Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara COD di Lazada (Bagi yang ingin Belanja gak Ribet)

Saat berbelanja online di Lazada, pemilihan metode pembayaran adalah salah satu langkah yang perlu diselesaikan. Ada berbagai metode yang bisa dipilih, termasuk COD atau bayar langsung. Metode ini termasuk cara pembayaran terbaru di Lazada.

Lalu, bagaimana sih cara COD di Lazada itu?

 

Cara COD di Lazada (Bagi yang ingin Belanja gak Ribet)

Yuk simak pembahasan artikel ini sampai tuntas!

Cash on Delivery atau COD merupakan cara pembayaran dimana pembeli baru membayar produk yang dibeli ketika produk tersebut sampai. Melalui metode ini, pembeli tidak perlu lagi pergi ke ATM atau ke minimarket guna melakukan pembayaran.

Kini, hampir semua marketplace menambahkan fitur COD pada metode pembayarannya. Lazada bukan pengecualian. Bahkan bisa dikatakan bahwa COD merupakan salah satu cara pembayaran favorit di Lazada. Pembelian produk dengan cara COD berbeda dengan metode lain. Nah, berikut ini adalah cara COD di Lazada:

Keuntungan Belanja Dengan Metode COD

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara COD di Lazada, pembeli sebaiknya memahami lebih jauh apa itu COD dan mengapa metode ini perlu dipilih. Meskipun terbilang baru, COD telah menjadi salah satu cara pembayaran yang digemari pembeli Lazada.

Hal tersebut tidak lain dikarenakan metode ini memiliki berbagai kelebihan dibanding metode lainnya. Tidak hanya itu, keuntungan menggunakan COD tidak hanya dirasakan oleh pembeli saja, penjual pun turut merasakan keuntungan jika pembeli memilih COD.

Berkat adanya metode cash on delivery penjual bisa merasakan peningkatan jumlah penjual di tokonya. Tidak tanggung-tanggung, peningkatan penjualan produk karena adanya COD bisa mencapai tiga kali lipat.

Hal ini dikarenakan metode COD sangat populer di kalangan pembeli. Hampir sebagian besar pembeli yang berbelanja di Lazada memilih COD sebagai cara pembayaran. Oleh karena itu, jika penjual mengaktifkan fitur ini, maka besar kemungkinan jika pengunjung toko meningkat yang berdampak pada peningkatan penjualan.

Pihak penjual bukanlah satu-satunya yang diuntungkan dengan adanya metode COD ini, melainkan pula pembeli. Adanya metode ini menurunkan peluang terjadinya penipuan produk karena produk bisa dicek ketika sampai ke alamat tujuan.

Jika ternyata produk tidak sesuai pesanan, pembeli bisa mengembalikan produk kepada penjual tanpa perlu membayar ongkir. Tidak hanya itu, pembelian melalui COD biasanya juga tidak memerlukan ongkos kirim asalkan masih dalam jangkauan. Dengan kata lain, pembelian melalui cara COD di Lazada bisa menghemat pengeluaran.

Cara COD di Lazada

Ketika berbelanja di Lazada, biasanya pembeli akan dihadapkan pada beberapa metode pembayaran termasuk COD. Meskipun termasuk dalam pilihan metode pembayaran, COD tidak bisa digunakan pada semua produk.

Hanya produk yang memiliki tanda COD sajalah yang memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran dengan cara COD. Nah, berikut ini adalah cara COD di Lazada yang harus diketahui setiap pembeli:

1. Memilih Produk Yang Menyediakan Fitur COD

Seperti yang diketahui bahwa tidak semua produk menyediakan fitur COD. Jadi, agar pembeli bisa memilih metode COD, maka yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih produk yang menyediakan metode COD.

Untuk mengetahui apakah suatu toko atau produk menggunakan metode COD, pembeli dapat melihat pada produk tersebut. Biasanya penjual akan memberitahu dengan menuliskan "bisa COD" pada produknya.

2. Memilih Barang Yang Akan Dibeli

Setelah menyortir mana saja produk yang menyediakan fitur ini, pembeli bisa langsung memilih produk yang ingin dibelinya. Agar bisa menggunakan metode ini, tentu pembeli harus membeli  produk yang terdapat tanda COD.

Cek kembali barang yang akan dibeli seusai berbelanja. Ketika belanja di Lazada pembeli bisa membeli produk di toko yang berbeda. Saat akan melakukan pembayaran, klik "Tambahkan ke Troli", maka semua produk yang dibeli akan digabung menjadi satu.

3. Pilih Metode COD

Apabila pembeli telah selesai berbelanja, klik menu "Check Out" yang terletak di sebelah kanan bawah. Setelah itu, pembeli akan diarahkan ke halaman Checkout, dimana nantinya pembeli akan diminta untuk menuliskan alamat tujuan dan juga metode pembayaran.
 

Klik "Tambah Metode Pembayaran" pada menu pilih metode pembayaran. Pilih Bayar di Tempat jika pembeli ingin menggunakan metode COD. Jika ternyata produk yang akan dibeli tidak menyediakan fitur COD, maka pembeli tidak akan bisa memilih metode ini.

Setelah semua data diisi, klik pada pilihan "Buat Pesanan" di kanan bawah.

4. Menunggu Produk Pesanan Tiba

Setelah pembeli selesai membuat pesanan, yang perlu dilakukan hanyalah menunggu produk yang dipesan tiba. Sebelum produk sampai ke alamat, pembeli tidak perlu melakukan pembayaran.

5. Memeriksa Produk dan Melakukan Pembayaran

Jika produk telah tiba, pembeli sebaiknya memeriksa keadaan produk yang dipesan. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk yang dipesan dalam keadaan baik atau tidak. Setelah pembeli memeriksa produk pesanan dan merasa puas dengan produk yang dibeli, yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran.

Beri kurir sejumlah uang sesuai dengan harga pada saat melakukan check out.

Faktor Tertentu Yang Membuat Pembeli Tidak Bisa Memilih Metode COD

COD adalah metode pembayaran yang tidak hanya menguntungkan pembeli melainkan juga penjual. Namun, ada kalanya pembeli tidak bisa memilih COD ketika berniat melakukan pembayaran.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan pembeli tidak bisa lagi menggunakan fitur ini. Yang pertama adalah tidak ada kurir yang bisa mengirimkan produk pesanan. Hal ini bisa terjadi karena mungkin ekspedisi yang diakomodasi penjual tidak disediakan atau bekerja sama dengan Lazada.

Selain itu, ketidakmampuan pembeli memilih metode COD mungkin dikarenakan penjual tidak mengaktifkan fitur ini. Seperti yang diketahui, COD adalah metode pembayaran yang diaktifkan secara mandiri oleh penjual. Dengan kata lain, jika penjual memilih untuk tidak mengaktifkan metode ini, maka pembeli tidak bisa memilih metode bayar di tempat.

Jika pembeli membeli beberapa produk dalam satu waktu dan terdapat produk yang tidak menyediakan fitur COD, maka pembeli tidak akan bisa menggunakan metode ini. Untuk mengatasinya pastikan bahwa semua produk yang dibeli telah menyediakan metode COD.

Dalam beberapa kasus, pembeli tidak bisa menggunakan metode ini dikarenakan cara bayar di tempat dinonaktifkan secara sengaja oleh pihak Lazada. Hal ini biasanya terjadi karena pembeli memiliki track gagal melakukan pembayaran secara COD.

Pesanan COD yang gagal dikirim dan juga pembeli menolak paket COD bisa menyebabkan pihak Lazada menghilangkan pilihan cara bayar di tempat. Meskipun demikian, pembeli masih bisa menggunakan metode lain diluar metode bayar di tempat. COD juga tidak bisa dilakukan jika wilayah pembeli berada di luar jangkauan.

Nah, agar pembeli selalu bisa menggunakan cara bayar di tempat, pastikan bahwa alamat dan nama ditulis dengan benar. Ini dilakukan untuk mencegah kurir tersesat sehingga produk tidak bisa diantarkan.

Metode bayar di tempat atau COD adalah cara pembayaran yang dibuat untuk mempermudah pembeli dalam berbelanja secara daring di berbagai marketplace, termasuk Lazada. Oleh karena kemudahannya, cara COD di Lazada menjadi metode pembayaran yang digemari pembeli.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara COD di Lazada (Bagi yang ingin Belanja gak Ribet) "