Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur

Sukses itu perlu perjuangan ekstra kesabaran - Tolok ukur sukses bagi setiap orang bisa jadi berbeda-beda. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa ukuran kesuksesan itu adalah ketika dia bisa hidup dengan nyaman. Artinya dia sudah tidak dipusingkan lagi dengan segala bentuk masalah keuangan dan terbebas dari masalah hidup. Seperti itulah definisi sukses bagi sebagian orang tersebut.

Namun benarkah definisi sukses seperti itu?

Sebagian dari pendapat itu memang ada benarnya, namun sebagiannya lagi salah.

Apa alasannya?

Memang bisa jadi seseorang sudah bisa terbebas dari segala macam masalah ekonomi dan keuangan saat sudah sukses. Hal ini karena kondisi finansialnya sudah dalam keadaan baik dan stabil. Tapi bukan berarti dia bebas dari masalah yang lainnya. 

Jadi adalah suatu yang keliru kalau dikatakan ketika seseorang sudah sukses, lantas dia tidak lagi mengalami masalah. Itu tidaklah benar. Karena yang namanya masalah pasti akan selalu ada pada setiap manusia.

Ketika seseorang seringkali mengalami masalah keuangan ketika belum sukses, maka setelah dia sudah sukses akan beda lagi jenis masalahnya. Malah orang yang sudah sukses itu justru punya tanggung jawab yang jauh lebih besar. Sebab ketika semakin tinggi status/wewenang/jabatan seseorang, maka akan semakin banyak hal yang mesti dia urus dan pikirkan.

Misalnya jika ada seseorang yang sukses mendirikan perusahaan, maka salah satu contoh masalah akan dia hadapi adalah kewajiban membayar THR karyawan di setiap momen lebaran. Mungkin saat kondisi perusahaan sedang baik-baik saja, soal THR ini tidak akan menjadi masalah. Namun jika sedang mengalami masa krisis, maka ini adalah sebuah beban tersendiri yang cukup berat.  

Jadi pendapat yang lebih benar adalah; memang betul seseorang akan tercukupi dari segi finansial ketika dia telah berhasil sukses dalam karirnya. Tapi dia pasti akan terus di uji oleh kesulitan yang lebih tinggi. Tentu jenis kesulitan yang sesuai dengan taraf dan status sosialnya saat ini. Jadi jika dia telah sukses menjadi CEO perusahaan, maka dia akan di uji oleh masalah-masalah yang akan ditimbulkan oleh perusahaan yang dipimpinnya tersebut.

Mungkin akan timbul pertanyaan: "Kalau begitu masalah hidup tidak akan pernah habisnya dong, walau kita sudah sukses sekalipun?"

Yup! Memang benar! Karena hakikat hidup di dunia ini memang adalah ujian. Setiap orang pasti akan di uji sesuai dengan kondisi dan derajatnya masing-masing.

Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur!

Oleh karena itulah penulis lebih suka mendefinisikan sukses secara sederhana saja. Bagi penulis ukuran kesuksesan itu adalah ketika kita berhasil mencapai apa yang kita cita-citakan sejak dahulu. Kemudian senantiasa bersyukur atas setiap kesuksesan yang telah berhasil kita dapatkan. Dengan bersyukur, maka insya Allah kita akan lebih bisa menjalani setiap tantangan dari kesuksesan yang sudah diraih tersebut.

Tentu kita akan tetap terus berusaha sekuat tenaga memecahkan setiap masalah yang datang. Iringilah setiap ikhtiar dan usaha dengan doa, sehingga kita dapat menhadapi setiap masalah dengan lebih tenang. Karena kita yakin semua keberhasilan yang selama ini telah di capai, tidak terlepas dari campur tangan Yang Maha Kuasa.

Oleh karena itu, menurut pendapat saya proses menuju sukses itu sangat terkait erat dengan 3 hal, yaitu perjuangan, kesabaran, serta rasa syukur. Intinya kita harus mampu bersabar di saat berjuang merintis usaha, dan tidak lupa diri ketika telah berhasil meraih kesuksesan (yaitu dengan cara bersyukur).

 

Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur
Ilustrasi. Foto by : Simple Mistery (Youtube).

Apa Yang Harus Dilakukan Agar Supaya Bisa Sukses Dalam Hidup?

Hendaknya kita senantiasa berusaha menjadi pribadi yang mandiri pada saat merintis usaha. Artinya kita berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan cita-cita dengan hasil 'kristalisasi' keringat sendiri. Karena hal inilah yang nantinya akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang tangguh. 

Seseorang yang berhasil merintis usaha dari nol, dia tidak akan mudah gamang saat menghadapi tantangan yang lebih besar ketika telah sukses. Namun jika seseorang hanya langsung terima beres saja secara instan dari orang tuanya (yang kebetulan seorang pengusaha, misalnya), maka biasanya usaha itu tidak akan bertahan lama.  

Namun sayangnya, ada sebagian orang yang ingin mendapatkan kesuksesan dengan cara yang instan. Mereka ingin dapat sukses dengan cara yang mudah dan cepat. Kenyataannya kesuksesan itu bukanlah sesuatu yang bisa didapat dengan mudah. 

Jika ada orang yang merasa bisa sukses dengan cepat karena mendapatkan perusahaan dari orang tuanya yang pengusaha kaya raya, maka sesungguhnya bukan dia yang sukses, tapi bapak ibunya. Karena hakikatnya perusahaan itu sebenarnya adalah masih milik kedua orang tuanya. 

Info Menarik Lainnya : Kenapa Prestasi Akademik Tidak Menjamin Kesuksesan?

Jadi sukses itu perlu perjuangan ekstra kesabaran. Saya belum pernah mendengar kisah para pengusaha sukses dan konglomerat itu yang berhasil meraih kesuksesannya dengan mudah. Anda boleh cek sendiri kisah para pengusaha besar dan konglomerat yang ada di Indonesia. Rata-rata mereka memulainya dari nol alias merangkak dari bawah. Mereka merintisnya dengan curahan tenaga, kristalisasi keringat dan pikiran mereka sendiri.

Telah banyak pengusaha sukses di Indonesia yang menceritakan rahasia dan pengalamannya saat merintis usaha. Mereka selalu berusaha menghadapi setiap kendala yang dihadapinya dengan tenang dan tegar. Diperlukan kesabaran dan keuletan ekstra, hingga akhirnya mereka berhasil mencapai kesuksesannya.

Berikut ini beberapa rahasia pengusaha sukses tersebut. Yuk simak terus sampai tuntas!

Usaha maksimal

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan usaha semaksimal mungkin. Apa yang sedang Anda kerjakan maka kerjakan dengan serius. Pastikan Anda memberikan usaha terbaik Anda sehingga hasilnya adalah yang terbaik menurut Anda. Terus berjuang dan tak kalah meski gagal karena seorang pebisnis yang sukses adalah mereka yang terus mencoba meski banyak kegagalan dialami.

Jangan lupa berdoa

Kemudian yang kedua adalah jangan lupa untuk berdoa. Terus jalin hubungan rohani Anda dengan-Nya. Salah satu bentuk komunikasi Anda dengan Sang Pencipta adalah dengan berdoa. Dengan menjalankan ibadah yang diwajibkan pada Anda, kemudian menyerahkan segala hasil dalam hidup Anda padaNya. Karena yang terpenting adalah usaha Anda yang disertai dengan doa yang ikhlas dan khusyuk. Sisanya biar Sang Maha Pengatur yang menentukan.

Perbaiki hubungan dengan orang sekitar

Bagian ini tidak kalah pentingnya, karena kita semua adalah makhluk sosial. Bagaimanapun, kita pasti akan membutuhkan hubungan yang baik dengan orang lain. Jika Anda merasa selama ini hidup jauh dari pergaulan banyak orang, maka sebaiknya segera perbaiki kondisi tersebut. Hidup yang baik adalah ketika kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua orang. Baik itu dengan keluarga, teman atau relasi kerja Anda.

Info Menarik Lainnya : 17 Mindset Bisnis yang Dianjurkan Bagi Pelaku Usaha (Entrepreneur)

Lalu Bagaimana Ketika Kita Mengalami Satu Kegagalan Dalam Hidup?

Sekali lagi saya tegaskan bahwa untuk meraih sukses itu perlu perjuangan ekstra kesabaran. Dan jalan menuju sukses itu tidaklah selalu mulus. Oleh karena itu, siapa pun pasti pernah mengalami kegagalan. 

Baik itu dalam hidup, pekerjaan atau pendidikan. Namun jangan takut, karena kegagalan justru akan memberikan pelajaran terbaik untuk hidup Anda. Dengan adanya kegagalan maka Anda belajar untuk menghadapi kekecewaan dan bagaimana upaya Anda untuk bangkit kembali.

Jika Anda sedang mengalami sebuah kegagalan, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah obati terlebih dahulu rasa kecewa yang Anda rasakan. Adalah suatu yang wajar ketika kita merasakan kecewa pada kegagalan yang sedang alami. Untuk meredakan perasaan kecewa itu, maka bisa dengan cara bertemu teman akrab Anda dan menceritakan segalanya. Atau dengan berlibur ke suatu tempat untuk mengistirahatkan sejenak diri dan pikiran Anda.

Kemudian setelah rasa kecewa Anda bisa terobati maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Yaitu mencari tahu apa penyebab kegagalan Anda tersebut. Setelah ketemu penyebabnya, kemudian cari tahu juga solusi dan cara untuk memperbaikinya.

Anda bisa menemukan solusi dan cara terbaik untuk menghadapinya dengan membaca kisah tokoh dan pengusaha terkenal. Baik kisah hidup maupun kisah perjalanan bisnis mereka. Amati, pelajari, dan tirulah cara mereka dalam yang menyelesaikan setiap kegagalan dalam hidupnya. 

Ada banyak sekali pelajaran penting yang bisa Anda ambil dari pengalaman hidup mereka. Sehingga Anda bisa menemukan solusi yang tepat dan sesuai untuk Anda. Selain itu, Anda juga akan merasa bahwa Anda tak sendirian di dunia ini. Bahwa bukan hanya Anda saja yang mengalami kegagalan tersebut. 

Info Menarik Lainnya : Belajar Bisnis dari Pesaing (Buka Rahasia)

Itulah diatas beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa sukses dalam hidup. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya, dan sampai jumpa lagi di tulisan menarik selanjutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur "