Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kalimat Promosi Tour and Travel Efektif Gaet Konsumen

Contoh Kalimat Promosi Tour and Travel Efektif Gaet Konsumen


Cara menyusun contoh kalimat promosi tour and travel menjadi amunisi bagi para pelaku bisnisnya di era digital ini. Ditambah lagi, bisnis perjalanan mengalami tantangan besar selama serangan pandemi virus corona. 

Pembatasan sosial, kebijakan pemerintah, serta masih maraknya penularan membuat harus ada sebuah strategi untuk mendorong orang datang berwisata.

Salah satunya yaitu dengan menyusun kata-kata persuasif untuk mempromosikan produk-produk dari perusahaan tour and travel. Ketika ditampilkan berkali-kali, susunan kalimat ini akan membentuk perspektif dalam benak audience sehingga sampai pada terjadinya pembelian. 

Lalu, Seperti Apa Contoh Kalimat Promosi Tour and Travel itu? 

Jangan lewatkan penjelasan disini.

Mempromosikan Bisnis Tour and Travel

Dengan semakin padatnya pelaku bisnis ini di Indonesia sendiri, orang yang baru mulai terjun atau sedang mengembangkan bisnisnya perlu tahu cara untuk jadi menonjol. 

Kepercayaan diri bahwa paket perjalanan yang dimiliki sudah menarik nyatanya tidak cukup. Bagaimana membuat orang tertarik akan kemenarikan itulah yang terpenting.

Seperti diketahui bahwa nusantara memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah dan unik. Secara tidak langsung hal ini menimbulkan perebutan bagi pemilik bisnis tour and travel dalam menjualnya kepada konsumen. 

Sebagai contoh, tak terhitung berapa orang yang sudah menjual paket liburan 2 hari 3 malam di Bali dengan segala itinerarynya.

Karena produk yang dijual sama, maka harus ada cara membedakannya. Salah satunya adalah tentang penyampaian kepada calon pelanggan. 

Cara komunikasi soal produk menjadi sangat penting dalam konteks promosi. Setiap kata harus memancing urgency, menimbulkan kebutuhan, sampai pada keinginan memiliki.

Chanel-chanel promosi di era digital untuk bisnis tour and travel tentu saja mengandalkan internet. Social media merupakan salah satu yang berfungsi sebagai showcase atau etalase. 

Namun jangan lupakan juga bahwa perusahaan harus memiliki website atau blog yang tujuannya mendatangkan traffic. Jika sudah bicara soal sebuah situs, tentu akan menyinggung soal konten relevan, keyword, dan lainnya.

Menyusun Kata-Kata Promosi

Membuat kalimat untuk mempromosikan sesuatu selalu dekat dengan teknik copywriting. Setidaknya, kemampuan ini harus dikuasai oleh orang-orang yang bekerja di bidang PR, marketing, sales, atau media. Tujuannya tentu saja untuk membuat orang/konsumen menuruti “bujukan” perusahaan.

Contoh kalimat promosi tour and travel yang efektif bisa didapatkan dengan menyajikan kata-kata yang persuasive, memerintah, bahkan dalam cara yang lebih berani yaitu mengancam. 

Intinya adalah menyuguhkan bacaan yang dapat mempengaruhi psikologis pembaca sehingga timbul keinginan untuk memiliki, rasa takut kehilangan, dan juga membangun kebutuhan.

Berikut ini beberapa panduan yang bisa dilakukan untuk membuat kalimat promosi:

1. Berikan Perintah

Contoh kalimat promosi tour and travel yang pertama adalah semua paragraf atau copy yang berguna untuk mendorong terjadinya tindakan. Istilah dalam dunia copywriting adalah CTA atau call to action. 

Misalnya, dalam sebuah website, perusahaan tour and travel menyajikan artikel soal destinasi wisata di Raja Ampat. Di akhir, ada paragraph yang bertuliskan pesan sekarang, paket liburan murah banjir diskon.

Bisa juga dengan cara seperti ini:

Booking langsung! Seat Terbatas. Klik disini.

Telepon sekarang kesini, dapatkan Diskon 20%

Beli disini, paket tour terbaik Raja Ampat.

Info Menarik Lainnya : Kata Kata Promosi Agen Kuota dan Pulsa yang Efektif Naikkan Penjualan

2. Bangun Urgency

Mirip dengan teknik CTA di atas, kalimat-kalimat disini bertujuan untuk menimbulkan kondisi darurat. Misalnya keadaan dimana calon konsumen merasa takut kehabisan, enggan ketinggalan, dan tak mau melewatkan kesempatan. 

Berikan copy yang tepat untuk mempromosikannya dengan cara seperti di bawah ini:

Tinggal 2 hari lagi, dapatkan segera paket jalan-jalan murah ke Gili Trawangan full package (tour, akomodasi, tiket pesawat).

Sisa 3, diskon 15% untuk semua pemegang kartu kredit Bank BRI untuk trip ke Pulau Komodo

Pesan sekarang langsung berangkat! Explore Jogja 4 hari 3 malam murah

3. Gunakan Teknik Softselling

Pada mayoritas konsumen, mereka merasa terganggu dengan artikel yang ujung-ujungnya iklan atau menjual produk. Maka, kalimat promosi yang bisa digunakan tanpa membuat mereka lari adalah yang tidak terlalu to the point alias tak langsung. 

Misalnya adalah seperti ini:

Sadar nggak? Kalau kamu sudah lama banget nggak jalan-jalan. Kamu mulai resah, gelisah, uring-uringan, bahkan kesel sama semua hal. Magic Tour and Travel bisa kasih solusi buat kamu, yaitu ikut trip 3 hari 2 malam ke Pulau Sempu. Mau tahu detail kegiatannya? Klik disini, ya.

Bisa juga dengan cara seperti ini:

Social distancing, PPKM, PSBB, semuanya membuat Anda terjebak di rumah saat weekend. Ikut staycation yang diadakan oleh Boro-Boro Travel bisa membuat Anda keluar sejenak dari rutinitas tanpa perlu jalan jauh. Aman karena menerapkan protokol kesehatan. Yuk, pesan di link ini!

Info Menarik Lainnya : 4 Cara Promosi yang Ampuh, Bikin Toko Baru Ramai Pembeli

4. Tembak Langsung dengan Hard Selling

Jika perusahaan sudah tahu demografi yang akan disasar, artinya calon konsumen pasti mampu membayar paket perjalanan yang ditawarkan, segera saja berikan detailnya, memunculkan urgencynya, dan gempur dengan kalimat-kalimat promosi langsung. 

Contohnya adalah seperti berikut:

3 juta sudah bisa jalan-jalan ke Hongkong, beli sekarang, seat terbatas.

Paket murah trip ke Jogja, 2,5jt, 2D1N. Bayar langsung berangkat.

Bahagiakan diri dengan perjalanan ke Bali, 5 juta Rupiah saja, trip lengkap 5D4N

Biasanya, orang-orang yang ditawari dengan kalimat promosi seperti di atas adalah mereka yang sudah paham betul karakteristik dan nilai produk. 

Artinya, konsumen sudah paham bagaimana pengalaman dan rasa apa yang didapatkan ketika mengunjungi destinasi wisata. Jadi, tak perlu lagi dijabarkan ambience

5. Sajikan Potongan Harga

Siapa yang tidak suka diskon, bahkan orang paling kaya pun menyukainya. Ketika mempromosikan perjalanan wisata dan sedang ada program yang menawarkan paket ekonomis, maka tampilkan itu secara besar-besaran di semua kalimat promosi. 

Misalnya seperti ini:

25% OFF, hanya minggu ini untuk semua tour package Berjalan Travel. Pemesanan HANYA lewat website.

Potongan 500 ribu Rupiah, untuk minimal pemesanan 3 paket wisata ke Tanjung Lesung

Hemat 15% dengan kartu kredit BCA, Bali Trip 5D4N, beli sekarang.

Info Menarik Lainnya : Strategi Promosi yang Ampuh Di Awal Memulai Bisnis Mainan

6. Tampilkan Jadwal Keberangkatan/Itinerary

Sekarang ini, promosi bisa dilakukan lewat social media dan yang paling sering dipakai adalah Instagram dan Facebook. Tapi, orang biasanya ingin langsung mengetahui apa paket yang mereka dapatkan setelah membayar sejumlah uang. 

Untuk itu, dalam mempromosikannya, langsung suguhkan detail perjalanan mulai dari tanggal pergi dan pulang sampai rincian kegiatan.

Contohnya adalah seperti ini:

Siapkan diri anda, perjalanan PP Jakarta Lombok 21-25 Juni 2021, trip 15 orang IDR 7,500,000/pax

Pada bagian itinerary, jabarkan kegiatan mulai dari berangkat, sampai di lokasi, kegiatan selama wisata, sampai perjalanan pulang. Bisa juga dengan memasukkan apa yang tidak termasuk dalam paket, karena semakin detail makin baik.

7. Memakai Statistik

Teknik ini dipakai untuk menunjukkan data tentang jumlah keterlibatan, banyaknya pengunjung, yang paling penting menimbulkan keyakinan bahwa perjalanan ini harus dilakukan. Calon pengunjung bisa menjadikan angka/numeric sebagai tolak ukur soal layanan atau paket yang ditawarkan. 

Misalnya :

4,000,000 pengunjung datang setiap minggunya ke F1 race Grand Prix, jadilah salah satunya. Pesan tiket sekarang disini.

Itulah diatas beberapa contoh kalimat promosi tour and travel yang bisa dikulik. Namun ingat bahwa mengomunikasikan sebuah produk atau layanan harus memperhatikan siapa target marketnya. Gunakan bahasa yang sesuai dan dimengerti oleh mereka supaya lebih efektif.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

2 comments for "Contoh Kalimat Promosi Tour and Travel Efektif Gaet Konsumen"