Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menguninstall Aplikasi di Laptop Agar Makin Kencang


Salah satu penyebab komputer lambat adalah software yang terlalu berat dan sering bekerja di background. Kalau sudah begini, maka perlu tahu cara menguninstall aplikasi di laptop Anda. 

Umumnya, pengguna enggan melakukan uninstall karena takut perangkat akan rusak, padahal jika dilakukan dengan benar proses ini cenderung aman.

Kecenderungan menginstal banyak aplikasi sering terjadi pada user yang memang membutuhkan banyak software untuk bekerja atau kebutuhan entertainment. Namun ketika sudah tidak digunakan lagi, lebih baik app ini diuninstall.

Jenis Aplikasi yang Berpotensi Membuat Laptop Lemot

Software yang menyebabkan perangkat menurun performanya yaitu app tidak dipakai namun dibiarkan terus ada. Walaupun tak digunakan, ternyata app-app ini masih bekerja di background sehingga berpotensi memakan ruang penyimpanan dan menyita tenaga dari laptop. Untuk itu, cara menguninstall aplikasi di laptop harus diterapkan.

Sedangkan untuk jenisnya, bisa berupa aplikasi entertainment seperti game, pemutar musik, dan juga movie/video player. Kemudian juga software yang otomatis ada ketika pengguna membeli laptop. Jika merasa tidak dibutuhkan dan jarang dibuka, lebih baik diuninstall saja agar tidak memberatkan kerja perangkat.

Browser yang tidak digunakan seperti Internet Explorer atau Mozilla ternyata juga dapat mempengaruhi kinerja laptop. Kemudian juga cleaner serta app bawaan dari komputer misalnya Xbox, news, weather, beberapa game, pemutar musik, dan lainnya yang bahkan tidak pernah dibuka oleh pengguna sebaiknya diuninstall saja.

Cara Menguninstall Aplikasi di Laptop

Anda tidak perlu bantuan tenaga IT untuk menguninstall-nya. Langkah-langkahnya pun pada umumnya cukup aman. Artinya, tidak akan mempengaruhi berkas-berkas yang disimpan, misalnya kekhawatiran dokumen bakal hilang atau rusak. Tenang saja, hal itu tidak akan terjadi.

Berikut ini akan diuraikan apa saja yang dapat dilakukan untuk menghentikan, atau menghapus software non aktif.

Simak hingga tuntas yuk!

1. Uninstall Dari Start Menu

Pengguna Windows 10 bisa mencoba cara pertama untuk menguninstall aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Karena mudah, maka user pemula pun pasti bisa mengerjakannya. Jangan khawatir, cara yang satu ini aman dan tidak mempengaruhi keamanan file di komputer.

Pertama, di laman muka perangkat, masuklah ke kolom pencarian pada sebelah kiri layar. Ketikkan nama aplikasi yang ingin dihentikan. Klik kanan app maka akan muncul Uninstall, pilih, selesai. 

Apabila software sudah di pin, pengguna juga dapat melakukan hal yang sama (namun langsung saja dan tidak perlu masuk dari start menu).

2. Menggunakan Cara Lewat Setting

Setelah masuk ke jendela System, pilihlah menu App & Features di bar sebelah kiri. Pada bagian kanan akan muncul daftar aplikasi apa saja yang terpasang. Tentukan mana yang ingin diuninstall dengan cara mengklik app lalu pilih uninstall.

Langkah yang satu ini sangat mudah apalagi pada perangkat dengan sistem OS Windows 10. Setting bisa dengan mudah ditemukan lewat menu Start di laman muka ketika membuka laptop. Selain itu, interface dari sistem operasi ini yang simple membuatnya mudah dimengerti oleh pengguna.

3. Melalui Control Panel

Setelah masuk, pilih menu Uninstall Program dan akan muncul daftar software terpasang di perangkat. Tentukan mana yang ingin diuninstall dengan cara klik kanan kemudian selesaikan. Namun begitu, cara ini hanya berlaku untuk jenis app Win32. Sedangkan pada modern apps, control panel tidak dapat difungsikan.

4. Memakai Third Party App

Jika dirasa tools yang ada pada laptop kurang bisa membantu, pengguna juga bisa melakukan uninstall dari aplikasi pihak ketiga. Aplikasinya ada yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar. 

Pilihan yang sering digunakan yaitu CC Cleaner, Revo Uninstaller, dan juga iObit Uninstaller. Jangan ragu untuk menggunakannya, karena aplikasi tersebut aman dan tidak mempengaruhi file-file lain yang tersimpan di komputer.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka File RAR di Laptop Windows dan Mac Mudah

Menguninstall Pada Laptop Mac

Perangkat-perangkat keluaran Apple memang berbeda dengan Windows. Ada tools-tools tersendiri yang hanya ada di komputer Mac. Ketika pengguna ingin menguninstall sebuah aplikasi, setidaknya ada tiga cara yang dapat dicoba. 

Berikut ini penjelasannya:

1. Uninstall dari Penyimpanan App

Gunakan Finder untuk menemukan Folder Application. Dari sana, muncul semua aplikasi yang pernah dipasang. Pilih dan pindahkan ke Trash Can dengan memilih Move

Proses uninstall selesai serta software yang tadi dihapus sudah tidak ada lagi di perangkat.

2. Melalui Launchpad

Cara mudah lainnya yaitu user bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai dari Launchpad. 

Setelah masuk, akan ditampilkan semua software yang pernah diinstal ataupun yang memang ada di perangkat. Lakukan drag pada app yang diinginkan kemudian seret sampai ke Trash Can pada bagian kanan bawah. Jangan lupa untuk mengonfirmasi proses uninstall ini.

Selain itu, bisa juga dengan menekan lama tombol Option di keyboard sampai muncul tanda silang pada semua app. Klik dan lakukan konfirmasi penghapusan. Sangat mudah kok, pasti Anda dapat melakukannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Menggunakan VPN di Laptop MacBook dan Windows

3. Menggunakan Uninstaller

Laptop Mac mendukung software-software yang memang fungsinya untuk menghapus atau menghentikan aplikasi. Salah satunya adalah CleanMyMac3 dimana fitur andalannya yaitu untuk menguninstall. 

Caranya mudah saja, cukup masuk ke app lalu tentukan apa yang ingin diuninstall lalu tekan Uninstall

Proses segera dimulai bahkan bisa juga digunakan untuk delete cache.

Cara menguninstall aplikasi di laptop yang diuraikan pada artikel ini sangat mudah dimengerti. 

Sangat disarankan agar Anda tidak memenuhi perangkat dengan jenis app berat yang tidak lagi digunakan. Jika dirasa game sudah tak pernah dimainkan, maka lebih baik hapus saja. Pun pada app entertainment non aktif lainnya agar tidak mengganggu kinerja laptop.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menguninstall Aplikasi di Laptop Agar Makin Kencang"