulan saya sudah pernah menulis artikel tentangnya. Bisa anda baca di sini : Users Engagement Sebagai Salah Satu Faktor SEO Modern

Back to topic.

Jadi gimana sih cara kerja Google Rankbrain itu? 

 
Apa itu Google Rankbrain? Bagaimana Sistemnya Bekerja?
Pixabay

Google Rankbrain ini adalah sebuah sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Tugasnya untuk menentukan hasil pencarian paling relevan dengan kueri yang di ketikan pengguna pada pencarian Google.

Jadi Google Rankbrain ini berusaha menganalisis dan mendeteksi maksud dari kalimat yang diketikan oleh pengguna. Kemudian Rankbrain ini berusaha mencarikan artikel yang paling relevan (berdasarkan kueri yang diketikan tersebut).

Google tentunya akan terus mengembangkan kemampuan analisis dari kecerdasan buatan ini. Tujuannya tentu saja agar Rankbrain punya kemampuan lebih tajam untuk menangkap maksud pengguna (user intent).

Jadi dimasa mendatang, Google akan lebih tepat memahami apa yang sedang dicari oleh penggunanya. Maka, jika dimasa lalu anda pernah mencari informasi di google, tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang anda maksud, maka mulai sekarang hal itu tidak akan terjadi lagi. Kini hasil pencarian di Google sudah jauh lebih relevan.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: 

"Bagaimana cara kerja sistem Rankbrain ini, sehingga bisa memahami maksud pengguna?"

Nah, pertanyaan itulah yang akan saya jawab dan ulas secara lebih mendalam.

Jadi Rankbrain ini bekerja dengan cara menganalisis data yang tersimpan di sistem google. Data yang ada ini kemudian 'diolah' oleh Google Rankbrain, untuk selanjutnya 'dipersembahkan' kepada sang pengguna.

Lalu, darimana Google Rankbrain ini bisa tahu bahwa data yang diberikan itu sudah relevan dengan si pengguna? 

Maka di sinilah sistem Rankbrain yang sangat rumit itu mulai bekerja. Rankbrain akan memberikan data kepada pengguna berdasarkan beberapa hal. Diantara yaitu berdasarkan letak geografis dan pola pencarian pengguna.

Jika Anda termasuk orang yang sering berselancar di penelusuran Google (terutama jika membuka tab samaran), maka pasti anda pernah mendapati sebuah pop-up berupa sepenggal permintaan izin dari google. Pop-up tersebut berbunyi sbb: "www.google.com ingin menggunakan lokasi perangkat anda". Nah, permintaan dari Google itu gunanya agar supaya pencarian anda bisa lebih relevan. Jika anda izinkan permintaan itu, maka informasi atau artikel yang di suguhkan Google akan jauh lebih akurat.

Misal jika anda mengetikkan sepenggal kalimat berikut dipencarian google : "Toko olahraga murah". Maka nanti Google akan melampirkan daftar toko olahraga yang terdekat dengan lokasi geografis Anda. Kueri "Toko Olahraga Murah" ini juga identik dengan toko grosir dan distributor. Oleh karena itu, jangan heran kalau nanti banyak muncul artikel yang berisi info tentang toko-toko grosir dan distributor dilaman pertama Google. Baik itu berupa toko offline, maupun toko online.

Baca juga : User Experience, Pengalaman Pengguna Blog Dari Sudut Pandang Teknis dan Human Interest

Google Rankbrain ini juga bisa dikatakan menimbulkan efek yang revolusioner pada kueri hasil pencarian. 

Jika di era sebelum Google Rankbrain dulu kueri yang muncul bener-bener 'saklek' bin persis seperti kata kunci yang diketikan pengguna, maka kini semuanya sudah berubah total.

Kini beragam kueri bisa muncul di penelusuran Google, asalkan relevan (sinonim) dengan kueri yang diketikan oleh pengguna. Misalnya jika ada pengguna yang mengetik kueri "Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar". Maka nanti daftar artikel yang muncul dilaman google tidak hanya persis seperti kueri yang diketikan itu. 

Nantinya juga akan ada muncul artikel-artikel lain yang kata kuncinya relevan dengan kueri yang diketik oleh pengguna tersebut. 

Misalnya artikel dengan kata kunci "Bisnis Margin Besar" juga akan bisa muncul, karena kata "Margin" sinonim dengan kata "Untung". Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang tidak mungkin saya uraikan satu persatu.

Jadi, itulah sebabnya algoritma Rankbrain ini sangat menguntungkan para blogger dan webmaster yang mengutamakan sisi kualitas artikelnya. Sebab dengan mereka membuat artikel yang sangat lengkap, komprehensif, dan bernilai guna tinggi, maka akan berpeluang menaikkan ranking keyword/kuerinya (tentunya kueri pencarian yang relevan dengan isi dan keyword artikel tersebut.

Maka dari itu, jangan anda merasa heran jika kini mulai banyak blogger dan situs perusahaan yang berlomba-lomba menulis artikel yang sangat lengkap dan isinya panjang. Anda boleh membuktikannya dengan menengok langsung dipenelusuran Google. Ketiklah kata kunci yang populer, maka akan anda temui kebanyakan isi artikelnya sekitar 1500 hingga 3000an kata.

Bukannya tanpa sebab hal itu mereka lakukan. Pasti ada tujuannya. Karena mereka sudah tahu jika artikelnya sangat lengkap dan komprehensif, maka akan berpotensi menaikkan bermacam keyword yang ada didalam artikel tersebut. Dan pada akhirnya ini akan berimbas pada ranking situs dan trafik mereka secara keseluruhan.

Jadi sekarang bukan zamannya lagi menulis artikel 'kurus kering dan kurang gizi' yang rata-rata panjangnya hanya 300 sampai 500an kata. Karena bisa dipastikan artikel-artikel 'kurang gizi' tersebut tidak akan mampu bersaing dengan artikel lengkap bin komprehensif dengan isi 3000an kata diatas. Ingat! Persaingan didunia blogosphere semakin keras kawan! Segera bangkitlah untuk jadi pemenang! Hhee 😀

Artikel Menarik Lainnya : Polemik Tentang Kriteria Konten Berkualitas, Branding dan Promosi Blog

Kabar menarik lainnya adalah; tidak ada pola dan penilaian yang pasti pada algoritma Rankbrain ini. 

Jadi Google Rankbrain ini bekerja dengan sangat dinamis, seolah-olah dia bisa 'belajar sendiri'. Sehingga algoritma Rankbrain ini nyaris mustahil untuk diakali dan dicurangi oleh para praktisi black hat SEO.

Bisa jadi di masa 5 tahun mendatang, sudah sangat sulit sekali bagi teknik black hat SEO untuk mengakali algoritma Google. Mungkin nanti 10 tahun yang akan akan datang SEO blackhat akan mati suri. Nasibnya bagaikan kerakap tumbuh dibatu, hidup segan tapi mati juga gak mau. Hehehe 😁

Seberapa jauhkah Google Rankbrain ini mempengaruhi SEO?

Semua webmaster pasti sudah tahu bahwa SEO itu adalah rangkaian teknik optimasi tertentu yang bertujuan agar sebuah artikel/website bisa muncul di laman teratas mesin pencari.

Lalu apa hubungannya Rankbrain dengan SEO?

Seperti yang telah saya jelaskan panjang lebar diatas, Rankbrain ini adalah 'mesin' cerdas milik Google yang bertugas untuk memahami maksud pengguna (user intent). Jadi SEO modern harus bisa beradaptasi dengan perkembangan algoritma Google yang akan semakin canggih ini.

Seorang blogger dan webmaster harus bisa mengoptimalkan websitenya dengan sedemikian rupa, agar ramah bahkan 'akrab' dengan algoritma Google Rankbrain ini. Barangsiapa yang mampu menemukan formula SEO yang paling tepat, sehingga algoritma Google Rankbrain ini 'kepincut' dengan situs miliknya, maka bisa dipastikan akan banyak artikel unggulannya yang akan merajai laman pertama Google.

Artikel Menarik Lainnya : Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya)

Terakhir; satu hal yang mungkin perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya SEO kedepannya akan semakin sederhana, namun juga sekaligus semakin rumit. 

Sederhana bagi mereka yang sudah terbiasa bermain dengan teknik white hat SEO (mengutamakan kualitas artikel). Tapi sebaliknya justru akan semakin rumit bagi mereka yang terbiasa bermain dengan jalan pintas (black hat SEO).

Apa sebab? Karena algoritma Google semakin lama akan semakin cerdas, dan itu pasti! Dan malangnya, mesin pencari raksasa itu tampaknya tidak pernah mau untuk berpihak kepada mereka.

Jadi, mulai sekarang cobalah pikirkan lagi dalam-dalam,,,, sebenarnya apa motivasi anda dalam membangun situs Anda? Apakah untuk investasi jangka panjang? 

Jika untuk jangka panjang, maka mulai sekarang rubahlah haluan dan strategi ngeblog Anda. Mulailah mengutamakan kualitas dan berusaha bermain bersih sesuai dengan pedoman dan aturan google (white hat SEO). Insya Allah situs anda akan terus awet hingga berhasil menemukan kesuksesannya dimasa mendatang. 

Yuk, mari sama-sama kita kejar dan raih kesuksesan itu bersama-sama. Semangat! 😉👍

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Apa itu Google Rankbrain? Bagaimana Sistemnya Bekerja?"