Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tau Cara Download Video di IG dan FB? Cek Disini Yuk!

Cara Download Video di IG dan FB - Facebook (FB) dan Instagram (IG) kini menjelma menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengguna terbesarnya terutama dari kalangan anak muda (milenial). 

Hal ini bisa terjadi karena kedua media sosial tersebut terus menyajikan berbagai fitur menarik. Diantara fitur yang menarik itu adalah fitur foto dan video yang semakin memanjakan para penggunanya. 

Tak heran jika saat ini platform IG dan FB sering digunakan untuk banyak hal oleh kalangan milenial. Mulai dari stalking, belajar, hingga tempat untuk mencari teman-teman lama, dll. Dan ada juga diantara mereka yang menjadikan kedua media sosial tersebut sebagai platform alternatif untuk menonton video (selain Youtube).

Kenapa kini IG dan FB menjadi tempat alternatif menonton video? 

Karena di platform IG dan FB kamu bisa menemukan beragam video menarik. Dan cukup banyak video yang ada di kedua platform tersebut belum ada di Youtube. Itulah sebabnya, banyak orang bilang beberapa tahun yang akan datang bisa jadi Instagram dan Facebook akan menjadi saingan terberat Youtube. 

So, ketika sedang berselancar di IG dan FB kamu tentu pernah mendapati berbagai tayangan video menarik disana. Dan pasti pernah terlintas ingin menyimpan video tersebut. Namun karena tidak tahu cara men-downloadnya, akhirnya kamu tidak jadi menyimpan video tadi. Iya 'kan? 😁

Kasus diatas cukup sering dialami oleh banyak orang. Karena cara download video di IG dan FB tampaknya belum banyak dibahas di internet. 

Namun tenang saja, karena sekarang kamu sudah bisa mendownloadnya. Karena artikel ini akan mengulas tutorial cara mendownload video di IG dan FB secara runut dan detail. Sehingga kamu dapat dengan mudah mengunduh berbagai video yang kamu sukai dari kedua media sosial tersebut.

Cara Download Video di IG dan FB


Mau Tau Cara Download Video di IG dan FB Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Syam Kapuk Android Tutorial (Youtube).

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mendownload video di IG dan FB. 

Cara yang pertama yaitu mendownload tanpa aplikasi. 

Sedangkan cara yang kedua, kamu dapat mendownload videonya menggunakan aplikasi. 

Sudah tidak sabar untuk ingin tahu caranya? 

Mari langsung saja simak cara download video di IG dan FB berikut ini. 

Kita bahas cara yang pertama dulu yuk, cekidot! 

Download Video dari Instagram Tanpa Aplikasi

Di IG, kamu bisa menemukan berbagai macam tayangan yang sangat menarik dengan durasi yang singkat. Apalagi nih, kamu bisa menemukan berbagai video menarik tersebut dengan mudah, yakni dengan menggunakan fitur Hastag

Jika kamu ingin mendownload video yang ada di Instagram tanpa menggunakan aplikasi, maka kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini. 

Pertama, silahkan temukan dulu video yang akan kamu download di Instagram. Kemudian silahkan copy link dari video tadi. 

Bagaimana cara meng-copy linknya?

Caranya gampang kok,,,, yaitu dengan menahan videonya, kemudian klik Copy Link. Cara lainnya bisa dengan meng-klik ikon tiga titik yang terdapat pada pojok kanan atas postingan. Nanti akan muncul tulisan Copy Link atau Salin Tautan. Nah kamu tinggal klik saja bagian tersebut. 

Selanjutnya, buka browser yang biasa kamu gunakan (Google Chrome, Mozilla, atau UC Browser). 

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan ponsel atau laptop. 

Cara download video IG dan FB selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuka situs downloadgram.com

Jika sudah berada di situs tersebut, kamu bisa langsung mem-paste (menempelkan link) yang sudah kamu copy sebelumnya tadi ke kolom yang tersedia di situs downloadgram.com tersebut. Lalu klik Download, kemudian klik lagi tombol Download Video

Setelah semua tahapan diatas telah dilakukan, maka video yang ingin kamu download itu langsung proses untuk diunduh. Setelah itu video tersebut akan otomatis masuk ke ponsel kamu (note: jika videonya telah berhasil di download dengan sempurna). Done.

Download Video dari FB dengan menggunakan aplikasi

Kini sudah banyak banget aplikasi di Play Store yang dapat digunakan untuk mendownload video yang ada di FB. Bahkan aplikasi download video FB itu bisa digunakan oleh pengguna Android, dan sekaligus juga dapat dipakai oleh pengguna Apple. 

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat kamu gunakan dengan cara yang mudah, praktis, dan gratis. 

Simak cara penggunaannya berikut ini. 

Silahkan buka App Store atau Play Store yang ada di ponsel kamu. 

Kemudian download aplikasinya. Nama aplikasi itu adalah Video Downloader for Facebook 


Mau Tau Cara Download Video di IG dan FB Cek Disini Yuk!
Ilustrasi.

Silahkan kamu cari di kolom pencarian Play Store/App Store tersebut. 

Apabila sudah ketemu, maka kamu bisa menginstal aplikasi itu. Selanjutnya tunggu proses instal hingga selesai.

Apabila sudah terinstal, lalu buka aplikasinya dan juga buka FB kamu. Cari video yang akan kamu download dari Facebook tadi. Nanti secara otomatis akan ada tampilan pop up yang menawarkan untuk mendownload video itu. 

Silahkan tekan atau pilih penawaran download tersebut. Maka Facebook akan melakukan proses download. Kemudian tunggu hingga beberapa saat. Apabila sudah terdownload, kamu bisa mengeceknya pada direktori (penyimpanan) ponsel milikmu.

Download Video dari FB tanpa aplikasi

Cara download video di IG dan FB yang berikutnya adalah dengan tanpa bantuan aplikasi apapun. 

Cara ini sangat cocok kamu pilih, terutama jika kapasitas penyimpanan di ponsel kamu terbatas. Cara ini juga mudah banget lho, yuk simak tahapan dan penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Pertama, kamu bisa membuka Facebook melalui aplikasi di HP kamu. Pada menu Watch, kamu bisa mengetikkan video yang akan kamu download. 

(Catatan: Watch sendiri merupakan bagian dari Facebook, yang fungsinya memungkinkan bagi Anda untuk menonton, mengomentari, menanggapi, dan membagikan sebuah video).

Kemudian cari videonya. Apabila sudah ketemu, kamu bisa mengcopy link videonya, dan buka browser yang biasa kamu gunakan. Pada menu pencarian di browser, silahkan ketik fbdown.net

Nanti akan terbuka laman situs tersebut.

Nah situs fbdown.net itulah yang akan membantu kamu untuk mendownload video dari Facebook tersebut. Silahkan kamu paste link tadi, kemudian klik tombol Download. Nanti situs fbdown.net itu akan mencoba menemukan video yang akan kamu download (diproses melalui link yang kamu paste tadi). 

Tunggu beberapa saat hingga situs fbdown.net selesai mendownload videonya. Terakhir kamu hanya tinggal menunggu saja hingga videonya berhasil terdownload dengan sempurna.

Demikianlah pembahasan seputar cara download video di IG dan FB. Pilihlah diantara cara diatas yang menurut kamu paling mudah, dan segera download semua video yang kamu inginkan. 

Berdasarkan berbagai pengalaman dari pengguna, situs dan aplikasi di atas merupakan situs dan aplikasi yang super mudah pemakaiannya. Sehingga direkomendasikan untuk digunakan oleh siapapun. 

Selain aplikasi dan situs di atas, masih ada berbagai situs dan aplikasi lainnya yang juga dapat kamu gunakan untuk mendownload video di IG dan FB. Namun tentu artikel ini jadi terlalu panjang jika semuanya dibahas sekarang. Insya Allah nanti akan penulis ulas secara khusus di artikel berikutnya.

So, buat kamu yang selama ini bingung cara download video di IG dan FB, maka sekarang sudah bisa say no to bingung ya. Hehehe 😉

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Mau Tau Cara Download Video di IG dan FB? Cek Disini Yuk!"