Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi? Cek Disini


Smartphone sekarang umumnya sudah dibekali dengan kamera yang bisa digunakan untuk merekam momen. Tetapi, beberapa kesalahan pengguna atau pengaturan ponsel dapat membuat hasil rekaman tidak sesuai dengan ekspektasi. Contohnya kekeliruan orientasi video yang memerlukan adjustment rotasi. Cara rotate video di hp tanpa aplikasi bisa dipilih jika tidak ingin memberatkan kerja perangkat.

Merotasi rekaman tidak akan menurunkan kualitas gambar aslinya jika dilakukan dengan benar. Itu sebabnya, ketika tidak dilakukan lewat bantuan software, pengguna harus tahu bagaimana cara yang benar.

Kesalahan Umum Penyebab Video “Terbalik”

Ternyata, walaupun smartphone yang saat ini beredar sudah dilengkapi dengan kamera kualitas jempolan, masalah pada perekaman video masih sering terjadi. Salah satunya adalah hasil rekaman miring dan terbalik. Kalau sudah begini, biasanya diperlukan tools tambahan untuk memperbaikinya, yaitu dengan cara rotate.

Penyebab umum ada dua. 

Pertama, pada pengguna ponsel itu sendiri. Jadi ada sebagian user yang belum paham tentang pengaturan kamera. Kemudian juga karena pengguna salah memilih efek (orientasi gambar) saat kamera akan merekam. 

Sedangkan penyebab kedua yaitu dari perangkat ponsel. Pada umumnya disebabkan oleh media player dipenuhi dengan bug.

Selain itu, pengaturan bawaan kamera juga bisa menyebabkan hasil akhir terbalik. Meskipun ketika merekam sudah pada posisi landscape misalnya. Ketika diputar hasilnya tetap terbalik-balik dengan sendirinya. Hal-hal seperti ini cukup membuat frustasi apalagi kalau yang direkam adalah momen-momen penting.

Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi

Ketika terjadi kesalahan pengambilan gambar, biasanya orang akan langsung mencari software apa yang bisa memperbaikinya. Masalah selanjutnya adalah ruang penyimpanan di ponsel tentu tidak sebesar di laptop. Maka, ketika seseorang mengunduh app baru, yang terjadi adalah storage menjadi penuh atau performa menurun.

Jangan dulu berkecil hati kalau hasil rekaman video tidak sesuai ekspektasi dan RAM di smartphone kecil. Ada cara rotate video di hp tanpa aplikasi yaitu lewat situs editing video. Merotasi rekaman bisa dilakukan secara online dan gratis. Jadi gambar bisa diperbaiki tanpa perlu membebani perangkat. 

Berikut ini pilihan caranya:

1. Merotate Lewat Rotatemyvideo.net


Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi Cek Disini
Ilustrasi.

Yang pertama ini adalah situs yang sangat bisa diandalkan karena bisa membantu pengguna memperbaiki videonya yang salah posisi. Selain itu, setelah rekaman diperbaiki user dapat langsung mengunduhnya lalu membagikannya di media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, atau di Whatsapp.

Keunggulan website ini adalah rotating bisa dilakukan secara online dan posisi video bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Apakah itu kekiri, kekanan, flipping, atau mengubahnya menjadi tampilan 16:9. Soal issue keamanan, user tidak perlu khawatir karena situs ini tidak menyimpan hasil editing.

Cara melakukannya juga sangat mudah yaitu masuk ke web Rotatemyvideo.net, lalu klik tombol Pick Video. Folder penyimpanan akan terbuka, dan ambil file yang akan dirotasi, kemudian pilih Open. Situs itu akan langsung mengerjakan proses rotating. 

Tunggu sampai selesai dan unduh.

2. Melalui Situs Clideo.com


Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi Cek Disini
Ilustrasi.

Memperbaiki orientasi video jadi sangat mudah berkat bantuan website yang satu ini. 

Clideo.com bisa memperbaiki rekaman video yang terbalik apapun formatnya. Baik itu MP4, WMV, MOV, AVI, VOB, dan lain-lain. Proses rotating juga sangat cepat bahkan bisa selesai dalam hitungan detik serta tidak mengurangi kualitas gambar.

Tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun, merotate video dilakukan secara online dan gratis lewat website ini. Fitur tambahan di web ini juga sangat menarik, yaitu meng-convert rekaman ke format lain yang diinginkan. Interface yang clean dan praktis dengan menu-menu yang mudah dipahami membuat situs ini cocok untuk pemula.

Bagaimana caranya? 

Mudah saja. Masuk ke web, lalu pada laman utama atau homepage, pengguna akan langsung menemukan tombol Choose File, klik. Ambil file dari Google Drive, Dropbox, atau penyimpanan lainnya. Setelah itu tekan Open dan proses akan langsung terjadi. 

Tunggu, kemudian unduh dan simpan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengganti Background Video di HP dengan Aplikasi

3. Dirotate dari Situs Video2edit.com


Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi Cek Disini
Ilustrasi.

Sama seperti dua website yang sudah dibahas sebelumnya, situs Video2edit.com ini juga bisa dipakai untuk memperbaiki posisi hasil rekaman. Walaupun tampilannya tidak semenarik clideo atau rotate my video, situs ini cukup bisa diandalkan karena proses yang cukup mudah.

Di laman awal (saat Anda login), akan langsung muncul logo awan dengan anak panah, klik kemudian tentukan file yang akan dirotate. Klik Open untuk bisa kembali ke laman utama, lalu tekan tombol Mulai

Proses sedang dilakukan dan Anda hanya perlu menunggu. 

Setelah selesai, unduh video kemudian simpan dulu sebelum nantinya dibagikan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecilkan Size Video di HP tanpa Mengurangi Kualitas

4. Memperbaiki Tampilan Lewat Video Cutter


Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi Cek Disini
Ilustrasi.

Fungsi utama situs ini adalah untuk memotong dan menempel video. Namun, ada layanan lainnya yaitu rotating. Cara penggunaannya cukup mudah karena tidak diperlukan instalasi atau mendaftarkan akun. 

Anda hanya perlu berkunjung ke alamat https://online-video-cutter.com/id/

Kemudian login dan segera pilih file dan upload. Tekan tombol rotasi, atur kualitas gambar kemudian klik simpan. Tunggu proses selesai.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengompres Video di Hp Tanpa Aplikasi, Simak Yuk!

5. Merotate Melalui Google Photos


Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi Cek Disini
Ilustrasi.


Tidak banyak orang yang tahu bahwa tools bawaan smartphone android ini bisa diandalkan untuk memperbaiki posisi video yang terbalik. Cara rotate video di hp tanpa aplikasi bisa dikerjakan disini karena user tidak perlu mengunduh apa-apa lagi.

Caranya juga sangat mudah yaitu masuk ke app, kemudian pilih file yang orientasinya ingin diperbaiki. Di tengah video ada menu Edit, pilih opsi Putar, lalu putarlah video sampai pada posisi yang diinginkan. Tekan simpan untuk memulai proses rotating. 

Penyimpanan akan otomatis terjadi saat selesai. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengunduh dan menyimpan.

Itulah diatas beberapa cara rotate video di hp tanpa aplikasi yang bisa dilakukan ketika hasil rekaman terbalik. Untuk menghindari hal seperti ini, usahakan untuk mengecek dulu pengaturan kamera. Kemudian lakukan dulu trial pengambilan gambar sebelum merekam secara utuh.

Semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi? Cek Disini"