Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!

Konstruksi atap miring satu sisi - Pada saat ini mulai hadir gaya konstruksi atap rumah baru di Indonesia. Model atap baru tersebut di adopsi dari gaya atap rumah dari luar negeri. Karena bentuk desainnya yang unik, sehingga atap tersebut jadi tampak tampil beda diantara model atap pada umumnya di negara kita. 

Seperti yang telah kita ketahui, model atap rumah pada umumnya yang ada di indonesia rata-rata berbentuk dua sisi (pelana), model segitiga, dan bentuk atap rumah joglo. Seperti itulah kebanyakan model atap masyarakat Indonesia, sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Lalu, seperti apa model atap rumah yang terbilang masih baru itu?

Jawabannya yakni bentuk konstruksi atap miring satu sisi.

Model atap miring satu sisi menjadi sangat menarik karena desainnya dianggap modern dan kekinian. Anggapan itu diperkuat oleh fakta; banyak cluster dan perumahan mewah di kota besar yang menerapkan gaya desain atap miring satu sisi tersebut. 

Jika banyak cluster perumahan mewah yang memakai gaya atap satu sisi tersebut, maka timbul pertanyaan: 

"Bolehkah masyarakat umum menerapkan model atap tersebut?"

Jawabannya: Ya tentu saja boleh! Lagipula siapa juga yang larang? 😁

Hanya saja, memang model konstruksi atap miring satu sisi ini dianggap lebih cocok diterapkan pada bangunan rumah permanen. Artinya lebih pas di aplikasikan pada bangunan rumah yang terbuat dari beton.

Bagaimana dengan bangunan rumah yang sebagian besarnya terbuat dari kayu? Apakah juga bisa diterapkan model atap miring ini?

Kalau ditanya soalnya bisa apa tidaknya, ya tentu bisa-bisa saja. Sebab pemilik rumah bebas dan berhak 100% membuat rumahnya seperti model apa saja. Namun atap rumah ini cenderung dianggap lebih pas diterapkan pada bangunan permanen. 

Apa alasannya?

Sebab banyak rumah-rumah permanen di Indonesia yang kita temukan memakai model atap miring satu sisi ini. Biasanya banyak terdapat pada komplek perumahan mewah. Lihat contohnya pada foto ilustrasi dibawah ini.


5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!
Ilustrasi.

Sebaliknya sangat jarang ditemukan rumah kayu di Indonesia yang memakai bentuk atap miring satu sisi. Kebanyakan rumah kayu di Indonesia menggunakan model atap pelana atau bentuk atap joglo.

Akhirnya hal itu membuat atap miring ini seolah jadi identik sebagai model atap rumah mewah. Padahal di negeri asalnya (Eropa dan Amerika), justru banyak rumah kayu yang memakai model atap miring. Tapi demikianlah. Beda negara, maka akan bisa berbeda penerapan dari negara asalnya.     

Sehingga tidak mengherankan jika model atap miring ini banyak menjadi inspirasi untuk mewujudkan sebuah rumah idaman. Apalagi desain atap miring masih jarang digunakan oleh orang Indonesia. Sehingga tentu sebuah rumah akan tampil beda bila menerapkan gaya atap ini. Jadi terlihat unik dan lebih keren aja. 😊

Jika Anda tertarik menerapkan konstruksi atap miring satu sisi ini pada hunian Anda, maka berikut ini ada beberapa contohnya. Siapa tahu ada salah satu modelnya yang menginspirasi. Anda bebas menerapkan model atap miring dibawah ini pada rumah permanen (beton), maupun pada rumah kayu Anda. 

Yuk simak uraiannya sampai tuntas.

Cekidot!

1. The Lilypad


5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Poppytalk.com

Hunian dengan model The Lilypad ini sangat mengesankan dengan satu atap miringnya. Apalagi berada di hamparan yang luas. Keindahan alam yang menyatu dengan desain dari rumah ini sangat indah dan memiliki nilai seni yang tinggi. Warna yang berikan pada rumah ini juga sangat mendukung dengan keadaan lingkungannya.

Pada saat ini, model rumah seperti ini menjadi bahan perbincangan dalam membuat rumah yang elit dan terkesan mewah. Apabila ingin hunian yang nyaman tanpa banyak ruangan, maka konsep rumah pada The Lilypad bisa dijadikan inspirasi.

2. 12 Mountain-Cabin House


5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Behance.net

Memiliki rumah yang berada di dataran tinggi sepertinya sangat menyenangkan. Sebagaimana desain menarik pada 12 Mountain-Cabin House ini memadukan suasana pegunungan yang ramah, dingin, dan tenang. Bagusnya bentuk dari rumah kecil ini dapat dijadikan inspirasi dalam membangun rumah yang sederhana.

Pada saat ini sudah banyak model rumah yang seperti ini, karena terkesan sangat minimalis dan ideal. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kabinnya juga sangat kuat dan terlihat lebih bagus dari atap genteng yang biasanya digunakan. Bentuk rumah dengan atap miring satu sisi ini memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

3. Kontio Glass House

5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Kontio.com

Rumah model Kontio Glass House ini tidak jauh berbeda dengan 12 Mountain-Cabin House, hanya saja bahan yang digunakan sangat berbeda. Menariknya model konstruksi ini sering temui saat sekarang. Bahan yang dibuat dari campuran kayu yang kokoh, membuatnya berbaur dengan alam. Terkesan sangat sederhana, tapi sangat cantik.

Konstruksi seperti ini sangat bagus untuk daerah pantai. Hal ini karena ada kaki-kaki penyangga pada desain rumah ini yang membuatnya terhindar dari genangan air yang tinggi. Banyak modifikasi halus yang dapat dilakukan untuk mempercantik rumah dengan desain ini.

4. Sommerhaus PIU 120


5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Homify.ru

Rumah dengan konstruksi atap miring satu sisi ini yang paling menarik dari lainnya. Adanya motif yang diberikan pada rumah-rumah ini sangat mengesankan dan membuatnya terlihat elegan. Bagi siapa pun yang melihat desain ini pasti akan terpesona serta sangat ingin memiliki hunian seperti ini.

Apalagi hamparan luas yang ada disekitar rumah membuat konstruksi ini menawan dan terlihat nyaman untuk ditempati. Desain ini memberikan kesan kokoh pada bangunannya. Menariknya warna yang digunakan saling menyatu, sehingga terkesan mewah.

5. Small Spaces Big on Design


5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Drakekhan.com

Unik, menawan, elegan, dan minimalis adalah kata-kata yang dapat menggambarkan rumah sebagus Small Space Big on Design ini. Bagi keluarga kecil yang tidak terlalu butuh banyak ruangan, model rumah seperti ini sangat cocok. Apalagi desain yang diberikan membuat rumah ini terkesan lebih besar dan menarik.

Kayu-kayu yang menghiasi rumah ini membuatnya menyatu dengan alam. Apabila tidak ingin menghabiskan banyak biaya, namun ingin rumah yang super nyaman ini dapat memanfaatkan desain ini. Ide-ide kreatif akan bermunculan ketika melihat rumah sebagai tempat hunian yang sangat menarik ini.

Itulah desain-desain rumah yang sangat menarik untuk dijadikan ide rumah dengan konstruksi atap miring satu sisi agar terlihat elegan. Bentuk rumah yang mudah untuk ditiru, tidak akan menyulitkan siapa pun yang ingin membuat model rumah impiannya seperti ini.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Contoh Desain Konstruksi Atap Miring Satu Sisi, Intip Yuk!"