Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah

Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah

Cara Hapus Tempat di Google Maps - Google Maps adalah salah satu fitur Google yang banyak digunakan masyarakat. Fitur ini mempermudah pengguna menemukan lokasi tertentu dan memungkinkan pengguna untuk mengikuti arah menuju sebuah lokasi. 

Nah, ada saatnya lokasi yang ada di Google Maps harus dihapus. 

Dan artikel kali ini akan membahas cara hapus tempat di Google Maps dengan mudah dan cepat.

Simak hingga tuntas yuk!

Alasan Menghapus Lokasi

Pada dasarnya semua lokasi yang ditampilkan di Google Maps merupakan hasil dari riset dan pendataan Google sendiri. Namun pengguna juga memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan seperti menambahkan dan menghapus lokasi yang ada di Google Maps. 

Hanya saja memang pihak Google tetap akan melakukan approving sehingga penambahan, atau penghapusan lokasi bisa dilakukan.

Lalu sebenarnya untuk apa lokasi di Google Maps dihapus? 

Ada banyak hal yang menyebabkan lokasi di Google Maps harus dihapus. Pertama, bisa jadi karena lokasi tersebut memang sudah tidak valid. Artinya lokasi tersebut sudah tidak ada lagi, sehingga harus dihilangkan agar tidak membuat pengguna lain tersesat.

Penghapusan lokasi di Google Maps juga bisa dilakukan karena lokasi tersebut telah berpindah ke tempat lain. 

Ini biasanya dilakukan oleh pelaku usaha yang tempat usahanya harus berpindah dari satu lokasi ke tempat lainnya. Agar tidak kehilangan konsumen, maka lokasi lama harus dihapus dan diganti dengan lokasi yang baru.

Selain pindah lokasi, bisa saja pelaku usaha menghapus lokasi bisnisnya karena bisnis tersebut sudah mati. Artinya tidak ada lagi toko atau tempat usaha yang dimaksud di Google Maps. Agar tidak membuat pengguna salah berkunjung, maka lokasi tersebut harus dihapus dari Google Maps.

Faktor lain yang mengharuskan lokasi di Google Maps dihapus adalah karena titik tersebut tidak tepat. Biasanya ada terjadi kesalahan saat menentukan lokasi, sehingga menyebabkan peta yang di Google Map tersebut jadi menyesatkan. 

Nah agar bisa diperbaiki, maka lokasi lama harus dihapus terlebih dahulu dan digantikan dengan titik lokasi yang tepat. Ini dilakukan agar semua pengguna Google Maps bisa merasakan layanan yang tepat dan akurat.

Menghapus Lokasi Google Maps

Lalu bagaimana caranya menghapus lokasi dari fitur Google Maps? Ternyata cara menghapus lokasi dari fitur ini sangat mudah dan praktis. 

Berikut ini adalah petunjuk cara hapus tempat di Google Maps:

1. Langsung Masuk ke Google Bisnisku


Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah

Perlu dicatat bahwa penghapusan lokasi di Google Maps hanya dapat dilakukan melalui fitur Google Bisnisku

Oleh sebab itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Google Bisnisku melalui browser atau peramban yang ada di komputer. Caranya mudah tinggal masukkan saja kata kunci Google Bisnisku di kolom pencarian.

2. Masuk ke Bagian Info


Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah

Setelah masuk ke fitur Google Bisnisku, maka bisa langsung ke bagian Info yang ada di sana. Bagian ini akan menampilkan daftar lokasi yang sudah terdaftar. Nantinya pengguna bisa langsung menyeleksi lokasi mana yang ingin dihapus. 

Namun jika pengguna tak punya banyak tempat atau hanya punya satu lokasi terdaftar maka yang muncul hanya satu lokasi tersebut.

3. Hapus Lokasi Satu per Satu


Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah

Pengguna dapat menghapus lokasi satu per satu dari tampilan Google Maps.

Caranya mudah. Klik saja opsi Close or Remove This Listing. Setelah itu langsung pilih menu Remove Listing dan klik Remove. Dengan begitu secara otomatis list tempat akan langsung terhapus dari daftar Google Maps.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

4. Hapus Banyak Lokasi

Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah

Jika ada lebih dari satu lokasi yang ingin dihapus, maka tak perlu melakukan penghapusan satu per satu. Pengguna bisa menghapus semua lokasi tadi secara bersamaan. Caranya mudah, tinggal pilih beberapa lokasi yang akan dihapus, lalu klik opsi Actions dan klik Remove Locations, kemudian klik lagi menu Remove.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Akun Google yang Hilang atau Terhapus

5. Metode Lain


Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah


Ada lagi metode lain yang bisa dicoba jika cara sebelumnya gagal. Namun permulaannya tetap sama, yaitu masuk ke fitur Google Bisnisku. Setelah itu klik opsi Manage Locations yang ada di menu sebelah kiri. 

Nanti Anda akan menemukan halaman baru, lalu langsung saja klik lokasi yang akan dihapus. Setelah selesai memilih, klik tombol Actions di bagian kanan, kemudian pilih opsi Remove Location di menu drop down.

Perlu diketahui bahwa cara hapus tempat di Google Maps ini aman dan merupakan petunjuk yang dituliskan oleh Google melalui halaman dukungan. Perlu dicatat pula bahwa lokasi yang sudah berhasil dihapus nantinya tidak akan bisa dibuka lagi. Hanya saja memang lokasi tersebut tetap akan muncul di Google.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengirim Video di Google Classroom (Untuk Memudahkan Proses Belajar)

Mendapat Notifikasi Tutup

Ada pula pengguna yang menghapus lokasinya dari Google Maps karena banyak mendapatkan laporan atau notifikasi tutup. 

Ketika sebuah lokasi usaha tutup, maka pemilik usaha biasanya akan mendapatkan notifikasi, atau laporan dari pelanggan yang menunjukkan bahwa tempat tersebut tutup. Apabila pengguna mendapat notifikasi seperti ini maka bisa langsung dilakukan konfirmasi dengan Google.

Apabila memang lokasi tersebut tutup maka segera lakukan penghapusan lokasi sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dibahas di bagian sebelumnya. 

Namun jika lokasi tersebut akan dibuka kembali, maka bisa dilakukan opsi Reopen. Semua langkah ini penting untuk dilakukan demi mendukung kenyamanan para pengguna fitur Google Maps, baik pengunjung maupun pemilik tempat.

Itulah diatas pembahasan singkat mengenai cara hapus tempat di Google Maps. 

Agar fitur ini bisa digunakan dengan baik dan memberi manfaat optimal, maka dibutuhkan kerja sama dari pemilik tempat. Jika memang lokasi tersebut tutup maka harus segera dilakukan penghapusan agar pengguna bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Hapus Tempat di Google Maps, Cepat dan Mudah"