Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambung HP Xiaomi ke TV Dengan Atau Tanpa Alat Tambahan


Xiaomi merupakan salah satu merk HP yang cukup terkenal dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, HP ini memiliki fitur yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan kerja hingga hiburan. 

Salah satu fitur yang ada, yang bisa digunakan untuk kedua hal tersebut adalah menyambungkan HP ke TV. Nah, bagaimanakah cara menyambung HP Xiaomi ke TV dan apa saja yang dibutuhkan?

Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

Layar HP yang kecil seringkali menyebabkan orang kesulitan dalam menonton atau bermain game. Untuk mengakali hal ini, Xiaomi menambahkan sebuah fitur pada produknya, yang memberikan kesempatan penggunanya untuk menyambungkan HP ke TV. 

Dengan fitur ini, para pengguna bisa menonton film, bermain game hingga bekerja dari HP namun menggunakan layar dari televisi.

Syarat Untuk Menyambungkan HP ke TV

Fitur menyambungkan layar ponsel ke televisi juga dikenal sebagai screen mirroring. Dengan fitur ini, pengguna dapat menampilkan layar ponsel ke TV sehingga terlihat lebih besar dan jelas. Jadi, yang ingin menonton film atau menampilkan presentasi dalam layar yang lebih besar bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Namun sebelum mengetahui cara menyambung HP Xiaomi ke TV, pastikan terlebih dahulu ponsel serta perangkat yang digunakan memang mendukung fitur tersebut. Hal ini perlu dipastikan karena tidak semua TV maupun ponsel Xiaomi mendukung mirror screening, terutama yang spek lama.

Hampir semua HP Xiaomi keluaran yang terbaru sudah memiliki fitur ini. Namun, untuk memastikannya, periksalah pada bagian pengaturan terlebih dahulu. Jika ada menu atau simbol TV pada bagian pengaturan, maka HP tersebut mendukungnya.

Selanjutnya, untuk jenis perangkat yang digunakan, hampir semua jenis bisa mendukungnya, baik yang model tabung atau smart tv. Namun, jika ingin cara menyambungkan TV dengan cara yang lebih mudah serta mendapatkan tampilan yang lebih bagus, maka gunakan yang smart.

Cara & Alat Untuk Menyambungkan Ponsel

Jika sudah mengecek setiap perangkat yang akan disambungkan, maka selanjutnya lakukan persiapan dan pengaturan. Untuk setiap jenis TV yang digunakan, pengaturan dan cara menyambungnya pun juga berbeda. 

Nah, agar tidak sampai salah, perhatikan langkah-langkah berikut ketika akan menghubungkannya:

1. Mengaktifkan Fitur Smart Mirroring Pada Perangkat




Jika menggunakan perangkat yang baru atau dikenal dengan smart tv, maka pengaturan akan lebih mudah untuk dilakukan. Untuk bisa menghubungkan kedua perangkat, maka pertama aturlah TV terlebih dahulu. 

Masuklah ke bagian pengaturan pada perangkat, lalu nyalakan fitur Smart Mirroring yang biasanya terletak pada bagian atas layar.

Lakukan hal yang sama untuk ponsel yang akan disambung ke TV. Setelah menyalakan fiturnya, lalu tunggulah nama TV yang akan disambungkan. Untuk memastikan perangkatnya benar, periksalah namanya pada bagian depan atau belakangnya.

Selanjutnya, pilihlah nama perangkat yang sesuai dan nantinya kedua perangkat seharusnya sudah bisa langsung tersambung. 

Namun, ada beberapa jenis TV maupun ponsel yang akan meminta angka verifikasi untuk menyambungkan kedua perangkat. Jika hal ini terjadi, maka tinggal masukkan nomor yang muncul pada layar tv di HP atau sebaliknya.

Apabila berhasil, maka akan muncul notifikasinya pada layar. Selanjutnya, para pengguna bisa melanjutkan menonton film, main game bahkan bekerja dengan layar yang lebih besar.

2. Menggunakan Kabel




Jika memiliki televisi bentuk tabung, jangan khawatir karena masih ada alternatif serta cara menyambung HP Xiaomi ke TV. 

Dari sekian banyak jenis peralatan yang ada, kabel HDMI merupakan jenis yang paling umum dan sering digunakan. Selain mudah dicari, kabel ini cocok hampir untuk semua jenis perangkat ponsel dan TV. Tinggal sesuaikan apakah membutuhkan yang micro atau yang ada sambungannya.

Pertama, matikan terlebih dahulu TV yang akan digunakan. Selanjutnya, dengan menggunakan kabel, sambungkan kedua perangkat tersebut. Jika sudah tersambung dengan benar, nyalakan TV kembali dan pilihlah source dan HDMI di pilihan menunya. Sedangkan, pada ponsel, pilih atau centang opsi koneksi untuk menyambungkannya.

3. Mencolokkan Mi TV Stick

Bagi pengguna Xiaomi, ada perangkat khusus yang dapat menghubungkan HP dengan TV tanpa menggunakan fitur atau tambahan kabel. Perangkat yang juga dikenal dengan Mi TV Stick ini menyediakan beberapa opsi resolusi mulai dari 480p dan 1080p.

Untuk bisa menggunakannya, pertama colokkan stick tersebut ke TV. Selanjutnya, pilih source HDMI untuk bisa membuatnya satu sumber dengan ponsel. Sedangkan untuk HP, lakukan pengaturan di bagian aplikasi. Nantinya, akan muncul kode verifikasi yang harus dimasukkan oleh para pengguna sebelum kedua perangkat akhirnya tersambungkan.

4. Menggunakan Google Chromecast

Pengguna juga bisa menggunakan perangkat yang hampir sama dengan Mi TV stick yang dikeluarkan oleh Google. Secara keseluruhan sistem kerja perangkat yang diberi nama Google Chomecast ini sama dengan Mi TV Stick. Hanya saja, ini bisa digunakan untuk semua jenis HP Android, termasuk Xiaomi.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menyambungkan HP dengan televisi. 

Untuk menentukan cara mana yang akan digunakan, cek terlebih dahulu fitur dan teknologi yang ada pada masing-masing perangkat. Jika menggunakan perangkat yang baru, maka biasanya orang bisa menghubungkannya tanpa kabel atau alat bantu lainnya.

Di sisi lain, jika ada salah satu perangkat saja yang merupakan model lama, maka biasanya akan membutuhkan bantuan alat. Cara menyambung HP Xiaomi ke TV termudah adalah dengan menggunakan Mi Stick. Namun, jika salah satu perangkatnya belum mendukung produk ini, maka gunakan kabel HDMI. Selain mudah didapatkan, cara pemasangannya pun juga sangat mudah.

Silahkan mencoba dan selamat menonton. 😉

Post a Comment for "Cara Menyambung HP Xiaomi ke TV Dengan Atau Tanpa Alat Tambahan"