Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA

Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA


Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA - Teknologi saat ini terus berkembang, sehingga membuat penggunanya dapat melakukan banyak hal. Salah satu contoh dari kemajuan teknologi itu, kini orang sudah bisa menampilkan gambar dari HP melalui monitor VGA. Teknologi ini membuat pengguna dapat melihat gambar dalam ukuran lebih besar. 

Nah mari kita ulas cara menghubungkan HP ke monitor VGA dengan mudah.

Simak hingga tuntas yuk!

Kenapa Mesti Dihubungkan ke Monitor VGA?

Pertama-tama, mari bahas dulu kenapa layar dari HP perlu dihubungkan ke monitor VGA. Biasanya langkah ini dilakukan jika pengguna merasa tidak puas melihat visual layar HP dalam ukuran yang kecil. 

Seperti kita ketahui bahwa ukuran layar HP memang sangat terbatas. Tentunya ini cukup mengganggu kenyamanan pengguna, terutama ketika menonton film, bermain game, dan lain sebagainya.

Menampilkan layar HP ke monitor sering dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hiburan. 

Dengan tampilan layar yang lebih besar di monitor, maka pengguna bisa merasa lebih puas. Sebab detail gambar dapat terlihat dengan jelas, sehingga meningkatkan pengalaman visual. Apalagi untuk keperluan menonton film yang pastinya detail gambar akan sangat dibutuhkan.

Selain untuk kebutuhan hiburan, prosedur ini juga sering dilakukan untuk memenuhi kebutuhan edukasi. 

Misalnya untuk kepentingan presentasi di kelas atau pemaparan dari guru. Tentu akan jauh lebih baik jika tampilan layar dipindah ke monitor yang ukurannya jauh lebih besar. Presentasi bisa terlihat lebih jelas dan akan jauh lebih mudah untuk dipahami.

Teknologi saat ini memungkinkan pengguna HP menunjukkan layar HP-nya ke layar yang lebih besar, yaitu monitor VGA. Cara menghubungkan HP ke monitor VGA juga terbilang mudah karena dukungan teknologi yang semakin canggih. 

Mari simak seperti apa cara mudah untuk melakukan hal ini.

Menghubungkan HP ke Monitor VGA

Kini semua orang bisa menikmati tampilan layar besar dengan mudah. Bermodalkan perangkat HP, pengalaman visual akan jauh lebih memuaskan. 

Untuk bisa menghubungkan dua perangkat ini, maka diperlukan beberapa alat dan prosedur yang tepat. 

Berikut ini cara menghubungkan HP ke monitor VGA yang bisa dilakukan satu per satu:

1. Siapkan Micro USB Male dan Female

Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA

Siapkan kabel micro USB male dan female untuk memungkinkan layar HP dan monitor VGA terhubung. 

Kabel micro USB male nantinya akan disambungkan ke smartphone. Sementara itu untuk micro USB yang female akan memberi power ke kabel HDMI yang digunakan. 

Power resource yang dipakai bisa dari laptop, charger ponsel, maupun power bank.

2. Sediakan HDMI Male dan Female

Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA

Selanjutnya ada kabel HDMI male dan HDMI female

Untuk tipe HDMI female nantinya akan disambungkan menuju kabel VGA male. Jenis kabel VGA male ini tidak perlu disiapkan sendiri karena biasanya sudah ada di monitor (merupakan fitur bawaan). 

Sementara itu HDMI male akan disambungkan dengan HDMI female.
Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri HP Samsung

3. Ambil Charger Micro USB

Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA

Pengguna juga perlu menyediakan Charger micro USB

Charger micro USB ini sudah menjadi bawaan ponsel yang digunakan. Namun jika tidak ada (karena hilang misalnya), maka bisa dibeli terlebih dahulu. 

Nantinya Charger micro USB tersebut akan disambungkan dengan Micro USB female, sehingga bisa memberikan sumber daya untuk Kabel HDMI yang dibahas di poin pertama tadi.

4. Mulai Hubungkan HP ke Monitor VGA


Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA

Pastikan semua kabel diatas tadi sudah siap. Setelah semuanya siap, maka barulah pengguna bisa mulai menghubungkan HP ke monitor VGA. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Sambungkan kabel tersebut satu per satu dari monitor VGA ke HDMI.
  • Hubungkan HDMI ke micro USB perangkat ponsel yang digunakan.
  • Masukkan colokan charger USB ke kabel micro USB female (yang ada di kabel HDMI).

Setelah semua langkah ini selesai, maka bisa langsung dicek apakah layar HP sudah terhubung ke monitor VGA atau belum. 

Jika layar tidak bisa terhubung, itu artinya ada kesalahan yang perlu diperiksa ulang. Bisa jadi karena komponen kabelnya tidak bekerja secara optimal. Penyebab lainnya mungkin karena kabel yang digunakan tidak kompatibel, sehingga layar HP tak bisa ditampilkan di monitor VGA.

Info Menarik Lainnya : Cara Hapus Background Foto Dengan Rapi & Halus

Tips yang Bisa Diterapkan

Proses menghubungkan HP ke monitor VGA ini bisa saja gagal atau mungkin tidak berjalan sempurna. 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat ingin menghubungkan keduanya. 

Pertama, cobalah untuk memakai jenis kabel yang tepat. Perhatikan tipe kabel yang akan dipakai dan pastikan masih berfungsi normal. Jika terjadi kesalahan, maka cari tahu kabel mana yang tidak berfungsi dan ganti dengan kabel baru.

Pastikan monitor VGA yang akan digunakan untuk menampilkan visual dari layar HP tadi bisa bekerja dengan baik. Jika monitornya mengalami kerusakan atau tidak bisa bekerja optimal, maka proses penghubungan ini tidak akan berjalan dengan lancar. 

Jadi lebih baik dicek dulu apakah memang monitornya masih berfungsi baik atau tidak.

Pakailah tipe HP yang kompatibel dan memungkinkan penghubungan layar ke monitor VGA. Nantinya kualitas gambar yang ditampilkan ke monitor juga akan dipengaruhi oleh kualitas visual dari HP yang digunakan. Dan tentu kualitas monitornya juga akan berpengaruh besar pada kualitas gambar.

Itulah diatas cara menghubungkan HP ke monitor VGA dengan mudah. 

Cara ini bisa dilakukan jika pengguna ingin mendapatkan tampilan layar lebih besar tanpa ribet dan tanpa biaya yang mahal. Info ini penting juga untuk diketahui oleh para tenaga pengajar atau pelajar yang sering melakukan presentasi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghubungkan HP ke Monitor VGA "